cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
JPP Undiksha
ISSN : 23017821     EISSN : 25492608     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP) adalah wadah publikasi ilmiah dalam bidang pendidikan dan pengajaran yang merupakan hasil penelitian ataupun review artikel. JPP diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Ganesha 3 kali dalam setahun, yaitu bulan April, Juli, dan Oktober. Penulis diharapkan memasukkan artikelnya secara online menggunakan fasilitas OJS dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Jika mengalami kesulitan dalam penggunaan OJS, penulis bisa memasukkan artikel melalui email jppundiksha@gmail.com
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 46, No 1 (2013): April, 2013" : 10 Documents clear
Penggunaan Multimedia Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Fisika Siswa Mardana, I Gede
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 46, No 1 (2013): April, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.715 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v46i1.1689

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kompetensi dasar fisika siswa dalam pembelajaran fisika melalui penggunaan multimedia berbasis masalah, dan (2) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia berbasis masalah dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X1 SMAN 1 Busungbiu yang berjumlah 33 orang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus pembelajaran dengan tahapan pada tiap-tiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data kompetensi dasar fisika siswa didasarkan atas skor perolehan tes tiap akhir siklus. Data tanggapan siswa dikumpulkan melalui angket. Data tersebut dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan kompetensi dasar fisika siswa dalam pembelajaran fisika melalui penggunaan multimedia berbasis masalah dan (2) tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia berbasis masalah dalam pembelajaran fisika termasuk kategori sangat positif. Kata-kata Kunci: multimedia, problem-based learning, pembelajaran fisika
Implementasi Pembelajaran Model WAVE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Rendang Mataram, I Gusti Ngurah
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 46, No 1 (2013): April, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.042 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v46i1.1686

Abstract

Implementasi Pembelajaran Model WAVE untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Rendang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas XI PSIA-1 SMA Negeri 1 Rendang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek  kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), psikomotor (keterampilan), dan  mendeskripsikan respon (pendapat) siswa terhadap implementasi model pembelajaran WAVE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran WAVE dapat diterima siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dan dapat meningkatkan kompetensi dasar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata aspek kognitif 57,81 (34,38%) pada siklus I, 66,88 (53,13%) pada siklus II, dan 76,56 (100%) pada siklus III. Pada aspek afektif  nilai rata-rata 8,05 kategori kurang baik (50,00%) pada siklus I, 10.45 kategori cukupbaik (62,50%) pada siklus II, dan 11,97 kategori baik (75,00%) pada siklus III. Pada aspek psikomotor nilai rata-rata 8,64  kategori kurang tinggi (53,13%) pada siklus I, pada siklus II  nilai rata-rata 10,66 kategori cukup tinggi (59,38%), dan pada siklus III nilai rata-rata 12,67 kategori tinggi (62,50%). Demikian halnya dengan respon siswa, nilai rata-rata  37,19 kategori kurang positif (56,25%)pada siklus I, di siklus II nilai rata-rata 46,66 ada pada kategori cukup positif (59,38%), dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 55,84  kategori positif (65,63%). Kata-kata Kunci: model WAVE, hasil belajar, pembelajaran kimia
Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Dalam Perspektif Darwinisme Sosial Margi, I Ketut
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 46, No 1 (2013): April, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.769 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v46i1.1695

Abstract

Pendidik professional tidak cukup hanya memiliki ijazah – sebagai penanda kepemilikan modal intelektual, tetapi harus disertai dengan penanda lainnya, yakni sertifikat pendidik. Penanda ini dapat diraih melalui sertifikasi guru dalam jabatan. Selain itu, pemerintah berencana menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru Prajabatan untuk memberi akses yang sama, baik bagi luaran S-1 kependidikan dan S-1/D-IV non kependidikan.Secara sepintas,kebijakan ini tidak ada masalah karena memiliki landasan filosofis, yuridis, historis, dan konseptual.Namun, dari perspektif pedagogi kritis ada ideologi tersembunyi di balik PPG Prajabatan, yakni darwinisme sosial.Perspektif darwinisme sosial bukan saja memperluas ruang kompetisi dalam mereproduksi guru, akan tetapi sekaligus mempersempit peluang bagi calon keluaran S-1 kependidikan. Untuk menghadapi tantangan ini diperlukan strategi adaptasi sosial budaya berupa peningkatan kreativitas dan inovasi calon guru, peningkatan manajemen pengelolaan lembaga, dan pengembangan kurikulum yang multy entry dan multy exit. Kata-kata Kunci: pendidikan profesi guru, seleksi alam, adaptasi sosial budaya
Penerapan Metode Akuntamatika Menggunakan Model Kooperatif untuk Meningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Herawati, Nyoman Trisna
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 46, No 1 (2013): April, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.411 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v46i1.1693

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar mahasiswa dalam mata kuliah Akuntansi Pengantar I serta mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terhadap penerapan metode akuntansi berbasis matematika (akuntamatika) menggunakan model kooperatif Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Prosedur tindakan dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas D pada semester ganjil 2012/2013 yang melibatkan 33 (tiga puluh tiga) orang mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar, pedoman observasi, dan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ini dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kelas. Siswa yang sebelumnya tidak aktif, tidak dapat bekerja sama, pada siklus 2 telah mengalami perubahan yang signifikan. Penerapan metode ini juga meningkatkan hasil belajar dengan rata-rata 75,98 pada siklus I meningkat menjadi 80,21 pada siklus II. Meskipun terjadi peningkatan hasil belajar, namun ketuntasan minimal belum dapat tercapai. Hal ini dikarenakan masih terdapat 3 (tiga) orang mahasiswa yang mendapat nilai dibawah 70. Secara keseluruhan, metode pembelajaran yang diterapkan mendapat tanggapan positif dari mahasiswa karena pembelajaran menjadi lebih bermakna. Kata-kata Kunci:akuntamatika, kooperatif STAD, partisipasi, hasil belajar
Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Daya Matematik Siswa dan Prestasi Belajar Mahayukti, Gusti Ayu
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 46, No 1 (2013): April, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (74.802 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v46i1.1690

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, (2)meningkatkan daya matematik siswa,dan (3) meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran realistik berbantuan jurnal mingguan bermuatan contoh miskonsepsi dan soal termodifikasi. Data penelitian dikumpulkan dengan lembar observasi, jurnal dan tes. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II dan III pada kategori tinggi, Daya matematik pada siklus I dan II berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus III ada peningkatan yakni pada kategori baik. Prestasi belajar siswa naik dari siklus ke siklus. Dengan demikian, penerapan pembelajaran realistik berbantuan jurnal mingguan bermuatan contoh miskonsepsi dan soal termodifikasi dapat meningkatkan daya matematik siswa. Kata-kata Kunci: matematika realistik, daya matematik, miskonsepsi
Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Penguasaan Konsep Koloid dan Sikap Ilmiah Siswa Merta, Luh Maharani
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 46, No 1 (2013): April, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (104.762 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v46i1.1688

Abstract

Penelitian ini bertujuan menyelidiki pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap penguasaan konsep koloid dan sikap ilmiah siswa secara bersama-sama dan terpisah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent posttes only control group design yang melibatkan sampel 127 siswa Kelas XI IA SMA Negeri 4 Singaraja. Kelompok kontrol dan eksperimen masing-masing terdiri atas 62 dan 65 siswa. Tes hasil belajar digunakan untuk mengukur penguasaan konsep koloid siswa dan kuesioner digunakan mengukur sikap ilmiah siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis menggunakan MANOVA pada taraf signifikansi 5%. Hasil-hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah  (1) ada perbedaan yang signifikan penguasaan konsep koloid dan sikap ilmiah antara siswa belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung, (2) ada perbedaaan yang signifikan penguasaan konsep koloid antara siswa belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dan yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) ada perbedaaan yang signifikan sikap ilmiah antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kontekstual dan yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa guru-guru kimia hendaknya menerapkan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan penguasaan konsep koloid dan sikap ilmiah siswa. Kata-kata Kunci:model pembelajaran kontekstual, penguasaan konsep koloid, sikap ilmiah.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Redhana, I Wayan
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 46, No 1 (2013): April, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (95.671 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v46i1.1694

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis mahasiswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa RKBI Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Undiksha semester I tahun 2011 yang mengambil mata kuliah Pengantar Pendidikan yang berjumlah 19 orang. Objek penelitian adalah keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis mahasiswa. Hasil-hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan berpikir kritis mahasiswa. Mahasiswa sangat antusias mengikuti pembelajaran dan menyambut penerapan model pembelajaran ini dengan sangat baik. Kata-kata Kunci:model pembelajaran berbasis masalah, pemecahan masalah, berpikir kritis
Determinasi Latihan Kerja, Kompetensi Kewirausahaan, dan Bimbingan Karier terhadap Kesiapan Kerja Siswa Arnawa, I Ketut
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 46, No 1 (2013): April, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppundiksha.v46i1.1691

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinasi variabel: (1) latihan kerja, (2) kompetensi kewirausahaan, dan (3) bimbingan karier terhadap kesiapan kerja siswa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan ex-post facto melalui studi korelasional dengan anggota populasi 361 orang siswa SMK Negeri 3 Singaraja, pada kelompok teknologi dan rekayasa. Besar sampel adalah 180 orang siswa yang diambil secara proporsional pada setiap kompetensi keahlian. Data penelitian dikumpulkan melalui angket. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan kerja, kompetensi kewirausahaan, dan bimbingan karier memiliki determinasi yang tinggi terhadap kesiapan kerja siswa. Kata-kata Kunci:latihan kerja, kewirausahaan, bimbingan karier, kesiapan kerja
Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Bermuatan Peta Pikiran dan Gaya Kognitif terhadap Hasil Belajar Rati, Ni Wayan
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 46, No 1 (2013): April, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppundiksha.v46i1.1692

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kuantum bermuatan peta pikiran antara mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD) terhadap hasil belajar Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Alam I. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan post test only control group design dengan analisis data menggunakan ANAVA faktorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar antara kelompok mahasiswa yang diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kuantum bermuatan peta pikiran dan model pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar  yang signifikan antara kelompok mahasiswa yang memiliki gaya kognitif FI dan FD; (3) tidak ada interaksi secara signifikan antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil belajar konsep dasar IPA; (4) baik pada kelompok mahasiswa FI maupun FD, terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar antara menggunakan model pembelajaran kuantum bermuatan peta pikiran dan model pembelajaran konvensional. Kata-kata Kunci:gaya kognitif, hasil belajar, model pembelajaran kuantum
Kesulitan yang Ditemui Pendidik dalam Pembelajaran Musik melalui Kegiatan Menyanyi Yeni, Indra
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 46, No 1 (2013): April, 2013
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppundiksha.v46i1.1687

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesulitan-kesulitanyang ditemui pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran musik melalui kegiatan menyanyi dan mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk pemecahan masalah tersebut di TK Dharma wanita UNP kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis mengikuti metode yang dikembangkan oleh Milesdan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 4 kesulitan yangditemui dalam pembelajaran musik, yaitu: (1) minimnya perbendaharaanlagu pendidik; (2) kesulitan membuat anak fokus dan tertarik terhadapkegiatan menyanyi; (3) masih ditemukan pendidik dengan kemampuan musikal yang tidak memadai untuk mengajarkan musik; dan (4) pendidik kesulitan mengatur peserta didik. Upaya yang dilakukan meliputi: (1) rekrutmen pendidik khusus musik; (2) mengalokasikan waktu khusus untuk pembelajaran musik; (3) latihan merasakan elemen dasar musik; dan (4) usulan penambahan pendidik. Kata-kata Kunci: pembelajaran usia dini, pembelajaran musik, menyanyi

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol 55, No 1 (2022) Vol 55 No 1 (2022) Vol 54, No 3 (2021): OCTOBER 2021 Vol 54, No 2 (2021): JULY 2021 Vol 54, No 1 (2021): April 2021 Vol 54 No 3 (2021): OCTOBER 2021 Vol 54 No 2 (2021): JULY 2021 Vol 54 No 1 (2021): April 2021 Vol 53, No 3 (2020): OCTOBER 2020 Vol 53, No 2 (2020): JULY 2020 Vol 53, No 1 (2020): April 2020 Vol 53 No 3 (2020): OCTOBER 2020 Vol 53 No 2 (2020): JULY 2020 Vol 53 No 1 (2020): April 2020 Vol 52, No 3 (2019): OCTOBER 2019 Vol 52, No 2 (2019): JULY 2019 Vol 52, No 1 (2019): APRIL 2019 Vol 52 No 3 (2019): OCTOBER 2019 Vol 52 No 2 (2019): JULY 2019 Vol 52 No 1 (2019): APRIL 2019 Vol 51, No 3 (2018): October 2018 Vol 51, No 2 (2018): July 2018 Vol 51, No 1 (2018): April 2018 Vol 51 No 3 (2018): October 2018 Vol 51 No 2 (2018): July 2018 Vol 51 No 1 (2018): April 2018 Vol 50, No 3 (2017): October 2017 Vol 50, No 2 (2017): July 2017 Vol 50, No 1 (2017): April 2017 Vol 50 No 3 (2017): October 2017 Vol 50 No 2 (2017): July 2017 Vol 50 No 1 (2017): April 2017 Vol 49, No 3 (2016): Oktober 2016 Vol 49, No 2 (2016): Juli 2016 Vol 49, No 1 (2016): April, 2016 Vol 49 No 3 (2016): Oktober 2016 Vol 49 No 2 (2016): Juli 2016 Vol 49 No 1 (2016): April, 2016 Vol 48, No 1-3 (2015): April, 2015 Vol 48 No 1-3 (2015): April, 2015 Vol 47, No 2-3 (2014): Oktober, 2014 Vol 47, No 1 (2014): April, 2014 Vol 47 No 2-3 (2014): Oktober, 2014 Vol 47 No 1 (2014): April, 2014 Vol 46, No 3 (2013): Oktober, 2013 Vol 46, No 2 Juli (2013) Vol 46, No 1 (2013): April, 2013 Vol 46 No 3 (2013): Oktober, 2013 Vol 46 No 2 Juli (2013) Vol 46 No 1 (2013): April, 2013 Vol 45, No 3 (2012): Oktober, 2012 Vol 45, No 2 (2012): Juli, 2012 Vol 45, No 1 (2012): April, 2012 Vol 45 No 3 (2012): Oktober, 2012 Vol 45 No 2 (2012): Juli, 2012 Vol 45 No 1 (2012): April, 2012 Vol 44, No 1 (2011): April 2011 Vol 44 No 1 (2011): April 2011 Vol 43, No 3 (2010): Oktober 2010 Vol 43, No 2 (2010): Juli, 2010 Vol 43, No 1 (2010): April 2010 Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010 Vol 43 No 2 (2010): Juli, 2010 Vol 43 No 1 (2010): April 2010 Vol 42, No 3 Okt (2009) Vol 42, No 2 Jul (2009) Vol 42, No 1 Apr (2009) Vol 42 No 3 Okt (2009) Vol 42 No 2 Jul (2009) Vol 42 No 1 Apr (2009) Vol 41, No 4 (2008): Edisi Khusus 2008 Vol 41, No 1 (2008): April 2008 Vol 41 No 4 (2008): Edisi Khusus 2008 Vol 41 No 1 (2008): April 2008 More Issue