cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
mfauziddin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
astutimasnur@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
ISSN : 26146754     EISSN : 26143097     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and parenting.
Arjuna Subject : -
Articles 63 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 3 (2022): December 2022" : 63 Documents clear
Pendampingan Peningkatan Ketahanan Keluarga pada Masa Pandemi di Kapanewon Berbah Ane Permatasari; Atik Septi Winarsih; Bhakti Gusti Walinegoro
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengabdian masyarakat yang dilakukan di Kapanewon Berbah ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan ketahanan keluarga di Kapanewon Berbah. Kapanewon Berbah memiliki tiga permasalahan utama yang berkaitan dengan ketahanan keluarga, yaitu berkurangnya tingkat ketahanan keluarga akibat pandemi, tidak adanya kegiatan untuk mendorong pembangunan ketahanan keluarga setelah masa kritis pandemi, dan kurangnya produktivitas orang tua dalam melakukan inovasi dalam menghadapi pandemi. Untuk mengatasinya, program pengabdian ini dilaksanakan melalui sosialisasi pentingnya ketahanan keluarga, pelatihan untuk meningkatkan ketahanan keluarga, dan pembentukan program untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan keluarga. Hasil dari pengabdian ini yaitu terlaksananya sosialisasi dan pelatihan tentang pentingnya menjaga ketahanan keluarga dan terbentuknya program berkelanjutan berupa konseling permasalahan keluarga, serta rangkaian pelatihan untuk meningkatkan perekonomian keluarga.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan,”Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Saryadi Saryadi; Yasir Arafat; Destiniar Destiniar
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Sampel dalam penelitian ini 126 guru yang ditentukan menggunakan rumus Yamane. Hasil penelitian ini menyebutkan tidak ada pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi, disiplin kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini memberi kontribusi kepada Kepala Sekolah agar memperbaiki gaya kepemimpinan, memberi motivasi kepada guru serta bersama-sama menciptakan kedisiplinan kerja meskipun dalam penelitian ini tidak berpengaruh terhadap kinerja guru
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Bagian dan Pengawasan Pimpinan Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi Sugito Sugito; Deni Muharam
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan observasi diketahui bahwa produktivitas kerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi masih tergolong rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari fenomena antara lain : Masih ada pegawai yang belum memahami pekerjaannya, Masih ada pegawai yang belum memiliki kemampuan, Masih adanya pegawai yang malas, Misalnya datang terlambat, Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja pegawai tersebut, diantaranya adalah dengan pengawasan pimpinan dan kepemimpinan kepala bagian sehingga hal tersebut berakibat dapat memenuhi kebutuhan fisik dan psikis pegawai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dan jenis penelitiannya deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi, observasi, riset kepustakaan serta penyebaran angket kepada 41 responden. Persamaan regresi berganda diperoleh bahwa (1) Setiap kenaikan 1 skor variabel Kepemimpinan Kepala Bagian dapat meningkatkan 0,558 skor variabel Produktivitas kerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi, dengan asumsi variabel Pengawasan pimpinan konstan atau tetap. (2) Setiap kenaikan 1 skor variabel Pengawasan pimpinan dapat meningkatkan 0,480 skor variabel Produktivitas kerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi, dengan asumsi variabel Kepemimpinan Kepala Bagian konstant atau tetap. Pada Uji t menunjukkan bahwa faktor Kepemimpinan Kepala Bagian berpengaruh positif dan signifikan terhadap Produktivitas kerja pegawai, karena nila t hitung > t tabel yaitu 2,855 > 1,96. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya faktor Kepemimpinan Kepala Bagian dalam kaitannya dengan produktivitas kerja pegawai. Sebab itu, Semakin efektif kepemimpinan kepala bagian maka semakin tinggi produktivitas kerja pegawai dan Faktor Pengawasan pimpinan pegawai berpengaruh positif dan signifikan terhadap Produktivitas kerja pegawai karena nilai t hitung > t tabel yaitu 2,556 > 1,96. Kondisi ini menunjukkan bahwa pengawasan pimpinan merupakan faktor penting bagi perwujudan produktivitas kerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Bagian dan Pengawasan Pimpinan terhadap Produktivitas kerja pegawai pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Bagian dan Pengawasan Pimpinan terhadap Produktivitas kerja pegawai berdasarkan uji F atau pengujian secara simultan menunjukkan berpengaruh positif dan signifikan.
Manajemen Akreditasi Sekolah Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Afridoni Afridoni; Suntama Putra; Salfen Hasri; Sohiron Sohiron
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jptam.v6i3.4402

Abstract

Abstrak Permasalahan yang paling mendasar dalam satuan pendidikan adalah bagaimana peningkatan mutu dalam satuan pendidikan serta kendala dan hambatan yang dihadapi tersebut. Hal tersebut menjadi suatu keharusan dalam satuan pendidikan sebagai bentuk pertanggung jawaban satuan pendidikan dalam hal layanan mutu pendidikan kepada masyarakat. Maka, salah satu upaya pemerintah dan satuan pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan perlu adanya upaya atau langkah yang sesuai dengan standar pendidikan nasional. Metode penelitian pada artikel ini mennggunakan metode riset kepustakaan (Library Research) metode penelitian ini berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dokumentasi dan teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis kritis yang dimana analisis ini sifatnya kritis umumnya beranjak dari pandanggan atau nilai-nilai tertentu yang diyakini oleh peneliti terkait dalam permasalahan peningkatan mutu pendidikan yang melalui dokumen-dokumen yang berkaitan dengan permasalahan yang peneliti teliti. Hasil penelitian ini adalah akreditasi merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan pada satuan pendidikan. Dalam pelaksanaan akreditasi satuan pendidikan perlu memperhatikan manajemen akreditasi sekolah, faktor yang menjadi penghambat dalam akreditasi dan solusinya, tindak lanjut pasca akrteditasi dan langkah dalam mencapai akreditasi yang baik.
Hubungan Labelling terhadap Konsep Diri Siswa di SMK Negeri 1 Ampek Angkek Fifi Hariandika
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jptam.v6i3.4466

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang mendapatkan label yang diberikan oleh guru atau teman-teman di sekolah. Label adalah identitas yang diberikan lingkungan berdasarkan ciri atau prilaku yang ditampilkan dalam hubungan sosilnya. Siswa atau siswi yang melakukan penyimpangan awal (primer) atau prilaku yang pantas untuk dilabeli seperti bodoh, pemalas, rajin, pintar, cantik, atau jelek di sekolah yang secara tidak langsung menjelaskan identitas diri seseorang, sehingga berhubungan dengan konsep diri siswa tersebut sehingga siswa yang mendapatkan label ini secara tidak langsung mendorong pada kesesuaian dengan label ataupun mengalihkan dirinya sesuai label yang diterimanya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar satu variabel dengan variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X di SMK Negeri 1 Ampek Angek yang mendapatkan label yang berhubungan dengan konsep diri siswa tersebut. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 45 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert. Metode analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment yang mensyaratkan hipotesis diterima apabila r hitung lebih besar dari r tabel dengan bantuan (SPSS) versi 22.0. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa hasil signifikansi correlation diperoleh sebesar 0,00 yang berati lebih kecil dari alpha (0,05). Maka dapat dikatakan bahwa Ha diterima, hal ini juga dibuktikan dengan rhitung yaitu 0,694 besar dari rtabel yaitu 0,301 pada taraf signifikansi 0.05. Maka dapat dikatakan Ha diterima artinya ada hubungan labelling terhadap konsep diri siswa di SMK Negeri 1 Ampek Angkek.
Model Pengembangan Bahan Ajar Tasawuf Berbasis Internalisasi Nilai-Nilai Karakter di Pondok Pesantren MTI Pasia Hafiz Azhari; Darul Ilmi
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jptam.v6i3.4467

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah melihat tantangan yang dihadapi oleh pesantren saat ini baik eksternal maupun internal. Salah satu tantangan internal tersebut adalah perancangan dan penyusunan materi terhadap kebutuhan peseta didik. Materi yang tersusun belum menyentuh pada tingkatan internalisasi dan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari, hal ini terbukti dengan susunan materi tersebut baru menyentuh pada tingkatan tahap pengenalan nilai-nilai dan norma. Berdasarkan hal tersebut peneliti memfokuskan penelitian pada kajian tentang pengembangan bahan ajar tasawuf yang dikembangkan dengan menginternalisasikan nilai-nilai karakter ke dalam materi tasawuf tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas, praktikalitas dan efektifitas bahan ajar tasawuf yang telah dikembangkan melalui internalisasi nilai-nilai karakter yang terdapat pada bahan ajar yang di gunakan di pondok pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Pasia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian reseach and development (R&D) dengan model 4-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) pendefenisian (define), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (develop) dan (4) uji coba (disseminate). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah berupa bahan ajar tasawuf yang diinternalisasikan dengan nilai-nilai karakter. Produk yang dihasilkan dilakukan uji validasi, uji prkatikalitas dan uji efektifitas secara terstruktur dan bertahap. Bahan ajar tasawuf yang telah dikembangkan mempunyai validasi dengan nilai yang diperoleh dari rata-rata keseluruhan adalah 94,78% dan dinyatakan valid. Sedangkan uji praktikalitas dengan nilai yang diperoleh dari rata-rata keseluruhan adalah 88,55% dan dinyatakan sangat praktis. Adapun hasil uji efektifitas dair bahan ajar tassawuf yang telah dikembangkan dengan kategori sangat efektif dengan nilai regresi sebesar 13,10% dan memiliki pengaruh 88,20% terhadap peningkatan hasil belajar.
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 11-13: Kajian Tafsir Al-Azhar Karya Hamka Na’im Fadhilah; Deswalantri Deswalantri
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jptam.v6i3.4468

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta yang terjadi yaitu masih banyak ditemukan antar tetangga mempergunjingkan tetangganya bahkan anggota keluarganya sendiri. Bahkan masih ada orang yang membeda-bedakan dan kurangnya toleransi antar sesama di lingkungan tempat tinggal saya. Perilaku tersebut dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain bahkan dapat memutuskan tali silaturrahim di antara dua orang sehingga penulis ingin mengkaji tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 11-13 berdasarkan kajian tafsir Al-Azhar karya Hamka. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian library research (penelitian kepustakaan) yaitu suatu studi yang digunakan dalam mengumpulkan informasi dan data dengan bantuan berbagai macam material yang ada di perpustakaan seperti dokumen, buku, majalah, kisah-kisah sejarah, dan sebagainya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi yang merupakan teknik pengumpulan data yang didapat dari sumber primer yaitu tafsir Al-Azhar karya Hamka dan sekunder yang merupakan sumber data tambahan yang menunjang data pokok. Sedangkan teknis analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis isi yang diambil dari sumber primer dan sumber sekunder. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Al-qur’an surat Al-Hujurat ayat 11-13 dalam kajian tafsir Al-Azhar karya Hamka yaitu pada ayat 11 surat Al-Hujurat ini terdapat beberapa nilai pendidikan karakter yaitu larangan memperolok-olok, mengejek, menghina, bahkan merendahan diri orang lain, dan selain itu dalam ayat ini juga terdapat perintah untuk bertobat. Pada ayat 12 surat Al-Hujurat ini nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya masih bersifat larangan yaitu larangan berprasangka, mencari-cari kesalahan dan mempergunjingkan (ghibah). Kemudian, pada ayat 13 surat Al-Hujurat ini terdapat nilai pendidikan karakter yaitu at-taaruf (saling kenal-mengenal), ukhuwah, dan juga terdapat nilai pendidikan karakter yaitu sikap toleransi.
Tingkat Kedisiplinan Anak yang Mengikuti Pramuka dengan yang Tidak Mengikuti Pramuka di SMA Negeri 3 Batanghari Ridho Sapirman; Akmal Sutja; Freddi Sarman
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jptam.v6i3.4469

Abstract

Disiplin merupakan sikap mental mengandung kerelaan untuk mematuhi semua ketentuan-ketentuan, peraturan-peraturan dan norma-norma yang berlaku dalam menunaikan tugas dan tangung jawab. Disiplin dengan melalui latihan siswa dapat mengatur dirinya sendiri dengan pelajaran yang diperolehnya. Jenis penelitian ini adalah jenis deskriptif karena penelitian ini bertujuan menjelaskan peristiwa atau kejadian yang ada pada masa sekarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 3 Batanghari yang berjumlah adalah 110 orang. Dengan sampel sebanyak 70 orang melalui tehnik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui angket dengan skala dikhotomis dan diolah dengan rumus persentase. Hasil (1) tingkat kedisiplinan anak yang mengikuti pramuka di SMA Negeri 3 Batanghari berada pada tingkat tinggi (81%) artinya tingkat kedisiplinan anak yang mengikuti pramuka dengan disiplin tingkat tinggi dan (2) Tingkat kedisiplinan anak yang tidak mengikuti pramuka di SMA Negeri 3 Batanghari berada pada tingkat sedang (59%) artinya tingkat kedisiplinan anak yang tidak mengikuti pramuka dengan disiplin tingkat sedang.
Implementasi Budaya Organisasi di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus di SMP Al Washliyah 42 Berastagi) Sintiya Anggraini; Dian Fahmi; Anggita Sakinah; Hasmar Sulaiman; Irgi Fahreza
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jptam.v6i3.4470

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana implementasi budaya organisasi dimana pada dasarnya budaya organisasi memiliki pengaruh agar organisasi lebih efektif dan memiliki ciri khas yang menonjol, penerapan budaya organisasi di suatu lembaga atau sekolah tidak berbeda jauh dengan organisasi lainnya, adanya sebuah lembaga atau sekolah ialah sebagai organisasi pendidikan pastinya memiliki tujuan dan fungsi untuk mencerdaskan, mewariskan nilai budaya kepada anak didiknya, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dimana Penelitian kualitatif mengkaji perspektif partisipan dengan strategi-strategi yang bersifat interaktif dan fleksibel. Penelitian kualitatif ditujukan untuk memahami fenomena-fenomena sosial dari sudut pandang partisipan menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data. Dan dapat dilihat bahwa implementasi budaya organisasi di SMP Al Washliyah 42 Berastagi seperti organisasi pada umumnya yaitu dengan lama belajar 3 tahun. Materi pelajaran 70% ilmu umum dan 30% ilmu agama akan tetapi sekolah ini memiliki sistem yang tersentral pada pengurus pusat seperti adanya ispeksi setiap enam bulan sekali oleh petugas alwashliyah itu sendiri.
Konsep Evaluasi Program Supervisi Pendidikan di MTs Al-Khairiyah Anisah Anisah; Maulina Sari; Nabillah Ulfiah Nasution; Muhammad Syaukani Siraj; Rahmat Efendi; Wardani Wardani
Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 3 (2022): December 2022
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jptam.v6i3.4471

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep evaluasi program supervisi pendidikan di MTS Al-Khairiyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan proses wawancara dan dokumentasi. hasil penelitian yaitu adanya penyelenggaraan rapat sebulan sekali untuk membahas perkembangan guru dan siswa disekolah, evaluasi tentang perkembanagan mereka. Anderson memandang evaluasi sebagai sebuah proses menentukan hasil yang telah dicapai beberapa kegiatan yang dirancang untuk mendukung tercapainya tujuan.