cover
Contact Name
Fadhilaturrahmi
Contact Email
arkhan88fadhila@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
arkhan88fadhila@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Basicedu
ISSN : 25803735     EISSN : 25801147     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN 2580-1147.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2019): Pages 263- 837" : 4 Documents clear
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN BERBANTUAN KALKULATOR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PALIMANAN BARAT, CIREBON Nurhaswinda, Nurhaswinda
Jurnal Basicedu Vol 3, No 2 (2019): Pages 263- 837
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (33.383 KB) | DOI: 10.31004/basicedu.v3i2.21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa dengan berbantuan kalkulator pada mata pelajaran matematika di kelas IV-B Sekolah Dasar Negeri Palimanan Barat, Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) dengan menggunakan Model Penelitian Tindakan Kemmis McTaggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Setiap siklus dilakukan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pemantau tindakan dilakukan setelah data terkumpul akan melalui pengecekan kelengkapan data, pengumpulan data, dan penganalisaan data teknik deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan berbantuan kalkulator dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari aktivitas yang diamati dan respon positif dari siswa subjek penelitian dan juga siswa secara keseluruhan terhadap pembelajaran matematika dengan berbantuan kalkulator. Serta dengan adanya peningkatan skor pemahaman konsep perkalian pada subjek penelitian di setiap indikator dan nilai tes akhir siklus seluruh siswa kelas IV-B. Peningkatan nilai pada siklus I jumlah siswa yang mampu mencapai indikator keberhasilan hanya 42.31% siswa, dan meningkat pada siklus II menjadi 88.46% siswa
PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS Rosidah, Ani
Jurnal Basicedu Vol 3, No 2 (2019): Pages 263- 837
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (33.383 KB) | DOI: 10.31004/basicedu.v3i2.3

Abstract

Penelitian ini rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS khususnya pada Materi Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi.  Adapun   masalah yaitu bagaimana   hasil belajar siswa dengan menggunakan   model Think Talk Write   pada mata pelajaran IPS. Tujuan   penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Cijurey II Kabupaten Majalengka dalam Pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian yang berjumlah 35orang  siswa Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes  dan  non tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada tes pratindakan diperoleh nilai rata-rata 64,28 dengan ketuntasan 27,6% meningkat pada siklus I dengan rata-rata mencapai 78,14 dengan ketuntasan 59,97% dan meningkat pada siklus  II nilai rata-rata mencapai 82,54 dengan ketuntasan 89%, Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa
MENUMBUH KEMBANGKAN BUDI PEKERTI MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR Kianto, Nofri; Taufina, Taufina; Arief, Darnis
Jurnal Basicedu Vol 3, No 2 (2019): Pages 263- 837
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (33.383 KB) | DOI: 10.31004/basicedu.v3i2.4

Abstract

Artikel ini bertujuan menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat. Sasarannya adalah semua warga sekolah. Gerakan Literasi Sekolah lebih dari sekedar membaca dan menulis namun mencakup ketrampilan berfikir sesuai dengan tahapan dan komponen literasi. Sedangkan dalam praktik yang baik perlu menekankan prinsip-prinsip gerakan literasi sekolah. Agar sekolah mampu menjadi garis depan dalam budaya literasi, maka perlu menggunakan beberapa strategi pelaksanaan. Ada beberapa teknis konsep literasi di Sekolah antara lain secara harian, mingguan, bulanan dan persemester. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik agar pengetahuan dapat dikuasai secara baik. Materi baca berisi nilai-nilai budu pekerti, kearifan lokal, nasional dan global,yang disampaikan sesuai perkembangan peserta didik. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi kegiatan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) menggunakan indikator pencapaian setiap tahapan
PERBEDAAN MODEL CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE (CLIS) DAN MODEL SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SD Indriyani, Desi; Desyandri, Desyandri; Fitria, Yanti; Irdamurni, Irdamurni
Jurnal Basicedu Vol 3, No 2 (2019): Pages 263- 837
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (33.383 KB) | DOI: 10.31004/basicedu.v3i2.48

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model CLIS dan yang menggunakan model Scientific  pada pembelajaran tematik terpadu Kelas IV di SD Negeri 24 Parupuk Tabing. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasi Exsperimental dengan bentuk non equivalent control group design. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik cluster sampling dengan  berdasarkan hasil normalitas dan homogenitas maka terrpilihlah  SDN 52 Parupuk Tabing dengan sampel yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen kelas IVA menggunakan model CLIS yang berjumlah 24 siswa dan kelas kontrol kelas IVB menggunakan model scientific yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian dengan uji-t menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yang menggunakan model CLIS adalah 86,67 dan kelas yang menggunakan model scientific  adalah 75,83. Diperoleh hasil thitung 15,4518 >2,01 ttabel pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan model CLIS dan model scientific  terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD.

Page 1 of 1 | Total Record : 4