cover
Contact Name
fajar hidayatullah
Contact Email
fajar@stkippgri-bkl.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ppor@stkippgri-bkl.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis
Published by STKIP PGRI Bangkalan
ISSN : 26211890     EISSN : -     DOI : -
Jurnal ini adalah jurnal yang berisikan kumpulan artikel hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Olahraga dan rekreasi. terbit dua kali dalam setahun di bulan Mei dan November diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan. jurnal ini dapat diakses secara terbuka, yang artinya semua konten yang tersedia bebas diakses tanpa biaya. pengguna diizinkan untuk membaca, mendownload, menyalin, mencari, mencetak, mendistribusikan, atau mensitasi dari artikel tanpa harus meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscipl" : 6 Documents clear
ANALISIS PARTISIPASI MASYARAKAT DAN SUMBER DAYA MANUSIA KEOLAHRAGAAN DI KECAMATAN SIULAK KABUPATEN KERINCI Palmizal; Mashuri, Hendra
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 2 No 1 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscipl
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dan tingkat sumber daya manusia dalam berolahraga di Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Penelitian ini dilakukan di Kecamaptan Siulak, Kabupaten Kerinci, Provvinsi Jambi dengan melibatkan tiga desa yang menjadi sampel penelitian, yaitu Desa Dusun Dalam, Desa Telago Biru, dan Desa Koto Tengah. Pendekatan dan jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif-kualitatif (mixed methods) deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah dengan wawancara dan angket. Teknik sampling yang digunakan adalah multistage random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indeks partisipasi masyarakat dalam berolahraga Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci berada dalam kategori rendah dengan nilai 0,245. Sedangkan indeks sumber daya manusia keolahragaan di Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci dalam kategori rendah dengan nilai 0,0017. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa indeks perkembangan olahraga di Kecamatan Siulak, Kabupaten Kerinci rendah. The purpose of this study to determine the level of community participation and level of human resources in exercising in Siulak District, Kerinci Regency, Province of Jambi. This research was carried out in the subdistrict of Siulak, Kerinci Regency by involving three villages that were the research sample, namely Dusun Dalam Village, Telago Biru Village, and Koto Tengah Village. The approach and type of research is descriptive quantitative-qualitative (mixed methods) research. The instrument used interviews and questionnaires. The sampling technique used is multistage random sampling. The result showed yhat the community participation index in exercising Siulak District, Kerinci Regency is in te low category with a value of 0.245. While the index of sport human resources in the Siulak District, Kerinci Regency is in te low category with a value of 0.0017. the result of this study indicate that te sports development indexx in Siulak District, Kerinci Regency is low.
PENINGKATAN VO2MAX DAN HASIL BELAJAR KEBUGARAN JASMANI MENGGUNAAN METODE BLEEP TEST Hadiono
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 2 No 1 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscipl
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) Mengetahui efektifitas metode Bleep Test dalam pengukuran tingkat kebugaran jasamani. (2) Mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa, (3) Memperoleh data hasil belajar kebugaran jasmani siswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Desain penelitian terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII AK 1 SMKN 1 Kamal tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 32 siswa. Data penelitian ini mencakup; data pengamatan observer dalam kegiatan pembelajaran, catatan lapangan, data tes hasil VO2Max siswa setelah pelaksanaan siklus I, dan setelah pelaksanaan II, data rekapitulasi hasil tes VO2Max. Tehnik pengumpulan data dengan cara observasi, interview, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan Bleep Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat mening¬kat¬kan pada rata-rata kelas, yaitu nilai sikap terdapat 32 (100%) siswa sudah tuntas belajar, pada nilai pengetahuan siswa yang sudah tuntas 32 (100%), pada nilai keterampilan terdapat 26 siswa (81,25%) sudah tuntas belajar, dan 6 siswa (18,75%) yang belum tuntas belajar secara individu. Prosentase ketuntasan belajar klasikal kelas XII AK SMKN 1 Kamal pada siklus II adalah 81,25%. Hal ini menunjuk¬kan bahwa pembelajaran secara klasikal telah tuntas. The objectives of this study are: (1)To know the effectiveness of Bleep Test in measuring physical fitness levels. (2) To know the level of physical fitness of students, (3) To obtain data on student physical fitness learning outcomes. This type of research is Classroom Action Research, by using qualitative descriptive method. The research design consists of four components, namely planning, acting, observing, and reflecting. The research subjects were students of class XII AK 1 SMK 1 Kamal 2018/2019 academic year with 32 students. The data of this study including classroom observation data in learning activities, field notes, test data on the results of VO2Max students after the implementation of the first cycle, and after implementation II, and the recapitulation data of the VO2Max test results. Data were collected by using observation, interviews, and documentation. Meanwhile, Bleep Test was used as research instrument. Based on the research, there are 32 (100%) students who have accomplished learning and their attitudes, there were 26 students (81, 25%) have finished their learning, and 6 students (18,75%) have not completed individual learning yet. The percentage of classical passing grade of class XII AK SMK 1 Kamal in the second cycle was 81.25%. It refers to classical learning was successful.
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN CERAMAH PADA MATA KULIAH ANATOMI I Hidayatullah, Fajar
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 2 No 1 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscipl
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Metode pembelajaran merupakan strategi yang digunakan pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran.Strategi pembelajaran yang direncanakan oleh pendidik akan disesuaikan dengan siapa yang dihadapipendidik, lingkungan belajar dan materi yang akan dibahas. Dalam penelitian ini mahasiswa pendidikanolahraga semester 1 yang menempuh mata kuliah anatomi 1 dengan beban 2 sks. Jumlah pertemuan yangdirencanakan minimal 12 pertemuan dan maksimal 14 pertemuan menyesuaikan dengan situasi yang akandilalui selama proses pembelajaran dalam satu semester. Sebanyak 33 mahasiswa menjadi sampel penelitiandengan teknik population sampling sehingga seluruh mahasiswa semester satu yang berjumlah satu kelasterdiri dari 33 mahasiswa menjadi sampel penelitian. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode ceramahdiyakini dapat memaksimalkan transfer ilmu pengetahuan dengan tepat dan meminimalisir kesalahan materiyang harus dihafalkan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa metode pembelajaran ceramah memberipengaruh positif pada tingkat pengetahuan mahasiswa. Hal ini nampak dari perbedaan nilai pada posttestyang lebih tinggi daripada nilai pretest. Melihat peningkatan rata-rata nilai mahasiswa dari pretest ke posttestdengan nilai pretest sebesar 42.9545 dan posttest sebesar 78.0303 maka jika di persentasekan terjadi kenaikannilai hampir dua kali lipat atau sebesar 81,58%. Learning methods are strategies that use by educators to achieve learning goals. Learning strategiesconducted by educators will be adjusted related to the educator, learning environment and the material to bediscussed. In this study, first semester sports education students who are entering anatomical subjects with aload of 2 credits. The intended number of meetings is a minimum of 12 meetings and a maximum of 14meetings that will be passed during the course of learning anatomy subject for one semester. Total of 33students became research samples with population sampling techniques. First semester students consist of 33students as research samples. Implementation of this methods believed that can be maximizing thetransferred knowledge from the right material and minimize errors that must be remembered. The results ofthe study it was found that using the lecture learning method had a positive influence on the level of studentsknowledge. This can be seen from the higher posttest difference from the pretest. Judging by the averageaverage value from pretest to posttest with a pretest score of 42.9545 and posttest of 78.0303 and if thisincreasing value turn to percentage will be found 81.58% increasing of value.
PENGARUH PEMBERIAN LATIHAN RELAKSASI TERHADAP KECEMASAN DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SMAN 1 GLENMORE BANYUWANGI Larassati, Vabiola; Priambodo, Anung; Jannah, Miftakhul
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 2 No 1 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscipl
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Vabiola Larassati, 2018. Pengaruh Penerapan Latihan Relaksasi Terhadap Kecemasan DanKepercayaan Diri Siswa Ekstrakurikuler Olahraga SMAN 1 Glenmore Banyuwangi. Tesis, ProgramStudi Pendidikan Olahraga, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing; (I)Dr. Anung Priambodo, M. Psi. T dan (II) Dr. Miftakhul Jannah, M. Psi. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui perubahan tentang dampak langsung antara perlakuan relaksasi terhadapkecemasan dan kepercayaan diri siswa ekstrakurikuler olahraga SMAN 1 Glenmore Banyuwangi.Penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan menggunakan subyek 60 siswa ekstrakurikulerolahraga, di bagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengujiandata dilakukan dengan menggunakan angket SCAT dan angket SSCI. Berdasarkan hasil skor siswaterdapat penurunan kecemasan siswa dari pretest 20,2% menurun saat posttest menjadi 18,8%dengan selisih 1,4%, sedangkan untuk kepercayaan diri meningkat saat pretest dari 83,20% menjadisaat pretest 88,8% dengan selisih 4,93%. Vabiola Larassati, 2018. Effect of Application of Exercise Relaxation Against Anxiety and StudentConfidence in Extracurricular Sports at SMAN 1 Glenmore Banyuwangi. Thesis, Sports EducationStudy Program, Postgraduate Program, Surabaya State University. Advisor; (I) Dr. AnungPriambodo, M. Psi. T and (II) Dr. Miftakhul Jannah, M. Psi. This study aims to determine thechanges in the direct impact of relaxation treatment on anxiety and confidence in extracurricularsports students at SMAN 1 Glenmore Banyuwangi. This study uses action research by using thesubjects of 60 extracurricular sports students, divided into 2 groups, namely the experimental groupand the control group. Data testing was carried out using the SCAT questionnaire and SSCIquestionnaire. Based on the results of student scores there was a decrease in students' anxiety from20.2% pretest decreased when posttest to 18.8% with a difference of 1.4%, while for self-confidenceincreased at pretest from 83.20% to pretest 88.8% with difference 4.93%.
PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TGT Dan JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS DAN BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI SMAN I PUJUT LOMBOK TENGAH Ratnasari, Baiq Yudi; Sudijandoko, Andun; Tuasikal, Abdul Rachman Syam
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 2 No 1 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscipl
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan untuk penelitian ini adalah untuk membandingkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipeSTAD TGT dan JIGSAW terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan passing atas dan bawah bola voli.Metode yang digunakan adalah jenis action reseach dengan pendekatan desain pre-tes post-tes. Instrumenyang digunakan adalah pendekatan penilaian portofolio pada keterampilan passing atas dan bawah bola voli.Hasil analisis data menunjukkan bahwa: penerapan model pembelajaran kooperatif STAD menunjukkanpeningkatan nilai keterampilan passing atas sebesar 46,3% dan untuk passing bawah sebesar 43,8%;penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menunjukkan peningkatan nilai keterampilan passingatas sebesar 35,9%, sedangkan pada nilai passing bawah sebesar 43,7%; penerapan model pembelajarankooperatif tipe JIGSAW menunjukkan peningkatan nilai keterampilan passing atas sebesar 46,1%, sedangkanpada nilai keterampilan passing bawah sebesar 44,4%. Dapat disimpulkan bahwa pada materi keterampilanpassing atas serta passing bawah model pembelajaran kooperatif tipe STAD TGT dan JIGSAWmenunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih baik. The Method used in this action research design with pret-tes post-tesa approachment. This study usingportofolio assessment approach on volleybal overhand and Underhand pass skill as instrument. The resultsof data analysis. The implementation of STAD cooperative learning model have shown an increased learningoutput on volleyball overhead pass skill (46.3%) and Undehand pass skill (43,8%). The implementation ofTGT cooperative learning model have shown an increased learning output on volleyball overhead pass skill(35,9%) and undehand pass skill (43,7%). And the implementation of JIGSAW cooperative learning modelhave shown an increased lelarning output on volleyball overhead pass skill (46,1%), and undehand pass skill(44,4%). It can be concluded that in the material of upper and lower passing skill the cooperative learningmodel STAD,TGT and JIGSAW types showed improved learning outcomes.
PERBANDINGAN PENGARUH FOAM ROLLING DENGAN COLD WATER IMMERSION DALAM MENGURANGI KADAR ASAM LAKTAT DAN DELAYED ONSET MUSCLE SORONESS Hikmatyar, Gulbuldin; Hartono, Soetanto; Sri Wahyuni, Endang
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 2 No 1 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscipl
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh Foam rolling dengan Cold waterimmersion dalam mengurangi kadar asam laktat dan efek Delayed onset muscle soroness pada ototquadricep. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain One Group Pre-test and Post-testDesign. subjek penelitian ini adalah 20 mahasiswa UKM Rugby Universitas Negeri Surabaya. Subjek dibagimenjadi dua kelompok. Kelompok 1 diberikan perlakuan Foam rolling dan kelompok 2 diberikan perlakuanCold water immersion. Sebelum diberikan perlakuan RAST masing-masing kelompok diukur kadar asamlaktatnya menggunakan alat ukur Acurrate lactat. barulah diberikan latihan RAST kemudian diukur lagikadar asam laktatnya dan keesokan harinya setelah 24 jam diukur Delayed onset muscle soroness dengan alatukur Visual analog scale (VAS). Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur pengaruh adalah ujiWilcoxon test dan mengukur bedah adalah Uji mann whitney test dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitianmenunjukan bahwa nilai rata-rata pretest dan postest asam laktat pada perlakuan Foam rolling adalah 15,940dan 12,020 uji efektivitas menunjukan penurunan sebesar 3,92 (p value : 0,005). Pada penelitian denganperlakuan Cold water immersion menunjukan bahwa nilai rata-rata pretest dan postest asam laktat padaperlakuan Cold water immersion adalah 11,840 dan 7,880 uji efektivitas menunjukan penurunan sebesar 3,96(p value : 0,005). Perbedaan antara perlakuan Foam rolling dengan Cold water immersion dalam mengurangiasam laktat menghasilkan p value : 0,545 dan Perbedaan antara perlakuan Foam rolling dengan Cold waterimmersion dalam mengurangi Delayed onset muscle soroness menghasilkan p value : 0,294. dapatdisimpulkan bahwa tidak ada perbandingan pengaruh antara Foam rolling dengan Cold water immersiondalam mengurangi kadar asam laktat dan Delayed onset muscle soroness. This study aims to compare the effect of Foam rolling with Cold water immersion in reducing lactic acidlevels and the Delayed onset muscle soroness effect on the quadriceps muscle. This research is aexperimental study with the design of One Group Pre-test and Post-test Design. the subject of this study were20 University of Surabaya UKM Rugby students. Subjects were divided into two groups. Group 1 was giventhe treatment of Foam rolling and group 2 was treated with Cold water immersion. Before being treatedRAST each group measured its lactic acid level using a measuring instrument Acurrate lactate. then RASTtraining was given and then measured again the lactic acid level and the next day after 24 hours, Delayedonset muscle soroness was measured with a Visual analog scale (VAS) measuring instrument. The dataanalysis technique used to measure the influence is the Wilcoxon test and measure the comparison is theMann Whitney test with a significant level of 5%. The results showed that the average value of lactic acidpretest and posttest on rolling Foam treatment was 15,940 and 12,020 effectiveness tests showed a decreaseof 3,92 (p value: 0,005). In the study of Cold water immersion treatment showed that the average value oflactic acid pretest and posttest in Cold water immersion treatment was 11,840 and 7,880 the effectiveness testshowed a decrease of 3,96 (p value: 0,005). The difference between the treatment of Foam rolling with Coldwater immersion in reducing lactic acid produces p value: 0.545 and the difference between the treatment ofFoam rolling with Cold water immersion in reducing Delayed onset of muscle soroness produces p value:0.294. It can be concluded that there is no comparison of the effect of Foam rolling with Cold waterimmersion in reducing lactic acid levels and Delayed onset of muscle soroness.

Page 1 of 1 | Total Record : 6