cover
Contact Name
Ali Daud Hasibuan
Contact Email
alidaudhasibuan@uinsu.ac.id
Phone
+6281370870259
Journal Mail Official
al-irsyadjpbk@uinsu.ac.id
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate, Kab. Deli Serdang, SUmatera Utara, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
ISSN : 20888341     EISSN : 26862859     DOI : -
Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance profession as a teacher based on the four competence of a teacher. They are pedagogic, personal, social, and professional. Besides that, Al-Irsyad is also emphasize to the integration of islamic values. Al-Irsyad is published two times in a year. There are January-June edition and July-December edition. The first edition of Al-Irsyad was Vol.1, No.1, January-June Edition on 2012, but was not yet have p-ISSN and e-ISSN. Then, in Vol.5, No. 1, January-June Edition on 2015 was published in print with p-ISSN: 2088-8341. Further, Vol. 10, No.1, January-June 2020 Edition on 2020 edition publish OJS with e-ISSN: 2686-2859.
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020" : 16 Documents clear
INTERNET ADDICTION DITINJAU DARI KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA SMA PAB 6 MEDAN Ayuni Syah Fitri
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i2.5801

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan sosial dan internet addiction. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara keterampilan sosial dengan internet addiction dengan asusmsi semakin tinggi keterampilan sosial, maka semakin rendah internet addiction dan sebaliknya semakin rendah keterampilan sosial, maka semakin tinggi internet addiction. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Persatuan Amal Bakti (PAB) 6 Helvetia Medan Sumatera Utara sebanyak 127 orang yang dipilih dengan metode disproportionate stratified random sampling. Hasil analisis data menunjukkan koefesien korelasi sebesar -0.535 dengan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan adanya hubungan negatif antara keterampilan sosial dengan internet addiction. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis penelitian ada hubungan negatif antara keterampilan sosial dan internet addiction, dapat diterima.
Asas-asas Tauhid pada Pelayanan Konseling Islami Hadis Purba
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i2.8272

Abstract

Abstract: Tauhid menjadi pilar kehidupan manusia untuk dapat menjalani kehidupan. Nilai-nilai tauhid hendaknya menjadi asas yang dianut oleh setiap manusia dalam bersikap dan bertindak dalam kehidupan. Termasuk kegiatan konseling sebagai layanan profesional yang dilakukan oleh seorang ahli hendaknya menganut nilai-nilai tauhid sebagai azas pelaksanaan kegiatan layanan yang dilakukan. Diantara nilai-nilai tauhid yang dpat dijadikan sebagai asas layanan konseling adalah,  kebahagiaan dunia akhirat, asas fitrah, asas lillahi taala, asas bimbingan seumur hidup, asas kesatuan jasmaniah-rohaniah, asas kemajuan individu, asas sosialitas manusia, asas kekhalifahan manusia, asas keselarasan dan keadilan, asas pembinaan akhlaqul karimah, asas kasih sayang, asas saling menghargai dan menghormati, asas musyawarah, asas keahlian. Kata Kunci: Tauhid, asas, konseling
Hubungan Penyesuaian Sosial Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Swasta Satria Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020 Tumiyem Tumiyem; Samsul Bahri; Ahmad Sukhrin
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i2.8414

Abstract

Abstrak:Tujuan untuk mengetahui hubungan penyesuaian sosial terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Swasta Satria Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Penelitian ini menggunakan sistem pre-tes dan pos-tes untuk mencari suatu hubungan antar variabelnya. Hasil analisis data menunjukkan prestasi belajar siswa masih rendah, hal ini dapat dilihat dari hasil pretes siswa yang memperoleh nilai rata-rata hanya sebesar 60,4. Setelah siswa diberikan penyuluhan dengan menerapkan metode penyesuaian sosial, prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil postes siswa sebesar 82,6. Dalam upaya peningkatan prestasi belajar siswa, siswa membutuhkan pemahaman tentang penyesuaian sosial. Karena para siswa telah menyadari pentingnya bersosialisasi dengan sesama agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Berdasarkan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hipotesis kerja (Ha) diterima, hal ini berarti bahwa terdapat hubungan antara penyesuaian sosial terhadap prestasi belajar Siswa Kelas X SMK Swasta Satria Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020, maka peneliti memberikan beberapa saran sebagai berikut: Kepada kepala sekolah agar dapat meningkatkan mutu sarana dan prasarana sekolah agar motivasi dan minat siswa menjadi lebih baik. Kepada guru bimbingan dan konseling (BK) agar dapat menerapkan metode maupun teknik dalam melakukan penyuluhan kepada siswa sesuai dengan kebutuhan siswa. Kepada siswa agar lebih meningkatkan minat dan prestasi belajarnya. Kepada peneliti yang akan datang agar dapat menentukan metode maupun teknik yang sesuai dengan minat dan motivasi siswa dalam belajar pada saat menghadapi situasi dan permasalahan yang sama dengan judul penelitian ini. Kata Kunci: Hubungan-Penyesuaian Sosial-Prestasi Belajar
Peranan Guru Agama Dalam Membina Kedisiplinan Siswa Disekolah Melalui Keteladanan Guru Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Padang Tualang Tahun Pelajaran 2019/2020 Hadi Widodo; Nurisnaini Heni; Muammar Toyyip Apif
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i2.8467

Abstract

Abstrak: Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peranan guru mata pelajaran agama  dalam membina kedisiplinan siswa di sekolah dan seberapa besar keberhasilan siswa menerapkan kedisiplinanya. Disiplin sekolah ditetapkan oleh kepala sekolah dan para staf dan guru yang mengajar untuk dijalankan dan ditaati atau dipatuhidan ditetapkan sebagai peraturan yang baku sampai pada waktu yang tidak terbatas. Disiplin belajar sekolah yang diterapkan berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah menerapkan disiplin belajar kepada siswa seperti belajar tepat waktunya, pulang belajar pada waktunya, berpakaian rapi dan seragam sesuai dengan pakaian dan waktu yang ditetapkan serta saling menghormati antara sesamea teman dan menghormati guru sebagai tenaga pendidik dan pengajar. Prilaku Guru yang memiliki kemauan, ketulusan/keikhlasan,serta kesungguhan dalam menjalankan tugas karena guru merupakan sosok orang yang  ditiru. Peranan seluruh keluaga sekolah sangat penting dalam meningkatkan kedisiplinan serta tenaga pengajar yang disiplin karena dapat meningkatkan kualitas sekolah dan kualitas pelajaran. Kata kunci: keteladanan guru, serta kedisiplin adalah keharusan.
Pengaruh Konsep Diri, Percaya Diri, dan Keterampilan Interaksi Sosial terhadap Prestasi Akademik Ali Daud Hasibuan
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i2.8468

Abstract

Abstrak: Mahasiswa memiliki peran sebagai agen perubahan dan generasi bangsa yang akan melanjutkan pembangunan nasional. Prestasi mahasiswa salah satu bukti keseriusan mempersiapkan diri menjadi pemimpin masa depan. Prestasi akademik prestasi akademik dipengaruhi oleh konsep diri, kepercayaan diri, dan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan melihat kontribusi konsep diri, kepercayaan diri, dan interaksi sosial terhadap prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional dengan desain analisis jalur untuk melihat korelasi antar variabel. Populasi penelitian berjumlah 854 orang. Sampel berjumlah 272 orang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan KHS mahasiswa. Data dianalisis dengan regresi ganda dan analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1)Total kontribusi variabel (X1) dan (X2) terhadap (Y) sebesar 0,239 atau 23,9%. 2) Total kontribusi variabel (X1), (X2), dan (Y) terhadap (Y) sebesar 0,306 atau 30,6%.  3) Kontribusi langsung variabel (X1) terhadap variabel (Y) sebesar 0,244 atau 24,4%. 4) kontribusi variabel (X2) terhadap variabel (Y) sebesar  0,328 atau 32,8%. 5) Kontribusi variabel konsep diri (X1) terhadap variabel (Z) sebesar  0,139 atau 13,9%. 6) Kontribusi variabel (X2) terhadap variabel (Z) sebesar 0,302 atau 30,2%. 7) Kontribusi variabel (Y) terhadap variabel (Z) sebesar 0,253 atau 25,3%. 8) Kontribusi variabel (X1) terhadap variabel (Z) melalui variabel (Y) sebesar 0,201 atau 20,1%. 9) Kontribusi variabel (X2) terhadap variabel (Z) melalui variabel (Y) sebesar 0,384 atau 38,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi akademik mahasiswa dipengaruhi oleh konsep diri, kepercayaan diri, dan interaksi sosial. Oleh karena itu, diharapkan pada semua pihak agar memperhatikan konsep diri, kepercayaan diri, dan interaksi sosial sebagai upaya meningkatkan prestasi akademik mahasiswa.Kata Kunci: konsep diri, kepercayaan diri, interaksi sosial, prestasi akademik
Reformulasi Visi, Misi dan Tujuan Sekolah Ahmad Calam; Ainul Marhamah; Ilham Nazaruddin
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i2.8526

Abstract

Abstract : Sekolah sebagai salah satu institusi pendidikan yang diberi tugas mewujudkan tujuan pendidikan, maka harus melakukan perannya dengan benar. Dalam menjalankan peran suatu institusi pendidikan, sekolah harus dikelola dengan baik untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang telah diformulasikan secara optimal. Manajemen sekolah yang tidak profesional dapat menghambat proses pendidikan dan dapat menghambat sekolah untuk sebagai lembaga pendidikan formal. Visi dan misi adalah elemen di sekolah, di mana visi dan misi ini digunakan untuk operasinya yang bergerak di jalur yang diamanatkan oleh kepentingan dan harapan untuk mencapai kondisi yang diinginkan di masa depan sebagai perwujudan dari Tujuan. Hasil analisis pada dasarnya; Pertama, penyusunan visi dan misi sekolah tidak perlu peninjauan mendalam dan melibatkan semua pemangku kepentingan sehingga apa yang kedua, visi dan misi sekolah mengandung banyak hal besar seperti mencapai sampai hal-hal kecil tapi sangat mendesak seperti anggaran tahunan, semua ini harus direncanakan sehingga dalam pelaksanaan identitas sekolah hanya dapat dilihat dengan membaca visi dan misi, Ketiga, Dalam rangka praktis visi dan misi tidaklah mudah meskipun semua pemangku kepentingan kepentingan yang terlibat tetapi masih sulit, oleh karena itu diperlukan pengawasan ketika kesulitan ini dan Keempat, Dalam mewujudkan sekolah yang memiliki kualitas baik perlu direncanakan dan Pengembangan. Perkenalan Lingkungan pendidikan yang sangat kompetitif saat ini akan berdampak pada tuntutan untuk selalu bangun keunggulan kompetitif, perbarui peta jalan organisasi secara berkesinambungan, penentuan langkah-langkah strategis di masa depan, penyebaran, sentralisasi kapabilitas dan komitmen seluruh staf dalam mewujudkan masa depan sekolah. Sekolah sebagai salah satu lembaga yang diberi tugas untuk mewujudkan tujuan pendidikan harus melakukan perannya dengan benar.Kata Kunci: Reformulasi, Visi Misi Tujuan, Sekolah.
Analisis Peran Pemerintah Daerah Menyangkut Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Yudi Umara; Mar&#039;atun Hasanah
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i2.8527

Abstract

Abstract : Adanya pandemi Covid-19 yang menyerang hampir seluruh negara didunia menimbulkan dampak yang cukup signifikan pada beberapa sektor terutama dunia pendidikan. Pada artikel ini mendeskripsikan peran pemerintah daerah menyangkut penyelenggaraan pembelajaran tatap muka. Adanya kebijakan pemerintah untuk menyelenggarakan pembelajaran pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Melalui keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tentang penyelenggaraan pembelajaran pada tahun pelajaran 2020/2021 dan tahun akademik 2020/2021 di masa pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19). melalui SKB tersebut pemerintah mengeluarkan kebijakan yakni pembelajaran tatap muka pada semester genap, dan pemberian izin pelaksanaan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan dilakukan oleh pemerintah daerah masing-masing. Kata Kunci: Peran Pemerintah, Protokol Covid-19, Pembelajaran Tatap Muka
Analisis Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Sebelum Menggunakan Modul Dengan yang Sesudah Menggunakan Modul Pokok Bahasan Integral Pada Siswa Kelas XII SMA Swasta Teladan Binjai Tahun Pembelajaran 2007/2008 Ronald Mahmud S
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i2.8528

Abstract

Abstract: Analisis perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan modul dengan yang sesudah menggunakan modul pokok bahasan integral pada siswa kelas II SMA Teladan Binjai tahun pembelajaran 2007/2008. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan modul dengan yang sesudah menggunakan modul pokok bahasan integral pada siswa kelas II SMA Teladan Binjai Tahun Pembelajaran 2007/2008. Untuk memperoleh data yang diperlukan pada penelitian ini digunakan test objektif yaitu  untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan modul dengan yang sesudah menggunakan modul. Dari hasil analisis data diperoleh skor rata-rata data siswa sebelum menggunakan modul yaitu 7,05 dengan simpangan bakunya 1,43. Rata-rata data siswa sesudah menggunakan modul 7.983 dengan simpangan bakunya 1,25. Hasil ini menunjukkan bahwa pengajaran dengan menggunakan modul pada penguasaan materi pokok bahasan integral kelas II SMA Teladan Binjai Tahun Pembelajaran 2007/2008. Dengan demikian, terdapat perbedaan rata-rata dengan persentase sebelum menggunakan modul 76,6 % dan yang sesudah menggunakan modul 93,3 % dengan kenaikan 16,7 %. Jadi, rata-rata data siswa menggunakan modul lebih tinggi 16,7 % dari pada rata-rata data siswa sebelum menggunakan modul.Keywords: Hasill belajar Matematika sebelum dan sesudah mengunakan modul
Analisis Self-Efficacy Siswa Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dewi Purnama Sari; Amran ,
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i2.8529

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis self-efficacy siswa setelah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa X-IPA2 SMAS muhammadiyah 8 kisaran sebanyak 34 orang dan objek penelitian ini adalah self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan angket self-efficacy. Analisis data menggunakan model Mile and Huberman. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy yang dimiliki siswa SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran setelah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, terdapat 9 siswa memiliki self-efficacy tinggi, 21 siswa memiliki self-efficacy sedang dan 4 siswa memiliki self-efficacy rendah. Secara keseluruhan self-efficacy yang dimiliki siswa sebesar 73.31% dengan kategori sedang, sehingga disimpulkan self-efficacy yang dimiliki siswa SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran setelah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw baik. Keywords: Self-Efficacy, Kooperatif Tipe Jigsaw
Profil Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Perempuan dalam Proses Perkuliahan Wira Solina; Citra Imelda Usman
Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling Vol 10, No 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/al-irsyad.v10i2.8535

Abstract

Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1). Komunikasi interpersonal mahasiswa perempuan yang bersifat transaksional. 2). Komunikasi interpersonal mahasiswa perempuan yang menyangkut isi pesan dan hubungan antar pribadi. 3). Komunikasi interpersonal mahasiswa perempuan yang adanya kedekatan antara pihak-pihak yang berkomunikasi. Penelitian ini termasuk pada penelitian deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi 351 orang. Teknik penarikan sampel yaitu simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 78 orang. Intrumen yang digunakan angket. Teknik analisis data secara deskriptif menggunakan persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1). Komunikasi interpersonal mahasiswa perempuan yang bersifat transaksional berada pada kategori cukup baik. 2). Komunikasi interpersonal mahasiswa perempuan yang menyangkut isi pesan dan hubungan antar pribadi berada pada kategori cukup baik. 3). Komunikasi interpersonal mahasiswa perempuan yang adanya kedekatan antara pihak-pihak yang berkomunikasi berada pada kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan secara umum komunikasi interpersonal mahasiswa perempuan berada pada kategori cukup baik. Keywords: Komunikasi, Interpersonal, Mahasiswa

Page 1 of 2 | Total Record : 16