cover
Contact Name
Fadhilaturrahmi
Contact Email
arkhan88fadhila@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
arkhan88fadhila@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Basicedu
ISSN : 25803735     EISSN : 25801147     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN 2580-1147.
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2019): In Press" : 3 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGENAL JENIS-JENIS PEKERJAAN MELALUI METODE JIGSAW DENGAN MEDIA POP UP DI KELAS III SDN 11 AIR KALAM Herawani, Nelli; Hadiyanto, Hadiyanto; Fitria, Yanti
Jurnal Basicedu Vol 3, No 2 (2019): In Press
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (33.383 KB) | DOI: 10.31004/basicedu.v3i2.185

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Peningkatan penelitian belajar jenis-jenis pekerjaan melalui metode jigsaw dengan media pop up di kelas III SDN 11 Air Kalam. Masalahnya guru lebih dominan menggunakan metode ceramah dalam membahas materi. Ini terjadi karena melibatkan media yang sesuai untuk pembelajaran di sekolah tentang siswa yang kurang menyukai dan kurang termotivasi, sehingga hasil belajarnya pun belum mencapai target KKM yang ditentukan yaitu 70. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian tindakan yang Dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Perencanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Subjek penelitian siswa kelas III SDN 11 Air Kalam yang diperoleh 20 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil tes belajar. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus yaitu 56,36, meningkat pada siklus I yaitu 66,82, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,36. Persentase ketuntasan pada siklus I 68% dan siklus II 82%. Dapat menyimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan metode jigsaw dengan media pop up dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan materi yang diterima jenis-jenis pekerjaan. Persentase ketuntasan pada siklus I 68% dan siklus II 82%. Dapat menyimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan metode jigsaw dengan media pop up dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan materi yang diterima jenis-jenis pekerjaan. Persentase ketuntasan pada siklus I 68% dan siklus II 82%. Dapat menyimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan metode jigsaw dengan media pop up dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan materi yang diterima jenis-jenis pekerjaan.
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN BERBANTUAN KALKULATOR DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PALIMANAN BARAT CIREBON Nurhaswinda, Nurhaswinda
Jurnal Basicedu Vol 3, No 2 (2019): In Press
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (33.383 KB) | DOI: 10.31004/basicedu.v3i2.201

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa dengan berbantuan kalkulator pada mata pelajaran matematika di kelas IV-B Sekolah Dasar Negeri Palimanan Barat, Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) dengan menggunakan Model Penelitian Tindakan Kemmis McTaggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Setiap siklus dilakukan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pemantau tindakan dilakukan setelah data terkumpul akan melalui pengecekan kelengkapan data, pengumpulan data, dan penganalisaan data teknik deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan berbantuan kalkulator dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari aktivitas yang diamati dan respon positif dari siswa subjek penelitian dan juga siswa secara keseluruhan terhadap pembelajaran matematika dengan berbantuan kalkulator. Serta dengan adanya peningkatan skor pemahaman konsep perkalian pada subjek penelitian di setiap indikator dan nilai tes akhir siklus seluruh siswa kelas IV-B. Peningkatan nilai pada siklus I jumlah siswa yang mampu mencapai indikator keberhasilan hanya 42.31% siswa, dan meningkat pada siklus II menjadi 88.46% siswa
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MUATAN MATEMATIKA KELAS 4 SD Sari, Selly Purwita; Koeswati, Henny Dewi; Giarti, Sri
Jurnal Basicedu Vol 3, No 2 (2019): In Press
Publisher : LPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (33.383 KB) | DOI: 10.31004/basicedu.v3i2.187

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematika melalui model Problem Based Learning pada kelas IV semester II. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Data diperoleh melalui teknik tes dan non tes. Adapun Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Mulyoharjo 05 Jepara sebanyak 23 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika sebesar 73,8 % dengan kategori sangat kritis dan kritis pada siklus I, 100% siswa dengan kategori sangat kritis dan kritis pada siklus II. Meningkatnya keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika berdampak pada peningkatan hasil belajar matemtaika sebesar 78,2 siswa tuntas pada siklus I dan 95,6 % siswa tuntas pada siklus II.Dengan demikian telah terbukti bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan mata pelajaran matematika.

Page 1 of 1 | Total Record : 3