cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
mfauziddin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
astutimasnur@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
ISSN : 26146754     EISSN : 26143097     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and parenting.
Arjuna Subject : -
Articles 233 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020" : 233 Documents clear
Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar FPB dan KPK di Sekolah Dasar Safriadna, Mila; Ariani, Yetti
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar FPB dan KPK di kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian adalah nonequivalent control group design. Teknik sampel yang digunakan teknik cluster sampling dengan sampel siswa kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa di SDN 12 Gunung Tuleh. Data hasil belajar FPB dan KPK dikumpulkan dengan instrumen tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil perhitungan data penelitian yang digunakan adalah uji-t yang didahului dengan uji prasyarat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dinyatakan kelompok eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh thitung 5,084 sedangkan ttabel pada taraf signifikan ? 0,05 adalah 1,67155, sehingga thitung > ttabel.. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, d terbukti bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh positif terhadap hasil belajar FPB dan KPK di kelas IV SD Gugus II Kecamatan Gunung Tuleh, Pasaman Barat.
Pengembangan LKPD Kecepatan dan Debit Berbasis Lectora Inspire Terhadap Berpikir Kritis di Sekolah Dasar Lubis, Juli Wahyuni; Masniladevi, Masniladevi
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) kecepatan dan debit berbasis Lectora Inspire terhadap berpikir kritis di kelas V SDN 16 Guguak Tinggi yang valid dan praktis menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun tahapannya adalah Analysis, Design, Depelopment, Implementation, dan Evaluation. Subjek dari penelitian ini yaitu 2 orang ahli, 1 guru kelas V dan 28 peserta didik kelas V SDN 16 Guuak Tinggi. Instrumen yang digunakan antara lain lembar validasi ahli, angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) LKPD kecepatan dan debit berbasis Lectora Inspire terhadap berpikir kritis di kelas V SD dinyatakan valid digunakan oleh ahli materi dan ahli media dengan kategori sangat valid dengan penilaian rata-rata keseluruhan validator 4,3, (2) respon guru dan peserta didik terhadap LKPD kecepatan dan debit berbasis Lectora Inspire terhadap berpikir kritis di kelas V SD memperoleh kategori sangat praktis dengan nilai rata-rata 89,28% dan 91,46 %.
Hubungan Dukungan Sosial dengan Self-Efficacy pada Pengguna Narkoba yang Direhabilitasi di BNNP Sumatera Barat Rahma Amalia Putri; Free Dirga Dwatra
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dampak yang ditimbulkan oleh narkoba sangat besar sehingga dibutuhkannya upaya rehabilitasi pengguna narkoba. Dibutuhkan keyakinan pasien agar dapat menyelesaikan dan mengikuti proses rehabilitasi dengan sebaik mungkin. Keyakinan ini disebut dengan self-efficacy. Self-efficacy yang tinggi dibutuhkan oleh pasien agar berhasil dalam proses rehabilitasi dan dapat dengan segera beraktivitas di tengah masyarakat. Namun, pasien akan mengalami kesulitan apabila mereka merasa tidak mendapat dukungan. Dukungan sosial dapat berasal keluarga, teman sebaya, komunitas, ataupun dari pihak rehabilitasi. Dukungan sosial dapat membuat pasien rehab merasa dicintai, diterima dan dipedulikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dengan self-efficacy pada pengguna narkoba yang direhabilitasi di BNNP Sumatera Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 orang pengguna narkoba yang sedang direhabilitasi. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur peneliti sebelumnya yang menggunakan skala dukungan sosial dan skala self-efficacy. Hasil analisa menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan terhadap dukungan sosial dengan self-efficacy pada pengguna narkoba yang direhabilitasi di BNNP Sumatera Barat.
Perbedaan Self Esteem pada Atlet Disabilitas Yang Juara di Sumatera Barat Nurul Huda; Prima Aulia
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perbedaan self esteem pada atlet disablitas yang juara di Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan self-esteem pada atlet disabilitas yang juara ditinjau dari klasifikasi tunanetra, tunarungu, dan tunadaksa di Sumatera Barat. Desain penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif komparatif. Subjek penelitian berjumlah 20 orang yang diperoleh melalui teknik snowball sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala self-esteem yang disusun dari aspek Coopersmith (1967) yang terdiri dari 34 aitem dengan indeks daya diskriminasi dari rentang 0,301 sampai 0,795 dan nilai reliabilitas sebesar 0,910. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan teknik statistic one way anova (anava 1 jalur). Hasil penelitian diperoleh nilai p sebesar 0,278 (p < 0,05) artinya tidak terdapat perbedaan self-esteem pada atlet disabilitas yang juara ditinjau dari klasifikasi tunanetra, tunarungu, dan tunadaksa di Sumatera Barat.
Perilaku Prososial Remaja Ditinjau Dari Pendapatan Atau Penghasilan Orang Tua Di SMAN 1 Tanjung Mutiara Yulia Anisa; Rinaldi
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perilaku Prososial Remaja Ditinjau Dari Pendapatan Atau Penghasilan Orang Tua di SMA N 1 Tanjung Mutiara. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat perbedaan perilaku prososial remaja di tinjau dari pendapatan atau penghasilan orang tua di SMA N 1 Tanjung Mutiara. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 120 orang yang di peroleh melalui tekni purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala perilaku prososial dengan menggunakan analisis anava faktorial 1 jalur. Berdasarkan uji anova, didapatkan hasil sebesar F = 0,380 dengan nilai signifikan 0,685 (p>0.05). Hal ini membuktikan tidak terdapaT perbedaan signifikan terhadap perilaku prososial remaja di tinjau dari penghasilan atau pendapatan orang tua di SMA N 1 Tanjung Mutiara.
Hubungan Antara Kematangan Karier Dengan Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK N 1 Sawahlunto Lilis Firman; Rinaldi
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hubungan antara kematangan karier dengan minat berwirausaha pada siswa SMK N 1 Sawahlunto. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan kematangan karier dengan minat berwirausaha pada siswa SMK N 1 Sawahlunto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian terdiri dari siswa kelas XII SMK N 1 Sawahlunto. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik simple random sampling dengan mengambil subjek sebanyak 51 orang siswa kelas XII SMK N 1 Sawahlunto. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan skala kematangan karier dan skala minat berwirausaha. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0,690 dan nilai p = 0,000 (p < 0,01) menunjukan hubungan yang positif signifikan antara kematangan karier dengan minat berwirausaha pada siswa kelas XII SMK N 1 Sawahlunto.
Hubungan Locus Of Control Dengan Social Loafing Mahasiswa UNP pada Tugas Kelompok Wela Purwanalisia; Rinaldi
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Social loafing is an individual effort that tends to decrease when working in groups working alone. The research aims to see if there is locus of control with UNP students on group assignments. The population of students from semester three to semester five in all faculties at Padang State University. A sample of 100 people can be taken, using purposive sampling technique in sampling. With two scales that are used as measuring instruments in the study, namely the social loafing scale (18 items, resulting in ? = 0.946) and the locus of control scale (14 items resulting in ? = 0.844). Multiple regression analysis, the existence of negative and positive guarantees as well as significant internal locus of control and social loafing (rxy = -0,296 and p = 0,000) means that high internal control environment results in low social loafing. Meanwhile, the significance between external locus of control and social loafing (rxy = 0.602 and p = 0.000) means that high external locus of control results in high social loafing as well.
In House Training Meningkatkan Kompetensi Guru SMPN 5 Rakit Kulim Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Erman, Edi
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In House Training Meningkatkan Kompetensi Guru SMPN 5 Rakit Kulim Dalam Pembelajaran Jarak Jauh   Edi Erman SMP Negeri 5 Rakit Kulim, Indragiri Hulu, Riau Email: edierman06@gmail.com   Abstrak   Masalah yang dikemukakan dalam penelitian adalah rendahnya kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh yang sesuai standard proses pada masa mewabahnya Covid-19. Sedangkan tugas guru salah satunya adalah melaksanakan pembelajaran bermakna agar tercapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh melalui in house training pada Guru SMPN 5 Rakit Kulim Tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 kompetensi guru mencapai skor 76,75% dan siklus 2 mencapai skor 86 melebihi 85% mencapai indikator keberhasilan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa kompetensi melaksanakan pembelajaran jarak jauh dapat ditingkatkan melalui in house training pada guru SMPN 5 Rakit Kulim.
Penggunaan Model Pembelajaran Card Sort untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Bilangan Loncat Pada Siswa Kelas 1 SDN 001 Air Molek I Kecamatan Pasir Penyu Astorini, Endang
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SDN 001 Air Molek 1 pada Matematika dengan model pembelajaran Card Sort. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklusnya merupakanrangkaian kegiatan yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi Hasil dari penelitian yang diperoleh adalah adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa atau 30% dan 14 siswa atau 70% belum tuntas dengan rata-rata 65, 25. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau 65% dan 7 siswa atau 35% belum tuntas dengan rata-rata 81. Dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa atau 85% dan 3 siswa atau 15% belum tuntas dengan rata-rata 90. Nilai akhir hasil belajar siswa dari pra siklus hingga siklus II memberi bukti bahwa penggunaan model pembelajaran Card sord pada mata pelajaran matematika materi bilangan loncat 2, 3, dan 4 di kelas 1 SDN 001 Air Molek 1 mengalami peningkatan.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Instrumen Penilaian Kelas melalui Supervisi Klinis Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMAN 4 Tanah Putih Hariadi, Fajar
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya peningkatan guru dalam mengembangkan instrument penilaian kelas melalui supervisi klinis pada mata pelajaran B. Inggris di SMAN 4 Tanah Putih Subyek penelitian ini adalah guru-guru Bahasa Inggris di SMAN 4 Tanah Putih. Objek penelitianya adalah instrument penilaian kelas.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris dalam menyusun instrumen penilaian kurang sesuai dengan indikator yang ada pada RPP yang disusun oleh guru tersebut. Setelah diadakan pelatihan dan dilaksanakan supervisiklinis pada siklus I para guru dalam menyusun instrumen penilaian kelas sesuai dengan indikatornya dan dibuat kisi-kisinya. Pada siklus II, menunjukan kompetensi guru dalam menyusun instrumen penilaian, kinerja guru dan skor supervise klinis para guru jika dibandingkan dengan siklus I rata-ratanya meningkat secara signifikan. Untuk guru Nuraini, S.Pd. meningkat 12,60% yaitu dari 65,7 menjadi 74. Sedangkan guru Iftah Hayati, S.Pd. meningkat 12,06% yaitu dari 66,3 menjadi 74,3. Penyusunan instrument penilaian kelas diharapkan selalu ada pembimbingan dari instruktur, kepala sekolah dan pengawas sekolah secara berkesinambungan.

Page 1 of 24 | Total Record : 233