cover
Contact Name
Muhamad Kurnia Sugandi
Contact Email
andymks60@gmail.com
Phone
+6281320161985
Journal Mail Official
andymks60@gmail.com
Editorial Address
Jalan K.H. Abdul Halim No. 103 Majalengka 45418, Jawa Barat.
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
Bio Educatio : The Journal of Science and Biology Education
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 25412280     EISSN : 25414097     DOI : http://dx.doi.org/10.31949/be.v7i2.3852
Bio Educatio merupakan jurnal ilmiah versi online pada Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Majalengka, Jurnal ini memuat penelitian tentang pendidikan IPA dan Pendidikan Biologi serta keilmuan biologi, yang diterbitkan setiap 6 bulan sekali.
Articles 129 Documents
UJI COBA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP Muhammad Kurnia Sugandi
BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education) Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.993 KB) | DOI: 10.31949/be.v2i1.585

Abstract

Latar belakang permasalahan pada penelitian ini adalah suasana kegiatan belajar mengajar tidak membuat peserta didik aktif, kreatif, efektif, dan membuat peserta didik jenuh dalam belajar. Dari permasalah tersebut berdampak pada rendahnya aktivitas peserta didik terlihat dari rendahnya hasil belajar peserta didik yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share cocok diterapkan pada konsep Keanekaragaman Makhluk. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share  merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang mampu mengubah asumsi bahwa metode resitasi dan diskusi perlu diterapkan dalam setting kelompok secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan, data dan pengujian hipotesis, maka penulis berkesimpulan bahwa, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share cocok diterapkan untuk menjelaskan konsep Keanekaragaman Makhluk Hidup. Kata kunci : Think Pair and Share, Hasil Belajar
PROFIL KONSISTENSI REPRESENTASI SISWA SMA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA vitta yaumul hikmawati
BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education) Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.835 KB) | DOI: 10.31949/be.v4i1.788

Abstract

Proses penilaian merupakan faktor esensial untuk mencapai efektivitas pembelajaran. Tidak meratanya representasi dalam soal menimbulkan kurang maksimalnya pemerolehan informasi yang dipahami siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan deskripsi ilmiah tentang konsistensi representasi siswa dalam memecahkan masalah Sistem Reproduksi Manusia yang disajikan dalam soal pilihan ganda. Objek masalah yang harus siswa cari solusinya disajikan dalam 30 soal pilihan ganda, terdiri dari 15 soal bentuk verbal dan 15 soal bentuk imajinal. Kedua bentuk soal tersebut dibuat sedemikian rupa sehingga siswa tidak menyadari bahwa mereka mengerjakan soal yang sejenis. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dan melibatkan 66 siswa kelas XI SMA jurusan IPA. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Sistem Reproduksi Manusia pada representasi verbal adalah  8,44 dengan standar deviasi 1,343 dan rata-rata kemampuan siswa pada representasi gambar yaitu 7,34 dengan standar deviasi 1,839. Perolehan angket mengungkap 60,79% siswa menyatakan representasi dalam format soal membantu mereka memahami masalah dan 70,73% menganggap representasi tidak membantu mereka dalam menentukan solusi.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERVISI SETS KOMPETENSI EKOLOGI DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN SEKOLAH MENENGAH ATAS Abdur Rasyid
BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education) Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.097 KB) | DOI: 10.31949/be.v2i1.580

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model Sugiono. Perangkat yang dikembangkan adalah Silabus, RPP, Bahan Ajar, dan LKS. Selanjutnya  perangkat tersebut digunakan pada kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran Biologi bervisi SETS, sedangkan kelas X-3 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaran ekspositori. Data penelitian diperoleh melalui: lembar validasi, lembar pengamatan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak untuk hasil belajar, kreativitas siswa, kemampuan berkomunikasi ilmiah siswa, serta data respon siswa diperoleh dari angket siswa yang berisi tanggapan dan respon yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian validator dan teman sejawat terhadap perangkat pembelajaran yang meliputi Silabus, RPP, Bahan Ajar, LKS, dan Tes menunjukkan kategori baik dan valid. Perangkat pembelajaran yang efektif dapat ditunjukkan melalui hasil tes yang mencapai ketuntasan KKM (60) sebesar 85% dari 29 siswa. Pembelajaran materi pencemaran dan kerusakan lingkungan 76% dari 26 siswa kreativitas siswa dalam kategori sangat baik, 68% dari 23 siswa kemampuan berkomunikasi ilmiah siswa dalam kategori sangat baik dan 95% dari 32 siswa merasa senang  terhadap pembelajaran IPA bervisi SETS. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran IPA Biologi bervisi SETS dapat diterapkan pada materi ekologi dan kerusakan lingkungan untuk memahamkan siswa, menumbuhkembangkan kreatifitas, dan kemampuan berkomunikasi ilmiah siswa. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran,  Ekologi dan Kerusakan Lingkungan
Penerapan Model Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia aden arif gaffar
BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.697 KB) | DOI: 10.31949/be.v2i2.756

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw terhadap keterampilan berkomunikasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasy Experimental dengan desain penelitian Pre test post test control group design. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi pelaksanaan pembelajaran tesketerampilan berkomunikasi, danangket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah siswa SMP kelas VIII sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa 60 orang. Data hasil penelitian menunjukkan hasil keterampilan berkomunikasi siswa berdasarkan  uji hipotesis dengan uji t diperoleh 0,00. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran model jigsaw dapat mempengaruhi ketampilan berkomunikasi siswa. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran jigsaw diperoleh 75.67%. hal ini menunjukan siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran model  jigsaw.  Kata kunci : Model Jigsaw, Keterampilan Berkomunikasi.
Profil Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Biologi Dalam Membuat Peta Konsep Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Biologi SMA Ipin Aripin
BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education) Vol 1, No 1 (2016): Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.663 KB) | DOI: 10.31949/be.v1i1.441

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan mahasiswa calon guru Biologi di IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam membuat peta konsep materi  Biologi SMA. Penelitian ini merupakan “Quasi eksperimental design” dengan subyek penelitian mahasiswa semester VI tahun 2012/2013 kelas Biologi C dan Biologi D IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang mengambil mata kuliah Kapita Selekta Biologi SMA 2, dengan jumlah mahasiswa kelas Biologi C sebanyak 30 mahasiswa dan kelas Biologi D sebanyak 29 orang dengan tujuh item peta konsep yang diujikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa calon guru Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam menyusun peta konsep tergolong cukup baik dengan rata-rata 51,57 konsep yang sahih untuk kelas C dan 38,32 konsep sahih untuk kelas D. Konsep sistem respirasi merupakan konsep dengan rata-rata nilai terendah, sedangkan konsep sistem koordinasi merupakan konsep dengan rata-rata nilai tertinggi. Kata kunci : Peta konsep 
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bervisi SETS Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Soft Skill dan pemahaman konsep Abdur Rasyid
BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education) Vol 1, No 1 (2016): Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.329 KB) | DOI: 10.31949/be.v1i1.434

Abstract

Pembelajaran bersifat Aplikatif. Penanaman soft skill siswa dalam menghadapi tantangan globalisasi perlu dilakukan. Upaya ini dapat ditempuh melalui cara pengintegrasian aspek-aspek soft skill dalam pembelajaran,  pengintegrasian dapat dilakukan dengan jalan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran, peningkatan soft skill dan pemahaman konsep, serta respon siswa. Siswa kelas XI IPA SMA N 4Cirebon tahun ajaran 2015/2016 sebagai populasi pada penelitian ini. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling, kelas XI IPA 6 terpilih sebagai subjek penelitian. Penelitian dan pengembangan (R & D) merupakan jenis penelitian ini dengan model 4-D yang meliputi tahapan Define, Design, Develop, tanpa tahap Disseminate, sedangkan “One Group Pretest-PostestControl Groups Design” digunakan sebagai desain penelitian. Hasil menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis masalah pada materi hidrolisis garam yang dikembangkan memiliki kriteria valid dengan rata-rata skor sebesar 3,57, adanya peningkatan soft skill siswa dengan N-Gain sebesar 0,46 dalam kategori sedang, sebanyak 72,72% siswa mencapai ketuntasan soft skill dengan kriteria tinggi atau sangat tinggi, pemahaman konsep siswa juga meningkat dengan perolehan N-Gain sebesar 0,69 dalam kategori sedang, sebanyak 84,85% siswa mencapai ketuntasan belajar dengan KKM ≥ 76, serta siswa memberikan respon positif.Kata Kunci: Pemahaman Konsep; Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bervisi SETS Berbasis Masalah; Soft Skill.
Konsep dan Aplikasi Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi Ipin Aripin
BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education) Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (867.374 KB) | DOI: 10.31949/be.v3i1.853

Abstract

Artikel ini betujuan untuk memberikan pemahaman tentang konsep dan aplikasi mobile learning dalam pembelajaran biologi. Seiring dengan perkembangan jaman, teknik dan metode pembelajaran pun telah bergeser dari pola tradisional yang bersifat techer center ke pembelajaran berbasis teknologi yang menempatkan siswa sebagai pembelajaran utama (student center). Era pembelajaran mobile yang berbasis pada penggunaan internet sebagai sarana belajar telah memberikan peran yang lebih besar pada guru sebagai fasilitator dan motivator pembelajaran. Guru biologi pada tingkat dasar dan menengah harus mampu membuat dan mengembangkan konten pembelajaran yang bersifat mobile karena untuk saat ini media seperti itulah yang diminati dan banyak digunakan siswa dalam kehidupan sehari-harinya. Perangkat mobile learning dapat guru kembangkan dengan mengikuti model drill and practice, model simulasi, model tutorial, dan model games. Perangkat software yang dapat digunakan dalam membuat pembelajaran berbasis mobile learning seperti Web Exe, Adobe Air, Adobe Flash, app inventor, Mit App inventor, RPG Maker, dan Appsgeyser. Pada artikel ini dijelaskan tentang konsep tentang mobile learning juga uraian singkat cara membuat media mobile learning pada pembelajaran biologi.    Kata Kunci : Mobile learning, pembelajaran biologi
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CD INTERAKTIF MISI BIO TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA KONSEP SISTEM SARAF DI SMAN I JATIWANGI Ipin Aripin
BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education) Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.972 KB) | DOI: 10.31949/be.v2i1.579

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan CD Misi Bio terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desains pretest-posttes control grouf design dan subyek penelitian siswa kelas XI SMAN I Jatiwangi, dengan teknik sampling berstrata (stratified random sampling). Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes, angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran CD interaktif Misi Bio efektif diterapkan pada siswa dengan kemampuan awal yang rendah, dari observasi diketahui bahwa penerapan media pembelajaran CD interaktif Misi Bio efektif diterapkan sampai dengan menit ke-50, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menerapkan pembelajaran menggunakan media pembelajaran CD interaktif Misi Bio dibandingkan kelas kontrol. Adapun peningkatan N-gain kelas eksperimen sebesar 0.56 lebih tinggi dari kelas kontrol 0.35 pada rentang kategori yang sama, yaitu sedang. Kata kunci : Media pembelajaran, CD Interaktif Misi Bio, Hasil Belajar, Sistem Saraf
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Megayani Ilmi
BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education) Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.938 KB) | DOI: 10.31949/be.v2i2.760

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui penerapan penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada materi pembelajaran Sistem Ekskresi di kelas XI TKJ SMK Yabujah Segeran Kabupaten Indramayu dan (2) mengetahui hasil belajar peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Metodologi penelitian menggunakan Desain yang  melibatkandua kelas yaitu sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu Pretest-Posttes Control Group Design, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknikRandom sampling. Penelitian dilakukan di SMK Yabujah kelas XI TKJ pada bulan April-Mei 2016 dengan sampel 64 siswa. Hasil penelitian Model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray merupakan salah satu model pembelajaran yang tepat yang digunakan oleh Guru dalam proses belajar mengajar. Penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray terbukti telah membantu kegiatan pembelajaran peserta didik menjadi lebih menarik dan menyenangkan sehingga dapat menumbuhkan minat dan motivasi dalam belajar peserta didik serta membuat peserta didik menjadi interaktif dan komunikatif. Terdapat adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan pada materi Sistem Ekskresi di kelas XI TKJ SMK Yabujah Segeran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Two Stay Two Stray dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan respon yang baik dari peserta didik. Kata kunci: Kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray), Hasil Belajar, Sistem ekskresi 
Penerapan Pembelajaran Jigsaw Terintegrasi PBL (Problem Based Learning) Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biologi Umum Universitas Negeri Malang Dede Cahyati
BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education) Vol 1, No 1 (2016): Bio Educatio (The Journal of Science and Biology Education)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.943 KB) | DOI: 10.31949/be.v1i1.440

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Jigsaw terintegrasi PBL (Problem Based Learning) berbasis Lesson Study untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa program studi Biologi pada mata kuliah Biologi Umum Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdapat empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam setiap pertemuan dilakukan Lesson Study yang meliputi tahapan plan, do, dan see. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksaaan LS yang terdiri dari lembar observasi tahap plan, do, dan see, lembar keterlaksanaan pembelajaran Jigsaw terintegrasi PBL, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan soal tes akhir siklus. Data hasil observasi dianalisis dengan menghitung rerata persentase dan menentukan persentase keterlaksanaan secara klasikal, sedangkan data hasil belajar mahasiswa dianalisis dengan menghitung skor yang diperoleh dari tes akhir siklus kemudian menentukan nilai berdasarkan pedoman penilaian dari Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara klasikal persentase keterlaksanaan pembelajaran tidak mengalami peningkatan karena siklus I dan siklus II sudah terlaksana 100%. Hasil aktivitas belajar mahasiswa menunjukkan bahwa secara klasikal persentase ketercapaian pada siklus I adalah 88,52 dan meningkat pada siklus II menjadi 94,62%, atau mengalami peningkatan 6,1%.Hasil belajar kognitif mahasiswa menunjukkan peningkatan dengan banyaknya mahasiswa yang memperoleh nilai A, pada siklus I hanya 1 orang meningkat di siklus II menjadi 5 orang. Mahasiswa yang memperoleh nilai A- pada siklus I hanya 1 orang meningkat di siklus II menjadi 8 orang. Pada siklus I masih terdapat mahasiswa yang memperoleh nilai B- sebanyak 5 orang dan nilai C+ sebanyak 6 orang, namun di siklus II sudah tidak ada lagi mahasiswa yang mendapat nilai B- dan C+. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Jigsaw terintegrasi PBL melalui Lesson Study dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa.Kata Kunci: Jigsaw terintegrasi PBL, lesson study, aktivitas belajar, hasil belajar

Page 1 of 13 | Total Record : 129