cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
mfauziddin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
astutimasnur@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
ISSN : 26146754     EISSN : 26143097     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and parenting.
Arjuna Subject : -
Articles 738 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022" : 738 Documents clear
Optimalisasi Entrepreneurship Skills Melalui Simulasi Bisnis Delvia Safitri; Susi Lismen; Syams Murni Jaya; Kafyanti Nurmeli; Susi Evanita
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari sekolah menengah kejuruan yaitu mempersiapkan peserta didik masuk ke dunia kerja. Penelitian ini mempunyai tujuan mengoptimalisasi entrepreneurship skills dalampembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskritif kualitatif dengan sumber data dari beberapa informasi yang di peroleh dari wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumetasi langsung. Berdasarkan hasil temuan yang diperoleh Proses simulasi bisnis sebagai metode pengajaran berbasis praktik bukannya tanpa tantangan. Menggambar pada analisis pengiriman simulasi bisnis selama pembuatan produk berlangsung kepada siswa dari berbagai program dan tingkatan, tantangan terbesar telah diidentifikasi, berkontribusi pada pengiriman simulasi bisnis yang efektif, termasuk menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar, menetralkan efek kontribusi siswa yang tidak merata untuk bekerja dan mengkoordinasikan dinamika kelompok. Untuk memastikan keaslian lingkungan bisnis yang disimulasikan, pelaksanaan peran individu harus terkait erat dengan semua keputusan bisnis melalui komunikasi dan koordinasi pengambilan keputusan yang memadai, yang harus didasarkan pada teori terkait.
Perancangan Sistem Informasi Manajemen dan Ekstrakurikuler SMAN 1 Kota Solok Kyranty Putri Zuhroh; Resmi Darni
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ekstrakurikuler merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh sekolah untuk para siswa untuk mengasah kemampuan siswa dalam kegiatan pendidikan non akademik. SMAN 1 Kota Solok merupakan salah satu sekolah yang aktif mendukung para siswa dalam kegiatan pendidikan non akademik ini. Tujuan dari perancangan sistem informasi ini adalah untuk mempermudah dalam pengelolaan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Kota Solok. Metode yang digunakan dalam perancangan sistem informasi ini adalah metode prototype yang terdiri dari tiga tahapan diantaranya : (1) pengumpulan data, (2) membangun dan memperbaiki sistem, dan (3) uji coba dengan pelanggan. Perancangan sistem informasi ini menghasilkan sistem yang berupa website yang menggunakan framework laravel dan berfungsi dengan baik, dan menghasilkan efektivitas bagi pengguna dalam menjalankan proses pengelolaan data ekstrakurikuler SMAN 1 Kota Solok.
Study Literature Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kinerja Petugas Kesehatan di Puskesmas Dedek Safitri
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kinerja sangat diperlukan disetiap organisasi yang dilakukan oleh segenap sumber daya manusia. Berdasarkan Kementrian Kesehatan terkait Capaian kinerja Puskesmas ditahun 2018 silam negara Indonesia ini masih belum maksimal. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berafiliasi dengan kinerja petugas kesehatan di daerah kerja puskesmas yang terdapat di Indonesia. Jenis penelitian ini ialah literatur review yang dimana pengumpulan data penelitian ini diperoleh dan dikumpulkan dari penelusuran artikel penelitian ilmiah mulai rentang waktu 2018-2022 memakai data base Google Schoolar yaitu 10 jurnal nasional serta 1 skripsi pada penelitian lain yang sudah terdapat sebelumnya. Istilah yang dipergunakan pada pencarian literature review ini antara lain “Faktor-Faktor, Kinerja, Petugas Kesehatan, Motivasi, Puskesmas”. Kesimpulan yang bisa ditarik dari peneliti ialah ada beberapa faktor yang berhubungan dengan kinerja petugas kesehatan di puskesmas yang berada diseluruh Indonesia seperti faktor kemampuan, motivasi kerja, gaya kepemimpinan, dukungan dana, perilaku, kompensasi, beban kerja, serta disiplin kerja.
Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit: Literature Review Rayhan Layli
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan merupakan pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan yang sinkron dengan taraf kepuasan rata-rata penduduk serta penyelenggaraannya sinkron dengan standar dan kode etik profesi. Mutu pelayanan serta kepuasan pasien adalah dua hal paling krusial di dalam pelayanan rumah sakit. Literature review ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit. Jenis penelitian ini adalah penelitian literatur review, artikel jurnal yang digunakan didapatkan dari situs Sinta dan Google Scholar dengan artikel jurnal yang diterbitkan mulai dari tahun 2017-2022. Jumlah artikel jurnal sebanyak 8 artikel yang dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh mutu pelayanan kesehatan (asscurance, emphaty, responsiveness, tangible dan reliability) terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit. Dapat ditarik kesimpulan bahwa kepuasan adalah suatu taraf perasaan pasien yang muncul sebagai dampak dari kinerja layanan yang di perolehnya sesudah pasien membandingkannya menggunakan apa yang diharapkannya. Apabila pasien tidak puas terhadap pelayanan keperawatan yang diberikan, dia tidak akan mencari layanan itu atau menerimanya, walaupun layanan tersebut tersedia, praktis di dapat serta di jangkau.
Systematic Literature Review: Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan di Puskesmas Raihanis Anastasya
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepuasan pasien ialah komponen penting dari kualitas layanan puskesmas, karena merupakan penilaian yang baik dari banyak parameter layanan. Kepuasan pasien sangat ditentukan oleh penilaian pelanggan terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Sebuah studi literatur dilakukan untuk memastikan parameter yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat jalan dengan kualitas pelayanan kesehatan. Pendekatan yang dimanfaatkan yaitu systematic literature review (SLR) artikel jurnal nasional yang diambil dari database Google Scholar, dengan menggunakan kata kunci: kepuasan pasien, pelayanan rawat jalan, mutu pelayanan kesehatan, dan puskesmas. Dengan tahun penerbitan tidak lebih dari lima tahun yaitu dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2022 yang kemudian diteliti sesuai dengan kriteria inklusi peneliti. Temuan studi pustaka membuktikan bahwa beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat jalan terhadap mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas, antara lain dimensi bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati. Kesimpulan literature review ini adalah terdapat korelasi antara lima dimeensi kualitas pelayanan jasa terhadap persepsi pasien dengan kepuasan pasien rawat jalan dalam menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas.
Determinan Nilai Perusahaan : Efek Intervening Kinerja Keuangan Dian Wahyuni
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji determinan nilai perusahaan dengan kinerja keuangan sebagai variabel intervening.. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 14 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2014-2018 yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan purposive sampling. Dengan masa observasi selama 3 tahun maka sampel penelitian berjumlah 70 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur yang diolah menggunakan Statictical Packcage for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pengungkapan intellectual capital tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang artinya pengungkapan intelektual capital diperusahaan manufaktur sektor logam dan sejenisnya masih rendah dalam menyampaikan informasi terkait intelektual capital. Pengungkaan enterprise risk managemen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang artinya perusahaan dalam menyampaikan informasi terkait pengungkapan enterprise risk management masih sangat rendah. Pengungkapan intellectual capital tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui kinerja keuangan sebagai variabel intervening, yang artinya kinerja keuangan sebagai variabel intervening tidak dapat memediasi pengungkapan intellectual capital terhadap nilai perusahaan. Pengungkapan enterprise risk management tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan memlalui kinerja keuangan sebagai variabel intervening, yang artinya kinerja keuangan sebagai variabel intervening tidak dapat memediasi pengungkapan enterprise risk management terhadap nilai perusahaan. Kinerja keuangan berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang artinya semakin baik kinerja keuangan suatu perusahaan akan meningkatkan nilai perusahaan.
Strategi Reformasi Birokrasi Pendidikan Dan Kebijakan Kemendikbud Murjani Murjani; Huges Huges
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Melihat begitu kompleksnya permasalahan reformasi birokrasi pendidikan dan kebijakan kemendikbud terhadap mutu pendidikan, penting untuk segera dilakukan reformasi birokrasi pendidikan secara sungguh-sungguh melalui: peningkatan kapasitas sumber daya manusia, peningkatan kewenangan daerah untuk mengelola urusan pendidikan, dan memberikan kesempatan masing-masing satuan pendidikan untuk mengambil keputusan secara mandiri. Dengan cara ini, setidaknya kerancuan pandangan birokrat dimata publik dapat diminimalisir, kegiatan birokrasi pendidikan juga dapat berjalan secara efisien dan efektif. Strategi implementasi kebijakan dan peran birokrasi di bidang pendidikan dibutuhkan birokrasi pendidikan yang mampu beradaptasi dengan dinamika perubahan lingkungan dan memahami kebutuhan masyarakat yang dilayani. Kinerja birokrasi melalui responbilitas harus terus ditingkatkan untuk menciptakan pelayanan prima terutama merespon kepentingan publik. Lembaga pendidikan membutuhkan penghargaan dan perlakuan humanis ketimbang dijadikan sasaran ekploitasi dan kepentingan politis etis semata yang menegasikan tujuan utama dari pendidikan itu sendiri
Implementasi Evaluasi Program Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Swasta Sukaramai Ayu Rahmini Hia; Dika Triatmaja; Riza Fauzi; Siti Nur Aisah Solin
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Sukaramai, pelaksanaan program pendidikan dapat ditinjau dari berbagai sudut pandang. Sudut pandang tersebut di antaranya dari pemerintah selaku pembuat kebijakan, dari masyarakat sebagai pengguna, dari pendidik, misalnya ditinjau dari sisi efektivitas program, kebermanfaatan program, hasil dan dampak program, dan lain-lain. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Secara umum hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Evaluasi Program Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Sukaramai berjalan dengan baik, guru pendidikan agama sudah mampu mengembangkan silabus dan RPP secara mandiri sesuai dengan potensi peserta didik dan juga terbiasa meniru model yang sudah ada.
Meningkatkan Kinerja Individu dalam Melaksanakan Fungsi dan Tugas Hasni Julidawati; Nela Noviarti; Umi Kalsum; Sufyarma Marsidin; Nellitawati Nellitawati
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan suatu organisasi tergantung pada orang-orang yang mengelola sumber daya manusia suatu organisasi dengan baik. Oleh karena itu, menjalankan organisasi yang baik memerlukan pengelolaan yang tepat dari orang-orang yang mau bekerja dan dapat menindaklanjuti hal tersebut secara optimal untuk mencapai tujuannya. Hal ini terlihat dari kinerja pegawainya sehingga dapat melihat kemajuan organisasi. Kinerja pegawai memutuskan keberhasilan instansi dalam mencapai tujuan tertentu.
Stres Kerja Pegawai Monaliza Monaliza; M Aries Fiqri; Rudi Pranata; Nellitawati Nellitawati; Sufyarma Marsidin
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap organisasi tentunya memiliki sasaran yang harus dicapai, supaya tujuan dari organisasi dapat tercapai maka dibutuhkan SDM untuk melaksanakan kegiatan organisasi sehingga tujuan yang telah direncanakan sebelumnya dapat dicapai secara tepat dan optimal. Masing-masing pegawai yang bekerja pada suatu organisasi memiliki pekerjaan dan tanggung jawab yang telah ditetapkan pada kerja sama sebelumnya telah disepakati, sehingga faktor-faktor dan kendala yang dihadapi oleh pegawai akan berbeda pada setiap orangnya. Stres dalam bekerja biasanya dapat kita lihat dari banyaknya beban kerja pegawai yang melebihi batas standar beban kerja yang telah ditentukan, sehingga membuat pegawai tertekan dan merasakan rasa cemas yang berlebihan. Stres kerja cenderung dialami oleh pegawai pada saat menjalankan tugasnya yang tidak sesuai dengan yang diharapkan pegawai, stres kerja dapat berupa stres ringan sampai stres yang paling berat.

Page 1 of 74 | Total Record : 738