cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha
ISSN : 26139626     EISSN : 26139618     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 745 Documents
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2016 BERBASIS KKNI PADA MATA KULIAH SAKUBUN JOKYU DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG Deviliastari, Putu; Sadyana, I Wayan; Hermawan, Gede Satya
Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha Vol 5, No 3 (2019)
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbj.v5i3.21470

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum berbasis KKNI pada mata kuliah sakubun jokyu di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Ganesha yang meliputi persiapan, penerapan, penilaian dan evaluasi pada capaian pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah dosen mata kuliah sakubun jokyu di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. Analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu (1) perencanaan pembelajaran sakubun jokyu telah memenuhi standar perencanaan yang diatur oleh Universitas Pendidikan Ganesha, (2) pelaksanaan pembelajaran dengan strategi ekspositori, ceramah, latihan dan penugasan, (3) penilaian dengan menekankan proses keaktifan pada perkuliahan, tugas dan UAS, (4) evaluasi dilakukan dengan review diawal maupun diakhir pembelajaran.Kata Kunci : KKNI, Implementasi, Mata Kuliah Sakubun Jokyu. 本研究の目的は、 ガネシャ教育大学日本語教育学科の作文上級クラスにおいて、学習の計画、実施、評価の含むインドネシア国家資格枠組に基づく2016カリキュラム実施がどのように行われるかを分析する。調査協力者は、ガネシャ教育大学日本語教育学科の作文上級クラスの担当教師である。調査方法は、観察、インタビュー及び文献調査である。このデータを定性的記述法により分析した。分析した結果、1)作文上級の授業計画は ガネシャ教育大学によるインドネシア国家資格枠組に基づく計画基準を満たしている。2)授業実施は説明戦略、講義、練習、課題を使用した。3)インドネシア国家資格枠組の計画は、講義、課題、及び期末試験での活気の評価に中心になる。 4)評価は最初と最後の授業の復習で実行された。keyword : インドネシア国家資格枠組、実施、作文上級クラス
IMPLEMENTASI PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI SMA NEGERI 3 SINGARAJA .Anggayasti, I Gusti Ayu Ayusya; Mardani, Desak Made Sri; Suartini, Ni Nengah
Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha Vol 5, No 3 (2019)
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbj.v3i2.21475

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pengelolaan kelas dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 3 Singaraja dan kendala-kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan pengelolaan kelas dalam pembelajaran bahasa Jepang di SMA Negeri 3 Singaraja. Data hasil penelitian akan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di SMA Negeri 3 Singaraja. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Jepang di SMA Negeri 3 Singaraja telah mengimplementasikan pengelolaan kelas dengan baik. Dalam pengelolaan kelas guru menggunakan berbagai prinsip-prinsip, pendekatan-pendekatan, dan komponen-komponen pengelolaan kelas. Pendekatan resep, pendekatan proses kerja kelompok, komponen pemusatan perhatian kelompok, komponen pendekatan pemecahan kelompok, komponen menemukan dan memecahkan tingkah laku yang menimbulkan masalah tidak dilakukan guru. Penataan ruang kelas yang dilakukan guru dengan cara disesuaikan dengan pembelajaran dan/atau atas seijin dari sekolah. Sedangkan kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pengelolaan kelas yaitu, berasal dari faktor siswa dan fasilitas.Kata Kunci : Prinsip, pendekatan, komponen, penataan ruang kelas, kendala 本研究の目的は、州立高等学校三シンガラジャでの日本語学習における教室管理の実施、及び州立高等学校三シンガラジャでの日本語学習における教室管理の実施で直面する制約について説明することです。データは、定性的記述方法を使用して分析されます。研究の主題は、州立高等学校三シンガラジャの教師でした。データ収集は、観察、インタビュー、および文書化の方法によって行われます。その結果、州立高等学校三シンガラジャの日本語教師は教室管理をうまく実装していたことがわかりました。教室管理では、教師は教室管理のさまざまな、法、アプローチ、要素を使用します。処方アプローチ、グループワークプロセスへのアプローチ、グループフォーカスの要素、グループ内訳アプローチの要素、問題の原因となる行動の発見と解決の要素は実行されません。教室の計画は、学習および/または学校からの許可を得て調整された方法で教師によって行われます。教室管理を実装する際に教師が直面する障害はありますが、それは生徒、施設要因に起因します。keyword : 法、アプローチ、要素、授業の管理、障害物
STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DASAR UNTUK PERHOTELAN DI PPLP PANSHOPIA SINGARAJA Ulli, Dina Margaretha Sari; Adnyani, Kadek Eva Krishna; Hermawan, Gede Satya
Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha Vol 5, No 3 (2019)
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbj.v3i2.21465

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis strategi pembelajaran yang digunakan oleh pengajar di PPLP Panshopia, (2) faktor-faktor pemilihan penggunaan strategi pembelajaran di PPLP Panshopia, (3) kendala-kendala yang dihadapi oleh pengajar di PPLP Panshopia, (4) upaya mengatasi kendala yang dihadapi oleh pengajar dalam pembelajaran di PPLP Panshopia. Subjek penelitian ini adalah dosen bahasa Jepang di PPLP Panshopia. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang di PPLP Panshopia, adalah drill, tanya jawab dan roleplay dengan memadukan beberapa metode yaitu grammar translation method, audiolingual method, total physical response, direct method. (2) faktor-faktor pemilihan penggunaan strategi adalah karakteristik peserta didik, materi yang diajarkan, dan tujuan pengajaran. (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Jepang di PPLP Panshopia, yaitu tidak adanya native speaker dan masih ada mahasiswa yang kurang minat belajar bahasa Jepang. (4) upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala yaitu memperbanyak latihan menyimak dan memberikan motivasi belajar kepada mahasiswa yang malas dan masih sulit menguasai pembelajaran. Kata Kunci : Srategi pembelajaran, faktor yang mempengaruhi strategi, kendala pembelajaran, upaya mengatasi kendala 本論は、その(1)【PPLP PANSHOPIA大学】の教諭が使用される学習戦略、(2)学習戦略の影響要因、(3)教え中で教諭が直面する障害、(4)その障害を克服する方法について述べたものである。対象は、 【PPLP PANSHOPIA大学】の日本語教諭である。また、データカードを作成した後、定性的記述法により分析した。この結果、(1) 【PPLP PANSHOPIA大学】の 日本語教諭が使用される学習戦略は文法訳読法、オーディオ・リンガル法、全身反応教授法、直接法という教授法にて統合してあるドリル、質疑応答、ロールプレイ;(2) 学習戦略の影響要因は生徒の個性、教材、学習目標;(3) 教諭 直面する障害はネイティブの日本語先生がまだ誰もいなく、生徒の日本 語学ぶ意欲が低下した;(4) その障害を克服する方法は日本語会話聴解練習を高め、学ぶ意欲をはぐくむための働きかけるようにする。keyword : 学習戦略、学習戦略の影響要因、学習障害、障害を克服する方法
VARIASI STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG BERBASIS KURIKULUM 2013 DI KELAS X SMA NEGERI 1 KERAMBITAN Verayuni Putri, Pande Made Yunika; Mardani, Desak Made Sri; Adnyani, Kadek Eva Krishna
Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha Vol 5, No 3 (2019)
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbj.v3i2.21389

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) variasi penerapan strategi pada pembelajaran bahasa Jepang berbasis kurikulum 2013 revisi di kelas X SMA Negeri 1 Kerambitan, (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi pada pembelajaran bahasa Jepang, (3) cara mengatasi kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi pada pembelajaran bahasa Jepang. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Jepang di SMA Negeri 1 Kerambitan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru menggunakan pendekatan saintifik seperti tahap mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Variasi strategi yang digunakan adalah strategi diskusi, strategi lagu, strategi tanya jawab, strategi drill, strategi permainan, strategi information gap, dan strategi role play. (2) Guru mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dengan memberikan rewards kepada siswa, menggunakan strategi lagu dan permainan, dan menggunakan media lainnya yang menarik.Kata Kunci : Kurikulum 2013, strategi pembelajaran, variasi 本研究の目的は、(1) クランビタン高等学校における日本語授業での学習法のバラエティーを説明する、(2) 日本語学習の問題点を記述する、(3) 問題点を解決することである。研究の退所者は、クランビタンの日本語教員である。データは、観察、インタビュー及び文書化により収集し、定性的記述法により分析する。結果、(1) 教員は観察、質問、情報収集実験、関車付け情報処理、コミュニケーションの側面を備えた科学的なアプローチがされている。また、ストラテジーのバラエティーはディスカッション、音楽、ドリル、ゲーム、インフォメーションガップ、ロールプレイ、Q&Aが使用する。(2) 授業における問題点として、学習者に自信がない、学習者の特性、学習手段です。(3)問題点の解決方法として、報奨を与える、歌とゲームのストラテジーを使用、ほかのおもしろいメディアを使用する。keyword : 2013年カリキュラム、学習法、バラエティー
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI KELAS XII BAHASA SMA N 1 ABIANSEMAL Kusuma, Ida Bagus Gede Ananda Putra; Sadyana, I Wayan; Hermawan, Gede Satya
Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha Vol 5, No 3 (2019)
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbj.v5i3.21456

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) implementasi pembelajaran bahasa Jepang dengan strategi pembelajaran kooperatif di kelas XII Bahasa SMA N 1 Abiansemal, (2) kendala-kendala yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jepang dengan menggunakan strategi kooperatif di kelas XII Bahasa SMA N 1 Abiansemal. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru pada mata pelajaran bahasa Jepang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) implementasi strategi kooperatif dalam pembelajaran bahasa Jepang di kelas XII bahasa SMA N 1 Abiansemal telah dilaksanakan oleh guru. Dalam pembelajaran bahasa Jepang pembelajaran kooperatif dilakukan pada kegiatan latihan pembuatan kalimat. (2) kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan strategi kooperatif dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah kendala pemilihan sumber ajar, kendala dalam organisasi kelompok, dan kendala dalam evaluasi.Kata Kunci : Kata kunci : Bahasa Jepang, Strategi Kooperatif , Strategi Pembelajaran 本研究は、(1)アビアンスマル第一高等学校の日本語学習におけるを協力的学習ストラテジーで研究する事である。(2)アビアンスマル第一高等学校の言語クラスの三年生における実施した共同学習の問題点である。調査対象は日本語教師である。データ収集方法は観察、インタビュー、及び文章化である。それを定性的な記述方法により分析した。その結果、(1)アビアンスマル第一高等学校の言語クラスの三年生における共同学習は教師により実施された。共同学習は基本練習に行われた。(2)教師により共同方法による日本語授業の問題は教材の選択学習者の団体、及び学習者の評価である。keyword : キーワード;日本語、共同方法、教授法
INTERFERENSI BAHASA INDONESIA DALAM PEMILIHAN VERBA PADA SAKUBUN MAHASISWA SEMESTER II JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA JEPANG TAHUN AJARAN 2016/2017 UNDIKSHA Juliastika, I Komang; Mardani, Desak Made Sri; Hermawan, Gede Satya
Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha Vol 5, No 3 (2019)
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbj.v5i3.21487

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahasa Indonesia terhadap sakubun yang dibuat oleh mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang UNDIKSHA. Penelitian ini mengkhususkan pada pengaruh bahasa Indonesia pada pemilihan verba bahasa Jepang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan data yang dikumpulkan dan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Terdapat 17 kesalahan penggunaan verba bahasa Jepang yang disebabkan oleh interferensi bahasa Indoneia dari 32 sakubun yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukan bahwa interferensi bahasa Indonesia terjadi akibat dari kurang pahamnya mahasiswa tentang penggunaan verba yang tepat sesuai degan konteks kalimat. Satu verba dalam bahasa Indonesia bisa memiliki banyak padanan kata dalam bahasa Jepang. Selain itu, penggunaan dari masing-masing kata perlu memperhatikan aspek, seperti siapa yang bertindak sebagai pembicara, siapa yang menjadi lawan bicara dan bagaimana kedudukan masing-masing pembicara. Seperti yang ditemukan, kata ?memberi? jika dicarikan padanannya dalam bahasa Jepang maka akan memunculkan banyak kata seperti ??????agemasu, ??????kuremasu, ????????kudasaimasu, ??????yarimasu. Kata Kunci : Kata Kunci: interferensi, sakubun, kata kerja. ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ?????????????????????????????????????????????????????????????????1??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? keyword : ?????,???
DANSEIGO OLEH TOKOH PRIA BAKUGO KATSUKI DALAM ANIME "BOKU NO HERO ACADEMIA" SEASON 1 Sanjani, PUTU AYU; Adnyani, Kadek Eva Krishna; Suartini, Ni Nengah
Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha Vol 5, No 3 (2019)
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbj.v3i2.21471

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis danseigo dalam konteks ijime. Serta fungsi penggunaan danseigo oleh tokoh pria bernama Bakugo Katsuki dalam anime ?Boku no Hero Academia? season 1. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan korpus data dengan sumber data berupa anime. Sedangkan dalam analisis data menggunakan teori pragmatik dan sosiolinguistik peristiwa tutur ?SPEAKING? Dell Hymes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan danseigo oleh tokoh pria terdapat pada pemilihan ninshou daimeishi, shuujoshi, dan kandoushi. Penggunaan ninshou daimeishi ditemukan sebanyak 4 jenis, yaitu ore, omee, temee, dan yatsu. Penggunaan shuujoshi ditemukan sebanyak 4 jenis, yaitu ka, na, ze, dan zo. Penggunaan kandoushi ditemukan sebanyak 7 jenis, diantaranya oi, kora, hora, aa-?, aa?!, naa, dan kuso. Adapun fungsi penggunaan danseigo antara lain: meninggikan derajat penutur dan merendahkan derajat lawan bicara, penanda adanya rasa marah, atau kesal, memberikan penegasan atau penekanan dalam perintah maupun larangan, serta untuk menghardik atau mengejek lawan bicara.Kata Kunci : anime ?Boku no Hero Academia? Season 1, danseigo, fungsi danseigo. ??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????Dell Hymes?????SPEAKING????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????keyword : ??????????????????????????????????????
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2016 BERBASIS KKNI PADA MATA KULIAH KAIWA CHUJYOKYU DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG Yani, Ni Luh Ayu Trisna; Sadyana, I Wayan; Hermawan, Gede Satya
Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha Vol 5, No 3 (2019)
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbj.v5i3.21390

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum 2016 berbasis KKNI pada mata kuliah kaiwa chujyokyu di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian dalam pembelajaran. Metode pengumpulan data data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen mata kuliah kaiwa chujyokyu di Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Ganesha. Adapun hasil penelitian ini yaitu (1) pelaksanaan pembelajaran pada kaiwa chujyokyu menggunakan 3 variabel pembelajaran, yaitu kognitif, afektif dan psikomotor, (2) pada tahap penilaian kaiwa chujyokyu telah sesuai dengan penilaian pada KKNI yang menekankan pada penilaian proses, (3) pada langkah-langkah teknis analisis data menggunakan tabulasi data, reduksi data, deskripsi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kata Kunci : Implementasi, KKNI, Kaiwa Chujyokyu ???????? ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ???????????????????????????????????????? ????????) ????????????????????????????3??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????keyword : ?????????????????????????
PROFIL STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI LPK TERAKOYA BALI Astina, I Ketut Widi; Hermawan, Gede Satya; Mardani, Desak Made Sri
Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha Vol 5, No 3 (2019)
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbj.v5i3.21457

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) strategi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Jepang di LPK Terakoya, (2) faktor-faktor yang mendasari penggunaan strategi dalam pembelajaran bahasa Jepang di LPK Terakoya. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah pengajar bahasa Jepang di LPK Terakoya Bali. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Jepang di LPK Terakoya yaitu strategi drill, tanya jawab dan role play, (2) faktor-faktor yang memengaruhi pemilihan strategi pembelajaran di LPK Terakoya yaitu faktor keberanian siswa dalam berbicara dan tuntutan pembelajaran yang mengharuskan siswa menguasai bahasa Jepang dengan cepat dalam jenjang waktu yang singkat.Kata Kunci : Profil, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran di LPK. 本研究の目的は(1) テラコヤ・バリ技能訓練協会に おける日本語学習の ストラテジーを 明らかにすることである、(2)テラコヤ・バリ技能訓練協会における日本語学習のストラテジーを使用する要因を明らかにすることである。調査対象はテラコヤ・バリ 技能訓練協会の 日本語教師である。 データ収集方法は見学、インタビュー、及び文章化である。それを定性的な記述法により分析した。 調査結果は使用した ストラテジーは 教練、質疑応答、又はロールプレイである、(2) 使用した要因は 学習者に短時間で 日本語を 身につけさせるからである。keyword : キーワード: プロフィール、授業のストラテジー、テラコヤ・バリ技能訓練協会の学習
REPRESENTASI POST POWER SYNDROME DALAM FILM ANIMASI GOLDEN TIME (2014) KARYA TAKUYA INABA Paramita Rasmi, Ni Nyoman; Sadyana, I Wayan; Hermawan, Gede Satya
Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha Vol 5, No 3 (2019)
Publisher : Undiksha Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbj.v5i3.21493

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan representasi visual yang menunjukkan post power syndrome pada film Golden Time (2014) karya Takuya Inaba. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis mengalir. Objek penelitian ini adalah tanda-tanda yang menunjukkan post power syndrome. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 4 tanda yang menunjukkkan makna denotasi. Tanda yang ditemukan yaitu tanda yang menunjukkan sikap berkuasa, tanda yang menunjukkan penolakan situasi baru, tanda yang menunjukkan rasa tidak percaya diri, dan tanda yang menunjukkan optimisme. Makna konotasi menunjuk kepada transisi perekonomian Jepang dari tahun 1950-an hingga 1980-an. Transisi ini secara mitos digunakan untuk menunjukan optimisme Jepang dalam mentransformasi posisinya di dunia, baik itu dalam bidang industri, politik, maupun ekonomi.Kata Kunci : Post power syndrome, representasi, sang tv tua 本研究の目的はゴールデンタイムフィルム「2014」の稲葉卓也にポストパワー症候群を示す視覚的表現を説明する。本研究は定性的記述法である。 データは流れる分析手法により分析した。対象はポストパワー症候群を示す象徴である。結果は表示の意味を示す象徴が4つである。4象徴は権威 を示す象徴である。新しい状況の拒絶を示す象徴である。自信がないことを示す象徴である。楽観主義を示す象徴である。含意の意味は1950年代から1980年代への日本の経済移行を示す。この移行は、産業、政治、経済の両方の分野で世界における日本の地位を変える楽観的な見方を示す神話である。keyword : ポストパワー症候群、表現、象徴

Page 1 of 75 | Total Record : 745