cover
Contact Name
Miftahul Fikri
Contact Email
miftahulfikrisiwa@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
ISSN : 25035282     EISSN : 25030971     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal merupakan Jurnal Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang bertujuan untuk mewadahi para dosen, para peneliti dan pendidik Agama Islam di sekolah/madrasah dalam mempublikasikan hasil penelitian mereka di bidang pembelajaran PAI.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2017): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal" : 9 Documents clear
PENERAPAN MODEL QUICK ON THE DRAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN BINGO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PAI SISWA Mohamad Erihadiana; Wulan Lismawati
Jurnal al-Thullab Vol 2, No 1 (2017): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v2i1.2720

Abstract

Berpikir kreatif merupakan masalah penting dalam pembelajaran. Banyak guru di sekolah dasar atau menengah masih kurang memperhatikan kemampuan ini. Dengan mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa guru memperoleh wawasan yang luas tentang potensi dan bakat yang dimiliki siswa-siswinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif PAI siswa melalui model pembelajaran quick on the draw dengan menggunakan media permainan bingo pada siswa kelas VII-D SMPN 1 Cibatu Kab. Garut Tahun Pelajaran 2016/2017. Kemampuan berpikir kreatif yang di gunakan peneliti lebih menekankan pada ranah kognitif taksonomi bloom dimensi baru, antara lain: mengingat (remember), memahami (understand), menerapkan (applyze), menganalisis (analyze), mengevaluasi (evaluate), dan menciptakan (create). Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan yang dilakukan sebanyak dua siklus, dengan tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dan lembar tes berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan presentase 72,9 pada siklus I menjadi 77,54 pada siklus II, aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari 63,75% pada siklus I menjadi 72,5%. Sedangkan aktivitas siswa meningkat dari 67,5% pada siklus I menjadi 72,8% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran quick on the draw dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif PAI siswa kelas VII-D SMPN 1 Cibatu Kab. Garut tahun pelajaran 2016/2017.
PENGARUH KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM RUMAH TANGGA TERHADAP AKHLAK ANAK SEHARI-HARI Zaenal Muftie
Jurnal al-Thullab Vol 2, No 1 (2017): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v2i1.2725

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah terlihat dalam akhlak siswa SMK Al Amin. Pada sisi lain orang tua menginginkan anak-anak mereka menjadi anak-anak yang shaleh dan berakhlakul karimah. Mereka berusaha sekuat tenaga membimbing anaknya agar mempunyai perilaku Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh komunikasi orang tua dalam rumah tangga terhadap akhlak anak sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa komunikasi orang tua dalam rumah tangga telah memberika pengaruh yang dapat meningkatkan kualitas akhlak anak sehari-hari.
TANGGAPAN SISWA TERHADAP PENERAPAN METODE MARKET PLACE ACTIVITY HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI FIQIH POKOK BAHASAN PENGELOLAAN WAKAF Undang Burhanudin; Feny Yatmasari
Jurnal al-Thullab Vol 2, No 1 (2017): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v2i1.2716

Abstract

Dewasa ini proses pembelajaran lebih mengutakan peserta didik, dan hasil belajar menjadi target ketercapaian dalam pembelajaran. Untuk itu diperlukan berbagai metode aktif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran aktif pada siswa di kelas adalah metode pembelajaran market place activity. Adapun tujuan penelitian ini adalah, Pertama untuk mengetahui tanggapan siswa kelas X SMKN 10 Bandung terhadap penerapan metode market place activity, Kedua untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X SMKN 10 Bandung pada pelajaran PAI Materi Fiqih Pokok Bahasan Pengelolaan Wakaf, Ketiga untuk mengetahui hubungan anatara Tanggapan siswa terhadap penerapan metode market place activity dengan hasil belajar mereka pada pelajaran PAI materi Fiqih pokok bahasan Pengelolaan Wakaf. Pada umumnya penelitian ini bersifat empirik, karena menggunakan metode Deskriptif. Teknik Pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, Angket dan Tes soal. Sample yang dimiliki sejumlah 40 Responden dari jumlah Populasi sebesar 117 orang siswa kelas X Tari dan Broadcast SMKN 10 Bandung. Teknik analinis yang digunakan dengan analisis Parsial dan Korelasi untuk mengetahui hubungan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa, Pertama mengenai tanggapan siswa terhadap penerapan metode market place activity diperoleh data pada masing-masing indikator yaitu (3,8+3,9+3,8+3,8+3,9+3,9+3,9+3,8+3,8+3,7): 10 = 3,83 data ini dikualifikasikan Baik, Kedua mengenai hasil belajar pada pelajaran PAI materi Fiqih pokok Bahasan Pengelolaan Wakaf yaitu (89+74,2+88,3+71,8) : 4 = 80,8 data ini dikualifikasikan Sangat Baik. Karenanya variabel x dapat mempengaruhi variabel y sebesar 40% berdasarkan data yang diperoleh.
PEMAHAMAN SISWA TERHADAP HADITS TENTANG TOLERANSI HUBUNGANNYA DENGAN SIKAP MEREKA TERHADAP SISWA NON-MUSLIM (Penelitian pada Siswa Kelas XI di SMAN 11 Bandung) Mukarom Mukarom
Jurnal al-Thullab Vol 2, No 1 (2017): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v2i1.2726

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas pemahaman siswa terhadap hadits tentang toleransi; realitas sikap terhadap siswa non muslim; dan realitas hubungan antara pemahaman siswa terhadap hadits tentang toleransi dengan sikap terhadap siswa non muslim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, karena metode ini dipandang paling cocok untuk menggali, mengungkapkan, serta menganalisis fenomena dan permasalahan yang ada. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan datanya dilakukan dengan cara tes, angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data, dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif, dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif dengan menempuh analisis deskriptif dan analisis korelasi. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pemahaman siswa terhadap hadits tentang toleransi berkualifikasi baik, hal ini terbukti dari skor rata-rata sebesar 77,05, sedangkan sikap terhadap siswa non muslim berkualifikasi cukup, hal ini terbukti dari skor rata-rata sebesar 3,26. Sedangkan hasil perhitungan statistik menunjukkan adanya keterkaitan antara pemahaman siswa terhadap hadits tentang toleransi dengan sikap terhadap siswa non muslim. Hubungan tersebut ditunjukkan dengan adanya koefisien korelasi sebesar 0,41.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI Cecep Anwar; Novi Yulianti
Jurnal al-Thullab Vol 2, No 1 (2017): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v2i1.2721

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di SMPN 1 Cariu Kecamatan Cariu Bogor dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, salah satunya masih rendahnya keaktifan belajar siswa di kelas VII 8. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa salah satu metode yang diasumsikan mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa adalah metode pembelajaran probing prompting dengan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keaktifan belajar siswa sebelum diterapkannya metode pembelajaran probing prompting dengan media gambar, penerapan metode pembelajaran probing prompting dengan media gambar, dan bagaimana peningkatan keaktifan belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran probing prompting dengan media gambar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di kelas VII 8 dengan jumlah siswa 35 orang. Adapun istrumen yang digunakan yaitu silabus, RPP, lembar observasi guru dan siswa serta angket siswa. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini terjadi peningkatan keaktifan belajar siswa. Siklus 1 hasil observasi keaktifan belajar siswa memperoleh persentase 73,28% dikategorikan aktif diperkuat dengan hasil angket keaktifan belajar siswa dengan persentase 76,19% dikategorikan aktif. Siklus II hasil observasi keaktifan belajar siswa memperoleh persentase 86,78% dikategorikan sangat aktif diperkuat dengan hasil angket keaktifan belajar siswa dengan persentase 84,41% dikategorikan sangat aktif.
URGENSI KOMUNIKASI DAN INTERAKSI DALAM KELUARGA Oban Sobandi; Novianti Dewi
Jurnal al-Thullab Vol 2, No 1 (2017): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v2i1.2722

Abstract

Tulisan ini bermaksud mengkaji bahwa komunikasi dan interaksi dalam keluarga itu sangatlah penting karena dapat berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak dan juga keharmonisan sebuah keluarga. Maka selanjutnya perlu kiranya memperluas ilmu pengetahuan mengenai urgensi komunikasi dan interaksi dalam keluarga agar didapati pemahaman mengenai pola komunikasi yang baik dalam sebuah keluarga guna menciptakan keluarga yang bahagia, sejahtera dan harmonis. Pembahasan dimulai dari bahasan komunikasi efektif dalam keluarga, cara menumbuh kembangkan komunikasi dalam keluarga, sampai pada manfaat komunikasi dalam keluarga yang dapat menciptakan keluarga sejahtera. Point pembahasan disampaikan bertujuan agar didapati mengenai urgensi komunikasi dan interaksi dalam keluarga itu sendiri. Pendekatan kajian dalam tulisan ini dianalisis berdasarkan perspektif pendidikan Islam baik berdasarkan analisis teoretik maupun empirik.
IMPLEMENTASI KEGIATAN MENTORING KEAGAMAAN DALAM PEMBINAAN KARAKTER ISLAMI Tatang Romansah
Jurnal al-Thullab Vol 2, No 1 (2017): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v2i1.2723

Abstract

Artikel ini mengungkap implementasi kegiatan mentoring keagamaan di SMA Negeri Cimanggung Kabupaten Sumedang baik dari segi tujuan, proses, evaluasi, hambatan dan kertcapaian dari kegitan mentoring tersebut. Hasil kajian menunjukan 1) tujuan mentoring (a) menanamkan dan menumbuhkan karakter siswa; secara praktik; (b) membentuk kepribadian yang baik sesuai dengan al Quran dan As Sunnah, 2) Proses implementasi dilakukan dengan (a) integrasi mata pelajaran PKn, PAI, yang dikembangkan dalam silabus dan RPP; (b) program ditetapkan disekolah; (c) pengembangan karaker Islami melalui program pengembangan diri dan ekstrakurikuler, 3) Evaluasi meliputi program dan hasil belajar, 4) Kendala meliputi (a) komponen sarana, prasarana, keuangan kurangnya pementor, media dan metode; (b) kendala dimensi: waktu dan dan tempat; (c) kurangnya kesadaran siswa dan tidak ada standar criteria pementor, 5) Keberhasilan program mentoring menunjukan adanya rasa bangga menjadi muslim, keseimbangan emosional dan intelektual dan terciptanya ukuwah antara siswa dan guru. Rekomendasi untuk penelitian berikutnya perlu kajian implementasi pendidikan karakter Islami pada jenjang dasar dan tinggi serta kajian yang lebih spesifik pada aspek karakter terentu.
TANGGAPAN SISWA TERHADAP PENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW-WANT TO KNOW-LEARNING) HUBUNGANNYA DENGAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN FIKIH MATERI MAWARIS Ade Aisyah; Icmiati Santika
Jurnal al-Thullab Vol 2, No 1 (2017): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v2i1.2719

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam menangkap materi yang dipelajari, dan kurangnya pengaplikasian hukum waris menurut Islam di masyarakat sedangkan aturan dan tata pelaksanaan sudah jelas dalam al-Qur’an dan hadist. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat hubungan antara tanggapan siswa terhadap penerapan strategi KWL dengan pemahaman siswa. Penelitian dilakukan di kelas XI MAS Mathla’ul Huda Manggahang Baleendah Kab. Bandung dengan jumlah sampel 30 siswa. Penelitian ini tergolong pada penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan instrumen penelitian berupa Angket, tes, observasi, dan strudi pustaka. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap strategi KWL (Know-Want to know-Learning) dengan pemahaman siswa pada mata pelajaran fikih materi mawaris. Hal ini dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang di dapatkan thitung 2,23 > ttabel = 2,048 artinya Ha di terima dan Ho di tolak. Sedangkan besarnya pengaruh tanggapan siswa terhadap strategi KWL terhadap pemahaman siswa sebesar 8 %.
PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK Ine Setia
Jurnal al-Thullab Vol 2, No 1 (2017): Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal
Publisher : Laboratory of Islamic Religious Education Faculty of Tarbiyah and Teacher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15575/ath.v2i1.2724

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar yang dilakukan seseorang untuk mengembangkan potensi diri guna memahami suatu pengetahuan.Tujuan dari suatu pendidikan adalah mempersiapkan generasi muda yang lebih inovatif dan kreatif yang mampu membangun suatu bangsa untuk lebih maju lagi. Orang-orang kreatif sangat berpengaruh terhadap kemajuan suatu bangsa, karena pada dasarnya mereka memiliki banyak ide dan gagasan untuk menghasilkan sesuatu yang baru. Kreativitas dalam diri anak, hendaknya diasah dan diarahkan sejak usia dini menuju arah kebaikan, maka orangtualah yang memilki peranan penting dalam mengembangkan kreativitas anak. Salah satu cara mengembangkan kreativitas anak adalah melalui bermain, karena secara fitrah anak-anak memang menyukai bermain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Bermain merupakan duniaanya anak-anak. Permainan seperti apa yang tepat untuk mengembangkan kreativitas anak, bagaimana cara mengembangkan kreativitas anak melalui bermain, serta bagaimana peran orangtua dalam mengembangkan kreativitas anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 9