cover
Contact Name
RAIDAH INTIZAR
Contact Email
raidah.intizar@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jcos@uim-makassar.ac.id
Editorial Address
Universitas Islam Makassar Jl. Perintis Kemerdekaan No.9, RW.29, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Journal of Communication Sciences (JCoS)
ISSN : -     EISSN : 26548755     DOI : 10.55638
Journal of Communication Sciences (JCoS) is an academic journal concerned with the study of mass media studies, new media studies, film studies, interpersonal communication studies, group communication studies, organization communication studies, political communication studies, public relations studies, etc.
Articles 81 Documents
Penerapan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi di Divisi Lokasi PT. Indomarco Prismatama Cabang Makassar Sabaruddin Adjie; Yanto Yanto
Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 1, No 1 (2018): Oktober
Publisher : Program of Communication Sciences, Faculty of Social and Political Sciences, UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1179.537 KB) | DOI: 10.55638/jcos.v1i1.33

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk Penggunaan Media Sosial sebagai media komunikasi dalam dunia kerja dan bagaimana dampak penggunaan media sosial facebook bagi efektifitas kerja karyawan divisi lokasi PT. Indomarco Prismatama, Cabang Makassar.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah Evaluasi Kualitatif yang bersifat Deskriptif.yaitu menyajikan gambaran secara lengkap mengenai masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk Penggunaan Media Sosial sebagai media komunikasi oleh divisi lokasi yaitu: 1) Sebagai media komunikasi informatif sebagai tempat untuk saling bertukar informasi antara karyawan dan atasan terkait pekerjaan. 2) Sebagai komunikasi koordinasi ketika salah satu anggota organisasi tersebut hendak memberitahukan adanya sesuatu yang harus dikerjakan oleh anggota lainnya. 3) Sebagai komunikasi motivasi. Komunikasi motivasi terjadi ketika ada hal-hal yang di sampaikan di luar konteks pekerjaan,dalam hubungannya dengan pemberian motivasi kepada tim kerja. Efektifitas penggunaan facebook sebagai media komunikasi adalah berupa dampak negative maupun dampak positif.Dampak negatifnya adalah jika penggunaan facebook sebagai media komunikasi keluar dari tujuan utamanya, dapat saja mengganggu aktifitas kerja karyawan. Di samping itu dampak negative facebook sebagai media komunikasi dalam bekerja yang biasa ditemui ialah terkait keamanan saat bertukar informasi yang sifatnya rahasia, dapat membatasi sosialisasi/ berkomunikasi lansung dengan rekan kerja, terdapat item-item berupa iklan dan berita yang dapat mengganggu konsentrasi kerja, dan mengakses facebook terlalu sering dapat memakan kuota lebih banyak. Adapun dampak positifnya ialah dengan adanya group atau room chat facebook tersebut, memudahkan bagi seluruh anggota team dalam divisi lokasi untuk saling berhubungan, komunikasi dengan cepat dan terarah walaupun dalam kondisi tempat yang berbeda-beda. Berkat keefektifitasan pengkoordinasian pekerjaan melalui facebook, akhirnya tidak akan terjadi kelalaian dalam bekerja.
Dampak Literasi Media Sosial terhadap Pengetahuan Remaja di SMA 21 Makassar Nahdiana Nahdiana; Idrus Idrus
Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 1, No 1 (2018): Oktober
Publisher : Program of Communication Sciences, Faculty of Social and Political Sciences, UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1010.835 KB) | DOI: 10.55638/jcos.v1i1.29

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui bagaimana pengaruh Literasi Media Sosial Terhadap Pengetahuan Remaja di SMA 21 Makassar ; (2) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Literasi Media Sosial Terhadap Pengetahuan Remaja di SMA 21 Makassar.Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis data regresi linear sederhana, koefisien korelasi. Dan pengambilan sample menggunakan rumus Slovin.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Literasi Media Sosial terhadap pengetahuan remaja berdasarkan nilai t hitung = 10.245 dengan signifikansi 0,00<0,05 maka H0 Ditolak dan H1 diterima, artinya Ada pengaruh yang nyata (signifikan) variabel Media Sosial (X) terhadap variabel Konten Media (Y). Selain itu, N atau jumlah data penelitian adalah 100 responden, kemudian nilai sig.(2-tailed) adalah 0,000, sebagaimana dasar keputusan, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara Media Sosial dengan Konten Media. Diketahui Correlation Coefficient (koefisien korelasi) sebesar 0, 719. Besarnya pengaruh Literasi Media Sosial terhadap pengetahuan remaja adalah sebesar 51,7%.
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Penumpang Grab di Makassar Anil Hukmah; Harfinah Harfinah
Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 1, No 1 (2018): Oktober
Publisher : Program of Communication Sciences, Faculty of Social and Political Sciences, UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (982.703 KB) | DOI: 10.55638/jcos.v1i1.28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang paling mempengaruhi kepuasan penumpang Grab di Universitas Islam Makassar , adakah perbedaan faktor kepuasan antara penumpang Grab laki-laki dan penumpang perempuan serta adakah perbedaan faktor kepuasan penumpang Grab berdasarkan kategori usia. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan memanfaatkan survey, hasil dari survey (N=100) diuji dengan membagi tiga faktor, yakni faktor internal, faktor external, serta faktor fasilitas. Faktor eksternal (Harga terjangkau & Promo Diskon Tarif) memperoleh nilai paling tinggi dalam hal yang paling dianggap penting oleh penumpang Grab Dapat dilihat bahwa variabel external mempunyai mean yang lebih tinggi (M=4.48, SD= 0.66) sedangkan internal yaitu (M=4.33, SD= 0.47) dan fasilitas sebesar (M= 3.82, SD= 0,586). Selanjutnya untuk pengujian perbedaan signifikan antara kelompok jenis kelamin dan usia tidak ditemukan perbedaan yang signifikan dalam hal faktor yang mempengaruhi kepuasan.
News Deliverer on Twitter: News Organization and Individual Account Compared Raidah Intizar Yusuf
Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 1, No 1 (2018): Oktober
Publisher : Program of Communication Sciences, Faculty of Social and Political Sciences, UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (796.557 KB) | DOI: 10.55638/jcos.v1i1.23

Abstract

This study aims to determine the differences in the character of Twitter accounts from news organizations and individuals who practice citizen journalism on Twitter. The indicator used is the general aspect of a tweet: (1) profile picture, (2) profile name, (3) username, (4) message length, (4) full web link, (5) short web link, (6) compiled web link, (7) picture, (8) hashtag, (9) mention, (10) message content. The first three characteristics indicate the profile of a Twitter user who tweet the message, and the remaining indicates the message itself. Using a series of chi-squares, and independent t-test, the differences laid significantly on profile picture χ2(3, N = 40) = 26.14, p< .001, profile name χ2(3, N = 40) = 36.19, p< .001, username χ2(2, N = 40) = 36.19, p< .001, message length t (37)= -4.17, p< .001, 95% CI [-7.16, -2.48],  short web link χ2(1) = 15, p< .001, mention χ2(1, N = 40) = 15.82, p< .001 and content χ2(2, N = 40) = 21.54, p< .001. Results shown news organization still have less horizontal communication to its audience, which can be detected by the lack of mentions. News tweets provided by individual account on the contrary employed interactive communication
The Dynamics of Modernization Against the Tradition of Kalomba in Tana Toa Village, Kajang District, Bulukumba Regency Megawaty Megawaty; Ika Andriani
Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 1, No 1 (2018): Oktober
Publisher : Program of Communication Sciences, Faculty of Social and Political Sciences, UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1016.475 KB) | DOI: 10.55638/jcos.v1i1.31

Abstract

This study aims to determine (1) the effect of modernization on the traditional traditions of Kalomba in the village of Tana Toa (2) what is the meaning of the tool in the favorite tradition of Kalomba in Tana Toa village. This research was carried out in Tana Toa Village, Kajang District, Bulukumba District. The method used in this study is qualitative with a detailed approach and data collection used is interviews and observations. The results showed that there was no influence of modernization or changes to the traditional traditions of Kalomba in Desa Tana Toa, Kajang Subdistrict, in the common tradition of Kalomba, each contained a definite meaning or led to good things. In general, culture and customs have not changed at all, but socially, some Kajang tribal communities have changed due to the influence of the surrounding environment.
Conflict Analysis between Online Ojek and Conventional Ojek in Makassar City Zohrah N; Eko Prasetyo
Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 1, No 1 (2018): Oktober
Publisher : Program of Communication Sciences, Faculty of Social and Political Sciences, UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (766.492 KB) | DOI: 10.55638/jcos.v1i1.16

Abstract

This study presents three formulations of the problem, namely, what is the opinion of a conventional ojek for the presence of online ojek transportation, how is the opinion of an online ojek in responding to the existence of a conventional ojek and how conflicts and solutions that occur with the presence of an online ojek to conventional base taxi drivers. Based on the formulation of the problem, this study aims to finding out the opinion of conventional ojek for the presence of online ojek transportation facilities, finding out the opinion of online ojek drivers in responding to the existence of a conventional ojek and finding out the conflicts and solutions that occur with the presence of an online ojek to conventional base taxi drivers. This research employs qualitative descriptive method, using juridical and sociological approaches, and selecting several informants with snowball sampling and purposive sampling. The source of the data used is the primary source, namely information that comes from direct observation to the research location employing observation and interviews. Whereas secondary sources are, data obtained from literature studies to complete primary data. Data collection is done through field research, observation, and interviews. The results show that what is more needed to resolve conflicts between online ojek and conventional ojek is a clear rule. The conflict between online ojek and conventional ojek in Makassar City is temporarily overcome by the existence of an operational ban zone for online ojek transportation.
The Role of Print Media in Mitigation of Flood Disaster on Public Awareness in Makassar City Pramudita Budi Rahayu
Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 1, No 1 (2018): Oktober
Publisher : Program of Communication Sciences, Faculty of Social and Political Sciences, UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (715.735 KB) | DOI: 10.55638/jcos.v1i1.34

Abstract

One of the roles of local print mass media is to educating society. Which is to inform people about flood disaster in the relevance of effort to bring people to their senses. This research objective is to find out the role of local print mass media in flooded disaster mitigation before and after flooded disaster period. The research took the data from January 2012 until July 2013 edition of Fajar and Tribun Timur newspaper. Method of collecting data is using a coding sheet. Data analyzing is using descriptive quantitative method and content analyze method. The result of this research indicate that on the period before flooding disaster, mass media have a contribute for helping people back to their sense by the news that had been made to the number of 21 news or 46.6% in Fajar and 24 news or 53.4% in Tribun Timur. When flooded disaster period, we can saw the role of print mass media by the story that they brought, Fajar brought 97 news or 75,8%, and Tribun Timur brought 31 news or 24,2%. For post flooded disaster period Fajar brought 14 news or 60,9%, and Tribun Timur brought nine news or 39,1%. It is concluded that local print media had a role for flooded disaster mitigation in society through their report that they brought. Hopefully, that people in the community would realize the danger of flooded disaster and taking care of nature.
Analisis Strategi Komunikasi Pembangunan terhadap Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Desa Tana Toa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba Kasmir Kasmir; Megawaty AP
Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 1, No 2 (2019): April
Publisher : Program of Communication Sciences, Faculty of Social and Political Sciences, UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55638/jcos.v1i2.292

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemerintah dalam melaksanakan pembangunan serta upaya-upaya apa yang dilakukan pemerintah untuk melestarikan nilai-nilai kearifan lokal di Desa Tana Toa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba. Tipe penelitian yang dipergunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian diuraikan dalam bentuk kata dan kalimat, yang selanjutnya menjadi suatu kesimpulan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pembangunan yang dilakukan pemerintah yaitu strategi berdasarkan media dan strategi partisipatori serta upaya yang dilakukan pemerintah dalam melestarikan nilai-nilai kearifan lokal yaitu membuat kebijakan serta dasar hukum kawasan adat Ammatoa
Strategi Komunikasi Public Relations dalam Mempertahankan Citra Perusahaan di PT Angkasa Pura I Bandara Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar Budiman Budiman
Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 1, No 2 (2019): April
Publisher : Program of Communication Sciences, Faculty of Social and Political Sciences, UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55638/jcos.v1i2.291

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui bagaimana  strategi komunikasi Public Relations dalam Mempertahankan citra perusahaan di PT Angkasa Pura I Bandara Udara Sultan Hasanuddin Makassar. Penelitian ini  selama kurang lebih dua bulan. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif, Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yakni Melalui data primer dan data skunder. Keseluruhan data yang terkumpul kemudian di analisis secara deksriptif Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Angkasa Pura I Sultan Makassar dalam hal ini commucation & Legal section melakukan strategi komunikasi public relatios dan aktivitas public  relations berupa publikasi program CSR yang dilakukan oleh CSR section. Aktivitas public relations yang dilakukan menggunakan media eloktronik, media cetak maupun  media internet. Dalam penelitian ini diketahui juga bahwa program CSR dapat mempertahankan dan meningkatkan  citra perusahaan PT Angkasa pura I Bandara Udara Sultan Hasanuddin Makassar.   
Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Toddopuli Makassar Aan Faizal; Nahdiana Nahdiana
Journal of Communication Sciences (JCoS) Vol 1, No 2 (2019): April
Publisher : Program of Communication Sciences, Faculty of Social and Political Sciences, UIM

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.438 KB) | DOI: 10.55638/jcos.v1i2.290

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Toddopuli Makassar, dan untuk mengetahui hubungan antara iklim komunikasi organisasi dengan kinerja karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Toddopuli Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana, koefisien determinasi, uji t, dan analisis korelasi Pearson produk moment. Pengumpulan data yang digunakan  dengan membagikan kuesioner atau angket yang sifatnya tertutup pada karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Toddopuli Makassar. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Toddopuli Makassar dan terdapat hubungan yang signifikan antara iklim komunikasi organisasi dan kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Toddopuli Makassar. Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa iklim komunikasi organisasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Toddopuli Makassar dengan nilai hasil hitung yaitu 4,049 yang lebih besar dari t tabel yaitu 1,734, Adapun nilai a = 0,05 dengan tingkat signifikanya 5% ,dalam penelitian ini diperoleh yaitu 0,001 lebih kecil dari 0,05 yang berarti iklim komunikasi organisasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Toddopuli Makassar. Dan hasil perhitungan SPSS nilai signifikansi iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja yaitu 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat korelasi antara iklim komunikasi organisasi dan kinerja karyawan.