cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
mfauziddin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
astutimasnur@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
ISSN : 26146754     EISSN : 26143097     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and parenting.
Arjuna Subject : -
Articles 101 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 3 (2019): December 2019" : 101 Documents clear
Transformasi Belajar dan Pembelajaran Menuju Abad XXI Ermilinda
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 3 No. 3 (2019): December 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan studi literatur yang dilatarbelakangi oleh pola belajar dan pembelajaran yang berkembang di lembaga-lembaga pendidikan masih relatif mengandalkan buku teks, lembar kerja siswa, dan ceramah atau diskusi yang tidak terstruktur, sedangkan aktivitas belajar terkesan DDDCH (datang, duduk, dengar, catat, dan hafl/hilang). Kondisi tersebut menganggu kesiapan siswa untuk mengikuti kegiatan belajar-mengajar dengan pengalaman dan pengetahuan yang sangat terbatas (priori knowledge). Selain itu proses belajar dan pembelajaran sebaiknya dikembangkan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang dapat mendorong proses belajar secara lebih cepat, dinamis, eksploratif, akseleratif dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan studi literatur yang bertujuan untuk mengetahui gambaran Transformasi Belajar dan Pembelajaran Menuju Abad XX. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan studi pustaka dari berbagai sumber tertulis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa transformasi belajar dan pembelajaran sangat dibutuhkan oleh setiap lembaga dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan harus terus diupayakan sebagai konsekuensi dari tuntutan belajar yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, gaya belajar, perkembangan teori belajar dan pembelajaran serta kebutuhan dan kecendrungan yang terjadi di masyarakat sebagai bagian perkembangan zaman.
Analisis Potensi Pakan Untuk Pengembangan Ternak Ruminansia di Kabupaten Kampar Novita, Maulina; Ramdani, Dedi; Rais, Harfina; Zaki, M; Habiyah, Umul; Jati, Putri Zulya; Hidayat, Rahmat; Martha, Reno
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 3 No. 3 (2019): December 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kabupaten Kampar termasuk kabupaten yang padat penduduk, dimana kepadatan penduduknya sebesar 75 jiwa/Km2. Untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Kabupaten Kampar, terutama kebutuhan protein hewani, diperlukan pengembangan peternakan yang tepat. Peternakan ruminansia merupakan salah satu sub sektor peternakan yang sangat potensial guna memenuhi kebutuhan asupan protein hewani. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis data yang diperoleh untuk melihat seberapa besar potensi pengembangan peternakan ternak ruminansia di Kabupaten Kampar, serta sejauh mana hijauan pakan ternak maupun sumber pakan lainnya yang terdapat di Kabupaten Kampar dapat menunjang pengembangan peternakan ternak ruminansia. Kabupaten Kampar memiliki populasi ternak ruminansia sebanyak 62.355 ST dengan potensi pakan sebesar 211.903.871 ton BK/tahun. Daya tampung ternak mencapai 63.826.467 ST sehingga mempunyai potensi pengembangan sebesar 63.764.132 ST. Nilai IDD di Kabupaten Kampar adalah 1.023,6 menandakan bahwa ada pada kriteria “Aman”. Melihat nilai IDD Kabupaten Kampar yang sangat besar, sangat memungkinkan dilakukannya pengembangan usaha ternak ruminansia berskala besar
Identifikasi produksi, kandungan Profil Asam Lemak dan Cojugated Linoleic Acid dengan Pola Pemberian Pakan yang Berbeda-Review Ramdani, Dedi; Martha, Reno; Novita, Maulina; Rais, Harfina; Jati, Putri Zulya; Zaki, M; Habiyah, Umul; Hidayat, Rahmat
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 3 No. 3 (2019): December 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan subsektor peternakan saat ini, menunjukan tren pertumbuhan yang sangat cerah dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi pertanian Indonesia. Konsumsi susu sapi di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan. Rata-rata konsumsi susu sapi di Indonesia meningkat 5% per tahun namun tidak diimbangi dengan produksi yang hanya meningkat 2%. Tujian penelitian ini Untuk mengetahui cara untuk dapat meningkatkan produksi dan kualitas susu didalam negeri. Metode penelitian ini adalah pengumpu dari beberapa artikel untuk dijadikan sebagai bahan penelitian review. Hasil dari penelitian ini adalah suplementasi dari berbagai bahan tanaman dapat meningkat kan produksi, kualitas asam lemak dan conjugated linoleic acids dapat di lihat pada tabel I dan pada tebel II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Mengidentifikasi produksi, kualitas dan kandungan profil asam lemak dan CLA susu sapi dengan pola pemberian pakan yang berbeda dapat dilakukan dengan berbagai cara diantarany melalui manipulasi pakan, pola pemeliharaan dengan sistem grazing, suplementasi garam Ca-CLA, Penggunaan serat hasil sampingan buah (fruit by product), melindungi asam lemak tak jenuh dari biohidrogenasi, dan infusi CLA pada Organ Pasca Rumen.
Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Siswa Smk 1 Beringin Medan Emilia, Esi; Ingtyas, Fatma Tresno; Agustina, Nanda Dwi; Hilda, Nuwairy; Siahaan, Riana Friska ,
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 3 No. 3 (2019): December 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi COVID-19 telah merubah kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan disekolah terpaksa dirumah secara dalam jaringan. Perubahan metode pembelajaran ini menimbulkan berbagai kesulitan yang dialami siswa dan guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui kesulitan-kesulitan belajar dalam pembelajaran daring pada siswa di SMK Negeri 1 Beringin selama masa pandemi Covid-19. Metode penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan bulan November 2020 – Januari 2021. Populasi adalah seluruh siswa dan guru yang mengajar kelas XI Tata Boga dengan total sampel sebanyak 64 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menghadapi beberapa kesulitan dalam pembelajaran daring. Kesulitan-kesulitan dapat dilihat dari aspek siswa, lingkungan dan fasilitas yang tersedia, serta proses pembelajaran. Rendahnya motivasi dalam pembelajaran daring, kendala teknis yang mempengaruhi signal, ketidak mampuan dalam pembelajaran online, interaksi yang minim selama proses pembelajaran sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi serta tugas yang tidak dimengerti dalam pembelajaran online
Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Statika dan Tegangan Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Medan Hutagaol, Parlaungan; Toruan, Fernando Jamian Fantri Lumban
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 3 No. 3 (2019): December 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hasil belajar merupakan output dari suatu pembelajaran. Banyak model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar. Ilmu statika dan tegangan merupakan salah satu mata pelajaran di SMK yang pada umumnya sulit dipahami oleh siswa. Salah satu model pembelajaran yang cocok untuk mata pelajaran ilmu statika dan tegangan adalah model pembelajaran Think Talk Write. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar ilmu statika dan tegangan melalui penerapan model pembelajaran TTW. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur tindakan dikemas dalam dua siklus yang masing- masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diambil dari instrumen tes hasil belajar siswa yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Uji validitas menggunakan rumus point biserial dengan mengacu apabila rpbis > rtabel pada taraf signifkan 5% maka butir soal valid. Sedangkan uji relibilitas digunakan rumus KR-20. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 75,65 dengan ketuntasan klasikal 79,41% meningkat pada siklus II menjadi 82,01 dengan ketuntasan klasikal 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Statika dan Tegangan siswa kelas X2 Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Medan. Dalam kegiatan belajar mengajar guru dapat menjadikan model pembelajaran Think Talk Write sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Makanan Kontinental Pada Siswa SMK Pencawan Medan Sulistiawikarsih, Sulistiawikarsih; Akmal, Nikmat; Hanu, La; Aritonang, Rohana; Silitonga, Monalisa
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 3 No. 3 (2019): December 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jptam.v3i3.1189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media gambar pada mata pelajaran pengetahuan makanan kontinental; (2) Mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media gambar pada mata pelajaran pengetahuan makanan kontinental; (3) Pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengetahuan makanan kontinental. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Pencawan Medan, penentuan kelas dilakukan secara Total Sampling sehingga sampel kelas terdiri dari dua kelas yaitu X-1 yang berjumlah 30 orang dan kelas X-2 yang berjumlah 30 orang. Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan distribusi frekuensi, uji kecenderungan, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan media gambar kategori cenderung tinggi dengan jumlah pesentase 93,33 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media gambar kategori cenderung cukup dengan jumlah persentase 53,33 persen. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal. Dengan nilai kelas yang menggunakan media gambar (Lo = 0,020 < Ltabel = 0,161), kelas yang tidak menggunakan media gambar (Lo = 0,004 < Ltabel = 0,161). Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu (4,87 > 1,59) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar terhadap hasil belajar pengetahuan makanan kontinental pada siswa SMK Pencawan Medan. Artinya dengan penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Pengetahuan Makanan Kontinental
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Syarwah, Resi Amelia; Fauziddin, Mohammad; Hidayat, Adityawarman
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 3 No. 3 (2019): December 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.586 KB) | DOI: 10.31004/jptam.v3i3.300

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena didasari oleh adanya masalah pada saat proses pembelajaran sehingga membuat siswa tidak tertarik untuk belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Subjek pada penelitian ini merupakan siswa kelas II A SD Negeri 194 Pekanbaru yang berjumlah 31 orang dengan objek penelitiannya adalah motivasi belajar siswa. Pada tahap pratindakan yang mana proses pembelajaran belum menggunakan media audio visual, terlihat dari motivasi belajar siswa yang masih tergolong rendah dengan persentase yang diperoleh 45%. Masuk pada siklus I yang mana proses pembelajaran sudah menggunakan media audio visual, perubahan terlihat sangat drastis ke arah yang lebih baik dengan memperoleh persentase 75% yang termasuk dalam kategori tinggi. Dilanjutkan pada siklus II grafik motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya yaitu dengan perolehan persentase sebesar 87,75% yang dikategorikan sangat tinggi. Dengan demikian, pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II A SD Negeri 194 Pekanbaru.
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF THINK PAIR SHARE Rezeki, Nura; Syahrial, Syahrial; Surya, Yenni Fitra
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 3 No. 3 (2019): December 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.467 KB) | DOI: 10.31004/jptam.v3i3.301

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi pantun di kelas V SDN TI 030 Batu Belah. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2019. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 26 orang, dengan jumlah siswa laki-laki 9 orang, dan siswa perempuan berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pantun di kelas V SDN TI 030 Batu Belah pada siklus I tergolong cukup dengan rata-rata 75. Selanjutnya dari 26 orang siswa hanya 16 orang yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 61,53%. Pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 81, dari 26 orang siswa terdapat 23 orang siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pantun pada siswa kelas V SDN TI 030 Batu Belah.
PENINGKATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) PADA PEMBELAJARAN EKONOMI Marniwati, Marniwati
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 3 No. 3 (2019): December 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.081 KB) | DOI: 10.31004/jptam.v3i3.311

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menjawab soal HOTS pada pelajaran Ekonomi Kelas X MIPA SMA Unggul Hidayatul Ilmi Kabupaten Aceh Selatan. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan SPPKB pada pembelajaran Ekonomi terhadap peningkatan keterampilan berpikir Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua pertemuan dan siklus kedua terdiri dari tiga pertemuan, dimana setiap siklus memiliki empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2018 dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas X MIPA yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil PTK ini menunjukkan bahwa hasil keterampilan HOTS peserta didik pada pelajaran Ekonomi di Kelas X MIPA SMA Unggul Hidayatul Ilmi pada siklus I tergolong cukup dengan rata-rata 69. Selanjutnya dari 20 peserta didik hanya 13 peserta didik yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 65%. Pada siklus II tergolong baik dengan rata-rata 76, dari 20 peserta didik terdapat 16 peserta didik yang tuntas dengan 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan SPPKB pada pembelajaran Ekonomi dapat meningkatkan keterampilan HOTS peserta didik kelas X MIPA SMA Unggul Hidayatul Ilmi Kabupaten Aceh Selatan.
PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG SIFAT BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTIK DENGAN MENGGUNAKAN CONTOH YANG RELEVAN Kani, A
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 3 No. 3 (2019): December 2019
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.587 KB) | DOI: 10.31004/jptam.v3i3.312

Abstract

Guru sebagai tenaga profesional dituntut untuk memiliki kompetensi paedagogi, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Upaya untuk menguasai keempat kompetensi itu melalui pendidikan formal hanyalah merupakan syarat mutlak bagi guru. Salah satu pilihan upaya yang bisa digunakan guru untuk melakukan continuous improvement adalah melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran realistik dengan menggunakan contoh yang relevan dengan pengalaman anak serta model bangun ruang dapat meningkatkan konsep pemahaman siswa tentang sifat bangun ruang. Berdasarkan data-data di atas temuan yang cukup menarik dari pembelajaran siklus I adalah rata-rata nilai siswa meningkat 32 % dibandingkan pembelajaran sebelumnya namun masih ada beberapa siswa yang belum mencapai nilai KKM (lihat nilai terendah). Apabila dikomparasi dengan hasil observasi rekan sejawat maka penyebabnya bukan pada model pendekatan pembelajaran dan alat peraga yang digunakan tetapi dari cara guru menjelaskan, latihan dan contoh yang kurang dan desain sistematika penyajian. Dengan kata lain teori belajar yang melandasi penggunaan pendekatan ini memang terbukti dapat meningkatkan keberhasilan siswa dalam pembelajaran

Page 1 of 11 | Total Record : 101