cover
Contact Name
Waluyo Satrio Adji
Contact Email
waluyo.satrio.adji@uin-antasari.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
piaud@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Edukasi AUD
ISSN : 24432636     EISSN : 26155907     DOI : -
Core Subject : Education,
Early Childhood Education Journal (JEA): JEA is an Open Access journal containing research articles in the field of Early Childhood Education. JEA: receive articles in Indonesian, English and Arabic. This journal publishes articles twice a year in June and December. JEA uses quetext plagiarism checker. This journal is published by the FTK State Islamic University Antasari Banjarmasin. JEA has p-issn 2443 2636 and e-issn 2615 5907.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2020): Juni" : 12 Documents clear
PENGARUH PENDIDIKAN, PEKERJAAN DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK Baiti, Noor
JEA (Jurnal Edukasi AUD) Vol 6, No 1 (2020): Juni
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.635 KB) | DOI: 10.18592/jea.v6i1.3590

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap pola asuh, pekerjaan orang tua terhadap pola asuh, tingkat pendidikan orang tua terhadap kemandirian anak, pekerjaan orang tua terhadap kemandirian anak, pola asuh terhadap kemandirian anak, tingkat pendidikan orangtua melalui pola asuh terhadap kemandirian anak, dan  pekerjaan orang tua melalui pola asuh terhadap kemandirian anak. Sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling sebanyak 212 orang orang tua dan anak. Pengolahan data dilakukan melalui bantuan komputer program IBM SPSS versi 24.0. Hasil penelitian: Ada pengaruh  langsung:  (1) Tingkat pendidikan orangtua terhadap pola asuh di TK Gugus Kecamatan Alalak (2) Pekerjaan orangtua terhadap pola asuh di TK Kecamatan Alalak (3) Tingkat pendidikan orangtua terhadap kemandirian anak di TK Kecamatan Alalak (4) Pekerjaan orangtua terhadap kemandirian anak di TK Kecamatan Alalak. (5) Pola asuh terhadap kemandiran anak di TK Kecamatan Alalak Tidak ada pengaruh tidak langsung (6) Tingkat pendidikan orangtua terhadap kemandirian anak melalui pola asuh di TK Kecamatan Alalak (7) Pekerjaan orangtua terhadap kemandirian anak melalui pola asuh di TK  Kecamatan Alalak
PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT(PHBS) PADA ANAK USIA DINI SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN COVID 19 Tabi'in, A.
JEA (Jurnal Edukasi AUD) Vol 6, No 1 (2020): Juni
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.432 KB) | DOI: 10.18592/jea.v6i1.3620

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi adanya Gerakan PHBS secara masif yang dilakukan oleh sekolah RA Labschool IAIN Pekalongan kepada anak didiknya semenjak terjadinya wabah COVID 19 Desember lalu. Virus COVID-19 Yang dapat menular dari orang ke orang bahkan juga dapat menyerang siapa saja tidak mengenal orang, baik dari kalangan tua, muda bahkan anak-anak, Pola hidup bersih dan sehat merupakan solusi terbaik sebagai antisipasi dini penularan virus tersebut pada anak-anak. RA Labschool IAIN Pekalongan menekankan pada anak didiknya untuk selalu berperilaku hidup sehat dan bersih melalui berbagai cara salah satunya adalah mencuci tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan PHBS pada anak-anak sebagai upaya pencegahan dini COVID 19. Metode yang di gunakan dalam research ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah itu diproses melalui triangulasi data. Berdasarkan hasil temuan penelitian anak-anak RA Labschool IAIN Pekalongan sangat antusias menerapkan PBHS setelah sebagai Upaya pencegahan Covid-19 dengan cara mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan lingkungan, memakan makanan yang bergizi dan yang lainnya.
NILAI-NILAI KEMANUSIAN DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI INKLUSI Suhendro, Eko; Syaefudin, Syaefudin
JEA (Jurnal Edukasi AUD) Vol 6, No 1 (2020): Juni
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/jea.v6i1.3430

Abstract

This study aims to analyze and map inclusive education for children who have special intelligence potential. And to find out whether the inclusive PAUD teacher has applied the concept of education that prioritizes the humanitarian side or not. This type of research is qualitative. Using an educational sociology approach. Data collection was obtained through literature analysis studies. Data analysis techniques used are data reduction, data display, data verification, and affirmation of conclusions. An important finding in this research is the existence of human values possessed by every educator, in positioning themselves as a facilitator for children with special needs. The conclusion in this study is that teachers in PAUD inclusion must have human values, which include: a) Awareness that all children are born the same, b) Educate professionally, c) Look at children with special needs that are special, d) Educate because they care, e ) Educate with love, f) Educate through example.
PENGARUH MEDIA LOTO WARNA DAN BENTUK TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A DI TK KHADIJAH PANDEGILING SURABAYA Hardiningrum, Andini; Firdaus, Firdaus
JEA (Jurnal Edukasi AUD) Vol 6, No 1 (2020): Juni
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/jea.v6i1.3511

Abstract

Abstrak : Macam aspek-aspek perkembangan anak usia dini salah satunya adalah aspek perkembangan kognitif.  Bidang kognitif pada anak usia 4-5 tahun sesuai dengan Kurikulum Taman Kanak-Kanak 2010 dibagi menjadi tiga bidang yaitu bidang pengetahuan umum dan sains, konsep bentuk, warna, ukuran dan pola, konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf. Bidang pengembangan konsep bentuk, warna, ukuran dan pola merupakan bidang kemampuan dimana anak dapat mengklasifikasi benda berdasarkan bentuk, warna atau ukurannya berdasarkan fungsi, ciri-ciri, dan jenisnya. Pengenalan warna dan bentuk penting untuk anak usia dini karena membantu anak dalam pemahaman konsep berikutnya di jenjang dasar. Salah satu media yang dapat menstimulasi dengan cukup baik adalah media loto warna dan bentuk. Dimana media tersebut memberikan pemahaman tentang warna dan bentuk yang disajikan seperti puzzle. Loto warna dan bentuk merupakan media visual yang terlihat menarik. Desain Penelitian yang digunakan adalah Penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun di TK Khadijah Pandegiling Surabaya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa media loto warna dan bentuk berpengaruh terhadap kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan dibandingkan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Teknik analisis data yang diperoleh yaitu T hitung=50 0 lebih besar dari T tabel= 30. Hal ini berarti penggunaan media loto warna dan bentuk memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengenal kognitif anak dalam mengenal warna dan bentuk di TK Khadijah Pandegiling Surabaya. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media loto warna dan bentuk berpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna dan bentuk. Kata Kunci; Kemampuan Kognitif,  Media Loto Warna dan Bentuk.
MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK MELALUI GERAK TARI HUDOQ DAYAK BAHAU DI TAMAN KANAK –KANAK NEGERI PEMBINA 2 MUARA WAHAU Yanti, Nila Sari; Hanita, Hanita
JEA (Jurnal Edukasi AUD) Vol 6, No 1 (2020): Juni
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (597.487 KB) | DOI: 10.18592/jea.v6i1.3507

Abstract

A child is defined as an individual who entering adult phase. When they are getting older, they must master basic competence. In this stage, all potentials they have are developed, including kinesthetic intelligence. In case of students in Pembina 2 Kindergarten Muara Wahau, they showed low kinesthetic intelligence since they looked bored, and did not focus on lesson when doing sport exercise. Kinesthetic intelligence in early age students can be stimulated through dance, since, basically, they like music and dance. Dancing demands balance, body movement coordination, strength, and muscle flexibility. This study applied classroom action research. The research subjects were students of Group B Pembina 2 Kindergarten Muara Wahau. Meanwhile, the aspects being analyzed were students? ability in imitating the movement fast, remembering dance movement, coordinating movement and rhythm, and dancing without help.  The data were collected through documentation and direct observation toward the teacher and the students, observing teacher conducting teaching and learning process by implementing Hudoq Dayak Bahau dance. The result shows that, in pre-cycle, the average score was 17,3%, meaning that students had not developed yet. At the first cycle, students achieved 40,98%, meaning that students started to develop. The percentage increased into 97,7% at second cycle, meaning that students developed very well. Therefore, it can be concluded that teaching with Hudoq dayak bahau dance is effective to improve kinesthetic intelligence, especially for students of group B in Pembina 2 Kindergarten Muara Wahau. It is expected that teachers can apply this method to improve students? kinesthetic intelligence.
FASE ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI DALAM KAJIAN AL-QURAN DAN HADITS Hanita, Hanita
JEA (Jurnal Edukasi AUD) Vol 6, No 1 (2020): Juni
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.254 KB) | DOI: 10.18592/jea.v6i1.3523

Abstract

Achievement of Education has the aim to form a good personality as an individual and social human being and become a servant of Allah SWT who devotes himself only to Him. Criteria about the abilities achieved by children in all aspects of development - growth consisting of aspects of religion and morals, physical - motor, cognitive, language, social - emotional, and art. The development of the child phase in Islamic religion pays attention to that. Every day activities are arranged and arranged in the study of Al-Quran and Sunnah. In Islam the religion explains that education must be given by humans from an early age. This research is a library research (library research), research that is examined through library research with qualitative data sources of information studied liters and books sources, data collection techniques using primary and secondary data. While the data analysis uses the deductive-inductive method, the comparative method and content analysis. Every aspect is developed in early childhood education with the aim of preparing children to become human beings who are able to carry out their community life well. Along with the book that was revealed by Allah SWT, that is the Koran and Allah also sent the Prophet Muhammad, as Rosullullah who provided guidance and examples for Muslims, all the things he did became a reference for Muslims which we call Al-Hadith. Al-Quran Allah revealed to show, guide, educate and teach humans, get guidance from the truths contained in the Al-Quran about humans.
Nilai-nilai Kemanusian dalam Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi Eko Suhendro; Syaefudin Syaefudin
JEA (Jurnal Edukasi AUD) Vol 6, No 1 (2020): Juni
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/jea.v6i1.3430

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memetakan pendidikan inklusi terhadap anak yang memiliki potensi kecerdasan yang istimewa. Serta untuk mengetahui apakah Guru PAUD inklusi sudah menerapkan konsep pendidikan yang mengedepankan sisi kemanuasiaan atau belum. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Menggunakan pendekatan sosiologi pendidikan. Pengumpulan data diperoleh melalui studi analisis literatur. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, display data, verifikasi data, dan penegasan kesimpulan. Temuan penting dalam penelitian ini adalah adanya nilai-nilai kemanusiaan yang dimiliki oleh setiap pendidik, dalam memposisikan dirinya sebagai fasilitator bagi anak berkebutuhan khusus. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Guru pada PAUD inklusi harus memiliki nilai–nilai kemanusian, yang meliputi: a) Kesadaran bahwa semua anak terlahir sama, b) Mendidik dengan profesional, c) Memandang anak berkebutuhan khusus itu istimewa, d) Mendidik karena peduli, e) Mendidik dengan cinta, f) Mendidik melalui keteladanan.
Pengaruh Media Loto Warna dan Bentuk terhadap Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A di TK Khadijah Pandegiling Surabaya Andini Hardiningrum; Firdaus Firdaus
JEA (Jurnal Edukasi AUD) Vol 6, No 1 (2020): Juni
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/jea.v6i1.3511

Abstract

Macam aspek-aspek perkembangan anak usia dini salah satunya adalah aspek perkembangan kognitif.  Bidang kognitif pada anak usia 4-5 tahun sesuai dengan Kurikulum Taman Kanak-Kanak 2010 dibagi menjadi tiga bidang yaitu bidang pengetahuan umum dan sains, konsep bentuk, warna, ukuran dan pola, konsep bilangan, lambang bilangan dan huruf. Bidang pengembangan konsep bentuk, warna, ukuran dan pola merupakan bidang kemampuan dimana anak dapat mengklasifikasi benda berdasarkan bentuk, warna atau ukurannya berdasarkan fungsi, ciri-ciri, dan jenisnya. Pengenalan warna dan bentuk penting untuk anak usia dini karena membantu anak dalam pemahaman konsep berikutnya di jenjang dasar. Salah satu media yang dapat menstimulasi dengan cukup baik adalah media loto warna dan bentuk. Dimana media tersebut memberikan pemahaman tentang warna dan bentuk yang disajikan seperti puzzle. Loto warna dan bentuk merupakan media visual yang terlihat menarik. Desain Penelitian yang digunakan adalah Penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini yaitu anak usia 4-5 tahun di TK Khadijah Pandegiling Surabaya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa media loto warna dan bentuk berpengaruh terhadap kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan dibandingkan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan. Teknik analisis data yang diperoleh yaitu T hitung=50 0 lebih besar dari T tabel= 30. Hal ini berarti penggunaan media loto warna dan bentuk memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengenal kognitif anak dalam mengenal warna dan bentuk di TK Khadijah Pandegiling Surabaya. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media loto warna dan bentuk berpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna dan bentuk.
Fase Aspek Perkembangan Anak Usia Dini dalam Kajian Al-Quran dan Hadits Hanita Hanita
JEA (Jurnal Edukasi AUD) Vol 6, No 1 (2020): Juni
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/jea.v6i1.3523

Abstract

 Pencapaian pendidikan memiliki tujuan untuk membentuk kepribadian yang baik sebagai manusia individual dan sosial serta menjadi hamba Allah SWT yang mengabdikan diri hanya kepada Nya. Kriteria tentang kemampuan yang dicapai anak pada seluruh aspek perkembangan – pertumbuhan yang terdiri aspek agama dan moral, fisik – motorik, kognitif, bahasa, sosial – emosi, dan seni. Perkembangan fase anak dalam agama islam memperhatikan itu. Setiap pelaksanaan kegiatan sehari-hari sudah diatur dan ditata dalam kajian Al-Quran dan Sunnah. Dalam agama islam menjabarkan bahwa Pendidikan harus diberikan manusia sejak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (library Research), penelitian yang dikaji melalui penelitian pustaka dengan data kualitatif yang sumber informasi yang dikaji sumber litersi dan buku, teknik pengumulan data mengginakan data primer dan sekunder. Sedangkan ananalis data menggunakan metode deduktif-induktif, metode komparatif dan content analisis. Setiap aspek yang dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini dengan tujuan untuk mempersiapakan anak untuk menjadi manusia yang mampu menjalankan kehidupan masyarakatnya dengan baik. Seiring dengan kitab yang ditutunkan Allah SWT yaitu Al-Quran dan Allah juga mengutus Nabi Muhammad saw, Sebagai Rosullullah yang memberikan tuntunan dan contoh bagi umat Islam semua hal yang beliau lakukan menjadi acuan bagi umat islam yang kita sebut dangan Al-Hadist. Al-Quran Allah SWT turunkan untuk menunjukkan, membimbing, mendidik dan mengajari manusia, mendapat petunjuk dari kebenaran-kebenaran yang terdapat dalam Al-Quran tentang manusia.
Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Noor Baiti
JEA (Jurnal Edukasi AUD) Vol 6, No 1 (2020): Juni
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/jea.v6i1.3590

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap pola asuh, pekerjaan orang tua terhadap pola asuh, tingkat pendidikan orang tua terhadap kemandirian anak, pekerjaan orang tua terhadap kemandirian anak, pola asuh terhadap kemandirian anak, tingkat pendidikan orangtua melalui pola asuh terhadap kemandirian anak, dan  pekerjaan orang tua melalui pola asuh terhadap kemandirian anak. Sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling sebanyak 212 orang orang tua dan anak. Pengolahan data dilakukan melalui bantuan komputer program IBM SPSS versi 24.0. Hasil penelitian: Ada pengaruh  langsung:  (1) Tingkat pendidikan orangtua terhadap pola asuh di TK Gugus Kecamatan Alalak (2) Pekerjaan orangtua terhadap pola asuh di TK Kecamatan Alalak (3) Tingkat pendidikan orangtua terhadap kemandirian anak di TK Kecamatan Alalak (4) Pekerjaan orangtua terhadap kemandirian anak di TK Kecamatan Alalak. (5) Pola asuh terhadap kemandiran anak di TK Kecamatan Alalak Tidak ada pengaruh tidak langsung (6) Tingkat pendidikan orangtua terhadap kemandirian anak melalui pola asuh di TK Kecamatan Alalak (7) Pekerjaan orangtua terhadap kemandirian anak melalui pola asuh di TK  Kecamatan Alalak

Page 1 of 2 | Total Record : 12