cover
Contact Name
AHMAD YANI
Contact Email
ahmad.yani@bakrie.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ahmad.yani@bakrie.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI)
Published by Universitas Bakrie
ISSN : -     EISSN : 2620777X     DOI : https://doi.org/10.36782/JEMI
Core Subject : Economy,
Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI) merupakan jurnal ilmiah yang menyajikan artikel orisinal dari Multi dan lintas disiplin dalam bidang dunia usaha, bisnis, entrepreneurship, dan industri dengan format Bauran (mix) Artikel : Hasil Riset (full reaserch), mini riset, novelty, journey, best practice, resensi/review books; iklan dan produk kemitraan lainnya. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI) dikelola oleh Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie (FEIS UB)
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 4 (2020): Oktober - Desember" : 6 Documents clear
ANALISIS DAMPAK LOGISTICS SERVICE QUALITY DAN PERCEIVED PRICE FAIRNESS TERHADAP SERVICE LOYALTY DI PT. MITRA JELAJAH SOLUSINDO Fransiscus, Daniel; Lembito, Hoetomo; Suharko, Arief Bimantoro
Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI) Vol 3, No 4 (2020): Oktober - Desember
Publisher : Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36782/jemi.v3i4.2113

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh logistics service quality terhadap service loyalty dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening di PT. Mitra Jelajah Solusindo. Sampel penelitian ini berjumlah 23 responden pelanggan PT. Mitra Jelajah Solusindo yang melakukan transaksi berulang (repeat order) di bulan Agustus 2018-Januari 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap hubungan antar variabel baik logistics service quality, perceived price fairness, customer satisfaction memberikan pengaruh yang beragam terhadap service loyalty.
RENCANA BISNIS PENGEMBANGAN USAHA WEBSITE “PARKIRIN AJA” DALAM PEMESANAN SLOT PARKIR Ady, Anugrah Rizky; Suwandi, Dr
Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI) Vol 3, No 4 (2020): Oktober - Desember
Publisher : Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36782/jemi.v3i4.2122

Abstract

Topik dalam penilitian artikel ini adalah rencana dari sebuah bisnis berbasis web dan aplikasi mobile dalam pemesanan slot parkir. Karena pada saat ini perkembangan teknologi serba digital semakin pesat. Di era digital seperti ini, masyarakat umumnya memiliki gaya hidup baru dimana mereka tidak dapat terlepas dari perangkat elektronik terutama telefon pintar yang dimana biasanya disebut dengan smart phone. Jaringan ini mempermudah masyarakat untuk mengakses sebuah mesin pencari (search engine) seperti google yang dimana terdapat berbagai macam situs – situs (website). Dengan memaksimalkan kegunaan smart phone akan memudahkan search engine untuk mencari semua kebutuhan yang kita butuhkan, mulai dari makanan, jasa kurir, jasa transportasi, pemesanan tempat dan masih banyak lagi. Beberapa hal tersebut temasuk juga pemesanan tiket pesawat, tiket nonton bioskop, tiket kereta api, tiket bis dan masih banyak lagi. Dan Berdasarkan hasil analisis pengelompokan data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut. Aspek pasar aplikasi berbasis web dan aplikasi mobile untuk pemesanan slot parkir masih memiliki peluang yang besar, terlihat dari hasil analisa persaingan dan analisa peluang. Pemilihan rencana bisnis ini dipilih berdasarkan hasil riset dan survey lapangan terkait perkembangan teknologi dan gaya hidup masyarakat. Berdasarkan aspek teknis, dalam menunjang kebutuhan operasional perusahaa, dengan pemilihan menyewa kantor online dinilai tepat karena dapat mengurangi biaya tetap dibanding dengan menggunakan kantor offline. Berdasarkan analisis keuangann dan hasil analisis kelayakan bisnis, dapat diambil kesimpulan bahwa Berdasarkan perhitungan pendapatan, investasi ini menghasilkan keuntungan yang signifikan setiap tahunnya. Berdasarkan perhitungan laba rugi, para pemodal akan mendapatkan hasil disetiap tahunnya dengan nilai positif. Berdasarkan perhitungan payback period, diketahui bahwa pengembalian modal dari usaha ini yaitu 3 tahun. Berdasarkan perhitungan break even point bahwa pendapatan yang didapat akan sama dengan modal awal akan didapat pada penjualan 1 unit produk. Dapat diambil kesimpulan bahwa ditahun pertama modal yang dikeluarkan akan kembali kepada investor. Berdasarkan perhitungan NPV dimana DF 10% hasil dari perhitungan tersebut memiliki nilai positif. Berdasarkan perhitungan IRR IRR = 36%. Lebih tinggi dibanding dengan acuan suku bunga bank Indonesia, yaitu 10%.
RENCANA PEMBANGUNAN BISNIS KEDAI KOPI MODEREN DI KOTA BELITUNG Nugraha, Adrian
Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI) Vol 3, No 4 (2020): Oktober - Desember
Publisher : Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36782/jemi.v3i4.2123

Abstract

Perencanaan bisnis ini bertujuan untuk mengetahui proyeksi persaingan Kedai Brewer dalam industri kedai kopi, Peluang Kedai Brewer, Segmentasi Kedai Brewer, serta menghitung nilai kelayakan bisnis kedai. Kedai Brewer adalah sebuah bisnis yang bergerak dibidang kedai kopi yang menawarkan kelengkapan akan fasilitas untuk dapat bersosialisasi bagi para sasaran pasarnya yang berada di Kota Belitung dengan nilai investasi awal sebesar Rp. 664.878.500,00. Berdasarkan dari studi kelayakan, didapatkan payback period dapat dicapai dalam kurun waktu 2 tahun 10 bulan, NPV tahun pertama bernilai positif dan IRR sebesar 31,64%.
KAJIAN PENGARUH IMPLEMENTASI HUMAN CAPITAL INFORMATION SYSTEM (HCIS) TERHADAP KUALITAS PELAYANAN HUMAN CAPITAL (HC) PADA PERUSAHAAN KPN CORP Ardilla, Dita Suci
Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI) Vol 3, No 4 (2020): Oktober - Desember
Publisher : Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36782/jemi.v3i4.2124

Abstract

- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi Human Capital Information System (HCIS) berpengaruh terhadap kualitas pelayanan HC pada perusahaan KPN Corp. Selain itu ingin mengkaji dan mendeskripsikan fungsi-fungsi HC dalam mendukung program HCIS. Data yang dipergunakan adalah data yang berasal dari sistem dan modul HCIS di Perusahaan KPN Corp. Model analisis yang digunakan dimulai dengan mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner kualitas pelayanan (SERVQUAL) dan Human Capital Information System (HCIS) dengan teknik probably sampling kepada 100 karyawan aktif yang bekerja pada KPN Corp. Untuk melihat sebaran dan validitas variabel-variabel melalui uji validitas dan reliabilitas digunakan analisis statistik dengan bantuan software SPSS versi 26 dan untuk menguji variabel menggunakan analisis deskriptif dan relative importance index (RII) untuk menghitung tingkat pengaruh faktor. Berdasarkan hasil perhitungan statistik secara keseluruhan terlihat adanya pengaruh yang signifikan antara human capital information system dengan kualitas pelayanan. Hasil penelitian menyarankan perusahaan untuk menambah menu lainnya pada modul HCIS agar lebih komperhensif.
SKEMA RESTRUKTURISASI USAHA KOPERASI Suwandi, Suwandi
Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI) Vol 3, No 4 (2020): Oktober - Desember
Publisher : Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36782/jemi.v3i4.2130

Abstract

Restrukturisasi Usaha esensinya adalah suatu proses merubah atau menata kembali struktur usaha dari perusahaan Koperasi. Restrukturisasi usaha atau perusahaan koperasi menyediakan alternatif cara memulihkan, menyehatkan, memperkuat dan mengembangkan perusahaan. Penelitian ini merekomendasikan 5 Kebutuhan restrukturisasi usaha koperasi, yaitu aspek fungsi keuangan (mencakup Modal Sendiri, Likuiditas, Akses sumber permodalan), putaran (turn over) tenaga kerja, dan Teknologi.
BUSINESS PLAN LAUNDRY BERBASIS ONLINE “MBOK LAUNDRY KILOAN CAWANG” Ismail, Amir; Suwandi, Suwandi
Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI) Vol 3, No 4 (2020): Oktober - Desember
Publisher : Program Studi Manajemen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36782/jemi.v3i4.2131

Abstract

DKI Jakarta merupakan Ibukota Negara Republik Indonesia dengan jumlah tingkat kepadatan penduduk sebesar 92,736 jiwa/ km2. Di era global ini kecanggihan teknologi dan media digital sangat banyak digunakan untuk mendukung usaha, termasuk dalam usaha laundry. Usaha laundry termasuk kedalam bisnis UMKM. Laundry merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa. Mbok Laundry Kiloan Cawang terletak di wilayah cawang, Jakarta Timur. Mbok Laundry Kiloan Cawang menggunakan media sosial seperti aplikasi Whatsapp, Instagram, dan Facebook untuk melakukan media pemasaran maupun promosi. Mbok Laundry Kiloan Cawang menggunakan dua metode pembayaran laundry, yaitu dengan konvensional (bayar ditempat) dan dengan pembayaran digital (ATM, Mobile Banking, OVO, Gopay). Mbok Laundry Kiloan Cawang menggunakan analisis SWOT sebagai instrument untuk penerapan dan pengembangan strategi bisnis ke depannya. Penilaian kelayakan rencana bisnis Mbok Laundry Kiloan Cawang dilakukan dengan parameter analisis ratio B/C dan Payback Period. Hasil penilaian menunjukan ratio B/C berada di angka 2,56 dengan Payback Period selama 1 tahun 2 bulan. Hasil ini menandakan kelayakan bisnis Mbok Laundry Kiloan Cawang untuk dapat dijalankan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6