cover
Contact Name
Waluyo Satrio Adji
Contact Email
waluyo.satrio.adji@uin-antasari.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
piaud@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Edukasi AUD
ISSN : 24432636     EISSN : 26155907     DOI : -
Core Subject : Education,
Early Childhood Education Journal (JEA): JEA is an Open Access journal containing research articles in the field of Early Childhood Education. JEA: receive articles in Indonesian, English and Arabic. This journal publishes articles twice a year in June and December. JEA uses quetext plagiarism checker. This journal is published by the FTK State Islamic University Antasari Banjarmasin. JEA has p-issn 2443 2636 and e-issn 2615 5907.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020): Desember" : 6 Documents clear
Upaya Meningkatkan Ketrampilan Motorik Halus melalui Kegiatan Finger Painting pada Anak Usia Dini di Kober Rofa Sukadana Lampung Timur Anita Oktaviana; Basri Basri; Uswatun - Hasanah
JEA (Jurnal Edukasi AUD) Vol 6, No 2 (2020): Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/jea.v6i2.3811

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik halusn melalui kegiatan Finger painting di KOBER Rofa Sukadana Lampung Timur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan melalui 2 siklus.Untuk mengetahui tingkat perkembangan anak peneliti menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bahwa kegiatan Finger painting dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak di KOBER Rofa Sukadana Lampung Timur. Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian siklus II yang menunjukan bahwa keterampilan motorik halus sudah mencapai kriteria perkembangan yang diharapkan yaitu BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Hasil yang sama dapat diilihat saat proses kegiatan Finger painting berlangsung, anak sudah dapat mengkoordinasi mata dan tangannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa anak-anak sudah dapat menggunakan tangan dan jari-jarinya untuk melukis dengan baik serta jari–jari anak nampak lentur pada saat kegiatan melukis.
Best Practices Home Learning Activities in Kindergarten when Covid19 Pandemic: Teachers’ Preparation and View Yubaedi Siron; Lisna Siti Nurasyifa; Hilwah Aqilla; Atania Karima
JEA (Jurnal Edukasi AUD) Vol 6, No 2 (2020): Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/jea.v6i2.3904

Abstract

Pelaksanaan home learning di PAUD memaksa  para guru untuk dapat beradaptasi dan melakukan inovasi serta  kreativitas baru untuk menunjang pembelajaran jarak jauh secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pandangan dan persiapan guru tentang kegiatan home learning pada TK/RA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Penelitian ini melibatkan 21 responden yang merupakan para guru TK dan RA. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dan dilakukan secara daring. Hasil studi ini menunjukan bahwa persiapan yang dilakukan guru dalam melakukan kegiatan home learning adalah rencana pembelajaran, mencari materi pembelajaran yang kreatif dan inovatif sesuai dengan tema, serta menyiapkan bahan ajar dan media pembelajaran sebagai fasilitas penunjang kegiatan home learning. Semua persiapan tersebut disusun guru dengan perbedaan yang cukup siginifikan dibanding pembelajaran biasa. Begitu juga dalam kegiatan penilaian anak yang dilakukan secara daring serta kegiatan melibatkan orang tua yang lebih intens dibandingkan dengan kegiatan pembelajaran saat normal.
Implementasi Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di RA Baitussalam Wringinharjo Cilacap Sarno Hanipudin
JEA (Jurnal Edukasi AUD) Vol 6, No 2 (2020): Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/jea.v6i2.4109

Abstract

  Metode bernyanyi adalah salah satu metode pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan ketertarikan siswa dalam pembelajaran. Meningkatkan suasana belajar yang menyenangkan dan salah satu cara untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa dengan mudah. Bagi siswa kegiatan bernyanyi adalah kegiatan yang menyenangkan 118 © 2020(Sarno Hanipudin, Fitria Puji Astuti) | JEA VOLUME 6 ISSUE 2 JULI- DESEMBER 2020 dan bagi mereka pengalaman bernyanyi ini memberikan kepuasan. Bernyanyi juga merupakan alat bagi siswa untuk mengungkapkan pikiran dan perasaannya. Penelitian ini diangkat dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi metode bernyanyi di kelas A RA Baitussalam Wringinharjo yang berada di Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap. Yang mana implementasi metode bernyanyi ini di mulai sejak para siswa masuk ke kelas sampai para siswa pulang sekolah.
Manajemen Kurikulum Berbasis Entreprenership di TK Khalifah Banjarmasin 1 Banjarmasin Kalimantan Selatan Mahdiyah HS Mahdiyah; Aspiya Aziza
JEA (Jurnal Edukasi AUD) Vol 6, No 2 (2020): Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/jea.v6i2.3886

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen kurikulum berbasis entrepreneurship di TK Khalifah Banjarmasin 1 Banjarmasin Kalimantan Selatan, terkait dalam proses perencanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum dan evaluasi kurikulum. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun Objek dalam penelitian ini membahas mengenai manajemen kurikulum berbasis entrepreneurship di TK Khalifah Banjarmasin 1 Banjarmasin Kalimantan Selatan. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru dan peserta didik, sedangkan teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini diantaranya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa manajemen kurikulum berbasis entrepreneurship di TK Khalifah Banjarmasin 1 dilihat dari perencanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum dan evaluasi kurikulum. Pada umumnya sudah dillaksanakan, baik dari segi perencanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum dan evaluasi kurikulum sesuai dengan manajemen kurikulum pusat, hanya saja pada situasi dan kondisi tertentu TK Khalifah Banjarmasin 1 melakukan pengembangan/ modifikasi baik dari perencanaan maupun pelaksanaan kurikulum. Pengembangan/modifikasi yang dilakukan di TK Khalifah Banjarmasin 1 pada perencanaan kurikulum diantaranya kegiatan pada RPP, kegiatan kewirausahaan dan jadwal kegiatan outing class. Sedangkan pengembangan/modifikasi pelaksanaan kurikulum di TK Khalifah Banjarmasin 1, pada kegiatan pembelajaran, jadwal pembelajaran dan penggunaan media
Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Quranic Parenting Ani Oktarina
JEA (Jurnal Edukasi AUD) Vol 6, No 2 (2020): Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/jea.v6i2.3799

Abstract

Artikel ini membahas mengenai Pendidikan yang diberikan kepada orang tua terhadap anak-anaknya dengan memberikan pola asuh berbasis nilai-nilai Al-Qur’an. Artikel ini akan fokus pada tiga persoalan yang akan dibahas yaitu  bagaimana pandangan dasar (pandangan ontology) Al-Quran tentang anak, hak-hak anak, dan bagaimana model polaasuh yang ditawarkan oleh Al-Quran untuk orang tua dalam mendidik anak. Al-Quran adalah pedoman hidup bagi setiap umat islam yang kandungannya terjamin kebenaranya.
Pola Komunikasi Antar Pribadi Orang Tua dan Anak dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 4-6 Tahun Andhi Ardhian Jaelany; Veny Purba
JEA (Jurnal Edukasi AUD) Vol 6, No 2 (2020): Desember
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/jea.v6i2.3864

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan pola komunikasi antarpribadi orangtua dan anak dalam meningkatkan kemandirian anak di TK Waladun Sholeh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah orangtua dan guru di TK Waladun Sholeh. Objek penelitian adalah proses interaksi orangtua  dalam mengembangkan kemandirian anak. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dokumen analisis. Hasil penelitian bahwa proses komunikasi yg terjalin antara orangtua & anak efektif. Hal ini ditimbulkan karena adanya hubungan yg terjalin antara orangtua dan anak secara terus menerus dalam kegiatan sehari-hari.

Page 1 of 1 | Total Record : 6