cover
Contact Name
S. Rifqi Mubaroq, M.Pd
Contact Email
mubaroq@upi.edu
Phone
-
Journal Mail Official
mubaroq@upi.edu
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Fesyen Perspektif
ISSN : 20077773     EISSN : -     DOI : -
esyen Perspektif merupakan Jurnal yang dikelola oleh program studi Pendidikan Tata Busana, sebagai tempat yang mewadahi berbagai hasil karya ilmiah mahasiswa dan pengajar di lingkungan Prodi Pendidikan Tata Busana Departemen PKK FPTK UPI. Terbit dua kali setahun pada bulan April dan Oktober, berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, gagasan konseptual, aplikasi teori dan kajian analitis kritis di bidang fesyen (mode busana, pembuatan busana, desain busana, tekstil, kriya tekstil, dan tata rias). Fesyen Persfektif menampilkan hasil kajian yang membuktikan bahwa fashion sebagai kebutuhan utama manusia mengalami perkembangan dan perubahan. Kecenderungan perubahannya meliputi berbagai aspek yang melingkupi kehidupan manusia. Pelaku fashion khususnya para akademisi bidang fashion memberikan perhatianya dengan mengkaji kreatifitas, aspek fungsional dan aspek estetik dari fashion.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2013): Fesyen Perspektif" : 12 Documents clear
MANFAAT HASIL BELAJAR FASHION MERCHANDISING SEBAGAI KESIAPAN MENJADI PENGELOLA BISNIS FASHION DI DEPARTMENT STORE Ema Wijayanti; Winwin Wiana
Fesyen Perspektif Vol 3, No 2 (2013): Fesyen Perspektif
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas manfaat hasil belajar fashion merchandising sebagai kesiapan menjadi pengelola bisnis fashion di department store. Tujuan penelitian ini umtuk memperoleh data mengenai manfaat hasil belajar fashion merchandising ditinjau dari konsep dasar, penguasaan job description, penguasaan keterampilan fashion merchandising, dan penguasaan perencanaan fashion merchandising. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan alat pengumpul data berupa angket. Sampel penelitian adalah mahasiswa Program Studi Kriya Tekstil Mode Universitas Telkom Bandung berjumlah 30 orang dan sampel yang digunakan yaitu sampel purposive. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada umumnya lebih dari setengahnya responden menyatakan terdapat manfaat hasil belajar fashion merchandising sebagai kesiapan menjadi pengelola bisnis fashion di department store, ditinjau dari konsep dasar, penguasaan job description fashion merchandiser, penguasaan materi mengenai fashion merchandiser, dan penguasaan dalam perencanaan fashion merchandising. Simpulan dari hasil penelitian adalah peserta didik sudah optimal dalam memanfaatkan hasil belajar, karena pada umumnya sudah mencapai lebih dari setengahnya peserta didik menguasai kompetensi dalam mata kuliah fashion merchandising.
KONTRIBUSI HASIL BELAJAR FASHION MULTIMEDIA TERRHADAP KESIAPAN MENJADI FASHION VISUAL MERCHANDISER Listya Siti Sarah; Arifah A Riyanto
Fesyen Perspektif Vol 3, No 2 (2013): Fesyen Perspektif
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji kontribusi hasil belajar mata kuliah fashion multimedia terhadap kesiapan menjadi fashion visual merchandiser. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data tentang kontribusi hasil belajar fashion multimedia terhadap kesiapan menjadi fashion visual merchandiser. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan alat pengumpulan data berupa tes dan angket. Sampel yang digunakan yaitu sampel total sebanyak 25 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar fashion multimedia pada indikator pemahaman multimedia dan penggunaan software adobe photoshop umumnya berada pada kategori tinggi dan memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap kesiapan menjadi fashion visual merchandiser. Hasil penelitian mengenai kesiapan menjadi fashion visual merchandiser masuk dalam kriteria tinggi, yang ditunjang oleh kemampuan dalam pengetahuan fashion visual merchandiser, dan kemampuan dalam menggunakan software adobe photoshop. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mahasiswa sudah menguasai materi fashion multimedia dalam membuat rancangan desain menggunakan software adobe photoshop pada kesiapan menjadi fashion visual merchandiser dan terdapat kontribusi yang positif dan signifikan dari hasil belajar fashion multimedia terhadap kesiapan menjadi fashion visual merchandiser
MANFAAT HASIL BELAJAR DESAIN MODE BUSANA SEBAGAI KESIAPAN PRAKTEK INDUSTRI Dinar Rahayu; Katiah Katiah
Fesyen Perspektif Vol 3, No 2 (2013): Fesyen Perspektif
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data mengenai manfaat hasil belajar Desain Mode Busana sebagai kesiapan Praktek Industri ditinjau dari kompetensi peran dan fungsi desainer pada usaha bidang busana, teknik menggambar desain mode busana, aspek-aspek desain mode busana dan jenis-jenis gambar desain mode busana. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif, Sampel yang digunakan adalah sampel total. Populasi  penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Busana angkatan 2010 yang  berjumlah 41 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: lebih dari setengahnya responden mengetahui manfaat hasil belajar Desain Mode Busana sebagai kesiapan Praktek Industri, ditinjau dari kompetensi peran dan fungsi desainer pada usaha bidang busana, teknik menggambar desain mode busana, aspek-aspek desain mode busana dan jenis-jenis gambar desain mode busana. Kesimpulan dari penelitian ini  menunjukan bahwa lebih dari setengahnya mahasiswa telah merasakan manfaat hasil belajar Desain Mode Busana sebagai kesiapan Praktek Industri.
MANFAAT HASIL BELAJAR AKSESORIS MILINERIS SEBAGAI KESIAPAN PERINTISAN USAHA AKSESORIS DAN MILINERIS SECARA ONLINE Anggun Muetia Wafi; Mila Karmila
Fesyen Perspektif Vol 3, No 2 (2013): Fesyen Perspektif
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perubahan gaya hidup (life style) yang lebih terbuka terhadap dinamika fashion dan ditunjang dengan kemajuan teknologi yang kian berkembang, memberika stimulus kepada mahasiswa untuk merintis usaha aksesoris dan milineris secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeperoleh data tentang manfaat hasil belajar aksesoris milineris sebagai kesiapan perintisan usaha aksesoris dan milineris secara online ditinjau dari kompetensi pengetahuan konsep dasar aksesoris dan milineris, fungsi dan jenis aksesoris dan milineris, pengetahuan bahan baku dan teknik pembuatan aksesoris dan milineris, serta kemampuan membuat aksesoris dan milineris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan alat pengumpulan data berupa angket. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang mahasiswa. Hasil penelitianmenunjukkan sebagian besar mahasiswa mengemukakan adanya manfaat hasil belajar aksesoris dan milineris ditinjau dari kompetensi yang telah diuraikan sebelumnya.Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya manfaat hasil belajar aksesoris milineris yang cukup signifikan pada kesiapan mahasiswa dalam perintisan usaha aksesoris milineris secara online.
KONTRIBUSI HASIL BELAJAR TEKNOLOGI PERTENUNAN TERHADAP KESIAPAN MENJADI TEKNISI PROSES PERTENUNAN Mustika salsabila; Herni Kusantati
Fesyen Perspektif Vol 3, No 2 (2013): Fesyen Perspektif
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dewasa ini industri pertenunan di Indonesia mengalami kemajuan yang pesat, dan seyogyanya kemajuan tersebut didukung oleh penyediaan sumber daya manusia berkualitas khususnya di bidang teknologi pertenunan yang dapat disiapkan melalui pendidikan. Penelitian ini mengkaji kontribusi hasil belajar Teknologi Pertenunan terhadap kesiapan menjadi teknisi proses pertenunan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang kontribusi hasil belajar Teknologi Pertenunan terhadap kesiapan menjadi teknisi pertenunan. Metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi penelitian yaitu mahasiswa jurusan Teknik Tekstil Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil dengan menggunakan sampel acak berjumlah 30 orang. Alat pengumpul data berupa tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Teknologi Pertenunan berdasarkan kemampuan memahami pengertian pertenunan, melakukan persiapan pertenunan untuk benang lusi, melakukan persiapan pertenunan untuk benang pakan, melakukan gerakan pokok mesin tenun, dan kemampuan memahami perkembangan mesin tenun. Temuan penelitian ini pada umumnya berada pada kategori tinggi dan memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap kesiapan menjadi teknisi proses pertenunan.
ANALISIS KUALITAS HASIL PRAKTIK BUSANA PESTA ANAK PEREMPUAN PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT BUSANA ANAK Widyastari Pratiwi; Cucu Ruhidawati
Fesyen Perspektif Vol 3, No 2 (2013): Fesyen Perspektif
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kualitas hasil praktik busana pesta anak perempuan pada mata pelajaran Membuat Busana Anak. Tujuannya untuk menganalisis kualitas hasil praktik busana pesta anak perempuan ditinjau dari kerapihan dan ketepatan teknik jahit dan teknik penyelesaian. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan alat pengumpul data berupa skala penilaian. Sampel yang digunakan yaitu sampel total sebanyak 25 produk. Hasil analisis pada teknik jahit menunjukkan bahwa kurang dari setengah responden mampu menjahit hasil praktik busana pesta anak perempuan dengan kualitas cukup baik sedangkan dari teknik penyelesaian menunjukkan hasil  bahwa kurang dari setengah responden mampu menyelesaikan busana pesta anak perempuan dengan kualitas baik.  Kesimpulan menunjukkan bahwa hasil praktik yang dibuat oleh siswa kelas XI tahun ajaran 2012/2013 dan 2013/2014  SMP Balai Perguruan Puteri Bandung  ditinjau dari ketepatan dan kerapihan teknik jahit dan teknik penyelesaian pada umumnya memiliki kualitas cukup baik.
MANFAAT HASIL BELAJAR PUBLIKASI MODE SEBAGAI KESIAPAN MENJADI GRAPHIC DESIGNER MAJALAH MODE Marla Regina Mawarni; Suciati Suciati
Fesyen Perspektif Vol 3, No 2 (2013): Fesyen Perspektif
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Publikasi Mode dapat memfasilitasi mahasiswa Paket Manajemen Desain Mode dalam mempersiapkan diri menjadi graphic designer majalah mode, melalui materi publikasi mode dan tugas pembuatan majalah mode kampus. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data manfaat hasil belajar publikasi mode sebagai kesiapan menjadi graphic designer majalah mode tentang konsep publikasi mode, jenis media publikasi mode, konsep majalah mode dan keterampilan mendesain layout majalah mode. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sampel yang digunakan sampel purposive berjumlah 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat hasil belajar publikasi mode sebagai kesiapan menjadi graphic designer majalah mode berada pada kriteria sangat tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa responden sudah dapat memanfaatkan hasil belajar publikasi mode sebagai kesiapan menjadi graphic designer majalah mode.
PENERAPAN HASIL BELAJAR DESAIN HIASAN BUSANA PADA PEMBUATAN HIASAN LEKAPAN ADIBUSANA Asri Andarini Nurlita; Mally Maeliah
Fesyen Perspektif Vol 3, No 2 (2013): Fesyen Perspektif
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan hiasan lekapan semakin meningkat, sehingga menuntut seseorang untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan desain hiasan busana khususnya hiasan lekapan adibusana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mewujudkan desain hiasan dengan teknik lekapan yang tepat pada adibusana dan memperoleh data mengenai penerapan hasil belajar Desain Hiasan Busana pada pembuatan hiasan lekapan adibusana yang ditinjau dari konsep dasar, jenis hiasan serta unsur dan prinsip hiasan lekapan adibusana. Metode yang digunakan yaitu metode survey, dengan alat pengumpul data berupa angket. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh berjumlah 47 orang pada mahasiswa Konsentrasi Manajemen Butik Program Studi Pendidikan Tata Busana PKK FPTK UPI angkatan 2009 dan 2010. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada umumnya responden sudah menerapkan hasil belajar Desain Hiasan Busana baik pada konsep dasar, jenis  serta unsur dan prinsip desain hiasan busana teknik lekapan pada adibusana.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa responden telah memiliki kemampuan dalam menerapkan hasil belajar Desain Hiasan Busana  pada pembuatan hiasan lekapan adibusana dan hanya sebagian kecil yang belum menerapkan pengetahuan dan keterampilan tersebut.
MANFAAT HASIL BELAJAR TEKNOLOGI PERAJUTAN SEBAGAI KESIAPAN MENJADI TEKNISI PERAJUTAN Tia Windari; Supandi Supandi
Fesyen Perspektif Vol 3, No 2 (2013): Fesyen Perspektif
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan industri perajutan di Indonesia perlu didukung oleh penyediaan sumber daya manusia yang berkualitas khususnya pada bidang teknologi perajutan. Peningkatan potensi manusia yang berkualitas dan siap bekerja hendaknya terus dibina dan dikembangkan diantaranya dilakukan melalui pendidikan. Penelitian ini mengkaji manfaat hasil belajar teknologi perajutan sebagai kesiapan menjadi teknisi perajutan. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari setengahnya mahasiswa sudah menguasai manfaat hasil belajar teknologi perajutan terhadap kemampuan mengetahui prinsip dasar rajut, memahami pembentukan jeratan, terampil menggunakan peralatan dan mekanisme kerja mesin rajut. Simpulan hasil penelitian adalah mahasiswa telah menguasai manfaat hasil belajar teknologi perajutan sebagai kesiapan menjadi teknisi perajutan.
MANFAAT HASIL BELAJAR PENCAPAN KASA DATAR SEBAGAI KESIAPAN MENJADI OPERATOR SCREEN PRINTING Erfiani Nurbaeni; As As Setiawati
Fesyen Perspektif Vol 3, No 2 (2013): Fesyen Perspektif
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kajian masalah dalam penelitian ini mengenai manfaat hasil belajar pencapan kasa datar sebagai kesiapan menjadi operator screen printing yang dilakukan di SMK Negeri 1 Soreang pada peserta didik kelas XI program keahlian teknologi tekstil. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif. Sampel yang digunakan yaitu sampel total, berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mewujudkan pencapan kasa datar pada media pencapan dan memperoleh data  mengenai manfaat hasil belajar pencapan kasa datar sebagai kesiapan menjadi operator screen printing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang dari setengahnya responden mengetahui manfaat hasil belajar pencapan kasa datar sebagai kesiapan menjadi operator screen printing, ditinjau dari penguasaan konsep dasar, syarat-syarat pemilihan kain kasa, alat pencapan, teknik kerja pencapan, pemilihan zat warna dan teknik fiksasi. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa kurang dari setengahnya peserta didik yang memahami standar kompetensi melaksanakan pencapan kasa datar dan cara pengajar dalam memberikan materi pencapan kasa datar belum dapat dipahami peserta didik lainnya, sehingga sebagian lainnya belum dapat memahami materi pencapan dengan baik dan hanya kurang dari setengahnya peserta didik yang mampu mengaplikasikan keterampilan pencapan kasa datar sebagai kesiapan menjadi operator screen printing.

Page 1 of 2 | Total Record : 12