cover
Contact Name
Febri Desman M.Hum
Contact Email
febri.desman54@gmail.com
Phone
+628116624777
Journal Mail Official
red.jurnallagalaga@gmail.com
Editorial Address
red.jurnallagalaga@gmail.com
Location
Kota padang panjang,
Sumatera barat
INDONESIA
Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
ISSN : 24609900     EISSN : 25979000     DOI : http://dx.doi.org/10.26887/lg
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Sinopsis : terbit dalam dua kali setahun. Jurnal Laga-Laga merupakan Jurnal Ilmiah Berkala tentang Seni Pertunjukan pengelolaan Jurnal Laga-Laga berada di dalam lingkup Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni padangpanjang
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2020): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan" : 12 Documents clear
PEMBELAJARAN MUSIK ANSAMBEL REBANA MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 PALEMBANG DERIA SEPDWIKO
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Vol 6, No 1 (2020): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/lg.v6i1.1042

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Pembelajaran Musik Ansambel Rebana Menggunakan Metode Drill pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 15 Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimanakah Pembelajaran Musik Ansambel Rebana Menggunakan Metode Drill  terhadap hasil belajar Kepada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 15 Palembang. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes dan dokumentasi.Penilaian dalam proses belajar mengajar harus dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan. Dengan melakukan penilaian dapat mengetahui kemampuan yang dimiliki siswa dalam meraih kopetensi yang telah ditetapkan. Dimana tes yang digunakan menggunakan alat musik rebana untuk melatih respon belajar siswa dalam melaksanakan tugas kelompok dalam proses pembelajaran yang dianggap berhasil. Berdasarkan hasil dokumentasi yang diperlihatkan melalui foto-foto kegitan siswa menunjukan bahwa pembelajaran musik ansambel rebana yang diajarkan kepada siswa. Dalam proses belajar musik ansambel rebana siswa di beri arahan oleh peneliti dalam cara memegang dan memainkan rebana serta dalam membaca partitur yang telah di siapkan. Karena rebana yang digunakan saat proses belajar musik ansambel rebana hanya tersedia 3 rebana maka siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mempermudah pada saat memainkannya. Pembelajaran, Musik Rebana,  Metode Drill
DARI TARI GALOMBANG KE TARI PASAMBAHAN: PERUBAHAN TARI MINANGKABAU DALAM PERKEMBANGAN BUDAYA POPULER DAN INDUSTRI PARIWISATA FRESTI YULIZA
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Vol 6, No 1 (2020): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/lg.v6i1.1016

Abstract

Tulisan ini membahas tentang perubahan dari Tari Galombangke Tari Pasambahan dalam khasanah seni tari tradisional dalam masyarakat Minangkabau. Menggunakan perspektif budaya populer, tulisan ini bermaksud menelusuri riwayat ringkas perubahan tersebut dan maknanya dalam kehidupan di masa kini. Pengamata menunjukkan bahwa perubahan nama dan fungsi tersebut tidak terlepaskan dari riwayat penciptaan tari yang lazim dinamakan sebagai ‘tari kreasi’ di Sumatera Barat, yang pada dasarnya adalah bagian dari semangat tumbuhnya tari modern. Adapun perubahan tersebut, selain menunjukkan kecenderungan budaya populer yang cenderung relatif, pragmatis dan hibrid, juga merupakan bagian dari semangat budaya kontemporer, yang mengedepankan sifat kesementaraan, tidak satabilan, dan perubahan yang terus-menerus
PENCIPTAAN PERAN TOKOH ARINI DALAM NASKAH MAINAN GELAS KARYA TENNESSEE WILLIAMS SADURAN SUYATNA ANIRUN FEBBY MONICA; DESI SUSANTI; YUNIARNI YUNIARNI
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Vol 6, No 1 (2020): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/lg.v6i1.1047

Abstract

Tokoh Arini dalam naskah Mainan Gelas karya Tennessee Williams Saduran Suyatna Anirun merupakan tokoh yang mengalami konflik batin pada dirinya, karena Arini memiliki banyak permasalahan dalam hidup mulai dari tokoh ayah yang pergi meninggalkannya dan kedua anaknya yang tidak mau mendengarkan perkataan Arini. Naskah ini merupakan naskah realisme psikologi karena berangkat dari kondisi kehidupan masa lalu si pengarang dan menceritakan seorang ibu bernama Arini yang terjebak pada kenangan masa lalu dan harapan untuk masa depan yang tidak bisa dicapainya. Arini mendidik anaknya secara otoriter, sifat keegoisannya yang hanya ingin didengar membuat anaknya tidak nyaman dengan prilaku Arini. Dalam konteks ini, maka tokoh Arini akan dihadirkan dengan metode akting Stanislavsky (to be). Berdasarkan metode akting ini pemeran ingin meyakinkan penonton bahwa apa yang terjadi di atas panggung adalah kejadian yang sebenarnya.
ESTETIKA TARI BANGAU DI JORONG LABAN KANAGARIAN SALIDO KECAMATAN IV JURAI KABUPATEN PESISIR SELATAN PROVINSI SUMATERA BARAT ATIKAH ZAHRA; IRDAWATI IRDAWATI; NURMALENA NURMALENA
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Vol 6, No 1 (2020): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/lg.v6i1.600

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk membahas Estetika Tari Bangau di Jorong Laban Kanagarian Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat. Tari Bangau adalah tari tradisional yang hidup dan berkembang di Jorong Laban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskritif analisis, yaitu seluruh data yang diperoleh baik data lapangan dihimpun dan dijabarkan kemudian analisis sesuai dengan permasalahan peneliti yang telah dirumuskan.Teori yang digunakan adalah teori bentuk oleh Y. Sumandyo Hadi dan Soedarsono dan teori estetika oleh A.A.M Djelantik dan Jacob Sumardjo. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini yaitu estetika yang terkandung pada gerak Tari Bangau.
PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL PADUAN SUARA THIS IS ME, COME ALIVE, THE GREATEST SHOW DAN A MILLION DREAMS DI SMAS XAVERIUS PRAYOGA BUKITTINGGI DWIKA PUTRI ANDRAYANI; ZAINAL WARHAT; ANTON KUSTILO
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Vol 6, No 1 (2020): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/lg.v6i2.885

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam bernyanyi yang tidak menggunakan teknik vokal yang baik dan benar. Siswa bernyanyi tanpa memperhatikan cara pengucapan syair lagu (artikulasi) nada (intonasi) di SMAS Xaverius Prayoga Bukittinggi. Dari pokok permasalahan ini peneliti akan membahas tentang metode Pembelajaran Teknik Vokal Paduan Suara this is me, come alive, the greatest show  dan a million dreams di SMAS Xaverius  Prayoga Bukittinggi. Dalam penelitian ini peneliti memberi tindakan dengan penilaian tiga kategori yaitu teknik vokal,  keseimbangan dalam paduan suara, dan kemampuan bernyanyi.Penelitian  yang dilaksanakan di Yayasan Prayoga Bukittinggi SMAS Xaverius menggunakan  jenis penelitian tindakan (Action Research). Adapun penelitian ini di dukung oleh beberapa metode pembelajaranya yaitu, metode demonstrasi, metode imitasi dan metode latihan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi yang diolah dengan tabel distribusi frekuensi.
AGUANG DALAM ACARA BATAGAK PANGULU DI NAGARI KOTO GADANG KEC. IV KOTO KAB. AGAM FARIDATUL INAYAH; FIRMAN FIRMAN; SRIYANTO SRIYANTO
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Vol 6, No 1 (2020): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/lg.v6i1.1046

Abstract

Aguang merupakan salah satu alat musik tradisional di Minangkabau, yang terdapat pada acara batagak pangulu di Nagari Koto Gadang, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam. Aguang dalam acara batagak pangulu terdiri dari 2 buah aguang, yakni aguang besar dan aguang kecil, yang digantung menggunakan kayu, dan dimainkan oleh sepasang pemain menggunakan 1 stik pada aguang besar dan 2 buah stik pada aguang kecil, serta dimainkan pada saat penyembelihan kerbau hingga akhir acara. Tujuan penelitian terhadap objek yang dikemukakan di atas untuk mendeskripsikan unsur-unsur musikal aguang dalam batagak dan mendeskripsikan pandangan masyarakat terhadap aguang dalam acara batagak pangulu di Kanagarian Koto Gadang Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam. Hasil dari penelitian dari aguang yang dimainkan pada acara batagak pangulu ialah, memiliki 4 unsur-unsur musik yaitu memiliki 3 pola ritme, melodi yang dimainkan secara ostinato, keselarasan bunyi, dan warna bunyi idiophone. Pandangan masyarakat terhadap aguang terdapat 3 golongan yaitu pandangan masyarakat umum, pandangan generasi muda dan pandangan pelaku seni. Fungsi aguang terdiri dari 2 macam yakni fungsi primer dan fungsi sekunder yang terbagi tiga yaitu legitimasi batagak pangulu, fungsi komunikasi dan fungsi ekonomi.
EKSISTENSI DAN FUNGSI KESENIAN SARAPAL ANAM DI KOTA BENGKULU AJALON TARMIZI
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Vol 6, No 1 (2020): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/lg.v6i1.1043

Abstract

Penelitian ini berupaya mengobservasi Eksistensi Dan Fungsi Kesenian Sarapal Anam Di Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif analisis. Responden dalam penelitian ini yaitu tokoh-tokoh kesenian Sarapal Anam yang ada di Kota Bengkulu, khususnya yang pernah atau masih terlibat sebagai pelaku kesenian Sarapal Anam, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Dalam penganalisaan kesenian Sarapal Anam ini terdiri dari dua unsur yaitu unsur internal dan eksternal. Analisis musikologis kesenian Sarapal Anam yang termasuk kedalam unsur internal adalah : segala hal yang berkaitan langsung dengan materi musik seperti syair atau sastra dan beberapa unsur musikologis yang terkait yaitu : melodi, kalimat, tempo, dinamika, timbre dan motif. Sedangkan unsur eksternal dalam kesenian Sarapal Anam terdiri dari peristiwa musikologis yang berlangsung pada waktu, tempat dan suasana tertentu seperti halnya peristiwa musik Sarapal Anam dalam upacara pesta perkawinan di Kota Bengkulu.
STRATEGI TEATER PETROMAS 11PM DALAM MENGEMBANGKAN MINAT MAHASISWA TERHADAP SENI PERTUNJUKAN DI STAINU TEMANGGUNG DHETA ARI SABILLA; HAMIDULLOH IBDA
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Vol 6, No 1 (2020): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/lg.v6i1.957

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan yang mengindikasikan rendahnya minat mahasiswa terhadap seni pertunjukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Teater Petromas 11 PM dalam menumbuhkan minat mahasiswa terhadap seni pertunjukan, serta peluang dan hambatan Teater Petromas 11 PM dalam menjalankan strateginya. Jenis penelitian ini juga menggunakan metode penelitian analisis deskriptif, serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan yaitu, untuk meningkatkan minat mahasiswa terhadap seni pertunjukan adalah dengan melaksanakan berbagai kegiatan yang menunjang mahasiswa untuk dapat mengamati dan melihat kreatifitas serta kegiatan yang dilaksanakan ketika bermain seni pertunjukan, dengan bekerja sama membangun relasi dengan berbagai kedinasan serta pelaku seni dan budaya di daerah Temanggung, serta selalu meningkatkan kualitas dari berbagai aspek.
PENCIPTAAN KOMPOSISI MUSIK ANTAN DELAPAN OF VARIATION FORM SARI PERTIWI; FERRY HERDIANTO; MURNIATI MURNIATI
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Vol 6, No 1 (2020): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/lg.v6i1.1045

Abstract

Komposisi ini terinspirasi dari kesenian Antan Delapan yang merupakan kesenian tradisional Melayu yang tumbuh dan berkembang di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan. Kesenian ini merupakan kesenian tradisional yang berawal dari kegiatan berbalas pantun yang sering dilakukan masyarakat Kabupaten Muara Enim pada saat menumbuk padi. Alat penumbuk padi yang digunakan adalah sebuah Lesung dan delapan buah Antan. Komposisi Antan Delapan Of Variation Form berangkat dari unsur musikalitas kesenian Antan Delapan, yaitu melodi tembang, pola ritme gendang, dan tembang. Metode yang digunakan dalam penggarapan komposisi ini yaitu metode eksperimen. Dalam penggarapannya, komposisi Antan Delapan of Variation Form digarap dalam 8 variasi atas tema. Masing-masing variasi menggunakan beberapa teknik memvariasikan tema yang bersumber dari melodi, ritme, dan harmoni tanpa menghilangkan identitas kesenian Antan Delapan.Tujuan yang ingin dicapai dalam komposisi Antan Delapan of Variation Form adalah membuat sebuah komposisi yang berangkat dari lagu Antan Delapan ke dalam bentuk garap tema dan variasi, dengan format solo vokal yang diiringi oleh orchestra, tanpa menghilangkan identitas kesenian tersebut.
STRUKTUR TARI LURAH KINCIA DI NAGARI SITUJUAH BATUA DIANA KHAIRLANI; SURHERNI SURHERNI; A A CITRAWATI
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Vol 6, No 1 (2020): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26887/lg.v6i1.829

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas Struktur Tari Lurah Kincia di Situjuah Batua Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian adalah  penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis, yaitu seluruh data yang diperoleh baik data lapangan dihimpun dan dijabarkan kemudian di analisis sesuai dengan permasalahan penelitian yang telah dirumuskan. Teori yang digunakan adalah teori struktur dan bentuk yang dikemukakan oleh Y. Sumandyo Hadi dan Soedarsono.  Objek penelitian tari Lurah Kincia yang difokuskan pada tari Lurah Kincia di Situjuah Batua Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten Lima Puluh Kota. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tari ini memiliki 7 motif gerak. Hasil dari peneltian ini menunjukkan bahwa tari ini memiliki 7 motif gerak. Gerak yang dimaksud adalah gerak bajalan sairiang, gerak manurun lurah, gerak maambiak padi, gerak manampi padi, gerak bamain basamo, dan gerak baparang.

Page 1 of 2 | Total Record : 12