cover
Contact Name
Andes Fuady
Contact Email
andes@um-tapsel.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota padangsidimpuan,
Sumatera utara
INDONESIA
LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra
ISSN : 25413775     EISSN : 25489402     DOI : -
Core Subject : Education,
LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra berisi artikel-artikel ilmiah tentang bahasa, sastra, linguistik, dan hubungannya dengan pengajaran, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Artikel yang dimuat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan pembahasan kepustakaan.
Arjuna Subject : -
Articles 277 Documents
THE USE OF CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL)METHOD TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING MASTERY AT THE GRADE XI SMK NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN Happy Sri Rezeki Purba
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Lingustik Vol.1 N0.1 Juli-Desember 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.703 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v1i1.%p

Abstract

The researcher interviewed teacher of English about speaking mastery of students at the grade XI administration and teacher of English divide to into three category low quality were S and N, middle quality were DP and R and high quality were NN and NHL.After that the researcher observation six students to know their speaking mastery, the researcher gave some questions in English but students with low ability could not answered and just smile, then, students with middle ability could responded however combine English and Indonesian language and the last students with high ability could responded with English language.The researcher helped students to improve their speaking mastery using Contextual Teaching Learning (CTL) Method and used Cinderella text to know the result of this method especially about their pronunciation, grammar, intonation and vocabulary.
PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA TEKS BAHASA INGGRIS MELALUI PERMAINAN POSTCARD FROM JHON DI KELAS VII MTS.MUHAMMADIYAH 22 PADANGSIDIMPUAN KHAIRUNNISAH KHAIRUNNISAH
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 3, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.121 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v3i1.54-61

Abstract

Latar belakang penelitian ini, karena kurangnya kemampuan siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris. Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris dikarenakan metode ataupun strategi yang digunakan oleh guru masih monoton dengan cara menyuruh siswa membaca teks satu persatu. Hal ini membuat siswa merasa bosan dan juga tidak mengerti apa yang sudah mereka baca. Tujuan penelitian ini memperoleh gambaran tentang seberapa besar peningkatan siswa kelas VII MTS.Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan melalui permainan Postcard  from Jhon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dimana penelitian kualitatifnya berupa observasi serta data kuantitatifnya berupa hasil tes dengan cara mendeskripsikan, menganalisa, mengevaluasi dan merefleksikan sehingga didapatkan hasil penelitian yaitu adanya peningkatan kemampuan siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris, dengan perolehan nilai siswa dari rata-rata 55 menjadi 80. Kesimpulan akhir dari penelitian ini bahwa, tindakan perbaikan pembelajaran mengakibatkan kemampuan membaca teks Bahasa Inggris siswa kelas VII di MTS.Muhammadiyah 22 Padangsidimpuan sangat tinggi dan menyebabkan efektifitas pembelajaran di kelas VII tersebut sangat tinggi.
ANALISA DESAIN VISUAL DAN VERBAL KEMASAN PARFUM ESKULIN TERHADAP KETATNYA PERSAINGAN GLOBALISASI Wahyu Oktavia
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2017): LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.622 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v2i1.82-95

Abstract

Penelitian yang berjudul “Analisa Desain Visual dan Verbal Kemasan Parfum Eskulin terhadap Ketatnya Persaingan Globalisasi” bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah bentuk analisis desain visual dan verbal pada kemasan parfum eskulin dan pengaruh kemasan terhadap proses pembelian terkhusus di kalangan anak muda. Data ini diperoleh dan disusun menggunakan pendekatan studi literatur dan studi data dari jaringan elektronik yang dijadikan sumber informasi utama. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang data-datanya telah diperoleh, diklasifikasikan dan selanjutnya dianalisis, dan diperoleh suatu gambaran umum tentang data–data yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat produk merupakan sebuah bahasa yang diterjemahkan menjadi suatu elemen visual dan verbal yang dapat dirasakan oleh panca indra, sehingga konsumen mampu menangkap gambar visual atau verbal terhadap kata kunci yang di sampaikan oleh produk, sehingga mampu menarik daya beli konsumen pada saat persaingan globalisasi saat ini.Kata kunci: Desain, Kemasan, Parfum, Persaingan Globalisasi
PENGARUH PENGUASAAN DIKSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS GAYA BAHASA METAFORA DALAM WACANA SISWA KELAS XI SMA NEGERI I ANGKOLA BARAT Nur Afifah
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Lingustik Vol.1 N0.1 Juli-Desember 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.278 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v1i1.%p

Abstract

Pengaruh Psenguasaan Diksi terhadap Kemampuan Menganalisis Penggunaan  Gaya Bahasa dalam Wacana Narasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat. Masih banyak  siswa yang cenderung belum mampu menguasai diksi dengan tepat dan kurang  mampu menemukan gaya bahasa metafora yang terdapat dalam wacana narasi tersebut.                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana  pengaruh penguasaan diksi terhadap kemampuan menganalisis penggunaan gaya bahasa metafora dalam wacana siswa kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Angkola Barat  yang berjumlah 160 siswa . Dari populasi ini diambil sampel secara acak/random sebesar 25% yaitu sebanyak 40 siswa.Untuk menjaring kedua data digunakan instrument tes penguasaan diksi dan kemampuan menganalisis penggunaan gaya metafora dalam wacana narasi. Kedua tes objektif berbentuk pilihan berganda masing-masing sebanyak 25 soal. Untuk mengetahui hubungan kedua variabel Y digunakan rumus koefisien determinasi r2..                Simpulan dari hasil penelitian mennyatakan bahwa nilai rata-rata penguasaan diksi adalah 72 kriteria Baik (tuntas), kemampuan menganalisis penggunaan bahasa metafora dalam wacana narasi adalah 70,25, sisanya ,2% pengaruh dari faktor lain. Rendahnya kemampuan siswa ini boleh jadi disebabkan oleh penggunaan instrument tes yang tidak maksimal dan tidak terpantaunya keseriusan siswa menjawab tes sehingga boleh jadi siswa hanya menduga-duga jawabannya. atau mungkin ada kondisi lain siswa jarang berlatih tentang diksi dan gaya bahasa metafora atau memang tidak ada diajarkan oleh guru.
PEMEROLEHAN FONOLOGI ANAK USIA 6 TAHUN DENGAN RIWAYAT KEJANG DEMAM (Studi kualitatif pemerolehan fonologi pada Nazwa) Happy Sri Rezeki Purba
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 3, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.997 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v3i1.15-24

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemerolehan fonologi anak usia 6 tahunu dengan riwayat kejang demam melalui studi kualitatif. Peneliti mengumpul data dari percakapannya dengan Subjek penelitian (Nazwa) yang berlangsung selama kurang lebih enam bulan. Dalam penelitian ini didapatkan dua hasil penelitian yaitu: Pertama, Nazwa memperoleh 6 fonem vokal dan 18 fonem consonant, Kedua, Nazwa mengalami kesulitan dalam pemerolehan fonem konsonan velar [k,g] dan nasal [ɳ]. Penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang psikolinguistik dan memberikan informasi bagi siapa saja yang tertarik dengan pemerolehan fonologi. 
EFEKTIVITAS PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 SIBABANGUN TAHUN PELAJARAN 2010-2011 Fitri Agustina Lubis
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2017): LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.724 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v2i1.38-49

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauhmana peningkatan Aktivitas siswa terhadap pelajaran biologi, yang diujicobakan kepada kelas VIII1 sebanyak 40 orang  siswa SMP Negeri 1 Sibabangun pada pokok bahasan Sistem pencernaan pada manusia diperoleh 24 (60%) siswa tidak mencapai nilai tuntas dan hanya 16 (40%) orang siswa yang mencapai nilai tuntas dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) di SMP Negeri 1 Sibabangun yaitu 65. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen alat penyimpulan data yang digunakan adalah tes hasil aktivitas belajar  sistem pencernaan pada manusia yang berbentuk essay test sebanyak 12 butir soal dan observasi tentang aktivitas belajar siswa. Populasi berjumlah 80 orang. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas eksperimen sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode ceramah yaitu Kelas VIII-2 dengan jumlah masing-masing 40 orang siswa. Dari data analisis diperoleh beberapa temuan yaitu hasil tes aktivitas siswa pada materi siswa pencernaan pada manusia dengan pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) (X1) dengan nilai rata-rata sebesar 75,62 sedangkan hasil tes =aktvitas siswa dalam pembelajaran metode ceramah (X2) dengan nilai rata-rata sebesar 63,75.Simpulan yang diperoleh peneliti berdasarkan hasil pengamatan observasi aktivitas siswa diperoleh 80,4% dengan menggunakan  model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai thitung sebesar 5,15lebih besar dari ttabel sebesar 1,99 (5,15 > 1,99) maka Ho ditolak dan Ha diterima.  Artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan kooperatif tipe think pair share (TPS) atau lebih tinggi daripada dengan metode ceramah pada materi sistem pencernaan pada manusia di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sibabangun Tahun Pelajaran 2015-2016. Kata Kunci    :    Model Pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS), Aktivitas, Sistem Pencernaan Pada Manusia.
Descriptive Study on Students' Grammar Ability in Writing Recount Text Ayu Amelia Lihawa; Sri Widyarti Ali; Fahira Malabar
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Lingustik Vol.1 N0.1 Juli-Desember 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.073 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v1i1.%p

Abstract

The objective of this research is to identify the students’ grammar ability in writing recount text. The grammar is limited on the use of past tense, especially in using past verb. The Subjects of this research are the students in class X IPA 3 of SMA NEGERI 1 GORONTALO that consist of 20 students. The method of this research is qualitative method. The result of this research presents the students' correct verb in using past verb in recount text. As the result, the total of students’ correct verbs is 157 with percentage 61% and the total of students incorrect verbs are 101 with percentage 39%. Therefore, the percentage of students’ ability is 61% and can be classified into high level in intensity 61% - 80%. Hence, it is suggested that the school and teachers should provide the appropriate method or strategy which can support the learning process to improve students' motivation and interest in writing recount text.
ANALISIS PENDEKATAN RESEPSI SASTRA TERHADAP NOVEL “CHAIRIL TANJUNG SI ANAK SINGKONG Devinna Riskiana Aritonang
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 3, No 1 (2018): Januari - Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.785 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v3i1.62-73

Abstract

Judul penelitian ini adalah Analisis pendekatan resepsi sastra terhadap novel Chairil Tanjung  si anak singkong. Pendekatan resepsi itu adalah merupakan aliran sastra yang meneliti teks sastra dengan mempertimbangkan pembaca selaku pemberi sambutan atau tanggapan. Dalam memberikan sambutan dan tanggapan tentunya dipengaruhi oleh faktor ruang, waktu, dan golongan sosial. Setelah menganalisis novel Si anak singkong, dapatlah diketahui bahwa novel ini merupakan sebuah novel inspirasi atau motivator. Karena dengan membaca novel ini kita tergugah untuk mengubah keadaan dari yang susah menjadi sukses dengan cara semangat berkerja dan pantang menyerah. Novel ini sangat erat menggambarkan kehidupan sosial yang kental dengan nilai-nilai norma dan budaya yang masih menjujung kesetiaan, kehormatan, kasih sayang, dan tenggang rasa.
STUDENTS’ ERRORS IN ENGLISH MASTERY FOR AGRICULTURE STUDENT Syamsiah Depalina Siregar
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 2, No 1 (2017): LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (64.368 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v2i1.96-113

Abstract

Agriculture students need to be aware not only of their present and of future needs during the course of Agriculture English but also of difficulties and problems they possess concerning the knowledge of general English. The aim of the study was to collect and analyze students’ errors as markers that would point to the areas of English where additional teaching and instruction is needed in order to be able to participate in the course of agriculture English. The study was carried out in 2016 at the Faculty of Agriculture in UMTS included 150 first - year agriculture students. It relies on data obtained from grammar-based placement test and from conversations with the students. Although an intermediate level of general English is necessary for participating in the course of agriculture English, the results show that there are areas of language that present problems to the students and need to be particularly emphasized and practiced. Students’ errors and comments on their problems may serve as useful diagnostic markers. Using these data, along with information obtained in direct communication with the students, the teachers may develop a plan, which would help broaden the knowledge and enable the students to become more confident in professional communication in English. It is very important and useful to take advantage of the agriculture context because it presents a source of great motivation for the students. Key words: English for agriculture purposes, error analysis, context-based teaching
Error Analysis in using Personal Pronoun Mastery At the first semester of English Department Syamsiah Depalina Siregar
Linguistik : Jurnal Bahasa dan Sastra Vol 1, No 1 (2016): Jurnal Lingustik Vol.1 N0.1 Juli-Desember 2016
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.36 KB) | DOI: 10.31604/linguistik.v1i1.%p

Abstract

English Department students need to be aware not only of their present and of future, but also the difficulties and problems they possess concerning the knowledge of general English. Especially in using the one of part of speech, it is the foundation in mastering English. It called with pronoun. The aim of the study was to collect and analyze students’ errors as markers that would point to the areas of pronoun where additional teaching and instruction is needed in order to be able to participate in the course of grammar itself. The study was carried out in 2015 at the Faculty of teacher and training, English Department in UMTS included 38 first-year students. It relies on data obtained from grammar-based placement test and from conversations with the students. Although an intermediate level of general English is necessary for participating in the course of grammar, the results show that there are areas of language that present problems to the students and need to be particularly emphasized and practiced. Students’ errors and comments on their problems may serve as useful diagnostic markers. Using these data, along with information obtained in direct communication with the students, the lecturer may develop a plan, which would help broaden the knowledge and enable the students to become more confident in professional communication in English. It is very important and useful to take advantage of the agriculture context because it presents a source of great motivation for the students.

Page 1 of 28 | Total Record : 277