cover
Contact Name
Rahmat Aziz
Contact Email
azira@uin-malang.ac.id
Phone
+62362-22928
Journal Mail Official
jppundiksha@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs education. Global issues in education Technical and vocational education. Language education. Social science education Educational management Sport science and physical education Other areas in education.
Articles 787 Documents
Pembelajaran Sains Melalui Pendekatan Berbasis Ergonomi Mengurangi Kelelahan Siswa SD 1 Sangsit, Sawan, Buleleng Wijana, Nyoman
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 42, No 1 Apr (2009)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.348 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v42i1 Apr.1731

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya perbedaan kelelahan antara kelompok eksperimen yang dalam pembelajarannya menggunakan pendekatan berbasis ergonomi (PBE) dan kelompok kontrol yang dalam pembelajarannya tanpa menggunakan PBE. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimental dengan rancangan randomized pre-test post-test nonequivalent group design. Pengambilan sampel dilakukan secara random. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Mann-Whitney dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang bermakna terhadap kelelahan siswa SD, antara kelompok eksperimen yang dalam pembelajarannya dengan menggunakan pendekatan berbasis ergonomi (PBE) dan kelompok kontrol yang dalam pembelajarannya tanpa menggunakan PBE    (p < 0,05). Perbedaan kelelahan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mencapai 30,78 (73,76%). Dalam hal ini kelelahan beraktivitas pada kelompok kontrol menurun sebesar 7,94 (78,46%); motivasi 6,87 (67,89%); dan kelelahan fisik sebesar 16,15 (77,19%). Dengan demikian, dapat disarankan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan berbasis ergonomi (PBE) sebaiknya dapat diterapkan dalam pembelajaran sains di SD.Kata kunci: pendekatan berbasis ergonomi (PBE),  kelelahan.
THE EFFECT OF REAP STRATEGY ON READING COMPREHENSION Cahyaningtyas, Andarini Permata
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 50, No 3 (2017): October 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.784 KB) | DOI: 10.23887/jpp.v50i3.13798

Abstract

The purposes of this study are to find out the effect of REAP strategy on reading comprehension of the fifth grade elementary students of third cluster of Kotagede Yogyakarta. The research method in this study is quasi-experimental with Pretest-Posttest Control Group Design. The population was all of fifth grade elementary students of third cluster of Kotagede Yogyakarta. The sample was fifth grade students of SD Baluwarti, SD Kotagede 1, and SD Kotagede 5 Yogyakarta that were establised by cluster random sampling technique. The data were collected using tests. The validity of the instrument was measured in terms of content and construct validity. The reliability of the instrument was stated good with the score of Cronbach’s Alpha = 0,734. The result data of this study were analized by independent sample t-test and Manova with Hotteling’s Trace formula. The result showed that REAP strategy gave a positive and significant effect on reading comprehension that is proved by the score of t-test = 4,914 and 3,286 with sig = 0,000 and 0,002. Based on the result, it can be concluded that REAP strategy give positive and significant effect on reading comprehension of fifth grade elementary student of third cluster of Kotagede Yogyakarta.
Rekonstruksi Pemikiran Belajar Dan Pembelajaran Pkn Sd Sebagai Yadnya Dalam Rangka Perwujudan Dharma Agama Dan Dharma Negara Berbasis Konstruktivisme ., Sukadi; Sanjaya, Dewa Bagus; Kertih, I Wayan
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 42, No 3 Okt (2009)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (90.11 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v42i3 Okt.1757

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model inovasi belajar dan pembelajaran PKn SD sebagai yadnya dengan menggunakan pendekatan budaya spiritual Hindu dan me-ngembangkan suplemen materi PKn SD bermuatan kearifan lokal berbasis ajaran Hindu tentang pelaksanaan dharma agama dan dharma negara. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan research and development yang bersifat multiyear. Untuk tahun pertama ini penelitian dilakukan dengan mensinergikan studi etnografi dan studi need assessment. Data yang diperlukan adalah tentang model belajar dan pembelajaran PKn sebagi yadnya dan pengembangan suplemen materi PKn kelas VI SD tentang hubungan antara dharma agama dan dharma negara. Data diperoleh dari subjek tokoh masyarakat, ilmuwan, dan praktisi guru-guru PKn dan guru-guru  SD serta dokumen tertulis yang dipilih secara purpossive dan menggunakan teknik snowball sampling. Data dikumpulkan dengan metode wawancara mendalam, pencatatan dokumen, diskusi kelompok terarah, penilaian ahli, dan penilaian praktisi. Data dianalisis secara kualitatif dengan metode verbatim dan model prosedur analisis data menurut Spradley. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. Pertama, penelitian ini berhasil mengembangkan prototipe model belajar dan pembelajaran PKn SD sebagai yadnya. Model belajar dan pembelajaran PKn ini berbasis pada pandangan konstruktivisme budaya spiritual dan relevan dengan pandangan filosofis masyarakat Hindu tentang hakikat pengetahuan yang berperspektif kritis dan multidimensi. Kedua, penelitian ini juga berhasil mengembangkan prototipe suplemen materi PKn SD kelas VI berorientasi kearifan lokal tentang pelaksanaan dharma negara berbasis dharma agama.Kata kunci: belajar dan pembelajaran PKn sebagai yadnya, dharma agama dan dharma negara, dan konstruktivisme
Developing educative snake and ladder learning media to improve understanding on living creature concept Agustina, Winarti; Hapidin, Hapidin; Tarwiyah, Tuti
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 51, No 3 (2018): October 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.016 KB) | DOI: 10.23887/jpp.v51i3.15927

Abstract

The objective of this research was to develop educative snake and ladder learning media to improve the understanding on concept of living creature on early childhood. The research was conducted in Bekasi municipality with R&D method. The results indicated that in aspects of (1) availability of learning media: 75% of teachers used the learning media optimally and 67% of teachers perceived that the learning media made available by the school was less supportive to the learning: (2) requirement: only 25% of teachers who used the game media in learning and 83% of teachers recognized that the learning material in theme books was very supportive to use the media; (3) process: 83% of teachers had difficulty to present the learning material due to children characteristics which are active and aggressive and 75% of teachers recognized that the children’s understanding level regarding the media presented was still low; expectation: 92% of teachers supported the making of educative snake and ladder learning media. Tests administered to the students regarding the living creative concept obtained average score 52,44, which means insufficient.
Model Demonstrasi Interaktif Berbantuan Multimedia dan Hasil Belajar IPA Aspek Kimia Siswa SMP Wijaya, I Komang Wisnu Budi; Kirna, I Made; Suardana, I Nyoman
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45, No 1 (2012): April, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (94.17 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i1.1788

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengaruh penggunaan model demonstrasi interaktif terhadap hasil belajar siswa dan (2) mendeskripsikan profil pemahaman konsep kimia siswa. Jenis penelitian ini termasuk penelitian semu (Quasi Experiment). Penelitian ini didesain dengan nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa SMP kelas VII SMP N 2 Singaraja tahun ajaran 2011/2012. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa dan profil pemahaman konsep kimia. Siswa kelompok eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran demonstrasi interaktif berbantuan multimedia sedangkan siswa kelompok kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan teknik analisis ANAKOVA satu jalur dan data profil pemahaman konsep siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan Model Demonstrasi Interaktif berbantuan multimedia lebih baik daripada siswa yang dibelajarkan dengan Model Pembelajaran Langsung dan (2) profil pemahaman konsep kimia untuk aspek submikroskopis dan simbolik pada siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada siswa di kelompok kontrol. Kata-kata Kunci: demonstrasi interaktif, multimedia, hasil belajar kimia siswa pemula
Analysis of English teaching materials with gender equality perspective at junior high school Krishnapatria, Kriswanda; Saefullah, Hilmansyah
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 52, No 3 (2019): OCTOBER 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.551 KB) | DOI: 10.23887/jpp.v52i3.15548

Abstract

This study was carried out to disclose the gender bias issue by analysing English teaching materials. The research objects are three textbooks used by junior high school students from 7th to 9th grade in learning English at one school in Karawang. This is a qualitative research implementing content analysis to obtain the findings. From the outcomes of the research, it shows clearly that the three books have only delivered very little value of gender equality within the contents, in which gender stereotype dominantly become the primary issue. As a result, it is necessary for English teaching materials at junior high school level to be adjusted and revised with more balanced contents of gender equality perspective.
Authenticity of Teachers’ Made Assessment and Its’ Contribution to Students’ English Achievement Wahyuni, L. G. Eka
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 46, No 2 Juli (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.102 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v46i2 Juli.2768

Abstract

This study aimed at analyzing the authenticity of teachers’ made assessment in terms of teachers’ assessment planning and implementation; and investi-gating its’ contribution to the students’ English learning achievement. Exploratory mixed method design was employed, involving 35 vocational English teachers and 35 classes of vocational students in Buleleng Regency as the sample of the study. The data were analyzed both qualitatively as well as quantitatively. The results of study indicated that the authen-ticity of teachers’ assessment planning and its’ implementation are found sufficient. Based on the statistical analysis, the teachers’ assessment planning did not have any significant contribution. It was because it had lack of authenticity and the assessments did not really assess the intended competency. However, the assessment implementation as perceived by the teachers and the students was found significantly contributive to the students’ achieve-ment. In conclusion, these three aspects of teachers’ made assessment had simultaneously significant contribution to the students’ English achievement. Keywords: assessment authenticity, teachers’ made assessment, students’ achievement
PENERAPAN MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PERMAINAN BOLAVOLI Sudana, I Nyoman
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 44, No 1 (2011): April 2011
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.544 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v44i1.134

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model Jigsaw dalam pembelajaran Permainan Bolavoli. Penelitian terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIc SMPN 4 Nusa Penida yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 perempuan. Objek penelitian adalah: (1) unjuk kerja keterampilan teknik passing dalam permainan bolavoli, (2) prilaku bermain, dan (3) pemahaman konsep gerak dasar passing dan permainan bolavoli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 4 Nusa Penida, baik pada aspek keterampilan teknik dasar passing, prilaku passing dan bermain bolavoli, maupun pemahaman tentang teknik dasar passing dan aturan permainan bolavoli. Ketiga aspek prestasi belajar di atas mengalami peningkatan dari pembelajaran siklus I ke siklus II..Kata-kata Kunci: model Jigsaw, keterampilan passing, permainan bolavoli, bolavoli mini
Model Educative Production Function untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Perbankan Purnamawati, I Gusti Ayu
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 47, No 1 (2014): April, 2014
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.02 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v47i1.4627

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran Akuntansi Perbankan melalui penerapan model pembelajaran Educatif Production Function (EPF). Subjek penelitian adalah mahasiswa semester III Jurusan D3 Akuntansi UNDIKSHA pada Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 31 orang. Obyek penelitian adalah (1) aktivitas belajar mahasiswa dalam pembelajaran, dan (2) hasil belajar mahasiswa. Pene-litian dilakukan sebanyak dua siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) EPF dapat menghadirkan suasana pembelajaran yang lebih kondusif dan menciptakan iklim kelas yang trans-paran, (2) EPF dapat meningkatkan hasil belajar dengan peningkatan rata-rata hasil belajar pada si-klus I ke siklus II sebesar 12,3 (65,1 pada siklus I dan 77,4 pada siklus II). Kata-kata Kunci: akuntansi perbankan, educative production function, hasil belajar
Implementasi Buku Ajar Bermuatan Konten Sains Asli dan Konteks Pedagogi Catur Pramana. Suja, I Wayan; Wirta, I Made
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 45, No 2 (2012): Juli, 2012
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (103.621 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v45i2.1831

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh implementasi buku ajar sains SD bermuatan content sains asli dan context pedagogi Catur Pramana terhadap aktivitas, hasil belajar, dan sikap ilmiah siswa.  Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD di Kota Singaraja pada semester 1 tahun 2011/2012 serta objek penelitiannya adalah aktivitas, hasil belajar, dan sikap ilmiah siswa.  Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan buku ajar sains bermuatan sains asli Bali dan dibelajarkan dengan siklus belajar Catur Pramana model “PAUS” (Pratyaksa-Anumana-Upamana-Sabda Pramana), sedangkan kelas kontrol berupa pembelajaran konvensional.  Data penelitian dikumpulkan dengan rubrik kinerja, tes hasil belajar, dan angket; serta dianalisis secara deskriptif dan analisis uji-t.  Selama perlakuan, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori sedang (skor rata-rata 2,39) pada pertemuan I, tinggi (skor rata-rata 3,08) pada pertemuan II, dan sangat tinggi (skor rata-rata 3,33) pada pertemuan III. Uji beda skor rata-rata hasil pascates menunjukkan hasil belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan buku ajar sains yang mengintegrasikan content dan context pedagogi Catur Pramana lebih baik dibandingkan yang dibelajarkan secara konvensional. Sikap ilmiah siswa setelah dibelajarkan dengan buku ajar tersebut tergolong tinggi (skor rata-rata 3,87).. Kata-kata Kunci: buku ajar sains SD, sains asli, Catur Pramana

Page 1 of 79 | Total Record : 787


Filter by Year

2008 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 56 No 2 (2023): July Vol 56 No 1 (2023): APRIL Vol 55 No 3 (2022): OCTOBER 2022 Vol 55 No 1 (2022): APRIL 2022 Vol 55 No 2 (2022): JULY Vol 55, No 1 (2022) Vol 54 No 3 (2021): OCTOBER 2021 Vol 54, No 3 (2021): OCTOBER 2021 Vol 54, No 2 (2021): JULY 2021 Vol 54 No 2 (2021): JULY 2021 Vol 54 No 1 (2021): April 2021 Vol 54, No 1 (2021): April 2021 Vol 53, No 3 (2020): OCTOBER 2020 Vol 53 No 3 (2020): OCTOBER 2020 Vol 53, No 2 (2020): JULY 2020 Vol 53 No 2 (2020): JULY 2020 Vol 53, No 1 (2020): April 2020 Vol 53 No 1 (2020): April 2020 Vol 52 No 3 (2019): OCTOBER 2019 Vol 52, No 3 (2019): OCTOBER 2019 Vol 52 No 2 (2019): JULY 2019 Vol 52, No 2 (2019): JULY 2019 Vol 52, No 1 (2019): APRIL 2019 Vol 52 No 1 (2019): APRIL 2019 Vol 51, No 3 (2018): October 2018 Vol 51 No 3 (2018): October 2018 Vol 51, No 2 (2018): July 2018 Vol 51 No 2 (2018): July 2018 Vol 51, No 1 (2018): April 2018 Vol 51 No 1 (2018): April 2018 Vol 50 No 3 (2017): October 2017 Vol 50, No 3 (2017): October 2017 Vol 50 No 2 (2017): July 2017 Vol 50, No 2 (2017): July 2017 Vol 50 No 1 (2017): April 2017 Vol 50, No 1 (2017): April 2017 Vol 49 No 3 (2016): Oktober 2016 Vol 49, No 3 (2016): Oktober 2016 Vol 49, No 2 (2016): Juli 2016 Vol 49 No 2 (2016): Juli 2016 Vol 49, No 1 (2016): April, 2016 Vol 49 No 1 (2016): April, 2016 Vol 48, No 1-3 (2015): April, 2015 Vol 48 No 1-3 (2015): April, 2015 Vol 47 No 2-3 (2014): Oktober, 2014 Vol 47 No 1 (2014): April, 2014 Vol 47, No 2-3 (2014): Oktober, 2014 Vol 47, No 1 (2014): April, 2014 Vol 46 No 3 (2013): Oktober, 2013 Vol 46, No 3 (2013): Oktober, 2013 Vol 46 No 1 (2013): April, 2013 Vol 46, No 1 (2013): April, 2013 Vol 45 No 2 (2012): Juli, 2012 Vol 46 No 2 Juli (2013) Vol 46, No 2 Juli (2013) Vol 45 No 3 (2012): Oktober, 2012 Vol 45, No 3 (2012): Oktober, 2012 Vol 45, No 2 (2012): Juli, 2012 Vol 45, No 1 (2012): April, 2012 Vol 45 No 1 (2012): April, 2012 Vol 44, No 1 (2011): April 2011 Vol 44 No 1 (2011): April 2011 Vol 43, No 3 (2010): Oktober 2010 Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010 Vol 43 No 2 (2010): Juli, 2010 Vol 43, No 2 (2010): Juli, 2010 Vol 43, No 1 (2010): April 2010 Vol 43 No 1 (2010): April 2010 Vol 42, No 3 Okt (2009) Vol 42 No 3 Okt (2009) Vol 42, No 2 Jul (2009) Vol 42 No 2 Jul (2009) Vol 42 No 1 Apr (2009) Vol 42, No 1 Apr (2009) Vol 41, No 4 (2008): Edisi Khusus 2008 Vol 41 No 4 (2008): Edisi Khusus 2008 Vol 41, No 1 (2008): April 2008 Vol 41 No 1 (2008): April 2008 More Issue