KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA
KONSTAN artinya tetap atau tidak ada perubahan. Tetap atau tidak adanya perubahan dalam hal ini bukan berarti tidak adanya kemajuan. Akan tetapi, jurnal selalu diharapkan tetap dapat kita terbitkan sesuai waktu yang direncanakan. Artinya, tetap dapat diterbitkan 2 kali setahun dalam
bentuk cetakan dan online. Dengan demikian, para dosen, peneliti dan guru dituntut untuk terus menerus dapat melakukan penelitian demi kelancaran publikasi jurnal ini. Semoga KONSTAN dapat menjadi jurnal yang memiliki kredibilitas yang sangat baik.
Articles
87 Documents
PERANAN KONFLIK KOGNITIF TERHADAP PERUBAHAN KONSEPTUAL PADA MAHASISWA TENTANG KONSEP GAYA
Muh Makhrus
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 3 No 1 (2018): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (467.542 KB)
|
DOI: 10.20414/konstan.v3i1.1
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat konflik kognitif dan perubahan pendapat mahasiswa terhadap kebenaran konsep gaya yang diyakini pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CCM-CCA dan yang telah divalidasi oleh ahli pendidikan fisika melalui kegiatan FGD (Focused Group Discussions) dan hasil validasinya adalah valid secara isi dan konstruk. Desain penelitian yang digunakan mengikuti metode R & D, yaitu pengembangan model dimulai dari mendesain model sampai implementasi model. Tingkat konflik kognitif diukur dengan lembar instrumen penilaian konflik kognitif. Perubahan pendapat mahasiswa diukur dengan menggunakan lembar pengamatan perubahan pendapat mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ke empat mahasiswa yang pada saat pretest memiliki konflik kognitif tinggi (M1 dan M2) dan rendah (M3 dan M4) setelah pembelajaran memiliki rata-rata persentase konflik kognitif lebih tinggi dari 75% (kategori yang sangat tinggi). Mahasiswa juga mengalami perubahan pendapat terhadap konsep yang diyakini kebenarannya pada konsep benda rihat (diam), benda bergerak ke atas, hukum kelembaman, gaya gesekan, dan keberlakuan hukum I dan III Newton tentang gerak. Hal ini menunjukkan model pembelajaran CCM-CCA dapat meningkatkan terjadinya konflik kognitif pada mahasiswa dan perubahan pendapat terhadap konsepsi salah yang diyakini kebenarannya menjadi konsepsi ilmiah (konsepsi fisikawan). Kata Kunci: Konflik kognitif, perubahan pendapat, gaya
PENGEMBANGAN PROTOTIPE BUKU AJAR TERINTEGRASI PROSES SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Samsun Hidayat;
Supriadin Supriadin;
Jono Iskandar
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 3 No 1 (2018): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (696.73 KB)
|
DOI: 10.20414/konstan.v3i1.3
Berpikir kritis telah menjadi bagian penting dalam pembelajaran pada semua level pendidikan di Indonesia. Membelajarkan keterampilan berpikir kritis membutuhkan pendekatan yang holistik dengan ketersediaan sumber belajar. Buku ajar terintegrasi proses saintifik dapat menjadi suplemen pokok untuk membelajarkan keterampilan berpikir kritis, karena proses saintifik merupakan prekursor (petunjuk awal) untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan mengembangkan prototipe buku ajar terintegrasi proses saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini akan menghasilkan produk prototipe buku ajar terintegrasi proses saintifik dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Data kevalidan prototipe buku ajar diperoleh melalui proses validasi yang melibatkan pakar dan praktisi melalui mekanisme Focus Group Discussion (FGD). Setelah prototipe buku ajar dinyatakan valid selanjutnya dilakukan implementasi di lapangan untuk mendapatkan data kepraktisan prototipe buku ajar yang terukur dari keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), aktivitas pembelajaran, dan respon siswa. Selanjunya data keefektifan prototipe buku ajar terukur dari peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah implementasi di lapangan. Luaran dalam penellitian ini berupa: a) buku ajar ter ISBN, b) artikel ilmiah yang dipublikasi dalam jurnal nasional terakareditasi, dan c) hasil penelitian yang disampaikan dalam seminar nasional.
PENGARUH PROJECT BASED LEARNING PADA MATAKULIAH ELEKTRONIKA DASAR TERHADAP KECAKAPAN HIDUP MAHASISWA PRODI TADRIS FISIKA UIN MATARAM
Ramdhani Sucilestari;
Kurniawan Arizona
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 3 No 1 (2018): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (561.888 KB)
|
DOI: 10.20414/konstan.v3i1.4
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek pada Matakuliah Elektronika Dasar terhadap kecakapan hidup mahasiswa Program Studi Tadris Fisika UIN Mataram. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi-eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian sejumlah 105 mahasiswa yang tersebar dalam 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 24 mahasiswa yang dibagi dalam 2 kelas dan diambil dengan teknik cluster random sampling. Kecakapan hidup mahasiswa diukur dengan instrumen berupa angket dan tes yang diberikan pada awal dan akhir pembelajaran serta lembar observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Ketiga instrumen yang digunakan sudah divalidasi. Data kecakapan hidup mahasiswa dianalisis dengan uji t dan untuk mengetahui peningkatan kecakapan hidup digunakan nilai gain yang dinormalisasi (N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbabasis proyek terhadap kecakapan hidup mahasiswa Prodi Tadris Fisika UIN Mataram.
PENGARUH ADVANCE ORGANIZER BERBASIS PROYEK TERHADAP KECAKAPAN HIDUP DAN KEMAMPUAN ANALISIS-SINTESIS MATA PELAJARAN IPA FISIKA SISWA
Cintopa Satria Adepradana;
Ahmad Harjono;
I Wayan Gunada
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 3 No 1 (2018): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (550.35 KB)
|
DOI: 10.20414/konstan.v3i1.5
Tujuan penelitian kuasi eksperimen dengan desain “non-equivalent control group design” adalah untuk mengetahui pengaruh advance organizer berbasis proyek terhadap kecakapan hidup dan kemampuan analisis-sintesis mata pelajaran IPA fisika siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sambelia yang berjumlah enam kelas.Siswa kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan IX B sebagai kelas kontrol.Pengumpulan data kecakapan hidup dilakukan dengan rubrik penilaian.Kemampuan analisis-sintesis menggunakan teknik tes berbentuk pilihan ganda. Hasil penilaian kecakapan hidup diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86,56 dengan nilai tertinggi 97,22 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 71,17 dengan nilai tertinggi 83,33.Hasil tes akhir untuk kemampuan analisis-sintesis diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86,13 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 62,5 dengan nilai tertinggi 80.Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t polled varians diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabelyaitu 2,63> 1,99 untuk kecakapan hidup dan 2,65 > 1,99 untuk kemampuan analisis-sintesis. Disimpulkanbahwa penggunaan advance organizer berbasis proyek berpengaruh terhadap kecakapan hidup dan kemampuan analisis sintesis mata pelajaran IPA fisika siswa.
IDENTIFIKASI KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MAN 2 KOTA MATARAM KELAS XI-A MATA PELAJARAN FISIKA TAHUN 2017
Muhammad Isnaini;
Ramlah Ramlah;
Evi Sri Erwinta
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 3 No 1 (2018): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (594.504 KB)
|
DOI: 10.20414/konstan.v3i1.6
Telah dilakukan identifikasi untuk mengetahui aspek keterampilan proses sains apa saja yang dimiliki siswa MAN 2 Kota Mataram Kelas XI-A. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes KPS pilihan ganda dan angket respon. Tes KPS dilakukan sebanyak dua kali untuk melihat konsistensi aspek KPS yang dimiliki siswa. Instrumen KPS yang digunakan telah kembangkan dan diuji cobakan. Berdasarkan data penelitian diperoleh aspek KPS yang dominan dimiliki siswa MAN 2 Kota Mataram kelas XI-A adalah Observasi 65%, Klasifikasi 75%, Interpretasi 65%, Prediksi 52%, Komunikasi 82%, Hipotesis 69%, Merencanakan Penelitian 82%, dan Aplikasi konsep 68%. Tanggapaan guru terhadap Instrumen Assessment Keterampilan Proses Sains sangat baik dengan tingkat kesesuaian isi sebesar 90% mendapatkan kategori sangat tinggi, aspek konstruksi 80% mendapatkan kategori sangat tinggi, dan aspek keterbacaan 80% mendapatkan kategori sangat tinggi
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 LINGSAR LOMBOK BARAT
Muhammad kafrawi
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 3 No 1 (2018): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (552.441 KB)
|
DOI: 10.20414/konstan.v3i1.7
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran Open-Ended pada mata pelajaran fisika di kelas VIIIA SMP Negeri 4 Lingsar Lombok Barat tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Lingsar Lombok Barat tahun ajaran 2015/2016 sedangkan objek penelitiannya adalah hasil dan aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari hasil evaluasi di setiap akhir siklus dan aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari hasil observasi selama pelaksanaan tindakan. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 61.15 dengan ketuntasan klasikal 71.45% dan rata-rata skor aktivitas belajar siswa 35 dengan kategori kurang aktif. Pada siklus II data hasil dan aktivitas siswa mengalami peningkatan yakni rata-rata kelas sebesar 72.28 dengan ketuntasan klasikal 87.52% dan skor rata-rata aktivitas belajar siswa 67 dengan kriteria aktif. Pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 85.49 dengan ketuntasan klasikal 95.29% dan rata-rata skor aktivitas belajar siswa 70 dengan kriteria sangat aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran Open-Ended dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa di kelas VIIIA SMP Negeri 4 Lingsar Lombok Barat tahun pelajaran 2015/2016.
IDENTIFIKASI AIR TANAH DENGAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS KONFIGURASI SCHLUMBERGER DI CANDI DASA PROVINSI BALI
Muwardi Sutasoma;
Anjar Pranggawan Azhari;
Meidi Arisalwadi
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 3 No 2 (2018): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (671.957 KB)
|
DOI: 10.20414/konstan.v3i2.8
Pengukuran resistivitas secara sounding telah dilakukan di daerah Candi Dasa (CD), Provinsi Bali. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi sumber air tanah baru. Untuk menentukan posisi aquifer air tanah bawah permukaan maka dilakukan pengambilan data sounding di dua titik yaitu CD 1 dan CD 2. Metode yang digunakan adalah metode geolistrik resistivitas Konfigurasi Schlumberger dengan panjang lintasan CD 1 dan CD 2 adalah 150 m dengan spasi 1 m. Pemrosesan data dengan menggunakan software IP2Win dan Progress 3 untuk memungkinkan penggambaran distribusi resistivitas batuan dalam 1 D. Hasil interpretasi menunjukkan bahwa struktur batuan bawah permukaan terdiri dari batuan soil, tuff, lava dan sandy tufa. Hasil interpretasi menunjukkan bahwa lapisan batuan yang terdapat terbentuk karena aktifitas vulkanik yang berasal dari aktifitas Gunung Agung yang berada di Kabupaten Karang Asem. Batuan seperti lava dan tuff adalah batuan yang memiliki porositas yang kecil karena memiliki ukuran butiran yang halus dan kecil, memiliki permeabilitas yang rendah sehingga menyebabkan susah untuk menyimpan dan dan mengalirkan air. Lapisan batuan ini diperkirakan berfungsi sebagai lapisan impermeable dan selanjutnya berfungsi untuk menahan air yang mengalir secara horizontal. Selanjutnya, lapisan batuan sandy tufan yang memiliki porositas dan permeabilitas yang besar karena memiliki butiran batuan yang besar bertugas untuk menyimpan dan mengalirkan air.
IDENTIFIKASI TINGKAT KONFLIK KOGNITIF MATERI GELOMBANG MEKANIK MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF
Zul Hidayatullah;
Muh Makhrus;
I Wayan Gunada
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 3 No 2 (2018): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (505.207 KB)
|
DOI: 10.20414/konstan.v3i2.10
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat konflik kognitif yang dialami peseta didik melalui pembelajaran dengan pendekatan konflik kognitif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif dengan tiga kelas eksperimen. Tingkat konflik kognitif diperoleh melalui intrumen konflik kognitif. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 128 peserta didik yang tersebar pada tiga kelas eksprimen. Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata tingkat konflik kognitif yang dialami peserta didik pada saat pembelajaran yaitu sebesar 60,08%, di mana angka tersebut termasuk dalam kategori tinggi. Persentase peserta didik yang mengalami tingkat konflik kognitif berkategori rendah sebesar 13,28%, konflik kognitif berkategori tinggi sebesar 82,03%, dan berkategori sangat tinggi sebesar 4,69%.
PEMETAAN AKUIFER DI DAERAH BIMA UNTUK INVENTARISASI DALAM PENGELOLAAN SUMBERDAYA AIR TANAH SECARA BERKELANJUTAN
Arif Rahman Hakim;
Hairunisa Hairunisa
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 3 No 2 (2018): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1045.191 KB)
|
DOI: 10.20414/konstan.v3i2.11
Penelitian ini bertujuan untuk memetakan potensi dan sebaran akuifer di Desa Rada Kecamatan Bolo Kabupaten Bima sebagai langkah awal dalam pengelolaan sumberdaya pasir secara berkelanjutan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode geolistrik resistivitas konfigurasi schlumberger dimana pengukurannya dilakukan pada 10 titik dengan panjang bentangan 400 meter dan masing-masing titik berjarak 50 meter. Data primer yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah besar arus yang diinjeksikan (I), beda potensial yang terjadi (ΔV) dan Nilai hambatan (R). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lapisan akuifer di daerah penelitian berada pada kedalaman 16 meter sampai 100.6 meter dengan ketebalan yang bervariasi, yaitu antara 4.2 meter sampai 62.2 meter dengan nilai resistivitas berkisar antara 6 Ωm sampai 106 Ωm. Selain itu, terdapat dua sebaran akuifer yakni sebaran akuifer pertama terdapat pada titik pengukuran RD01, RD02, RD03, RD08, RD09, RD10 dan sebaran akuifer kedua pada titik pengukuran RD04, RD05, RD06, RD07. Dari hasil penelitian juga, diperkirakan titik yang dianggap paling berpotensi untuk kegiatan eksplorasi air tanah yaitu pada titik RD01 dengan perkiraan kedalaman 25.4 m dan ketebalan 62 m dan titik RD10 dengan perkiraan kedalaman 17.6 meter dan ketebalan 26 meter. Kedua titik tersebut mempunyai ketebalan lebih dari 25 meter sehingga diperkirakan mempunyai volume air yang besar dibanding dengan titik yang lain.
PENGARUH PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Wiwik Suci Ambar Ningsih;
Wayan Suana;
Nengah Maharta
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 3 No 2 (2018): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (636.357 KB)
|
DOI: 10.20414/konstan.v3i2.16
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan Blended learning berbasis schoology terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Pada penelitian ini menggunakan design penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Selanjutnya populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa XII IPA SMA Negeri 5 Metro dengan sampel yang terpilih melalui teknik purposive sampling yaitu XII IPA 1 dan 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan berbentuk tes pilihan jamak untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data menggunakan Uji N-Gain dan uji Independent Sample T-test . Nilai rata-rata N-gain kemampuan berpikir kritis pada kelas ekperimen sebesar 0,43 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol dengan kategori rendah bernilai 0,10. Berdasarkan hasil dari uji Independent Sample T-test, nilai Asymp. Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000, maka H0 ditolak. Jadi terdapat perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol secara siginifikan.Artinya penerapan blended learning berbasis schoology memberikan pengaruh yang siginifikan terhadap kemampuan berpikir kritis.