cover
Contact Name
saddam
Contact Email
saddam@iainambon.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
saddam@iainambon.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota ambon,
Maluku
INDONESIA
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : 26547902     EISSN : 26143860     DOI : -
al-Iltizam adalah jurnal yang membahas seputar Pendidikan Agama Islam yang dikelolah oleh Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon.
Arjuna Subject : -
Articles 113 Documents
KONFLIK PSIKOLOGIS KISAH YUSUF DALAM AL-QUR’AN Maimunah Maimunah
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1, No 2 (2016): al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v1i2.194

Abstract

Konflik merupakan gejala yang alamiah dan wajar. Konflik tidak dapat dilihat hanya sebagai hal yang negatif atau merusak. Konflik akan menghasilkan perubahan, tergantung pada pengelolaan konflik, apakah perubahan yang konstruktif atau destruktif. Konflik muncul apabila terdapat dua pilihan, mana yang perlu dilakukan, mana yang tidak. Jika pilihan sudah dijatuhkan, maka konflik dengan sendirinya selesai. Seorang yang beriman akan memilih sesuai dengan rambu-rambu-Nya. Seorang yang kurang atau tidak beriman akan mudah memilih hal-hal yang dilarang dan sesungguhnya bertentangan dengan fitrahnya
PENDIDIKAN DAN POLITIKUS : ANALISIS PEMIKIRAN M. NATSIR TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Ahmad Hayati Nufus
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3, No 1 (2018): al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v3i1.416

Abstract

Abstract: This paper aims to analyze the thoughts of Mohammad Natsir on Islamic Education of Indonesia. Indeed education is a shared responsibility of all people, not just the task of education experts, political experts can play an active role in education. Long before independence and after independence education became the first and foremost thing that must be considered and realized according to the culture and needs of the people of Indonesia. Mohammad Natsir is one of the Indonesian politicians who are able to bring education changes and education curriculum in Indonesia. He no longer sees that public and religious education are separated and unrelated, but integrated. This is evidenced by the existence of educational institutions that he pioneered the Islamic education school and some educational thinking that until now still used in the education curriculum of the Ministry of Religious Affairs of the Republic of Indonesia with the term "integrated education". Keywords: Islamic Education, Thought, Mohammad Natsir
URGENSI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTs NURUL IKHLAS KALAPA DUA SERAM BAGIAN BARAT Saddam Husein
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3, No 1 (2018): al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v3i1.411

Abstract

Abstrak: Mts Al-Ikhlas Kelapa dua, diketahui bahwa peserta didik mempunyai bakat khusus dalam menghafal ayat-ayat juz Amma. Dalam menghafal ayat-ayat juz Amma para peserta didik sering diperlombakan dalam kegiatan hari-hari besar Nabi Muhammad Saw. di MTs Al-Ikhlas Kelapa dua ini peserta didiknya sangat cerdas dalam menghadapi tantangan dengan peserta didik yang berasal dari sekolah lain. Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Kelapa Dua Kecamatan kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode yang digunaka oleh guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah Metode wahdah, Metode wahda ini yang digunakan dengan cara menghafal satu persatu terhadap ayat-ayat yang hendak dihafalnya. Untuk mencapai hafalan awal, setiap ayat biasa dibaca sebanyak sepuluh kali atau dua puluh kali atau lebih. Sehingga mampu membentuk pola dalam bayangannya. Setelah benar-benar hafal barulah dilanjutkan pada ayat-ayat berikutnya. Untuk mengeksplorasi peserta didik pada MTs Al-Ikhlas Kelapa Dua sangat pandai dalam penghafalan ayat-ayat suci al-Qur’an, penulis mengambil salah satu prestasi yang di raih peserta didik MTs Al-Ikhlas Kelapa Dua adalah perlombaan yang dilakukan oleh mahasiswa IAIN Ambon untuk meningkatan keimanan dan keilmuan keagamaan pada kalaangan remaja di Dusun Kelapa Dua. Kata Kunci: Urgensi Pembelajaran Al-qur’an Hadist.
PENDIDIKAN ANAK MENURUT SURAT LUQMAN AYAT 12-19 DALAM TAFSIR IBNU KATSIR Rohani Hayati Nufus
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2, No 1 (2017): al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v2i1.327

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa pendidikan anak merupakan tanggungjawab mutlak orangtua, karena anak adalah amanah yang diberikan Allah. Oleh karena itu wajib diperhatikan melalui pendidikan dan bimbingan yang intensif dari orangtua untuk anak. serta menganalisa aspek-aspek pendidikan yang terdapat dalama al-Quran surat Luqman ayat 12-19. Penelitian ini berjenis penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan analisis isi (content analysis) untuk menemukan penjelasan secara rinci tentang ayat 12-19 surat Lukman. Hasil penelitian membuktikan terdapat 3 aspek pendidikan yang dapat menjadi pedoman dan acuan para orangtua dalam mendidik anak, yaitu, pertama pendidikan Tauhid, kedua, pendidikan Syari’at dan ketiga, pendidikan Akhlak, dari ketiga aspek pendidikan tersebut diharapkan anak memahami tanggungjawab dan kewajibannya sebagai anak yang beribadah kepada Allah dan berbakti kepada orangtua.
POLA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK KARAKTER MAHASISWA DI FITK JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN AMBON Salayar Laganti
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2, No 1 (2017): al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v2i1.324

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter mahasiswa dan pola pendidikan dalam membentuk karakter mahasiswa di FITK Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Ambon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif, Lokasi penelitian di FITK Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Ambon. Dengan teknik pengambilan data yaikni observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan Ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam, Dosen serta para pegawai dan Staf. Temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa karakter mahasiswa PAI yang cenderung memiliki perilaku yang buruk yakni mahasiswa yang nilai-nilainya tidak tuntas sehingga cenderung melakukan aksi demonstrasi dan lainya, perilaku buruk tersebut dikarenakan belum optimalnya pola yang dikembangkan oleh jurusan Pendidikan Agama Islam, sedangkan pada mahasiswa yang memiliki kepribadian atau karakter yang baik yakni mahasiswa yang aktif dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan baik di dalam kampus maupun diluar. Adapun pola pendidikan karakter mahasiswa di FITK Jurusan Pendidikan Agama Islam yakni, 1) pembinaan karakter dalam proses pembelajaran di kelas, 2) pembinaan melalui Workshop, 3) pembinaan melalui UKM, 4) Pembinaan melalui dosen Penasehat Akademik. Dengan harapan kiranya melalui pola pendidikan karakter tersebut sebagai solusi guna membentuk karakter mahasiswa.
EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 UNTUK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMA DI KECAMATAN SALAHUTU KABUPATEN MALUKU TENGAH Elfridawati M Dhuhani Mokhsin Kaliky Maimuna Silayar
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2, No 1 (2017): al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v2i1.326

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek yang berkenaan dengan Kualitas pembelajaran yang meliputi Kinerja Guru, Fasilitas, Iklim Kelas, Sikap Peserta didik, Motivasi Belajar Peserta didik dari program pembelajaran yang bersangkutan dan kualita out put pembelajaran yang meliputi Kecakapan Akademik, Kecakapan Personal, serta Kecakapan Sosial peserta didik. Penelitian evaluasi program ini menggunakan model kualitas proses dan kualitas out put pembelajaran, maka penelitian ini mencakup berbagai variable dan indicator yang terkait dengan komponen-komponen kualitas proses dan kualitas out put program pembelajaran yang dievaluasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kualitatif, Dengan teknik pengambilan data yaikni observasi, dokumentasi, dan wawancara. Temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Kurikulum 2013 pada proses pembelajaran di SMA se Kecamatan Salahutu tidak bisa terlepas dari guru sebagai fasilitator pembelajaran dan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, metode dan sumber belajar, serta media yang digunakan. Kualitas out put Pelaksanaan pembelajaran jika ditinjau dari sisi guru, maka dapat dikatakan bahwa guru mampu menjadi fasilitator untuk mengembangkan potensi peserta didik dengan menggunakan pendekatan Scientific. Adapun hasilnya terdapat perubahan tingkahlaku terhadap peserta didik antara sebelum dan sesudah pembelajaran.
PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI BASIS PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Terhadap Perilaku Mahasiswa Multi Etnis IAIN Ambon) Mokhsin Kaliky
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 2, No 2 (2017): al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v2i2.201

Abstract

Identitassuku, budaya, dan bahasa tidak dijadikan sebagai instrumen persatuan ke berbagai bangsa, malah sebagai alasan untuk saling bermusuhan, kesadaran multikulturalisme pada level mahasiswa belum tampak pada pemikirannya. Kampus yang seharusnya merupakan ruang diskusi ide dan gagasan berubaH menjadi ajang permusuhan. Sehingga Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku mahasiswa multi etnis IAIN Ambon kurang menanamkan perilaku menghargai dan menghormati, toleransi, serta gotong royong masih jauh dari yang dicita-citakan, sehingga prasangka diantara mahasiswa masih sering ditunjukkan dalam aktifitas kesehariannya di kampus. Pola hubungan mahasiswa multi etnis di IAIN Ambon masih terpasung hanya pada kelompok masing-masing, sehingga pola hubungan antar mahasiswa kurang menanamkan sikap tolong menolong dengan baik serta kurang menajalin talisilaturahim dengan mahasiswa multi etnis. Implikasi pendidikan Islam terhadap pembentukan karakter mahasiswa di IAIN Ambon kurang menyentuh terhadap mahasiswa keseluruhan, hampir seluruh pendidikan yang diterapkan di kampus hanya sebatas pengetahuan kognitif atau At-Ta’lim, semata implikasinya mahasiswa tidak manjaga hubungan dengan baik, sering mengabaikan etika dan moral, kurangnya menerapkan hubungan hidup bersama, dan kurangnya kesadaran tentang pentingnya hubungan sesama mahasiswa multi etnis tersebut
KONFLIK SOSIAL REMAJA AKHIR (STUDI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN MASYARAKAT NEGERI MAMALA DAN MORELLA KECAMATAN LEIHITU KABUPATEN MALUKU TENGAH Ainun Diana Lating
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1, No 2 (2016): al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v1i2.204

Abstract

Situasi lingkungan yang dialami dan dirasakan oleh remaja akhir baik tentang peristiwa kekerasan dalam konflik sosial maupun peristiwa sosial lainnya sangat berdampak dan mempengaruhi interaksi sosial dan perkembangan sosialnya. Dampak tersebut terjadi ketika konflik sedang berlangsung maupun sudah mereda. Tidak jarang pula remaja harus menanggung risiko sosial dari konflik tersebut. Pada saat konflik berlangsung, remaja sering kali menjadi sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana proses perkembangan interaksi sosial dan dampak konflik terhadap perkembangan sosial antar remaja, dengan sekolah dan lingkungan tempat tumbuh dan berkembangnya di Negeri Mamala dan Morella. Jenis data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara tentang proses perkembangan interaksi sosial meliiputi: hubungan interpersonal, kerjasama, komunikasi interaksi dan penyelesaian masalah. Dan dampak konflik terhadap perkembangan sosialnya meliputi: agresi, penerimaan sosial, prestasi akademik, dan sikap sportif. Subjek adalah 24 orang remaja akhir, untuk datanya lebih valid dan reliabel peneliti wawancara juga 8 orang guru tentang: mendengarkan guru, mengerjakan tugas dan menaati peraturan sekolah. Wawancara juga 22 orang masyarakat tentang: perilaku kekerasan dan perkembangan sosial. Hasil menunjukan bahwa: remaja usia akhir Mamala dan Morella mengalami hambatan pada perkembangan interaksi sosial, proses komunikasi mereka rendah, katakata tidak sopan, penuh kebencian, dendam, dan bahkan cenderung berprasangka buruk pada orang baru dikenal. Dan dampak konflik terhadap perkembangan sosialnya adalah: prestasi akademisnya rendah, tidak percaya diri, agresif, penerimaan sosialnya rendah, tidak mandiri, rendah kerjasamanya, antisosial, komunikasi interaksi sosialnya mengalami hambatan, tidak sportif dan menyelesaikan masalah dengan kekerasan
العجم العر بي : اللقا مؤ س الحيط ؤ صفه ؤةطؤ ره ؤاقتراحه عبد الر حمن ض لؤ هؤ ليم يؤ شف
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 1, No 2 (2016): al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v1i2.195

Abstract

Dalam khazanah perkamusan berbahasa arab, ada berbagai macam model cara penyusunan dan penggunaannya, dalam kamus modern cara penggunaannya biasanya dilakukan dengan pencarian huruf dasar atau akar kata lalu diurutkan dari depan ke belakang yaitu huruf awal, kedua dan ketiga sesuai abjad alphabet, tetapi dalam kamus lisan al-`arab cara penggunaannya berbeda dengan kamus-kamus modern (al-ma`ajim al`ashriyah), yaitu; dengan melakukan pencarian huruf dasar atau akar kata lalu diurutkan dari belakang yaitu; melihat huruf akhir dalam akar kata tersebut (masuk di bab) kemudian kembali ke huruf awal (masuk di fasal). Model penyusunan seperti kamus lisan al-`arab ini bisa kita temukan juga di kamus al-Shihah karangan al-Jauhary, kamus Taaj al-`Arus karangan alZubaidy dan kamus al-Bughyah karangan al-Suyuthy
PEMBERDAYAAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI WAIMITAL St. Jumaeda La Rajab Nur Khozin
al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 3, No 1 (2018): al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Publisher : IAIN Ambon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33477/alt.v3i1.415

Abstract

Abstrak: Pemberdayaan peningkatan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam pada tingkat Sekolah Dasar di Waimital Kabupaten Seram Bagian Barat bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan guru Pendidikan Agama Islam pada tingkat sekolah dasar di kabupaten Seram Bagian Barat khususnya dalam bidang pembuatan soal dan penulisan Al-Qur’an. Pemberdayaan ini terdiri atas tiga tahapan yaitu, penyadaran tentang pentingya penilaian dalam kegiatan pembelajaran, peningkatan pemahaman tentang pembuatan soal ujian dan penulisan Al-Qur’an ,dan implementasi dalam kegiatan pembelajaran. pemberdayaan guru PAI menggunakan modifikasdi action research. Langkah operasionalnya meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi/evaluasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kesadaran guru PAI pada tingkat sekolah Dasar berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran pelatihan penulisan soal dan penulisan Al-Qur’an yang terbukti antusiaasnya para guru untuk belajar dalam kegiatan ini, sehingga dapat dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: Pemberdayaan Guru PAI, Sekolah Dasar

Page 1 of 12 | Total Record : 113