cover
Contact Name
Muslimahayati
Contact Email
muslimahayati@uinjambi.ac.id
Phone
+6285266067378
Journal Mail Official
jemst.ftk@uinjambi.ac.id
Editorial Address
Jl. Jambi - Muara Bulian KM.16, Muaro Jambi-Jambi, Indonesia Telp/Fax. (0741) 583183 – 584118 Email: jemstftk@uinjambi.ac.id
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology
ISSN : -     EISSN : 26141507     DOI : https://doi.org/10.30631/jemst
Core Subject : Education, Social,
JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology are novelty, quality, and general interest in research and studies of Education. JEMST is a journal that contains the results of research and studies in Mathematics Education: topics of didactic development research (DDR), research and development (RnD) in mathematics education, ethnomathematics, realistic mathematics education, psychology of mathematics education and technology in mathematical instruction Biology Education: topics of didactic development research (DDR), research and development (RnD) in biology education, psychology of biology education and technology in biological instruction, and Management of Biology Laboratory Chemistry Education: topics of didactic development research (DDR), research and development (RnD) in chemistry education, psychology of chemistry education and technology in chemistry instruction, and Management of chemistry Laboratory Physics Education: topics of didactic development research (DDR), research and development (RnD) in physics education, psychology of physics education and technology in physics instruction, and Management of physics Laboratory Technology and Information: E-Learning and E-Teaching, Multimedia, Information Technology, Technology of Education
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2019): JEMST Vol 2 No 1 2019" : 6 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Diana Susanti; Ria Kasmeri; Yudesia Versi
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 2 No. 1 (2019): JEMST Vol 2 No 1 2019
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.256 KB) | DOI: 10.30631/jemst.v2i1.15

Abstract

Proses pembelajaran hendaknya berpusat pada siswa namun pada pelaksanaannya masih berpusat pada guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat penerapan model discovery learning dengan media gambar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTsN 7 Pesisir Selatan pada tahun akademik 2018/2019. Kelas eksperimen adalah VIII. 5 dan kelas kontrol adalah VIII. 3 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian ini adalah Randomized Control Posttest Only Design. Penilaian kognitif dapat dilihat dari tes akhir siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t, dengan kriteria t hitung> t tabel. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan rata-rata tes hasil belajar siswa di kelas eksperimen adalah 80,70, di lain pihak rata-rata tes hasil belajar siswa di kelas kontrol adalah 69, 37. Setelah uji coba dilakukan, peneliti menemukan jika harga t hitung 6,59 dan t tabel 1,67 itu berarti t hitung> t tabel, sehingga hipotesis penelitian diterima. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan jika penerapan Discovery Learning Model dengan media gambar dapat meningkatkan skor siswa dalam mata pelajaran biologi dalam domain kognitif di kelas VIII MTsN 7 Pesisir Selatan.
Pengembangan Majalah Sebagai Bahan Ajar Biologi pada Materi Reproduksi untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Nining Nuraida; Alfi AStuti
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 2 No. 1 (2019): JEMST Vol 2 No 1 2019
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.951 KB) | DOI: 10.30631/jemst.v2i1.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan majalah sebagai bahan ajar biologi pada materi reproduksi di Sekolah menegah Atas. Pengembangan majalah menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah dosen ahli sebagai validator, guru dan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Pengabuan. Data penelitian dikumpulkan menggunakan lembar validasi, angket, dan soal pemahaman konsep siswa yang kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan tingkat pemahaman konsep siswa terhadap majalah yang dikembangkan. Kelayakan berdasarkan atas pendapat validator, guru, dan angket respon siswa. Pemahaman konsep didasarkan atas jawaban skor rata-rata siswa dari soal yang diberikan. Hasil uji kelayakan oleh 3 orang ahli (media, materi dan bahasa) sebesar 98,89% dengan kriteria sangat layak. Hasil data tanggapan guru sebesar 78,85% dengan kriteria layak. Hasil data tanggapan siswa sebesar 80% dengan kriteria layak. Hasil uji pemahaman konsep siswa yang berjumlah 21 orang siswa dirata-ratakan sebesar 85,58% dengan kriteria sangat tinggi. Kesimpulan dari hasil penelitian pengembangan bahan ajar biologi berbentuk majalah berbasis pemahaman konsep siswa pada materi reproduksi, disimpulkan dalam kriteria layak digunakan dan pemahaman konsep siswa pada materi reproduksi dikategorikan sangat tinggi.
Pengembangan Buku Panduan Praktikum Algoritma dan Pemrograman Rosi Widia Asiani
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 2 No. 1 (2019): JEMST Vol 2 No 1 2019
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.693 KB) | DOI: 10.30631/jemst.v2i1.19

Abstract

Mata kuliah algoritma dan pemrograman merupakan mata kuliah baru pada program studi Tadris Matematika UIN Suthan Thaha Saifuddin Jambi, oleh karena itu dibutuhkan buku panduan praktikum sebagai salah satu penunjang dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meghasilkan buku panduan praktikum yang valid sehingga dapat untuk digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4–D, terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Karena katerbatasan waktu tahap terakhir tidak dilaksanakan. Tahap pertama yaitu pendefenisian meliputi analisis kebutuhan dan reviu literatur buku panduan praktikum. Selanjutnya tahap kedua yaiu perancangan prototipe buku panduan praktikum berdasarkan hasil pada tahap pertama. Terakhir tahap pengembangan yaitu melakukan validasi dan uji keterbacaan. Hasil validasi menyatakan bahwa buku panduan praktikum yang telah disusun berkategori sangat valid baik dari segi isi maupun tata bahasa sedang uji keterbacaan juga berkategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku panduan praktikum yang dirancang telah valid dan siap untuk digunakan
Model MASTER dan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together: Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Desy Rosmalinda
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 2 No. 1 (2019): JEMST Vol 2 No 1 2019
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.697 KB) | DOI: 10.30631/jemst.v2i1.13

Abstract

Kimia dikenal dengan konsep-konsepnya yang bersifat abstrak, salah satu contohnya yaitu konsep larutan asam dan basa. Pada konsep larutan asam dan basa siswa harus memahami bagaimana karakteristik larutan asam dan basa, serta bagaimana menentukan pH larutannya. Kondisi ini menyebabkan perlunya model pembelajaran yang tepat agar siswa mampu memahami konsep larutan asam dan basa yang diberikan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh penggunaan model MASTER dan model Cooperative Learning tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu quasi eksperimen, dengan rancangan penelitian yang digunakan The Matching-Only Posstest-Only Control Group Design. Penelitian dilakukan dengan menggunakan 3 kelas sebagai sampel penelitian yang terdiri dari dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan ANAVA satu arah. Setelah itu dilanjutkan dengan analisis perbedaan parsial menggunakan metode Tukey’s. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model MASTER memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada konsep larutan asam basa, sedangkan model Cooperative learning tipe NHT tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Artinya langkah kerja pada model MASTER mampu diterima dengan baik oleh siswa sehingga siswa mampu menguasai konsep yang diberikan dengan baik sehingga memiliki hasil belajar yang baik pula.
Pengembangan Handout dan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Model Sains Teknologi Masyarakat (STM) Nova Kafrita; Sari Fatul Husnah
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 2 No. 1 (2019): JEMST Vol 2 No 1 2019
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.284 KB) | DOI: 10.30631/jemst.v2i1.17

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum adanya Handout dan Lembar Kerja Siswa (LKS) pembelajaran Hukum Newton yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Materi Hukum Newton menuntut siswa untuk mengaplikasikan materi yang dipelajari dengan lingkungan dan kehidupan masyarakan. Model Sains Teknologi Masyarakat (STM) sesuai dengan karateristik siswa dan materi Hukum Newton. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (reseach and developmen) yang mengacu pada model 4-D. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengahasilkan Handout dan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika SMA menggunakan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) yang valid, praktis dan efektif pada materi Hukum Newton di kelas X. Subjek penelitian adalah Handout dan Lembar Kerja Siswa (LKS)menggunakan model Sains Teknologgi Masyarakat (STM). Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa Handout dan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika SMA menggunakan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada materi Hukum Newton. Handout dan Lembar Kerja Siswa (LKS) Fisika SMA menggunakan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.
Analisis Kebutuhan Siswa terhadap Panduan Praktikum IPA Berbasis Problem Based Learning Vivi Fitriani
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 2 No. 1 (2019): JEMST Vol 2 No 1 2019
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.91 KB) | DOI: 10.30631/jemst.v2i1.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kebutuhan siswa untuk pengembangan panduan praktikum berbasis problem based learning. Panduan praktikum diharapkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kerjasama siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap define, design, development, dan disseminate. Analisis kebutuhan siswa dilakukan pada tahap define yang terdiri dari analisis awal, analisis siswa, analisis konsep, dan analisis tugas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 5 Koto XI Tarusan. Dari hasil analisis, ditemukan bahwa siswa membutuhkan buku panduan praktikum berbasis problem based learning. Secara umum, dapat dilihat bahwa 86,9% siswa menyukai kegiatan praktikum. 100% siswa menyatakan bahwa dalam kegiatan praktikum mereka tidak menggunakan buku panduan, buku yang digunakan pada saat praktikum, yaitu buku teks, 78,3% siswa menyatakan bahwa mereka mengalami kesulitan ketika melakukan kegiatan praktikum, karena dalam buku teks tidak ada lembar kegiatan untuk siswa dan langkah-langkah dalam melakukan kegiatan praktis juga kurang dipahami oleh siswa. 100% siswa menyatakan bahwa mereka membutuhkan buku panduan praktikum agar kegiatan praktikum dapat berjalan dengan lancar.

Page 1 of 1 | Total Record : 6