cover
Contact Name
Ridho Pamungkas
Contact Email
-
Phone
+6285735137544
Journal Mail Official
research@unipma.ac.id
Editorial Address
Jl. Auri No.14-16 Kota Madiun
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
RESEARCH : Computer, Information System & Technology Management
ISSN : 26157233     EISSN : 26157357     DOI : http://doi.org/10.25273/research
RESEARCH is a scientific journal that publishes articles in the field of Computer, Information systems & Technology Management. Various topics can be published in this journal is about : 1. Technology Information & Information System. 2. Computing, Internet of Think & Networking. 3. Multimedia Bussines & Learning. 4. Technology Management.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2022)" : 6 Documents clear
Analisis Kualitas Website Sistem Informasi Akademik Universitas Nusantara PGRI Kediri Dimas Adam Saputra; Sucipto Sucipto; Teguh Andriyanto
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v5i1.9350

Abstract

Sistem informasi akademik universitas (SIAKAD) mengalami penyempurnaan pada versi yang kedua. Peningkatan versi ini perlu dilakukan evaluasi mengenai peningkatan yang ada pada versi terbaru. Selama ini layanan SIAKAD v2 belum diukur kualitasnya berdasarkan penggunaan akhir atau pengunjung website. Belum adanya pengukuran ini pengelola belum dapat menerima umpan balik tentang sistem tersebut terhadap layanan optimat pada mahasiswa.  Pada penelitian ini, kualitas SIAKAD v2 diukur dengan menggunakan metode WebQual. WebQual merupakan alat instrumen yang dapat digunakan untuk menilai kualitas suatu website menurut perspektif pengguna akhir. Pada penelitian ini menganalisa layanan Siakad v2 dengan teknik dan pendekatan yang digunakan dengan kuesioner berdasarkan metode Webqual versi 4.0. Penelitian ini menggunakan 3 variabel yaitu kualitas penggunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi. Tujuan penilitian ini untuk mengukur kualitas website Siakad v2 yang ditinjau dari sisi kepuasan pengguna akhir. Hasil penelitian ini, didapatkan hasil bahwa kualitas informasi pada SIAKAD v2 tidak mempengaruhi kepuasan pengguna akhir secara signifikan. website Siakad v2 masih perlu peningkatan dalam layanan kepuasan penggunanya.
Penerapan Raspberry Pi untuk Sistem Informasi Uang Elektronik (E-Money) Siswa Dengan Biaya Murah Joko Triono; Shania Putri Windiastik
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v5i1.7023

Abstract

Menerima atau melakukan pembayaran dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sebagai imbalan atas barang atasu jasa yang kita berikan atau terima. Seiring perkembangan perekonomian yang pesat maka pertukaran barang dan jasa juga semakin cepat, hal ini memerlukan dukungan tersedianya sistem pembayaran yang lebih cepat, aman, efisien dan handal. Pemakaian uang tunai kurang efisien, ini disebabkan karena pengaruh pengadaan dan pengelolaan (cash handling), efisiensi waktu, dan resiko keamanan. Bank Indonesia mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi pengunaan uang cash yang dikeluarkan pada periode tahun 2005 sampai dengan sekarang. Banyak keuntungan dari penggunaan uang non tunai ini diantaranya kecepatan dalam bertransaksi, lebih aman, mudah dibawa dan lain-lain. Oleh karena itu perlu dikenalkan kepada seluruh masyarakat termasuk disekolah-sekolah. Implementasi dari uang non tunai disekolah ini berupa sistem informasi e-money yang menggunakan kartu pintar siswa yang bisa digunakan untuk pembayaran siswa di kantin sekolah. Sistem Informasi E-money ini akan diterapkan di MIN 1 Kota Madiun dan dikembangkan menggunakan metode penelitian Build dan fix. Perangkat keras yang digunakan Raspberry Pi versi 3 dan RFID reader type MFRC522 yang relatif murah yaitu sekitar Rp. 790.000,00, ini lebih murah dibanding alat serupa yang bermerek yang mencapai jutaan rupiah. Sedangkan perangkat lunaknya adalah bahasa pemrograman Python dan Delphi.Basisdata yang digunakan adalah MySQL. Pengujian sistem menggunakan metode Black Box yaitu pengujian dengan melihat sistem apakah output yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan atau tidak, dan diperoleh hasil 100% valid.
Analisis Penerapan Business Intelligence System Pada Pengelolaan Data Alumni Program Studi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun Sri Anardani; Yessi Yunitasari; Muh. Lutfi Azis
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v5i1.7148

Abstract

Data alumni menjadi salah satu data penting program studi yang bisa menjadi acuan kualitas dari proses pembelajaran di program studi. Secara rutin program studi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun melakukan proses pengelolaan data alumni, namun  data alumni selalu bertambah dalam tiap periode. Pelaporan data alumni menjadi kurang optimal karena tidak mampu menghasilkan informasi yang dapat membantu program studi untuk mengevaluasi kualitas alumni. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk  melakukan analisa penerapan Business Intelligent System pengelolaan data alumni pada program studi teknik informatika Universitas PGRI Madiun dalam rangka mengevaluasi dan monitoring kualitas alumni program studi. Penelitian ini fokus pada fase analisis kebutuhan fungsional dan kebutuhan data. Proses analisis pada penelitian ini  berpedoman pada metodologi Business Intelligent  Roadmap yang meliputi fase justifikasi, perencanaan dan analisa bisnis. Hasil dari penelitian adalah analisa perencanaan untuk menerapkan sistem Business Intelligence pada pengelolaan data alumni sehingga dapat memenuhi kebutuhan informasi bagi  pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan 
Sistem Manajemen Jaringan Menggunakan Sistem Voucher dengan Monitoring Telegram Erfian Danu Arius; Sucipto Sucipto; Teguh Andriyanto
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v5i1.9493

Abstract

Tren teknologi pada era pandemic covid-19 yang cukup pesat adalah penggunaan teknologi nirkabel sebagai alat berbagi internet menggunakan Wireless Lan. Kebutuhan penggunaan akses internet pada masa pandemic ini  yang menjadi daya tarik utama bagi pengguna internet untuk berbagi askes internet yaitu dengan teknologi Wireless. Akses menggunakan wireless untuk mengkases internet pengguna harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Hal ini menyebabkan pengguna internet harus mencari solusi untuk mengurangi biaya tersebut. Salah satu cara dengan berbagi akses internet yaitu menggunakan jaringan wireless dengan menggunakan router Mikrotik RB941. Router digunakan  sebagai alat untuk mengelola jaringan internet dengan ditambahkan aplikasi mikhmon pengelolaan manajemen akses pengguna Internet. Dengan Menggunaan alat tersebut pengguna internet dapat menikmati jaringan internet dengan pembatasan akses tertentu secara merata. Penelitian ini bertujuan membangun jaringan internet yang merata dan melakukan monitoring akses pengguna melalui telegram. Hasil penelitian ini trafik menunjukan bahwa 12 pengguna yang mengakses ke jaringan melalui alat ini memperoleh kecepatan bandwith rata-rata mencapai 1,5Mbps dan monitoring dapat dikirimkan melali telegram.
Faktor Pendorong Keputusan Pembelian Virtual Item Pada Mobile Commerce (Studi Kasus: Game Mobile Legends) Elkaf Fahrezi Soebianto Putra; Betty Purwandari; Imairi Eitiveni; Mardiana Purwaningsih
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v5i1.12396

Abstract

MOBA atau Multiplayer Online Battle Arena atau biasa disebut action real-time strategy (ARTS) merupakan bagian dari real-time strategy (RTS). Salah satu jenis game aksi Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) pada perangkat seluler adalah Mobile Legend. Game tersebut dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan pengembang game dari Shanghai, China yang bernama Moonton. Game ini telah memiliki jutaan pemain di dunia. Terbukti dari sebuah market aplikasi play store dengan jumlah unduhan pada bulan April 2021 mencapai lebih dari 100 juta. Dapat disimpulkan 100 juta lebih perangkat smartphone telah menginstal game ini sejak peluncuran global untuk platform android pada 11 Juli 2016. Di Indonesia sendiri pengguna aktif bulanan dari jumlahnya mencapai 50 juta lebih, kondisi tersebut merupakan pencapaian terbesar dibandingkan dengan negara-negara lain. Adanya perkembangan sedemikian cepatnya dalam industri game, khususnya Mobile Legends, maka perlu adanya strategi bersaing secara efektif yang berfokus pada pelanggan. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui faktor pendorong pembelian skin pada game Mobile Legends. Penelitian ini mengadopsi Theory of Consumption Value (TCV) dan juga Stimulus Organism Response sebagai dasar pembangunan model konseptual. Berdasarkan 100 data yang valid, keseluruhan hipotesis diterima. Seluruh variabel memiliki hubungan positif dan juga signifikan.
Keamanan Pada Brankas Dengan Radio Frequency Identification (RFID) Berbasis Arduino Mega 2560 Ahnaf Jauhari; Garno Garno; Purwantoro Purwantoro
RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management Vol 5, No 1 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25273/research.v5i1.6833

Abstract

Keamanan barang-barang yang tersimpan di dalam brankas menjadi hal yang sangat penting. Brankas bentuk manual masih banyak digunakan oleh masyarakat banyak yang banyak kekurangan yaitu mudah dibobol dan dapat dengan mudah diduplikat. Dengan canggihnya teknologi yang ada saat ini, dikembangkan pengamanan yang bersifat elekronik. Salah satu yang dapat digunakan yaitu radio frequency identification (RFID). Dilakukanlah perancangan dan pembangunan alat pengamanan brankas menggunakan teknologi radio frequency identification (RFID) untuk mengamankan sebuah brankas. Sistem pada radio frequency identification (RFID) terdiri dari tiga komponen utama yaitu transponder, reader, dan database. Alat ini dibangun menggunakan metode eksperimen. Proses pengamanan dilakukan dengan mendeteksi unique id pada tag RFID untuk membuka brankas. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah prototype kunci otomatis menggunakan tag RFID untuk membuka pintu brankas dengan motor servo. Kemudian jarak maksimal terdeteksinya tag RFID oleh RFID reader yaitu sebesar 2,5 cm. Kemudian daya yang digunakan oleh alat tersebut sebesar 5 volt.

Page 1 of 1 | Total Record : 6