cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Stability: Journal of Management and Business
ISSN : 2621850x     EISSN : 26219565     DOI : -
Core Subject : Science,
This journal aims to seek quality articles to answer the need to improve the understanding of effective management and business applications. Stability : Journal of Management and Business provides current trends in knowledge and practical applications in management and business practices. In Stability : Journal of Management and Business readers will find articles and features providing comprehensive and pragmatic view of the real management and business practices in this turbulence world particularly. The journal seeks high quality, quantitative, qualititave or review based articles written by academic proffesionals and corporate executives who wish to share their ideas and research findings. Stability : Journal of Management and Business welcomes articles in the areas of (unlimited to) general management, human resource management, financial management, operation management, marketing, strategic management, entrepreneurship, organizational behavioral, public administration, and others.
Arjuna Subject : -
Articles 86 Documents
ANALISIS KINERJA KARYAWAN BERDASARKAN MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA DI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG Khalimah, Khalimah; Sutrisno, Sutrisno
Stability: Journal of Management and Business Vol 1, No 1 (2018): July
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Persaingan Universitas Negeri maupun Swasta di Indonesia dihadapkan pada sebuah tantangan baru yaitu harus mampu berjalan dalam satu lingkungan persaingan yang sangat ketat. Berkaitan dengan hal tersebut, maka sumber daya manusia yang mampu berkompetisi dirasakan penting bagi Perguruan Tinggi.Penelitian ini menggunakan faktor internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap tingkat kinerja, dimana faktor internal dalam penelitian ini adalah  motivasi dan faktor eksternal dalam penelitian ini adalah lingkungan kerja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah sebanyak 80 responden dengan 54  kuesioner terpakai. Pengolahan data penelitian ini menggunakan SPSS 21. Berdasarkan hasil uji statistik dengan analisis multikolinieritas diperoleh hasil bahwa motivasi tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai UPGRIS, sedangkan lingkungan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja.
Kepemimpinan Transformasional, Relationship quality, dan employee performanced alam ContinuousI ncremental Organizational Change : Tinjauan Kritis setyorini, noni
Stability: Journal of Management and Business Vol 1, No 1 (2018): July
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.403 KB) | DOI: 10.26877/sta.v1i1.2610

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk melakukan tinjauan kritis pada artikel yang berjudul “Kepemimpinan Transformasional, Relationship quality, dan employee performance dalam Continuous Incremental Organizational Change”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah HLM (hierarchical linear modeling), sedangkan sampel diambil dari dua perusahaan yang bergerak dibidang jasa di China. Setelah dilakukan sebagian besar hipotesis dinyatakan didukung. Artikel ini dipandang memiliki kelengkapan komponen artikel yang baik, namun setelah ditinjau lebih dalam terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki. 
ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU PERDANA PRABAYAR BERDASARKAN FAKTOR SOSIAL DAN BUDAYA Gultom, Henry Casandra
Stability: Journal of Management and Business Vol 1, No 1 (2018): July
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sta.v1i1.2674

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk lebih dari 250juta jiwa. Penduduk dalam upayanya mencari kehidupan yang lebih baik, akan melakukan migrasi ke pulau lainnya. Kondisi aktual ini menjadi sebuah peluang besar bagi perusahaan telekomunikasi melalui operator seluler untuk mendulang keuntungan. Berbagai macam inovasi dilakukan dan ditawarkan kepada para pengguna dengan berbgai macam tujuan dan pendekatan. Konsumen sendiri, merupakan pribadi yang sangat khas dan membawa identitasnya sebagai bagian dari sebuah tradisi. Mereka akan membawa identitas tradisi dan budaya tersebut bersama dengan migrasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor kebudayaan terhadap keputusan pembelian dari kartu perdana prabayar telepon seluler. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode korelasional, dengan alat analisis regeresi berganda dan diolah dengan menggunakan SPSS 2017. Penelitian ini menggunakan sampel dengan 93 kuisinoner yang dapat digunakan. Berdasarkan hasil regresi dengan uji t dan uji F dapat disimpulkan bahawa faktor kebudayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap proses keputusan pembelian kartu perdana prabayar, sedangkan dari hasil uji F,menunjukkan bahwa faktor kebudayaan dan faktor pribadi secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen.
Strategi dan Keunggulan Bersaing Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) .(Case Study pada UMKM di Semarang) Violinda, Qristin
Stability: Journal of Management and Business Vol 1, No 1 (2018): July
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.851 KB) | DOI: 10.26877/sta.v1i1.2612

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia dihadapkan pada tuntutan persaingan global dengan sumber daya internal maupun eksternalnya. Salah satu bentuk tantangan yang dihadapi oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menyangkut masalah penguasaan strategi dalam meraih keunggulan bersaing. Strategi  untuk meraih keungulan bersaing bermanfaat bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Indonesia dimana dengan adanya penguasaan strategi yang baik, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat mengambil langkah strategi yang tepat dalam  menggunakan kekuatan sumber daya internal maupun eksternal yang dimilki. Ada tiga bentuk strategi dalam meningkatkan keunggulan bersaing, yaitu strategi korporat, bisnis dan fungsional. Ketiga bentuk strategi tersebut dapat dirumuskan menjadi empat elemen yaitu melalui identifikasi masalah, pengembangan alternatif, evaluasi dan penentuan strategi. Artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan enam bentuk analisis yaitu struktural,EFAS,IFAS,SWOT, matrik dan grand strategi dengan jumlah sampel 250. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi untuk mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia tidak terlepas dari dukungan perbankan dalam penyaluran kredit.
ANALISIS PENGARUH PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA APARAT PEMERINTAH DAERAH DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING Kristiani, Yesi; Mokhlas, Mokhlas; Sukanto, Eman
Stability: Journal of Management and Business Vol 1, No 1 (2018): July
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.669 KB) | DOI: 10.26877/sta.v1i1.2615

Abstract

Indonesia is a country with more than 250 million people, spread over thousands of islands stretching from Sabang Island to Irian Jaya Island. Residents in their quest for a better life, will migrate to other islands. This actual condition becomes a great opportunity for telecommunication companies through mobile operators to gain profit. Various innovations are made and offered to users with different purposes and approaches. The consumer himself is a very distinctive person and carries his identity as part of a tradition. They will carry the identity of that tradition and culture along with its migration. In kehidpannya, humans need a communication channel in the form of mobile operators in accordance with the style and personal characteristics. This study aims to determine the influence of cultural factors on the purchase decision of prepaid cell phone prepaid card. The research method used in this research is correlation method, with multiple regeresi analysis tool and processed by using SPSS 2017. This research use sample with 95 kuisinoner which can be used. Based on the results of regression with t test and F test can be concluded that cultural factors have a positive and significant impact on the purchase decision process prepaid prepaid card, while the results of F test, indicate that cultural factors and social factors together positively influence the purchase decision consumer.
ANALISIS PEMILIHAN SUKUK SEBAGAI INSTRUMEN INVESTASI Indriasari, Ika
Stability: Journal of Management and Business Vol 1, No 1 (2018): July
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767.392 KB) | DOI: 10.26877/sta.v1i1.2619

Abstract

Sukuk adalah  salah satu bentuk instrumen investasi syariah yang sedang berkembang di Indonesia dan berbagai negara di dunia. Keunggulan Sukuk sebagai bentukinvestasi yang relatif aman membuat sukuk diterima sebagai alat investasi sekaligus pendanaan baik bagi negara yang berpenduduk mayoritas muslim maupun non muslim. Pemerintah Indonesia mulai menetapkan aturan mengenai sukuk sejak tahun 2008 dan terus melakukan pengembangan dan inovasi dalam transaksi sukuk. Sambutan dan minat untuk berinvestasi pada sukuk Indonesia sangat baik, baik di pasar domestik maupun pasar Global. Hal ini terlihat dari oversubsribed yang terjadi pada sukuk Indonesia. Minat yang besar terhadap sukuk, khususdnya di Indonesia menunjukkan bahwa sukuk dapat memberikan alternatif yang baik bagi investor maupun negara atas kebutuhan pendanaan dalam pembangunan Indonesia.Kata kunci : sukuk, investasi, syariah, pendanaan
FAKTOR – FAKTOR KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA DOSEN PEREMPUAN Indiworo, Hawik Ervina; Wahyuhastuti, Novika
Stability: Journal of Management and Business Vol 1, No 1 (2018): July
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (752.877 KB) | DOI: 10.26877/sta.v1i1.2611

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen perempuan.  Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa tingkat kepuasan mahasiswa prodi manajemen Universitas PGRI Semarang dalam hal keandalan, responsivenes, dan empati berpengaruh terhadap kinerja dosen perempuan.  Kinerja dosen perempuan dapat dipengaruhi oleh faktor reliability, responsibility, dan empathy sebesar 23,1 %, sedangkan sisanya 76,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian.
ANALISIS KEPRIBADIAN, KREATIVITAS DAN LINGKUNGAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA Istiqomah, Ijabah Alim; Sumastuti, Efriyani; Istiyaningsih, Istiyaningsih
Stability: Journal of Management and Business Vol 1, No 1 (2018): July
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kepribadian, kreativitas, dan lingkungan terhadap minat berwirausaha . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survai dan data yang digunakan adalah data kuantitatif. Sebanyak 104 sampel diambil secara simple random sampling, dari jumlah populasi 140. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program IBM SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian, kreativitas, dan lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa kelas X SMK Cut Nya’ Dien Semarang, baik secara simultan maupun parsial. Dalam menumbuhkan minat berwirausaha perlu dilakukan beberapa hal, antara lain adalah : 1). Pihak sekolah dapat menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang terkait dengan kewirausahaan ; 2) Siswa lebih mengembangkan potensi yang dimilikinya dan menambah wawasan kewirausahaan; 3) Lingkungan siswa dapat mendukung dan memotivasi untuk berwirausaha. 
ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN AKADEMIK DOSEN MANAJEMEN UNIVERSITAS PGRI SEMARANG Indiworo, Hawik Ervina; -, Khalimah -; Setyorini, Noni -; Gultom, Henry Casandra
Stability: Journal of Management and Business Vol 1, No 2 (2018): December
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.946 KB) | DOI: 10.26877/sta.v1i2.3224

Abstract

Perguruan tinggi mempunyai peran yang penting yaitu sebagai pewaris, pelestari, dan agen kebudayaan mempunyai tanggung jawab yang tidak ringan.. Pelayanan akademik adalah suatu kegiatan akademik yang ditawarkan kepada suatu pihak (mahasiswa) baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka pencapaian tujuan akademik. Kepuasan mahasiswa ditentukan oleh kualitas layanan yang berkaitan dengan akademik. Didasarkan hal tersebut maka penelitian ini dimaksudkan untuk menguji kepuasan layanan akademik mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Semarang. Jumlah sampel adalah 100 orang. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan bahwa tangibles berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa adalah didukung. Reliability berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa adalah didukung. Responsiveness berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa adalah didukung. Assurance berpengaruh kepuasan mahasiswa adalah didukung. Sedangkan yang terakhir empati berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa adalah tidak didukung.
OPTIMALISASI SISTEM PEMASARAN DILIHAT DARI INTERNAL USAHA KULINER DALAM MENDUKUNG EKOWISATA PADA KAWASAN PANTAI CEMARA (KASUS DUSUN CEMARA DESA LEMBAR SELATAN KABUPATEN LOMBOK BARAT – PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT) Rispawati, Dewi
Stability: Journal of Management and Business Vol 1, No 2 (2018): December
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/sta.v1i2.3225

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengoptimalkan sistem pemasaran dilihat dari internal usaha kuliner para pedagang dan dapat mengidentifikasikan kekuatan dan kelemahan dari usaha kuliner yang ada dikawasan Pantai Cemara Dusun Cemara Desa Lembar Selatan Kabupaten Lombok Barat – Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dusun Cemara Desa Lembar Selatan Kabupaten Lombok Barat – Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu tujuan objek wisata yang ada di Pulau Lombok – Provinsi Nusa Tenggara Barat yang mempunyai daya tarik tersendiri, dengan adanya tanaman bakau/mangrove disepanjang pesisir Pantai Cemara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kasus (studi kasus). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi serta alat pengumpulan data yang digunakan berupa daftar pertanyaan. Penelitian ini menggunakan metode analisa data yaitu berupa Tabel IFAS (Internal Strategic Analysis Summary), yang diperjelas dengan Matrik Space analisis. Hasil Penelitian dapat diketahui sistem pemasaran usaha kuliner dapat dioptimalkan dengan memperhatikan sistem pemasaran antara lain: menawarkan produk yang dijual beraneka ragam, harga yang ditawarkan dapat terjangkau oleh pengunjung, mengoptimalkan promosi, pendistribusian makanan kuliner yang ditawarkan dapat secara langsung dan souvenir/kerajinan tangan yang ada di Kawasan Pantai Cemara Dusun Cemara Desa Lembar Selatan Kabupaten Lombok Barat – Provinsi Nusa Tenggara Barat dapat melalui sarana media massa dan internet agar dapat diketahui produk daerah setempat hingga ke manca negara. Pemerintah Daerah setempat harus memfokuskan untuk mengembangkan objek wisata Pantai Cemara, salah satunya dengan memfasilitasi transportasi ke tempat objek wisata Pantai Cemara.