cover
Contact Name
Amar Sani
Contact Email
amrlibrarianesia@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
amarlibrarianesia@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
SEIKO : Journal of Management & Business
ISSN : 598831X     EISSN : 25988301     DOI : -
Core Subject : Social,
The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects and to provide stimulus for research and the further development of international perspectives.
Arjuna Subject : -
Articles 1,426 Documents
PENGARUH INSENTIF, PENEMPATAN DALAM JOB DAN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA PT. BOSOWA UTAMA CORPORATION DI MAKASSAR) Juwita Juwita
SEIKO : Journal of Management & Business Vol 1, No 2 (2018): January-Juny
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.724 KB) | DOI: 10.37531/sejaman.v1i2.226

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh insentif, penempatan dalam job, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Bosowa Utama Corporation di Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada Perusahaan PT. Bosowa Utama Corporation di Makassar Sulawesi Selatan. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan jumlah sampel sebanyak 102 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) insentif bagi setiap Karyawan yang memenuhi persyaratan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Karyawan. 2) Adanya penempatan Karyawan yang dapat disesuaikan antara jabatan dengan kemampuan, minat dan bakat serta profesi mereka, maka berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Karyawan. 3) lingkungan kerja yang tersedia pada PT. Bosowa Utama Corporation relatif kondusif sesuai dengan kebutuhan kerja Karyawan saat ini, sehingga pengaruhnya positif dan signifikan terhadap kinerja Karyawan.Kata Kunci: Insentif, Penempatan dalam Job, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan ABSTRACT The purpose of this research is to know and analyze the influence of incentives, job placement, and work environment on employee performance at PT. Bosowa Utama Corporation in Makassar. This research was conducted at PT. Bosowa Utama Corporation in Makassar South Sulawesi. The method of analysis used is multiple linear regression analysis with the number of samples of 102 respondents. The results of this study indicate that 1) incentives for every employee who meet the requirements have a positive and significant impact on employee performance. 2) The existence of employee placement that can be adjusted between positions with abilities, interests and talents as well as their profession, then have a positive and significant impact on employee performance. 3) work environment available at PT. Bosowa Utama Corporation is relatively conducive in accordance with the work needs of current employees, so that the effect is positive and significant on the performance of employees.Keywords: Incentives, Job Placement, Work Environment, Employee Performance
PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN PT MITRA PHINASTIKA MUSTIKA Tbk Piter Tiong
SEIKO : Journal of Management & Business Vol 1, No 1 (2017): July-December
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.409 KB) | DOI: 10.37531/sejaman.v1i1.69

Abstract

Abstrak Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perputaran piutang terhadap profitabilitas. Untuk mengaplikasikan tujuan tersebut maka jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif, sedangkan sumber data   dalam penelitian ini adalah data sekunder. Untuk menjawab rumusan masalah yang telah diajukan, maka digunakan metode analisis yakni deskriptif yang menjelaskan perputaran piutang dalam kaitannya dengan profitabilitas (ROA). Hasil penelitian yang dilakukan yakni perhitungan analisis regresi antara perputaran piutang dengan return on asset (ROA) berpengaruh positif dan signifikan, dimana setiap kenaikan piutang akan dapat meningkatkan ROA. Hasil analisis korelasi antara perubahan perputaran piutang dengan Return on Asset (ROA) dapat dilihat memiliki hubungan yang cukup kuat. Sedangkan dilihat dari nilai koefisien korelasi dan koefisien determinasi bahwa perputaran piutang memiliki hubungan yang kuat terhadap peningkatan ROA. Kata kunci : Perputaran piutang, return on asset (ROA)  Abstract The purpose of this research is to know and analyze the effect of receivable turnover   to profitability. To apply these objectives, the data type of data used in this study is qualitative data, while the data source in this study is secondary data. To solve the problem formulation  as well as to prove the hypothesis proposed, it is used descriptive analysis method that    explains the turnover of receivables in relation to profitability (ROA). The result of the research is calculation of regression analysis between receivable turnover with return on asset (ROA) have positive and significant effect, where every increase of receivable will increase ROA.  The result of correlation analysis between the change of receivable turnover with Return   on Asset (ROA)  can be seen has strong relation. While seen from the correlation coefficient   and coefficient of determination that receivable turnover has a strong relationship  to the increase ROA. Keywords: Accounts receivable turnover, return on investment
PENGARUH KEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI DAN PROFESIONALISME TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (DPKD) KABUPATEN GOWA Bahtiar Maddatuang
SEIKO : Journal of Management & Business Vol 1, No 1 (2017): July-December
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.223 KB) | DOI: 10.37531/sejaman.v1i1.81

Abstract

AbstrakDinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Kabupaten Gowa dengan jumlah populasi sebanyak 142 orang pegawai. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 59 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Kabupaten Gowa. 2) Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan   secara parsial terhadap  kinerja   pegawai pada Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Kabupaten Gowa. 3) Profesionalisme berpengaruh positif dan signifikan  secara parsial terhadap  kinerja  pegawai pada Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Kabupaten Gowa. 4) Kepemimpinan, Komunikasi dan Profesionalisme berpengaruh positif dan signifikan  secara simultan terhadap  kinerja  pegawai pada Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Kabupaten.Kata Kunci : Kepemimpinan, Komunikasi, Profesionalisme, Kinerja Pegawai. DPKD Kabupaten Gowa AbstractRegional Finance Management Office (DPKD) Gowa District with a total population of 142 employees. The sample of this study was determined by using slovin formula so that the sample obtained as many as 59 people. Data analysis in this research use multiple linear regression analysis. The results showed that: 1) Leadership positively and significantly partially to the performance of employees at the Regional Finance Management Office (DPKD) Gowa District. 2) Communication has a positive and significant effect partially on the performance of employees at the Regional Finance Management Office (DPKD) Gowa District. 3) Professionalism has a positive and significant effect partially on the performance of employees at the Regional Finance Management Office (DPKD) Gowa District. 4) Leadership, Communication and Professionalism have positive and significant influence simultaneously on employee performance at District Financial Management Department (DPKD) Regency.  Keywords: Leadership, Communication, Professionalism, Employee Performance. DPKD Kabupaten Gowa
FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP AUDIT JUDGMENT PADA INSPEKTORAT DAERAH PROVINSI SULAWESI SELATAN Misbahuddin Misbahuddin; Mursalim Mursalim; Muhammad Su'un
SEIKO : Journal of Management & Business Vol 1, No 2 (2018): January-Juny
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.73 KB) | DOI: 10.37531/sejaman.v1i2.223

Abstract

ABSTRAKPenulisan ini bertujuan untuk : (1) Memberikan bukti empiris pengaruh Gender terhadap Audit Judgment  (2) Memberikan bukti empiris pengaruh Tekanan Ketaatan terhadap Audit Judgment (3) Memberikan bukti empiris pengaruh Kompleksitas Tugas terhadap Audit Judgment. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Objek penelitian ini adalah Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui metode survey dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara langsung kepada pegawai Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan.            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Gender berpengaruh Positif dan tidak signifikan terhadap Audit Judgment. (2) Tekanan Ketataan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Audit Judgment. (3) Kompleksitas Tugas berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Audit Judgment. Kata Kunci: Gender, Tekanan Ketaatan, Kompleksitas tugas, Audit Judgment  ABSTRACTThis writing aims to: (1) provide empirical evidence about the influence of gender to Audit Judgment, (2) provide empirical evidence about the influence of Compliance Pressure to Audit Judgment, and (3) provide empirical evidence about the influence of Task Complexity to Audit Judgment.This type of research is quantitative one. The object of this study is the institution of Inspectorate of South Sulawesi Province. The sampling technique used purposive sampling method. The data was collected through survey method by using questionnaires distributed directly to the staff of Inspectorate of South Sulawesi Province.The results of this study indicate that (1) Gender affects Positive and not significant to Audit Judgment. (2) Compliance Pressure affects the negative and significant to Audit Judgment. (3) The Task Complexity has negative and insignificant effect to Audit Judgment.Keywords: Gender, Compliance Pressure, Task Complexity, Audit Judgment.
PENGARUH PERUBAHAN WAKTU PERDAGANGAN TERHADAP VOLUME TRANSAKSI DAN FREKUENSI TRANSAKSI PADA BURSA EFEK INDONESIA Andi Hidayat
SEIKO : Journal of Management & Business Vol 1, No 1 (2017): July-December
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.962 KB) | DOI: 10.37531/sejaman.v1i1.70

Abstract

ABSTRAKPasar modal merupakan salah satu penggerak perekonomian suatu Negara. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui perbedaan volume transaksi perdagangan di bursa efek Indonesia sebelum dan setelah perubahan jam perdagangan dan Untuk mengetahui perbedaan frekuensi transaksi perdagangan di bursa efek Indonesia sebelum dan setelah perubahan jam perdagangan.Data yang digunakan adalah data sekunder diperoleh dari www.IDX.Com. Model yang digunakan untuk menjawab masalah penelitian dan pengujian hipotesis penelitian digunakan analisis uji beda dua rata-rata, dengan alat bantu aplikasi SPSS versi 20.0.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan antara volume transaksi perdagangan sebelum dan setelah perubahan waktu perdagangan pada bursa efek Indonesia, tetapi perbedaan ini belum signifikan,. 2). terdapat perbedaan antara frekuensi transaksi perdagangan sebelum dan setelah perubahan waktu perdagangan pada bursa efek Indonesia dan signifikan. Disimpulkan bahwa ada perbedaan pada volume transaksi tetapi belum signifikan, investor asing masih enggan untuk melakukan investasi di bursa efek Indonesia. Hal ini dikarenakan Calon investor perlu mempertimbangkan informasi secara jelas tentang saham yang prospek sedangkan pada frekuensi transaksi ada perbedaan dan signifikan akibat kebijakan otoritas jasa keuangan memberikan ruang yang panjang untuk para investor melakukan transaksi berkali-kali. Sehingga para calon investor lebih sering melakukan transaksi jual atau beli, dan berani mengambil keputusan jual atau beli pada sesi pra pembukaan. Kata Kunci : Volume dan Frekuensi, Transaksi Perdagangan. ABSTRACT Capital market in the united kindom is one of the economy of a country.This study aimed to determine differences in the volume of trade transactions in stock exchanges of Indonesia before and after the change in trading hours and to determine differences in the frequency of transactions in trading with Indonesian stock exchanges before and after the change in trading hours. The data used is secondary data obtained from www.IDX.Com. The model is used to answer the research problem and hypothesis testing analysis research used two different test average, with application tool SPSS version 20.0. The results showed that: 1) there is a difference between trading volume before and after the time change on the Indonesian stock exchange trading, but this difference was not significant. 2). there is a difference between trading frequency before and after the time change on the Indonesian stock exchange trading and significant. Concluded that there is a difference in the volume of transactions but not significantly, foreign investors are still reluctant to invest in the stock exchanges of Indonesia. This is because the prospective investor needs to consider explicitly the information about the outlook for stocks, while the frequency of transactions and there is a significant difference due to the financial services authority policies provide long room to the investors make transactions many times. So that potential investors often conduct transactions or purchase, and take bold decisions to sell or buy the pre-opening session.Keywords: trading Transaction,Volume and Frequency 
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. PRIMAGUM SEJATI DI MAKASSAR Tiong, Piter
SEIKO : Journal of Management & Business Vol 1, No 2 (2018): January-Juny
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.922 KB) | DOI: 10.37531/sejaman.v1i2.228

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis sejauh mana pengaruh kualitas layanan melalui bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Pribagum Sejati di Makassar,  serta untuk menganalisis variabel manakah dari kualitas layanan yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Primagum Sejati di Makassar. Untuk mengimplementasikan tujuan tersebut maka digunakan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, sedangkan alat analisis yang digunakan adalah : uji instrument penelitian (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolineritas, serta uji heterokesdastisitas), analisis regresi linear berganda, serta pengujian hipotesis Hasil penelitian menemukan bahwa hasil analisis regresi linear berganda, maka dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan yang terdiri dari bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Primagum Sejati di Makassar, sedangkan dari hasil pengujian koefisien secara parsial (uji t) maka dapat disimpulkan  bahwa variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Primagum Sejati di Makassar adalah daya tanggap atau responsiveness. Kata kunci :    Bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap loyalitas pelanggan AbstractThe purpose of this study was to determine and analyze the extent to which effect the quality of service through the physical evidence, reliability, responsiveness, assurance and empathy effect on customer loyalty to the PT. Primagum Sejati in Makassar, to analyze which variables of service quality the most influence on customer loyalty to the PT. True Primagum in Makassar. To implement these objectives, the used method of collecting data through questionnaires, while analysis tools used are: test of research instrument (validity and reliability), classical assumption (normality test, multicolinearity, and test heterokesdastisitas), multiple linear regression analysis, and hypothesis testing (F test and t test). The study found that the results of multiple regression analysis, it can be concluded that the quality of service that consists of physical evidence, reliability, responsiveness, assurance and empathy positive and significant impact on customer loyalty in PT. True Primagum in Makassar, while the results of the partial coefficient test (t test) it can be concluded that the most dominant variable effect on customer loyalty in PT. True Primagum in Makassar is the responsiveness or responsiveness. Keywords :   Physical Evidence, Reliability, Responsiveness, Assurance And Empathy For Customer Loyalty
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK MEGA, TBK CABANG MAKASSAR DAYA Putra Setiawan, Ikrar; Fachmi, Muhammad
SEIKO : Journal of Management & Business Vol 1, No 2 (2018): January-Juny
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.981 KB) | DOI: 10.37531/sejaman.v1i2.244

Abstract

 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah.  Penelitian ini dilaksanakan di PT. Bank Mega, Tbk Cabang Makassar Daya dengan jumlah populasi sebanyak 300 orang nasabah. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik sampling sederhana secara acak dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang nasabah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Artinya, ketika pelayanan kepada nasabah di PT. Bank Mega, Tbk Cabang Makassar Daya semakin baik maka kepuasan nasabah akan semakin meningkat, sebaliknya ketika pelayanan kepada nasabah di PT. Bank Mega, Tbk Cabang Makassar Daya semakin buruk maka kepuasan nasabah akan semakin menurunKata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah ABSTRACT The aim of the study was to know the effect of Service Quality to Costumers’ Satisfaction. The study was condute in the PT. Bank Mega Branch Makassar Daya, with population of 300 costumers. Sample was the random sampling with 75 teachers as samples. Analysis of the data in this study using multiple linear regression analysis. The result of study indicates that Service Quality has positive and significant influence to Costumers’ Satisfaction. That is, when the service to customers in PT. Bank Mega, Tbk Makassar Branch The better the customer's satisfaction will be increased, whereas when the service to customers in PT. Bank Mega, Tbk Makassar Branch The more bad the customer's satisfaction will decreaseKeyword: Service Quality, Costumers’ Satisfaction
PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN, KOMITMEN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN SEBAGAI MODERASI Ghaliyah Nimassita Triseptya; Gagaring Pagalung; Aini Indrijawati
SEIKO : Journal of Management & Business Vol 1, No 1 (2017): July-December
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.558 KB) | DOI: 10.37531/sejaman.v1i1.71

Abstract

ABSTRAK Keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan sebagian besar tergantung pada kinerja manajerial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis partisipasi penyusunan, komitmen organisasi, dan budaya organisasi terhadap kinerja manajerial melalui gaya kepemimpinan sebagai variable moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menguji hipotesis untuk melihat korelasi yang terjadi antara partisipasi penyusunan anggaran, budaya organisasi terhadap kinerja manajerial dengan gaya kepemimpinan sebagai variable moderasi. Obyek penelitian ini adalah Kepala Seksi, Kepala Bagian, dan Pimpinan di SKPD kota Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survey kuesioner dengan 156 responden dengan metode purposive. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan Software Smart PLS 3.0.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi anggaran dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap kinerja manajerial sedangkan budaya organisasi tidak berpengaruh. Gaya kepemimpinan memoderasi partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial tetapi gaya kepemimpinan tidak memoderasi komitmen organisasi dan budaya organisasi terhadap kinerja manajerial di ruang lingkup Pemerintah Kota Makassar. Kata Kunci : gaya kepemimpinan, partisipasi anggaran, komitmen organisasi, budaya organisasi, kinerja manajerial. ABSTRACTThe success of an organization achieving its objectives is largely dependent on the performance of managerial. The aim of the research was to analyze the budget participation, organizational commitment, and organizational culture on managerial performance through leadership style as moderation variable. This research used a quantitative approach by testing the hypothesis to see the correlation between the budget participation, organizational commitment, and organizational culture on managerial performance and leadership style as a moderating variable. The research objects were the Head of Section, Head of Unit, and Leaders of SKPD of Makassar City. The data were obtained using questionnaire survey consisting of 112 respondents with purposive method. Data were analyzed using Partial Least Square (PLS) approach with software PLS Smart Software 3.0. The results of the research indicate that budget participation and organizational commitment affects managerial performance while organizational culture does not affect. Leadership style moderate budget participation on managerial performance, but leadership style does not moderate organizational commitment and organizational culture of managerial performance in the government of Makassar City. Keywords: leadership style, budget participation, organizational commitment, organizational culture, managerial performance.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH PROVINSI SULAWESI SELATAN Nurafni Baturante; Jeni Kamase; Fadliah Nasaruddin
SEIKO : Journal of Management & Business Vol 1, No 2 (2018): January-Juny
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.714 KB) | DOI: 10.37531/sejaman.v1i2.224

Abstract

Abstract The objectives of this study are to determain and obtain empirical evidence related the effect of human resource competence, the application of Government Accounting Standard, the application of Government Internal Control System, the utilization of technology, the review of financial report and bureaucratic culture on the quality of financial report in Government of South Sulawesi. This research was conducted on entire financial administration entity accounting official local government unit (OPD) of Government of South Sulawes,using primary data obtained from questionnaires distributed to respondent. Analysis of data using regression analysis linear multiple by SPSS Program. Partial test result show competence of human resources and the utilization of information technology have a significant positive effect on the quality of quality of financial report, while the application of SPIP, the application of SAP, the review of the Financial Statements and Bureaucratic Culture has no effect on the quality quality of financial report. Keywords: Competence, implementation of SPIP and SAP,  information technology, financial report review, bureaucratic culture and quality of financial report
SISTEM MANAJEMEN OTOMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS OPEN SOURCE SENAYAN LIBRARY MANAGEMENT SYSTEM (SLIMS) (STUDI KASUS PERPUSTAKAAN H. BATA ILYAS STIE AMKOP MAKASSAR) Amar Sani
SEIKO : Journal of Management & Business Vol 1, No 1 (2017): July-December
Publisher : Program Pascasarjana STIE Amkop Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.072 KB) | DOI: 10.37531/sejaman.v1i1.72

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk Mengetahui sistem manajemen perpustakaan yang digunakan di Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar ; Mengidentifikasi permasalahan yang ada pada perpustakaan; Memberikan saran atau masukan sistem manajemen otomasi sebagai upaya meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan perpustakaan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan jenis penelitian tindakan (Action Research). Menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang dipergunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa sistem otomasi perpustakaan yang digunakan dirasa kurang efektif dan efisien bagi pengguna maupun pengelola ; Terdapat beberapa kekurangan seperti, waktu akses yang terbatas, dibutuhkan waktu yang lebih lama bagi pengguna untuk mencari buku dan melakukan transaksi peminjaman, rawan kesalahan dalam pencatatan, dan masih banyak lagi kekurangan yang dirasakan. Hasil penelitian menunjukkan system perpustakaan yang digunakan di Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar masih bersifat Local Area Network (LAN). Terdapat berbagai kekurangan pada sistemnya seperti, akses yang terbatas waktu, kurang efektif dan efisien dalam pencarian buku, transaksi dan pencatatan. Implementasi sistem otomasi perpustakaan menggunakan open source Senayan library Management System (SliMs) merupakan upaya yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang ada pada system Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar. Kata Kunci : System Management, Implementasi Otomasi  Perpustakaan, SLiMs AbstractThis study aims to determine the library management system used in the Library H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar; Identify existing problems with libraries; Proposed suggestions and / or suggestions for improvement of effectiveness and efficiency. The type of research used is qualitative research with action research type approach (Action Research). Using data data engineering, observation and documentation. The analysis used is descriptive qualitative. Based on the results of research conducted library automation used is less effective and efficient for users and managers; There are some drawbacks such as limited access time, it takes longer for users to search for books and borrowing transactions, error-prone in recording, and many more perceived shortcomings. The results showed that the library system used in H. Bata Ilyas Library STIE AMKOP Makassar is still a Local Area Network (LAN). There are various shortcomings in the system such as, time-limited access, less effective and efficient in book search, transactions and records. Implementation of library automation system using open source Senayan Library Management System (SliMs) is an appropriate effort to overcome the problems that exist in H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar system. Key Words : System Management, Implementation Library Automation, SLiMs

Page 1 of 143 | Total Record : 1426