cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Jurusan Pendidikan Teknik Elektro
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 184 Documents
PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN KELISTRIKAN SMPN 6 SINGARAJA Yasa, Gede Sudarma; Arsa, Putu Suka; Adiarta, Agus
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v8i1.20206

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Keterampilan Kelistrikan melalui penerapan metode kooperatif tipe group investigation pada siswa kelas IX B1 SMP Negeri 6 Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX B1 SMP Negeri 6 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015, sebanyak 30 siswa yang terdiri atas 16 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data kongnitif adalah tes hasil belajar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, dari siklus I dengan rata-rata hasil belajar sebesar 70,33 dengan ketuntasan klasikal sebesar 50%, terjadi peningkatan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,66 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86,66%. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena semua kriteria yang ditentukan telah terpenuhi. Hal ini menandakan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan kelistrikan kelas IX B1 SMP Negeri 6 Singaraja tahun ajaran 2014/2015.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF 5 PROJECTS FOR BEGINNER BERBASIS LECTORA INSPIRE 17 PADA MATA PELAJARAN DASAR ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA Antara, Dias Juli; Adiarta, Agus; Santiyadnya, Nyoman
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v7i2.20221

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) membuat desain media pembelajaran interaktif, 2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif, 3) mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Reseach and Development (R&D). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh beberapa hasil yaitu: (1) hasil akhir dari media pembelajaran interaktif 5 Projects for Beginner berbasis Lectora Inspire 17 pada mata pelajaran Dasar Elektronika di SMK Negeri 3 Singaraja berupa CD interaktif, (2) hasil dari uji ahli mendapatkan hasil persentase untuk ahli media 97,64% pada kualifikasi sangat layak dan hasil persentase untuk ahli materi 96,92% kualifikasi sangat layak, (3) respon siswa mendapatkan hasil persentase untuk uji kelompok kecil 88,50% pada kualifikasi baik dan hasil persentase uji kelompok besar 91,02% pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil yang didapatkan, maka Media Pembelajaran Interaktif 5 Projects for beginner Berbasis Lectora Inspire 17 Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Negeri 3 Singaraja, layak digunakan sebagai media pembelajaran.
PENERAPAN INQUIRING MINDS WANT TO KNOW DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X KELAS X TKJ II DI SMK N 2 SERIRIT PADA TAHUN AJARAN 2018/2019 Widana, I Nyoman Ardika; Santiyadnya, Nyoman; Adiarta, Agus
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v8i2.20872

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dengan penerapan Inquiring Minds Wont To Know Dalam Pembelajaran Kontekstual. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X TKJ II SMK Negeri 2 Seririt, dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan tindakan. Data yang diambil dalam penelitian ini mencakup data tentang hasil belajar siswa dari tiga ranah, yaitu afektif, kognitif dan psikomotor dalam pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Berdasarkan hasil tes siswa yang berjumah 28 siswa pada siklus I, diperoleh  hasil belajar dengan rerata nilai 75,43 dan dengan siswa yang tuntas sebanyak 20 orang dan siswa yang belum tuntas sebanyak 8 orang. Rata-rata hasil belajar siklus II, diperoleh  hasil belajar dengan rerata nilai 78,92 dan dengan siswa yang tuntas sebanyak 25 orang dan siswa yang belum tuntas sebanyak 3 orang. Terjadi peningkatan pula pada ketuntasan klasikal dari 71,42% pada siklus I menjadi 89,28% pada siklus II.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ELECTRONIC BOOK (E-BOOK) INTERAKTIF MULTIMEDIA DALAM MATA PELAJARAN TEKNIK ANIMASI 3D DAN TEKNIK ANIMASI 2D DI JURUSAN MULTIMEDIA SMK NEGERI 3 SINGARAJA Sanuaka, Adi Ambara; Ariawan, Ketut Udy; Sutaya, Wayan
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v6i1.20226

Abstract

BSE atau Buku Sekolah Elektronik merupakan buku digital yang digunakan di berbagai sekolah. Namun terdapat kelemahan dari buku sekolah elektronik ini yaitu belum adanya konten video yang disisipi, baik video tutorial maupun video ilustrasi serta tampilan dari buku sekolah elektronik ini masih menggunakan efek scroll. Sehingga perlu adanya video untuk merangsang siswa dalam belajar serta memberikan efek berupa flip untuk menarik tampilan dari buku digital atau sering disebut E-Book. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran electronic book (e-book) interaktif multimedia dalam mata pelajaran Teknik Animasi 3D dan Teknik Animasi 2D di Jurusan Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development dalam bidang pendidikan. E-book yang dikembangkan sesuai dengan mata pelajaran yang berada di Jurusan Multimedia yaitu Animasi 2 Dimensi dan Animasi 3 Dimensi. Tampilan e-book didesain tampak nyata atau 3D dengan menambahkan efek flip serta di dalam materi e-book disisipi konten multimedia berupa gambar dan video baik video tutorial maupun video ilustrasi sebagai pendukung interaktifnya e-book yang dikembangkan. Dengan menggunakan beberapa bantuan software, hasil yang diperoleh dari mengembangkan e-book interaktif multimedia terdapat perubahan penyajian dalam bentuk flip. Secara materi dilakukan dengan pendekatan nyata dalam bentuk video, baik video tutorial maupun video ilustrasi. Hasil uji validasi dari validator dengan menggunakan angket menyatakan media pembelajaran e-book interaktif multimedia dalam mata pelajaran Teknik Animasi 3D dan Teknik Animasi 2D sesuai dengan konsep pada materi yang terdapat dimasing-masing mata pelajaran.
PENERAPAN MODEL SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK PADA SISWA KELAS X TIPTL 3 SMK NEGERI 3 SINGARAJA Surawan, Ketut; Nurhayata, Gede; Sutaya, Wayan
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v7i3.20860

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Self Regulated Learning (SRL). Adapun subyek penelitian adalah siswa kelas X TIPTL 3 di SMK Negeri 3 Singaraja. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes pilihan ganda. Hasil observasi awal sebelum dilakukannya tindakan ialah ketuntasan klasikalnya 20,59%, daya serap 48,24%, dan rata-rata klasikalnya 48,24. Setelah menerapkan model pembelajaran SRL, hasil belajar mengalami perbaikan yang signifikan, pada siklus 1 hasil belajar ranah afektif siswa rata-rata klasikalnya 41,18% menjadi 88,24 pada siklus II, pada ranah psikomotor rata-rata klasikal siklus I 61,76% menjadi 100% pada siklus II, dan pada ranah kognitif siklus I rata – rata klasikal 71,18, daya serap 71,18%%, dan ketuntasan klasikal 55,88% dan meningkat pada siklus II yaitu rata – rata klasikal 80,59%, daya serap 80,59%, dan ketuntasan klasikal 94,12%. Persentase peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu pada ranah afektif 47,06%, ranah psikomotor 38,24%, ranah kognitif 38,24%, dan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari observasi awal ke siklus II 32,35. Jadi penerapan model Self Regulated Learning pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik ini berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TIPTL 3 SMK Negeri 3 Singaraja.
PENGARUH MEDIA PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMAN 4 SINGARAJA Palguna, Diva; Adiarta, Agus; Indrawan, Gede
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v6i1.20228

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media Prezi terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMA N 4 Singaraja. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan Post-test Only Control Group Design. Objek penelitian terdiri dari 1 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Metode pemilihan objek penelitian dengan teknik random sampling. Kelas sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 6 sebagai kelas kontrol. Untuk menguji hipotesis digunakan teknik Uji-t satu pihak. Hasil penelitian dengan menggunakan Uji-t satu pihak menunjukkan bahwa perbandingan hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Prezi lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan media pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari hasil Uji-t satu pihak dengan thitung = 7,015 lebih besar dari ttabel = 1,672. Jadi media pembelajaran Prezi memberikan pengaruh yang positif pada hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan.
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X-TIPTL 3, SMKN 3 SINGARAJA Fiktoyana, I Nyoman Haris; Arsa, Putu Suka; Adiarta, Agus
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v7i3.20858

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Project Based Learning mampu untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-TIPTL 3, SMKN 3 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa yang keseluruhan berjenis kelamin laki-laki. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes dan observasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan empat tahap, antara lain: tahap perencanaan awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi/evaluasi dan refleksi. Adapun hasil penelitian ini adalah: terjadinya peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dari 67,20 pada refleksi awal menjadi 74,27 pada siklus I (terjadi peningkatan sebesar 10,07), dan meningkat menjadi 79,22 pada siklus II (terjadi peningkatan sebesar 4,95 dari hasil siklus I). Selain itu, juga terjadi peningkatan ketuntasan klasikal, dari 26,47% (9 orang dari 34 siswa) pada refleksi awal menjadi 44,11% (22 orang dari 34 siswa) pada siklus I (terjadi peningkatan sebesar 17,64%) dan meningkat  menjadi 97.06% (33 orang dari 34 siswa) pada siklus II (terjadi peningkatan sebesar 52.95%). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-TIPTL 3, SMKN 3 Singaraja.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF AUTOPLAY DALAM MATERI MENERAPKAN ELEKTRONIKA DASAR PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI SMK NEGERI 1 TEJAKULA Krisnayudha, Made Resa; Adiarta, Agus; Santiyadnya, Nyoman
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v8i1.20205

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) membuat media pembelajaran berbasis multimedia interaktif autoplay dalam materi menerapkan elektronika dasar pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Tejakula, 2) untuk mengetahui tingkat kelayakan terhadap media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Autoplay dalam materi Menerapkan Elektronika Dasar pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 1 Tejakula, 3) untuk mengetahui respon siswa terhadap Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Autoplay dalam materi Menerapkan Elektronika Dasar pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 1 Tejakula. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau lebih dikenal dengan Research and Development. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh beberapa hasil yaitu: (1) hasil akhir dari media pembelajaran berbasis multimedia interaktif autoplay dalam materi menerapkan elektronika dasar pada mata pelajaran sistem komputer di SMK Negeri 1 Tejakula berupa CD interaktif, (2) hasil dari uji ahli mendapatkan hasil persentase untuk ahli materi 86,15% pada kualifikasi sangat layak dan, hasil persentase untuk ahli media 97,78% kualifikasi sangat layak, (3) respons siswa mendapatkan hasil persentase untuk uji kelompok kecil 87,47% pada kualifikasi sangat baik, dan hasil persentase uji kelompok besar 88,11% pada kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil yang didapatkan, maka Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Autoplay dalam Materi Menerapkan Elektronika Dasar pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK Negeri 1 Tejakuka, layak digunakan sebagai media pembelajaran.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PEMASANGAN INSTALASI LISTRIK DAN VIDEO TUTORIAL INSTALASI LISTRIK DALAM MATA KULIAH DASAR-DASAR INSTALASI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNDIKSHA Sanjaya, Hendra; Adiarta, Agus; Santiyadnya, Nyoman
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v7i2.20220

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) membuat media pembelajaran instalasi listrik dan video tutorial pemasangan instalasi listrik di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, 2) untuk mengetahui tingkat kelayakan terhadap media pembelajaran instalasi listrik, 3) untuk mengetahui respon mahasiswa setelah menggunakan media pembelajaran instalasi listrik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development). Hasil uji validasi ahli materi memperoleh hasil 100% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji validasi ahli media memperoleh hasil 99,31% dengan kualifikasi sangat layak, hasil uji kelompok kecil memperoleh hasil 88,60% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil uji kelompok besar memperoleh hasil 96,40% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran instalasi listrik layak digunakan dalam melakukan proses pembelajaran pada mata kuliah Dasar-dasar Instalasi pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Undiksha.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERAKITAN KOMPUTER Putra, Harry Priyatna; Ariawan, Ketut Udy; Arsa, Putu Suka
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v6i3.20854

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Perakitan Komputer di kelas X TKJ 1 SMK Negeri 3 Negara tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 orang siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (class action research) dengan 2 siklus yakni siklus I dan siklus II yang terdiri dari 3 kali pertemuan di setiap siklusnya. Objek dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament). Data yang diolah diperoleh dengan menggunakan metode tes pilihan ganda dengan jumlah soal 40 butir. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis data statistik deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh dari sekolah yang diberikan oleh guru mata pelajaran perakitan komputer ketuntasan klasikal pada kelas X TKJ 1 SMK Negeri 1 Negara belum tercapai dan masih belum mencapai target KKM yang diinginkan. Maka dari itu akan diadakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Hasil belajar pada mata pelajaran Perakitan Komputer pada siklus I didapatkan persentase rata-rata ketuntasan siswa secara klasikal 65,625% dari 32 orang siswa. Pada siklus II persentase hasil ketuntasan belajar secara klasikal 84,375% dari 32 orang siswa. Hasil tersebut menunjukan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal 18,75%  dari siklus I ke siklus II.

Page 1 of 19 | Total Record : 184


Filter by Year

2017 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 1 (2023): JPTE Periode April 2023 Vol. 11 No. 3 (2022): JPTE Periode Desember 2022 Vol. 11 No. 2 (2022): JPTE Periode Agustus 2022 Vol. 11 No. 1 (2022): JPTE Periode April 2022 Vol. 10 No. 3 (2021): JPTE Periode Desember 2021 Vol. 10 No. 2 (2021): JPTE Periode Agustus 2021 Vol. 10 No. 1 (2021): JPTE Periode April 2021 Vol. 9 No. 3 (2020): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol 9, No 3 (2020): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol. 9 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol. 9 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol 8, No 3 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol. 8 No. 3 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol. 8 No. 2 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol. 7 No. 3 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol. 7 No. 2 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol. 6 No. 3 (2017): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol. 6 No. 2 (2017): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Vol. 6 No. 1 (2017): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro More Issue