cover
Contact Name
Muslimahayati
Contact Email
muslimahayati@uinjambi.ac.id
Phone
+6285266067378
Journal Mail Official
jemst.ftk@uinjambi.ac.id
Editorial Address
Jl. Jambi - Muara Bulian KM.16, Muaro Jambi-Jambi, Indonesia Telp/Fax. (0741) 583183 – 584118 Email: jemstftk@uinjambi.ac.id
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology
ISSN : -     EISSN : 26141507     DOI : https://doi.org/10.30631/jemst
Core Subject : Education, Social,
JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology are novelty, quality, and general interest in research and studies of Education. JEMST is a journal that contains the results of research and studies in Mathematics Education: topics of didactic development research (DDR), research and development (RnD) in mathematics education, ethnomathematics, realistic mathematics education, psychology of mathematics education and technology in mathematical instruction Biology Education: topics of didactic development research (DDR), research and development (RnD) in biology education, psychology of biology education and technology in biological instruction, and Management of Biology Laboratory Chemistry Education: topics of didactic development research (DDR), research and development (RnD) in chemistry education, psychology of chemistry education and technology in chemistry instruction, and Management of chemistry Laboratory Physics Education: topics of didactic development research (DDR), research and development (RnD) in physics education, psychology of physics education and technology in physics instruction, and Management of physics Laboratory Technology and Information: E-Learning and E-Teaching, Multimedia, Information Technology, Technology of Education
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2020): JEMST Vol 3 No 1 2020" : 5 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantu Media Kancing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Imelda wardani rambe
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 3 No. 1 (2020): JEMST Vol 3 No 1 2020
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/jemst.v3i1.31

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) Berbantu Media Kancing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi ajar SPLDV. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Dewantara Sebertung. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP dengan total sampel berjumlah 30 siswa. Intrumen Penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dengan jumlah 5 soal essai. Tes yang digunakan adalah valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV dengan menggunakan pembelajaran tersebut. Berdasarkan perhitungan hasil uji-T hipotesi menunjukkan bahwa thitung> ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) Berbantu Media Kancing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi ajar SPLDV di kelas VIII SMP Swasta Dewantara Sebertung. Kata Kunci: Group Investigation, Buttons Media, Problem Solving Ability
Efek Penerapan Model Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Kognitif Fisika pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi Nova Kafrita; Sari Fatul Husnah
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 3 No. 1 (2020): JEMST Vol 3 No 1 2020
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/jemst.v3i1.27

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan lapangan peneliti di mana siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep fisika yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa, sebagai dampak akhir yaitu rendahnya hasil belajar fisika. Salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah ketidaksesuaian model yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, sehingga perlu diterapkan model yang sesuai untuk mengatasi masalah yang ditemukan. Salah satu model yang sesuai untuk mengatasi masalah yang ditemukan yaitu model Exampel Non Exampel. Penelitian ini berujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dan signifikan penggunaan model Exampen Non Exampel terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran fisika khususnya pada materi getaran, gelombang dan bunyi di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (Mts) Asas Islamiyah Kota Jambi Tahun 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling, sehingga didapatkan sampel yaitu VIII A dan VIIIB. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar fisika. Analisis hipotesis penelitian menggunakan uji “t” dan untuk melihat antara dua variabel diskrit menggunakan korelasi phi. Berdasarkan hasil uji “t” menunjukan adanya perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan oleh hasil uji t, dengan nilai 2,01<3,135>2,68 pada taraf signifikansi 5% dan 1%. Hasil uji korelasi phi dengan nilai 0,273<0,431>0,23 pada taraf signifikansi 5% dan 1%. Hasil korelasi phi menunjukkan adanya pengaruh dan signifikansi penggunaan model Exampel Non Example.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK SISWA KELAS VIII Kemas Abdullah Azhari; KMS Badaruddin; Muslimahayati Muslimahayati
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 3 No. 1 (2020): JEMST Vol 3 No 1 2020
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/jemst.v3i1.29

Abstract

This study aimed to produce a android-based learning media that is valid, practical, and observe the potential effects on learning outcomes. The type of research used in the development research method which consists of the Preliminary stage (preparation and design phase) and the Prototyping stage using formative evaluation used (Self Evalution, one to one, small group, and field test). Data collection is done using validation sheets, questionnaires, tests, and documentation. The subjects used students of class VIII of Palembang 40 Junior High School 2020/2021. 6 students were taken randomly at the One to One stage, 9 students in the Small Group stage, and 3 classes in the field test stage. The results of this study were (1) produced android-based learning media on linear equation system of two variables matter which was valid. (2) produced android-based learning media on linear equation system of two variables matter which was praktical yet. Because not all students can install it on their Smartphone. (3) The potential effect that appears at the trial stage to make students more interested and active later on student learning outcomes. seen from the average field test which reached 76.25%, this value is included in the good category
Profil Kemampuan Metakognisi Siswa SMP, Studi Kasus Pada Pembelajaran IPA di SMP Sanimah Sanimah
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 3 No. 1 (2020): JEMST Vol 3 No 1 2020
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/jemst.v3i1.30

Abstract

Penelitian yang berjudul “Profil Kemampuan Metakognisi Siswa SMP, Studi Kasus Pada Pembelajaran IPA di SMP” ini bertujuan untuk memperoleh gambaran profil metakognisi dan siswa SMP pada setiap jenjang kelas VII, VIII dan IX . Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus di salah satu SMPN di Kecamatan Stabat. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMP Kelas VII, VIII, dan IX yang dipilih secara Purposive sampling . Data dijaring melalui angket metakognisi, dan tes metakognisi yang diberikan kepada siswa secara daring. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kesadaran metakognisi siswa SMP menurun di setiap jenjang kelas, dan keterampilan metakognisi siswa SMP meningkat pada setiap jenjangnya, tetapi siswa tidak menyadari kemampuan metakognisinya.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematic Education Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Amalia Rizky; Rossi Widia Asiani
JEMST (Jurnal of Education in Mathematics, Science, and Technology) Vol. 3 No. 1 (2020): JEMST Vol 3 No 1 2020
Publisher : Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30631/jemst.v3i1.50

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematic Education Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan, keefektivan dan kepraktisan LKPD tersebut. Model pengembangan yang digunakan diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall dengan tujuh tahapan, yaitu: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, dan produk. Hasil analisis validasi dari ahli diperoleh penilaian hasil validasi materi dengan persentase 85,7% (Sangat Baik), hasil validasi media dengan persentase 92% (Sangat Baik), dan hasil validasi bahasa dengan persentase 88% (Sangat Baik). Berdasarkan respon guru diperoleh hasil penilaian dengan persentase 86% (Sangat Baik) dan respon siswa diperoleh hasil penilaian dengan persentase 85,6% (Sangat Baik). Dari hasil belajar, tampak bahwa peserta didik yang tuntas dengan KKM 70 adalah 95% mencapai syarat ketuntasan KKM. Berdasarkan proses pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa LKPD dapat memfasilitasi proses pembelajaran secara mandiri dan kelompok.

Page 1 of 1 | Total Record : 5