cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
mfauziddin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
astutimasnur@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
ISSN : 26146754     EISSN : 26143097     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and parenting.
Arjuna Subject : -
Articles 429 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2021): 2021" : 429 Documents clear
Strategi untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran pada Massa Pandemik Covid-19 di SDN 002 Kuok Kabupaten Kampar Riau Arsilawita, Arsilawita; Jamaris, Jamaris; Sufiyarma, Sufiyarma
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 2 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan tentang pendidikan kalau kita bicarakan tidak akan habis, selalu ada hal-hal yang menyebabkan permasalahan dalam pendidikan. Yang memiliki peran untuk memajukan dunia pendidikan berada ditangan guru. Guru memiliki peran sangat pundamental untuk memajukan pendidikan. Guru sebagai pelaku dalam bentuk proses pembelajaran, proses pembelajaran menyajikan sesuatu yang memberikan daya tarik peserta didik untuk ikut aktif. Guru dengan kualifikasi pendidikan keguruan dan memiliki kompetensi dalam mendidik menjadi pendukung menciptakan proses pembelajaran yang menyenagkan dan bermaknah bagi peserta didik. Guru menyajikan ide-ide kreatif menciptakan inovasi sehingga proses pembelajaran menarik, guru dalam proses pembelajaran belum mampu menyajikan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik, kebanyakan guru hanya mengajar dan memberikan apa yang ada, belum terlihat usaha yang dilakukan guru untuk mengesplor kemampuan yang dimiliki peserta didik dengan menyusun skenario pembelajaran dengan menyajikan ide-ide yang menarik, menyajikan sesuatu yang baru dengan menggunakan berbagai metode yang mendukung untuk melakukan pendekatan kepada peserta didik yang memiliki kemampuan dan gaya belajar yang berbeda. Berdasarkan data yang diperoleh yang lebih dominan guru jarang bahkan tidak pernah menyajikan ide-ide yang menarik dengan mengunakan metode yang bervasriasi dalam proses pembelajaran dengan persentasi 47,6% dan 52,4%, data yang diperoleh belum tercipta proses pembelajaran yang menyenagkan..
The Student’s Self-Assessemnt on Their English Language Learning at 5th grade in Madrasah Sumatera Thawalib Parabek Ramadhani, Putri Laila; Lismay , Lely
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 2 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena sebuah masalah yang ditemukan dalam pembelajran Bahasa Inggris. Fenomena menujukkan bahwa siswa belum pernah melakukan penilaian diri sendiri terhadap pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian telah dilaksanakan di Madrasah Sumatera Thawalib Parabek pada tingkat Sekolah Menengah Atas.Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kuantitatif dan kualitatif. Informan dalam pelitian ini adalah siswa kelas 5 Aliyah di Madrasah Sumatera ThawalibParabek. Peneliti menlakukan penelitian ini terhadap kelas lima Agama dua yang terdiri dari 33 orang siswa. Peneliti menggunakan angket sebagai media penelitian untuk mengetahui bagaimana siswa mengaplikasikan penilaian dirinya terhadap pembelajaran Bahasa Inggris.Dari hasil penelitian menujukkan bahwa siswa kelas 5 Aliyah ternyata mampu melakukan penilaian diri mereka sendiri terhadap pembelajaran Bahasa Inggris. Hasil penelitian menyatakan dengan menentukan tujuan mereka belajar bahasa Inggris siswa kelas 5 dapat mengukur sejauh mana kemampuan bahasa Inggris yang telah mereka pelajari. Siswa tersebut juga memiliki tujuan yang kuat untuk mempelajar iBahasa Inggris
Perkembangan Bahasa, Sosial dan Moral Anak Nasri, Yuris; Neviyarni, Neviyarni; Irdamurni, Irdamurni
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 2 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitiani ini bertujuan mengkaji perkembangan bahasa, emosi, dan sosial anak usia Sekolah Dasar. Jenis eksploras yang dipakai di penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan eksplorasi subjektif. Metode pengumpulan informasi dalam eksplorasi ini adalah studi dokumentasi, khususnya prosedur pengumpulan informasi dengan menyelidiki substansi laporan yang diidentifikasi dengan masalah yang sedang diteliti. Sumber data Pemeriksaan dilakukan dengan membandingkan dan menggabungkan arsip dengan menyusun hasil laporan yang efisien. Penemuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemajuan pesat anak-anak di usia sekolah dasar adalah bahasa, gairah, dan pergantian peristiwa sosial. Peningkatan ini bukanlah sesuatu yang sangat mirip dimulai dengan satu anak muda lalu ke anak berikutnya. Banyak komponen yang dapat mempengaruhi pergantian peristiwa ini, mengingat faktor iklim keluarga dan iklim sekolah. Dengan ditelaahnya perbaikan ini cenderung dimanfaatkan sebagai sumber perspektif bagi instruktur untuk melakukan pembelajaran di sekolah dan melihat permasalahan yangi terjadi di sekolah. Oleh karena itu, ini sangat mungkin menjadi jawaban bagi pendidik untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran dan kemajuan anak
Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir Selvia, Angeli
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 2 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri se-kecamatan Tempuling kabupaten Indragiri Hilir. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian adalah 55 orang guru SMP Negeri se kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Analisis data digunakan dengan korelasi pearson dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang positif signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan nilai sumbangan sebesar 51,4%, 2) terdapat pengaruh yang positif signifikan disiplin kerja terhadap kinerja guru dengan nilai sumbangan sebesar 38,7%, 3) terdapat pengaruh yang positif signifikan motivasi kerja dan disiplin kerja dengan nilai sumbangan 58,3%. Penelitian ini merekomendasikan kepada kepala sekolah agar meningkatkan kinerja guru melalui pembinaan dan pemberian contoh teladan tentang disiplin, selain itu kepala sekolah diharapkan terus memberikan motivasi dalam menjalankan tugasnya.
Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Metode Bermain Peran Penokohan Hewan Pada Anak Usia Dini Ovirianingsih, Tri; Kurnia, Rita; Zulkifli, Zulkifli
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 2 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan emosional anak usia 4-5 tahun di PAUD Cempaka Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. Metode penelitian ini adalah tindakan kelas. Subjek penelitian ini berjumlah 15 orang anak usia 4-5 tahun di PAUD Cempaka Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. Hasil penelitian ini adalah secara umum kecerdasan emosional anak usia 4-5 tahun di PAUD Cempaka termasuk kategori rendah. Artinya kecerdasan emosional anak-anak di PAUD Cempaka masih ada yang kurang bisa dalam menyadari diri sendiri dan mengelola emosinya sendiri, masih kurang dalam memiliki empati dan tidak bisa memotivasi diri serta belum berkembangnya kemampuan dalam menjalin hubungan. Penerapan metode bermain peran penokohan hewan dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak dikarenakan anak bisa menjalin hubungan sosial. Selain menyenangkan bagi anak, metode ini sangat membuat anak tertarik dalam mengembangkan kecerdasan emosional. Dalam pengujian hipotesis dapat dilihat peningkatannya yang diperoleh dari setiap siklusnya. Dimana peningkatan kecerdasan emosional yang diperoleh dari sebelum dilakukan tindakan ke siklus 1 sangat meningkat sebesar 49,64% sedangkan peningkatan kecerdasan emosional dari siklus I ke siklus II sebesar 50,35% dan secara keselurahan peningkatan kecerdasan emosional anak dari data awal ke siklus II sebesar 125,4%.
Peranan Orang Tua dalam Perkembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di RA Ash Shofa Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir Muliya, Eti; Hukmi, Hukmi; Kurnia, Rita
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 2 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan orang tua dalam perkembangan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di RA Ash Shofa Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dari anak kelas B di RA Ash Shofa Kecamatan Kubu. Sampel penelitian adalah orang tua dari 68 orang anak. Teknik pengumpulan data melalui angket. Hasil penelitian di atas adalah peranan orang tua dalam perkembangan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di RA Ash Shofa Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir diperoleh dengan nilai 5435 dengan rata-rata 76,12 %.
Pengaruh Media Spelling Words Box terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Permata Kasih Bunda Kabupaten Indragiri Hilir Simangunsong, Meylan; Febrialismanto, Febrialismanto; Novianti , Ria
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 2 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Spelling Words Box terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di TK Permata Kasih Bunda Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang berbentuk eksperimen dengan model penelitian one group pretest posttest design. Dengan jumlah populasi anak kelas B berjumlah 15 anak yang terdiri atas 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca permulaan terhadap anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Tes dijadikan sebagai teknik pengumpulan data, data yang didapat kemudian diolah menggunakan uji-t untuk melihat perbandingan pretest dan posttest. Dari hasil penelitian yang didapatkan nilai pretest lebih kecil dibandingkan dengan nilai posttest. Dan dengan nilai N-Gain berada dalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Spelling Words Box berpengaruh dalam kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun
Perbedaan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Laki-Laki dan Perempuan Usia 5-6 Tahun di TK Al-Munawarah Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti Bismawati, T; Kurnia, Rita; Puspitasari, Enda
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 2 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca permulaan anak laki-laki dan perempuan usia 5-6 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah komparatif kuantitatif. Populasi penelitian adalah anak usia 5-6 tahun yang sekolah di TK Al-Munawarah Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti, dengan sampel sebanyak 60 orang anak. Data analisis adalah data primer dan menggunakan angket. Hasil penelitian terdapat perbedaan signifikan, diperoleh nilai 0,000 < 0,05. Kesimpulannya adalah kemampuan membaca permulaan anak perempuan usia 5-6 tahun lebih baik dibandingkan anak laki-laki usia 5-6 tahun di TK Al-Munawarah kecamatan merbau kabupaten kepulauan meranti.
Profil Integritas Guru PAUD di Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru Jumiati, Sri; Chairilsyah, Daviq; Kurnia, Rita
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 2 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Profil Integritas Guru PAUD di Kecamatan Payung Sekaki di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru terdiri dari 65 subyek dari 16 lembaga PAUD, maka diperoleh kesimpulan bahwa guru PAUD di Kecamatan Payung Sekaki memiliki profil integritas yang cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian profil integritas guru PAUD di Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru secara keseluruhan memperoleh persentase 72,49% yang terdiri dari 13 indikator. Adapun setiap indikator memiliki persentase, yaitu indikator memiliki kejujuran akademik dengan persentase 77,21 %. Indikator terus belajar hingga menjadi profesional dengan persentase 74,42%, indikator mengembangkan SQ, EQ, dan IQ dengan persentase 75,92%. Indikator tepat waktu dan janji dengan persentase 75,38%, indikator konsisten dengan apa yang dikatakan dan dipikirkan dengan persentase 68,07%, indikator selalu refleksi tentang apa yang dibuat dengan persentase 66,28%, indikator saling terbuka dengan teman dengan persentase 73,84%, indikator membangun relasi dengan Tuhan dengan persentase 80,38%, indikator tidak melanggar kode etik dengan persentase 69,80%, indikator teladan dengan persentase77,56%. Indikator berani saling menegur dan mengungkapkan kesalahan dengan persentase 67,78% berada, indikator jujur antara guru dan anak didik dengan persentase 70%, dan indikator berani mengakui kesalahan dengan persentase 65,76%.
Menilik Perkembangan Generasi Berprestasi Silvia, Nova; Neviyarni, Neviyarni; Irdamurni, Irdamurni
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 5 No. 2 (2021): 2021
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kejayaan bangsa ini di tentukan oleh generasi yang beriman. Dengan ini pemimpin negeri selayaknya memberikan kesempatan untuk anak bangsa dalam mengkreasikan ilmu dengan merealisasikan ketaatan kepada pencipta serta membuka peluang seluas-luasnya untuk generasi harapan meraih cita-cita bangsa yang mulia. Karya ini membahas tentang pilar dalam membangun generasi emas yang akan menjaga kemerdekaan negeri ini ke depan. Metode dalam tulisan ini yaitu teknik penelitian pustaka. Sumber referensi dalam penulisan ini diambil dari buku-buku dan artikeli lmiah yang sudah diterbitkan. Manfaat dari penulisan ini yaitu, untuk mengetahui upaya dalam melahirkan generasi berprestasi.

Page 1 of 43 | Total Record : 429