cover
Contact Name
fajar hidayatullah
Contact Email
fajar@stkippgri-bkl.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ppor@stkippgri-bkl.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis
Published by STKIP PGRI Bangkalan
ISSN : 26211890     EISSN : -     DOI : -
Jurnal ini adalah jurnal yang berisikan kumpulan artikel hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Olahraga dan rekreasi. terbit dua kali dalam setahun di bulan Mei dan November diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan. jurnal ini dapat diakses secara terbuka, yang artinya semua konten yang tersedia bebas diakses tanpa biaya. pengguna diizinkan untuk membaca, mendownload, menyalin, mencari, mencetak, mendistribusikan, atau mensitasi dari artikel tanpa harus meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscipl" : 6 Documents clear
ANALISIS KEBUTUHAN GURU TERHADAP PENILAIAN PJOK DI SEKOLAH DASAR Prastyana, Brahmana Rangga
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 2 No 2 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscipl
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada semakin berkembangnya teknologi pada zaman sekarang, termasuk perkembangan teknologi dalam lingkup pendidikan. Dalam rangka ikut andil pada era Industri 4.0, penting sekiranya memaksimalkan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar, khususnya dalam kegiatan penilaian. Pemanfaatan media dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas penilaian yang dilaksanakan guru PJOK di SD. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui kebutuhan guru terhadap media penilaian pembelajaran PJOK di Sekolah. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriftif dengan subjek penlitian yaitu guru Sekolah Dasar yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) se-Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data yaitu menggunakan angket dengan memanfaatkan google form yang disebarkan melalui whatsApp. Data dianalisis dengan statistik deskriptif menggunakan SPSS. Hasil penelitian memperoleh gambaran bahwa tingkat kebutuhan guru PJOK yang tergabung dalam KKG PJOK se-Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya dalam kategori tinggi. Hal itu diperoleh dari perhitungan distribusi frekuensi sebesar 40% masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dibutuhkan adanya media sebagai penunjang kegiatan penilaian guru PJOK di Sekolah. This research is based on the development of technology in this era, including the development of technology in the sphere of education. To participate in the Industrial era 4.0, it is important to maximize Physical Education, Sports and Health (PJOK) in Elementary Schools, especially in assessment. The use of media is carried out in order to improve the quality of assessments conducted by PJOK teachers in elementary schools. The purpose of this study is to find out the teacher's needs for media especially learning assessment PJOK in Schools. The study uses a descriptive quantitative approach. The subjects in this research are elementary school teachers who are members of the Teacher Working Group (KKG) in Gunung Anyar District, Surabaya City. The instrument in this research is a questionnaire by utilizing the google form and distributed via WhatsApp. Data were analyzed with descriptive statistics using SPSS. The results ilustrate that the level of need for PJOK teachers who are members of the PJOK KKG in Gunung Anyar District, Surabaya City is in the high category. This was obtained from the calculation of the frequency distribution of 40% included in the high category. Based on these results it can be concluded that there is a need for media to support the assessment activities of PJOK teachers in Schools.
TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET SMP ISLAM AS-SHOFA PEKANBARU Yulianti, Mimi; Irsanty, Nesa Putri
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 2 No 2 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscipl
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa ekstrakurikuler bolabasket SMP Islam As-Shofa Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler bolabasket SMP Islam As-Shofa Pekanbaru umur 13-15 tahun yang terdiri dari 10 orang siswa putera. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Sehingga sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa ekstrakurikuler bolabasket SMP Islam As-Shofa Pekanbaru yang berumur 13-15 tahun yang terdiri dari 10 orang siswa putera. Teknik analisa data yang digunakan adalah konversi nilai tes berdasarkan norma tes kebugaran jasmani. Berdasarkan hasil perhitungan maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa ekstrakurikuler bolabasket SMP Islam As-Shofa Pekanbaru tergolong Kurang dengan rata-rata 11. The purpose of this research is to find out the physical fitness of basketball students’ at Islamic Junior High School As – Shofa Pekanbaru. The type of this research is descriptive Quantitative. The population of this research are 13 – 15 years basketball students which consist of 10 boys. The sampling technique of this research is total sampling. So that thesample of this research are 13 – 15 years basketball students which consist of 10 boys. The Data analysis technique of this research is score conversion based on the test physical fitness norm. Based on the calculation, the result of this research shows that the quality of basketball students’ physical fitness at Islamic Junior High School As – Shofa Pekanbaru are low with an average 11
PENGARUH LATIHAN LADDER DRILLS SPEED RUN TERHADAP KECEPATAN (SPEED) Dharma Utamayasa, I Gede
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 2 No 2 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscipl
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Olahraga sendiri merupakan suatu kegiatan yang dilakukan semua orang dengan kemampuan yang dimiliki. Olahraga sendiri sangat populer partisipasinya pada ajang nasional maupun international, maka dari itu untuk mencetak atlet yang profesional harus bisa membuat suatu program latihan yang sesuai dengan cabang olahraganya untuk menunjang prestasi atlet secara maksimal. Kehidupan yang moderen sekarang ini, orang membutuhkan pelatihan (olahraga) untuk menjaga kondisi fisik (kebugaran jasmani). Jenis penelitian ini yang akan dilakukan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen karena mencari hubungan sebab akibat antara dua variabel. Berdasarkan metode eksperimen tersebut, maka digunakan rancangan pre test-post test desain group. Penelitian ini menggunakan sampel pembinaan prestasi Tenis Lapangan Mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang dibagi dalam 1 kelompok yang berjumlah 30 mahasiswa dengan jenis kelamin laki-laki dengan memberikan latihan ladder drill speed run dengan menggunakan uji analisis Paired sample T test. Berdasarkan hasil penelitian bahwa tingkat signifikansi variabel diperoleh sig<0.05 dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan latihan ladder drill speed run terhadap kecepatan. Kemampuan masing-masing individu setelah diberikan treatment ladder drill speed run dapat meningkatkan kecepatan olahragawan. Sports itself is an activity carried out by everyone with their abilities. Sports itself is very popular participation in national and international events, therefore for professional athletes must be able to create training programs in accordance with the branch of sports to support athlete performance to the fullest. In today's modern life, people need training (sports) for physical needs (physical fitness). This type of research that will be conducted is quantitative research methods because it is looking for a causal relationship between variables. Based on the experimental method, a pre-post test design group design was used. This study uses a sample of the Coaching Achievement of Student Tennis Fields at PGRI Adi Buana University Surabaya, which was divided into 1 group that received 30 students with male sex by providing training speed ladder exercises using the Paired sample T test analysis test. Based on the results of the study which showed a significance level obtained sig <0.05 thus given a significant effect on the ladder drill speed running exercise on speed. The ability of each individual after being given a speed drill ladder treatment can increase the speed of an athlete.
KONTRIBUSI KESEIMBANGAN, KELENTUKAN PINGGUL DAN KOORDINASI MATA-KAKI TERHADAP KETERAMPILAN SEPAK MULA ATAS SEPAK TAKRAW (Survei Pada Atlet Klub Olahraga Pelajar Kabupaten Hulu Sungai Selatan) Mudianur
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 2 No 2 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscipl
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Apakah ada kontribusi keseimbangan terhadap sepak mula atlet sepak takraw pelajar Kabupaten Hulu Sungai Selatan?. 2) Apakah ada kontribusi kelentukan pinggul terhadap sepak mula atlet sepak takraw pelajar Kabupaten Hulu Sungai Selatan?. 3) Apakah ada kontribusi koordinasi mata-kaki terhadap sepak mula atlet sepak takraw pelajar Kabupaten Hulu Sungai Selatan?. 4) Apakah ada kontribusi keseimbangan, kelentukan pinggul dan koordinasi mata-kaki terhadap sepak mula atlet sepak takraw pelajar Kabupaten Hulu Sungai Selatan?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode expost fakto dengan teknik tes dan pengukuran. Populasi pada penelitian ini adalah klub olahraga pelajar sepaktakraw Kabupaten Hulu Sungai Selatan berjumlah 40 orang atlet yang terdiri dari 28 atlet putra dan 12 atlet putri, sedangkan sampel sampel pada penelitian ini berjumlah 20 orang atlet dengan menggunakan teknik sampling total (simple random sampling). Kesimpulan penelitian: 1) Ada kontribusi keseimbangan terhadap sepak mula atlet sepak takraw pelajar Kabupaten Hulu Sungai Selatan. 2) Ada kontribusi kelentukan pinggul terhadap sepak mula atlet sepak takraw pelajar Kabupaten Hulu Sungai Selatan. 3) Ada kontribusi koordinasi mata-kaki terhadap sepak mula atlet sepak takraw pelajar Kabupaten Hulu Sungai Selatan. 4) Ada kontribusi keseimbangan, kelentukan pinggul dan koordinasi mata-kaki terhadap sepak mula atlet sepak takraw pelajar Kabupaten Hulu Sungai Selatan
IMPLEMENTASI KURIKULUM K13 PADA PEMBELAJARAN PJOK DI MIN 1 BOJONEGORO Dwi Cahyono, Febryan; Mujahidin, Ali; Bakri
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 2 No 2 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscipl
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasilimplementasi progam kurikulum k13 yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bojonegoro yang memberi perubahan jam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian action research dengan mengamati dan mencari data hasil pembelajaran ujian nasional dan ujian keterampilan/praktik siswa. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif, korelasi dan regresi. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara prestasi akademik siswa dengan kemampuan biomotor yaitu dengan nilai korelasi sebesar0.604. kemudiandari hasil uji analisis regresi menunjukkan bahwa prestasi akademik siswa 36.5% dipengaruhi oleh kemampuan biomotor, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kebijakan penggunaan kurikulum k13 dalam program penambahan jam pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan sudah sesuai dengan usaha madrasahuntuk meningkatkan prestasi akademik dan kemampuan biomotor siswa. This study aims to determine the results of the implementation of the K13 curriculum program conducted at the 1 st Bojonegoro State Madrasah Ibtidaiyah which provides changes in hours of learning in physical education, sports and health. This type of research is a survey research by observing and looking for data on the results of national examination learning and student skills / practice tests. The analysis technique uses descriptive analysis, correlation and regression. From the results of research conducted found that the academic achievement of students has an average value of 73.0, which is included in the category of B grades. While the ability of biomotor students included in the category of B grades is also due to having an average value of 82.7. From the results of the correlation test there is a strong relationship between students' academic achievement and biomotor abilities with a correlation value of 0.604. Furthermore, the results of the regression analysis test showed that 36.5% of students' academic achievement was influenced by biomotor abilities, while the rest was influenced by other factors. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that the implementation of the K13 curriculum influences the academic value and good sports skills of students and in the implementation of four hours of physical education and sports learning is able to influence the students' academic results.
PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR PESERTA SOSIALISASI PERBASI KABUPATEN BANGKALAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PERMAINAN KECIL BOLA BASKET Hidayatullah, Fajar
SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis Vol 2 No 2 (2019): SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdiscipl
Publisher : Penerbit Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan olahraga dan pendidikan jasmani merupakan upaya dalam membentuk karakter manusia. Melalui kegiatan tersebut dapat dibentuk cara berpikir serta berperilaku yang memiliki ciri khas tersendiri pada setiap siswa terutama segi yang positif terkait dengan lingkungan sosialnya. Pemahaman pembentukan karakter yang dibahas meliputi sepuluh aspek yaitu tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan, dan berorientasi teknologi. Permainan kecil yang dilakukan meliputi Line Tiggy, Dribble Knockout, Team Dribble Relays, 4 Pass to Score, Bull in the ring. Kuesioner dengan skala guttman digunakan untuk mengukur pemahaman siswa terkait kesesuaian permainan kecil yang diberikan dengan kesepuluh karakter tersebut. Uji validitas instrumen menggunakan koefisien reprodusibilitas ditemukan besaran 0,904 dan koefisien skalabilitas ditemukan besaran 0,808 sehingga instrumen yang digunakan dinyatakan valid. Uji reliabilitas menggunakan kuder-richardson20 ditemukan nilai 0,6172 artinya instrumen sangat reliabel. Hasil analisis diketahui lebih dari 90% siswa setuju bahwa permainan kecil yang dilakukan membentuk karakter tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis. Sedangkan untuk karakter berorientasi ilmu pengetahuan hanya 72% siswa setuju dapat dilatih dengan permainan kecil bola basket yang dilakukan. Sedangkan pada karakter berorientasi teknologi ditemukan bahwa hanya 60% siswa yang setuju bahwa permainan kecil yang dilakukan mempengaruhi karakter tersebut. Sports activity and physical education is an effort to form human character. Trough these activities can be formed ways of thinking and behaving wich has its own characteristics in every students especially the positive side related to its social environment. Understanding of character formation that being discussed covering ten aspects as though, competitive, noble morals, high moral standards, tolerant, mutual assistance, patriot spirited, developing dynamically, science oriented, and technology oriented. Small games that used in this research covering line tiggy, dribble knockout, team dribble relays, 4 pass to score, bull in the ring. Guttman scale questionnaire used to measure student understanding related to suitability of small game with these tenth characteristics. Instrument validity test using coefficient of reproducibility found a value 0,904 and coefficient of scalability that found a value 0,808 so the instrument that used is declared valid. Reliability test using kuder-richardson20 found a value 0,6172 wich means the instrument is very reliable. Analysis results found that more than 90% of students agreed that small game that used is develop tough character, competitive, noble morals, high moral standards, tolerant, mutual assistance, patriot spirited, developing dynamically. While only 72% students agreed that basketball small games develop science oriented character and only 60% student agreed it develop technology oriented character.

Page 1 of 1 | Total Record : 6