cover
Contact Name
Dede Salim Nahdi
Contact Email
salimnahdi15@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
salimnahdi15@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Elementaria Edukasia
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 26154625     EISSN : 26550857     DOI : -
Core Subject : Education,
Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). Elementaria Edukasia was initiated and established for the first time on January 2018. All topics that we received only articles relating to elementary education fields. For research category, articles can be written using quantitative and qualitative approaches, and can be made in a variety of research designs, such as action research, experiments, and case studies.
Arjuna Subject : -
Articles 181 Documents
PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN TENTANG ROTASI BUMI DAN REVOLUSI BUMI DI KELAS VI SD NEGERI SINDANGPALA Cicih Nurnaningsih
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v1i1.799

Abstract

Berdasarkan hasil observasi lapangan di kelas VI SD Negeri Sindangpala dalam proses pembelajaran materi rotasi bumi dan revolusi bumi, media yang digunakaan  hanya buku saja tanpa ada media yang lebih menarik lagi hal itu ditunjukan kurangnya pemahaman siswa tentang konsep rotasi bumi dan revolusi bumi. Menurut hasil evaluasi siswa yang mampu meraih nilai 65 kurang dari 75% maka ini jelas menunjukan kelemahan dalam pembelajaran kali ini dilaksanakan. Apabila dikaitkan dengan pedoman dalam KTSP, hal ini tentunya tak memenuhi kriteria ideal dengan pencapaian indikator sebanyak 75% dari semua siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai (1) Meningkatkan kemampuan guru merancang pembelajaran dalam mengimplementasikan media audio visual terhadap topik peristiwa rotasi dan revolusi bumi. (2) Meningkatkan kemampuan guru melakukan proses pembelajaran dalam mengimplementasikan media audio visual dalam pembelajaran topik peristiwa rotasi dan revolusi bumi.(3) Meningkatkan keterampilan siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Sindangpala dalam pembelajaran IPA pada topik peristiwa rotasi dan revolusi bumi setelah menggunakan media audio visual. Hasil penelitian memperlihatkan adanya peningkatan secara kuantitatif yang dibuktikan dengan hasil pembelajaran siswa melalui nilai yang diraih siswa dari proses evaluasi. Selain itu penyusunan rencana pembelajaran serta pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru mendapat peningkatan, walaupun dalam hal ini masih banyak yang perlu diperbaiki. Dalam perkembangannya pembelajaran dengan menggunakan media audio visual harus terus dikembangkan dan dipopulerkan guna meningkatkan proses dan hasil pembelajaran di SD kelas rendah. Kata Kunci: Media Audio Visual, Pemahaman Siswa
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DENGAN PENERAPAN METODE PENEMUAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD NEGERI CIKIJING III KEC.CIKIJING KABUPATEN MAJALENGKA Cucu Maesaroh
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v1i1.800

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri Cikijing. Peneliti mencoba solusi metode pembelajaran penemuan sebagai metode yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. tujuan penelitian ini adalah untuk mengupayakan penerapan metode penemuan secara tepat dan efektif dalam penyelenggaraannya pembelajaran matematika, sehingga guru mengetahui persis kelebihan dan kekurangan dari suatu metode secara akurat. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa Kelas VI SD Nageri Cikijing III sebanyak 20 orang. Dari hasil penelitian ini terungkap pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang dengan menggunakan metode penemuan, cukup menarik bagi siswa, serta cenderung hasil belajar yang diperoleh meningkat. Data menunjukkan hasil pretest dari siklus I dengan rata-­rata nilai 5,6 meningkat setelah diadakan tindakan menjadi 6,6 (nilai post tes). Juga pada siklus II yang terlihat dalam hasil pas tes dengan rata-rata nilai 5,95 meningkat setelah diadakan tindakan menjadi 6,95. Dari data tersebut adanya peningkatan hasil belajar sebesar 1,00. Kata Kunci: Metode Penemuan, Hasil Belajar
PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP ENERGI PANAS PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN SINDANGPALA Jaja Syajaah
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v1i1.801

Abstract

Dalam konteks pendidikan formal, kegiatan belajar mengajar merupakan fungsi pokok dan usaha yang paling strategis guna mewujudkan tujuan intitusional maupun tujuan kurikuler yang di emban oleh lembaga pendidikan. Disamping itu, guru merupakan figur sentral dalam rangka melaksanakan fungsi dan tugas institusional lembaga pendidikan. Oleh karenanya di tangan guru lah kemungkinan berhasil atau tidaknya pencapaian hasil belajar yang dikemas dalam pembelajaran yang sesuai dengan pesan tujuan pendidikan di sekolah. Tujuan-tujuan pembelajaran IPA tersebut di atas, seharusnya dapat mencapai dengan optimal sebagai bekal siswa di masa yang akan datang. Namun, hal itu tidaklah mudah karena memerlukan keterkaitan komponen - komponen pembelajaran yang saling mempengaruhi. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil temuan penelitian di lapangan, yaitu masih banyak siswa yang pemahamannya masih ingat kurang sehingga prestasi belajarnya sangat rendah dan tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal itu dibuktikan pada hasil ulangan IPA, hanya 7 orang siswa dari 11 siswa yang nilainya di atas KKM atau di atas 40%, selebihnya dinyatakan di bawah KKM yaitu antara 60% dan di bawahnya. Hasil yang dicapai siswa dalam pembelajaran tentang konsep energy panas sudah baik ada peningkatan signifikan. Pada siklus pertama perolehan nilai rata-rata yang dicapai siswa pada siklus l baru 6 orang siswa atau 58% yang mendapat nilai di atas 6. Sedangkan untuk penguasaan konsep dapat dilihat pada pembelajaran siklus ll sudah berhasil. Terlihat dari 11 orang siswa kelas IV terdapat 8 orang atau 84% yang mendapat nilai diatas 6. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA tentang konsep energy panas dengan menggunakan alat peraga sederhana dapat meningkatkna pemahaman siswa kelas IV SDN Sindangpala Kecamatan Banajran Kabupaten Majalengka. Kata Kunci: Alat Peraga Sederhana, Pemahaman
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG CAHAYA DAN SIFAT – SIFATNYA MELALUI PENGGUNAAN METODE INQUIRI PADA SISWA KELAS VI SDN BALAGEDOG I KECAMATAN SINDANGWANGI Kusnadi Kusnadi
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v1i1.802

Abstract

Materi Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ), merupakan suatu rangkaian konsep yang saling berkaitan dan berkembang dapat dilihat dari hasil eksperimen dapat berupa suatu penemuan. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )  sebagai wahana bagi pseserta didik dalam mempelajari lingkungan sekitar, untuk lebih menerapkan di dalam kehidupan sehari – hari. Berdasarkan observasi dilapangan dan wawancara dengan guru IPA, peneliti menarik kesimpulan hasil belajar peserta didik selama ini belum mencapai KKM yang ditentukan. Bahwa dalam pembelajaran IPA di kelas VI setelah diterapkan metode inquiri pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifat – sifatnya  di SDN Balagedog I. hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode inquiri untuk pembelalajaran IPA siswa kelas VI SDN Balagedog I. Penggunaan  metode inquiri terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN Balagedog I. kegiatan belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar yang dilakukan peserta didik pada siklus I memperoleh nilain rata – rata dari data pra tindakan yaitu 4.8 naik menjadi 74.2 pada siklus I. kemudian dilihat dari jumlah siswa yang nilainya mencapai KKM pada data awal hanya 6 peserta didik atau 24% menjadi 13 peserta didik atau 52% pada siklus I, sehingga ada peningkatan dari jumlah siswa sebesar 28%. Berdasarkan hasil tes hasil belajar siklus I tersebut masih ada 12 peserta didik yang dinyatakan belum mencapai KKM. Kata Kunci: Metode Inquiri, Hasil Belajar
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA IPA KELAS V SD Nurlianah Nurlianah
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v1i1.803

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Lengkongwetan I disebabkan kurangnya keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) melalui penggunaan alat peraga IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga IPA kelas V di SD Negeri Lengkongwetan I. Subjek penelitian adalah siswa berjumlah 22 orang, sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif berupa data tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian siklus I diperoleh siswa yang tuntas secara individu sebanyak 8 siswa dari 22 siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 36% dan daya serap klasikal sebesar 63%. Sedangkan hasil penelitian siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas secara individu sebanyak 18 siswa dari 22 orang siswa yang mengikuti pembelajaran dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 82% dengan daya serap klasikal sebesar 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran menggunakan alat perga IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri Lengkongwetan I.Kata Kunci: Alat Peraga IPA, Hasil Belajar
EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA PERKALIAN MELALUI METODE JARIMATIKA TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR KELAS I SDN SINDANGWANGI I TAHUN 2016 Sumiati Sumiati
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v1i1.804

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan disuatu kelas, guna untuk mengajarkan suatu metode baru, untuk meningkatkan prestasi kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa kelas I SD Negeri Sindangwangi I Kecamatan Sindangwangi pada mata pelajaran Matematika  pada  bab  perkalian  melalui  metode  jarimatika.  Peneliti melakukan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan dengan 3 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian yang terdiri dari 1 ) Planing, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran dan membuat instrument penelitian lainnya. 2 ) Acting, Melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran Matematika pada bab perkalian. 3 ) Observing, Pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan. 4 ) Reflecting, Menganalisis data hasil pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SD Negeri Sindangwangi I Kecamatan Sindangwangi yang berjumlah 26 siswa, yang terdiri dari 16 Siswa Laki – laki dan 10 Siswi Perempuan. Penelitian ini   menggunakan metode Jarimatika pada saaat pembelajaran Matematika. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode Jarimatika mampu meningkatkan prestasi KKM dan efektif terhadap mata pelajaran Matematika. Dapat dilihat dari hasil pengamatan siswa terhadap perhatian belajar siswa menunjukkan, Siklus I  nilainya memenuhi KKM ( 42,30% ) Siklus II menjadi ( 69,23% ) Siklus III menjadi ( 92,30% ). Sedangkan yang kurang memperhatikan siklus I (57,70% ) Siklus II menjadi ( 30,77% ) Siklus III menjadi ( 7,70% ). Mengacu pada hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada guru atau calon guru untuk selalu   yang meningkatkan inovasi pembelajarannya dengan menggunakan media,metode, dan teknik pembelajaran yang bervariasi. Kata Kunci: Metode Jarimatika, Ketuntasan Belajar Matematika
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS V SDN SUNIA II MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) Cupyana Tajudin
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v1i1.805

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kondisi motivasi belajar siswa Kelas V SDN Sunia II pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) Mengetahui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) dapat meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa Kelas V SDN Sunia II. Penelitian ini dilakukan di Kelas V Semester 1, program pengajaran tahun 2016/2017di SDN Sunia II, dengan jumlah Kelas V sebanyak 30 siswa, kondisi kekhususan siswa ini memungkinkan tingkat kemampuan dan daya serap siswa tersebut sangat bervariasi. Peneliti adalah guru Pendidikan Agama Islam di SDN Sunia II. Hasil belajar siswa Kelas V SDN Sunia II Kecamatan Banjaran pada kompetensi dasar tentang Mengartikan QS Al Lahab dan Al Kafirun dapat mengalami peningkatan yang cukup signifikan setelah diterapkan kegiatan pembelajaran melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) 2)  Nilai rata-rata pemahaman siswa dalam memperhatikan permasalahan, pada siklus pertama sebesar 72 pada siklus kedua pada siklus kedua sebesar 77 sedangkan pada siklus ketiga sebesar 84, tergolong baik demikian juga tentang ketuntasan belajar pada siklus pertama 61 % dan pada siklus kedua menjadi 83. % sedangkan pada siklus ketiga menjadi 100 %3) Aktifitas siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran dapat meningkat sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih berpusat pada siswa. Kata kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI TK BUDI ASIH I KECAMATAN BANJARAN KABUPATEN MAJALENGKA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 N. Umsari
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v1i1.806

Abstract

Tugas guru adalah mendiagnosis kebutuhan belajar, merencanakan pelajaran, memberikan presentasi, mengajukan pertanyaan, dan mengevaluasi pengajaran. Pengelolaan kelas yang efektif merupakan prasyarat yang kritis bagi kegiatan intruksional yang efektif agar seorang guru berhasil mengelola kelas hendaklah ia mampu mengantisipasi tingkah laku siswa yang salah dan mencegah tingkah laku demikian agar tidak terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan guru dalam penggunaan metode pembelajaran melalui supervisi klinis. Tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengguakan metode pembelajaran  pada 2 orang guru kelas A adalah melalui Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) melalui teknik supervisi klinis. Penelitian ini dilaksanakan di TK Budi Asih I Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan analisis SWOT, yang terdiri dari unsur-unsur S-Strength (kekuatan), W-Weaknesses (kelemahan), O-Opportuniy (kesempatan), T-Threat (ancaman). Empat hal tersebut dilihat dari sudut kepala sekolah yang melaksanakan dan guru yang dikenai tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menggunakan metode pembelajaran meningkat,guru lebih menguasai indikator dalam penguasaan metode pembelajaran. Kata Kunci: Kemampuan Guru, Supervisi Klinis
METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 263 RANCALOA KOTA BANDUNG Hedriani Hedriani
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v1i1.810

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran di kelas V SD Negeri 263 Rancaloa Kecamatan Rancasari Kota Bandung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 263 Rancasari yang berjumlah 35 peserta didik. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tindakan pembelajaran siklus I peserta didik bermain peran berdasarkan naskah percakapan. Tindakan bermain peran siklus II berdasarkan naskah drama. Siklus II lebih difokuskan pada Pembelajaran keterampilan berbicara melalui metode bermain peran menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara peserta didik. Peningkatan ditunjukkan dengan hasil nilai belajar  keterampilan berbicara peserta didik. Peningkatan yang terjadi yaitu, rata-rata nilai evaluasi siklus II sebesar 81,5 dengan persentase ketuntasan sebesar 88%. Kata kunci: Metode Bermain peran, hasil belajar
PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 263 RANCALOA Hahat Rohayati
Jurnal Elementaria Edukasia Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31949/jee.v1i1.811

Abstract

Pembelajaran di dalam kelas seringkali dianggap sebagai hal yang membosankan. Hal ini merupakan salah satu penyebab rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran dan hasil  belajar peserta didik dengan memanfaatkan lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan berfokuskan pada situasi kelas yang dikenal dengan sebutan penelitian tindakan kelas (classroom activity research). Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, selama proses pembelajaran ditemukan beberapa hal penting. Peserta didik dapat melalui proses pembelajaran sesuai dengan indikator yang diharapkan. Peserta didik lebih antusias dan aktif, baik bersama kelompoknya ataupun secara individu. Hasil belajar peserta didik juga terus meningkat pada setiap siklusnya. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata peserta didik mulai dari prasiklus, siklus I sampai siklus II yang mengalami peningkatan. Nilai rata-rata peserta didik pada tahap prasiklus yaitu 66,00, nilai rata-rata siklus I yaitu 73 dan nilai rata-rata siklus II yaitu 86. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pendukung pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 263 Rancaloa Kota Bandung Kata kunci: hasil belajar, lingkungan sekitar, media

Page 1 of 19 | Total Record : 181