Articles
20 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3, No 3 (2019): July Pages 850 - 993"
:
20 Documents
clear
POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENERAPKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH DASAR
Estima Titi Hapsari;
Diana Endah Handayani;
Singgih Adhi Prasetyo
Jurnal Basicedu Vol 3, No 3 (2019): July Pages 850 - 993
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.145
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kedisiplinan siswa, kurangnya perhatian orangtua serta dampaknya kedisplinan siswa yang dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan mendiskripsikan secara ilmiah dan sistematis tentang kecenderungan pola asuh orang tua dalam menerapkan kedisiplinan siswa kelas IV SDN Lobang 01 Batang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualiatif naturalistik yaitu mendiskripsikan tentang pola asuh orang tua dalam menerapkan kedisiplinan pada siswa kelas IV di SD Negeri Lobang 01 secara alamiah. Instrument penelitian ini adalah wawancara dan angket. Semua data yang diperoleh disajikan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua dalam menerapkan kedisiplinan siswa kelas IV SD Negeri Lobang 01 Batang sebagian besar menggunakan pola asuh demokratis. dalam menggunakan gaya pola asuh demokratis orang tua berperan aktif dalam memberikan dorongan dan dukungan agar anak selalu disiplin dan bertanggung jawab dengan menanamkan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan orang tua dengan cara yang berbeda-beda.
PENGARUH PERMAINAN GOBAK SODOR MODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR
Sigit Pambudi;
Ibnu Fatkhu R;
Diana Endah Handayani
Jurnal Basicedu Vol 3, No 3 (2019): July Pages 850 - 993
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (634.726 KB)
|
DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.146
Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran yang masih mengunakan teacher center/tradisional, guru masih keterbatasan media dalam pembelajaran . Hal ini mengakibatkan pada hasil belajar siswa yang tergolong masih rendah. Dengan demikian, masih terdapat beberapa peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan karakter siswa SD yang masih suka bermain dan belajar .Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “apakah media? gobak sodor modifikasi berpengaruh terhadap hasil belajar Siswa Kelas IV Tema 2 Selalu Berhemat Energi SDN 01 Boyoteluk Kabupaten Pekalongan”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media gobak sodor modifikasi terhada hasil belajar siswa kelas IV Tema 2 Selalu Berhemat Energi SDN 01 Boyoteluk Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah True Eksperimental Design dengan Pretest-Posttest one-Group Design. Sodor modifikasi dapat mencapai ketuntasan belajar klasikal sebesar 87% dengan rata-rata nilai pretest adalah 62,8 dan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 76,9.Hasil analisis uji-t diperoleh thitung>ttabel yaitu 67,65>1,7171. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H a diterima, artinya media gobak sodor modifikasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema 2 selalu berhemat energi SDN 01 Boyoteluk Kabupaten Pekalongan
STRATEGI GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SEKOLAH DASAR
Emiliana Ety Hapsari;
Muhammad Syarif Sumantri;
I Made Astra
Jurnal Basicedu Vol 3, No 3 (2019): July Pages 850 - 993
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.171
Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD Regina Pacis dalam menggunakan pendekata saintifik, dengan jumlah siswa sebanyak 18 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah tes dan non tes. Pembelajaran saintifik yang sudah diterapkan pada siswa kelas IV B SDS Regina Pacis Jakarta mampu meningkatkan hasil belajar IPA yang semula mendapat nilai rata-rata 66.39 pada prasiklus, meningkat menjadi 71.94 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 80.83. Sedangkan untuk aktifitas siswa pun juga meningkat setelah diterapkannya pembelajaran saintif hal ini terbukti dari hasil observasi yang mendapatkan hasil rata-rata 74.1 dan meningkat menjadi 77.78. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran saintifik dalam penelitian ini sudah mencapai tujuannya yaitu meningkatkan hasil belajar IPA
EVALUASI PROGRAM KEWIRAUSAHAAN DI SDK21 PENABUR
Gendis Woro Pawestri;
Muhammad Syarif Sumantri;
Erry Utomo
Jurnal Basicedu Vol 3, No 3 (2019): July Pages 850 - 993
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.172
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik di SDK Penabur dalam pelaksanaan program kewirausahaan terutama dalam penguasaan ketrampilan (skills) dan karakter serta perolehan nilai dalam ujian nasional. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Design model dalam penelitian ini menggunakan model CIPP. Penelitian ini dilaksakan di SDK Penabur wilayah Jabodetabek. Hasil menunjukkan tiga aspek yang dievaluasi yakni hasil belajar siswa, respon orang tua, dan respon siswa. Pada aspek hasil belajar, semua kriteria dinyatakan telah terpenuhi. Adapun aspek respon orang tua dan siswa terdapat beberapa kriteria yang belum sesuai yakni kriteria orang tua dan siswa yang memahami hakekat, maksud dan manfaat dari penyelenggaraan program entrepreneurship. Implikasi dalam penelitian ini, diharapkan program entrepreneurship berdampak pada motivasi belajar siswa dan membudayakan kecakapan life skill siswa sekolah dasar
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Yayan Alpian;
Aang Solahudin Anwar;
Puspawati Puspawati
Jurnal Basicedu Vol 3, No 3 (2019): July Pages 850 - 993
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (117.136 KB)
|
DOI: 10.31004/basicedu.v3i3.174
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran contextual teaching and lerning terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Kondangjaya III. Penelitian ini merupakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent comparison-group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kondangjaya III yang terdiri atas 4 kelas yaitu VA, VB, VC, dan VD. Teknik pengumpulan data penelitian dengan simple Random Sampling. Teknis analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang belajar menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning dan kelas yang belajar tanpa model pembelajaran contextual teaching and learning. Hal ini diperoleh rhitung sebesar 0,696 > rtabel 0,242 dengan signifikan 0,05 dan n = 66 bahwa H0 ditolak. Artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran contextual teaching and lerning terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Kondangjaya III.
PENINGKATAN PARTISIPASI PIKIRAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM)
Nofriza Efendi;
Yanti Fitria;
Farida Fahrudin;
Syahniar Syahniar
Jurnal Basicedu Vol 3, No 3 (2019): July Pages 850 - 993
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (115.808 KB)
|
DOI: 10.31004/basicedu.v3i3.180
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan partisipasi pikiran siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 24 Kalumbuk Kota Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum sepenuhnya siswa berpartisipasi pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 24 Kalumbuk Kota Padang. Siswa belum banyak terlihat seperti mengemukakan pendapat, bertanya, dan menjawab pertanyaan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan para siswa kelas IV SDN 24 Kalumbuk Kota Padang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan instrumen penelitian berupa lembar pengamatan, dokumentasi dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan partisipasi pikiran siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat pada hasil rekapitulasi partisipasi pikiran siswa pada siklus I adalah 62,7% dengan kategori Cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat meningkatkan partisipasi pikiran siswa di kelas IV SDN 24 Kalumbuk Kota Padang.
KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
Gingga Prananda;
Hadiyanto Hadiyanto
Jurnal Basicedu Vol 3, No 3 (2019): July Pages 850 - 993
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1302.33 KB)
|
DOI: 10.31004/basicedu.v3i3.181
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) motivasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar, (2) hasil belajar IPA siswa kelas IV sekolah dasar (3) korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV 43 Sungai Sapih Padang yang berjumlah 73 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling dengan banyak jumlah sampel yaitu 49 orang. Data dikumpulkan dengan instrument penelitian berupa kuesioner. Dari 30 butir soal yang di uji coba, terdapat 28 soal yang valid. Teknik analisa data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata motivasi belajar siswa sebanyak 74,1 dan rata-rata hasil belajar siswa sebanyak 71,5 terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 43 Sungai Sapih Padang dengan nilai uji korelasi 0,323 dan nilai koefesien rendah.
MULTIMEDIA INTERAKTIF BERMUATAN PERMAINAN EDUKATIF DI SEKOLAH DASAR
Vini Ariani Erwin;
Yarmis Syukur
Jurnal Basicedu Vol 3, No 3 (2019): July Pages 850 - 993
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/basicedu.v3i3.183
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif bermuatan permaina edukatif dengan memanfaatkan teknologi untuk siswa kelas V sekolah dasar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran yang cenderung belum memanfaatkan teknologi. Media yang dikembangkan menggunakan bantuan program adobe flash CS 6. Materi pada media berupa pembelajaran tematik yang mengintegrasikan beberapa mata pelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D (define, design, develop, disseminate). Data penelitian ini diperoleh dari uji validitas (lembar validasi media), praktikalitas (angket respon siswa dan guru), serta efektivitas (aktivitas dan hasil belajar siswa). Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran tematik telah valid (isi media sesuai kurikulum, desain dan layout menarik, kemudahan pengoperasian, bahasa mudah dipahami siswa, serta penyajian jelas sesuai karakteristik siswa), praktis (isi dan tujuan yang jelas, mudah dibaca, tampilan menarik, dan dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran), serta efektif (dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa).
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA
Lise Wardinal;
Yalvema Miaz;
Farida Mayar;
Irdamurni Irdamurni
Jurnal Basicedu Vol 3, No 3 (2019): July Pages 850 - 993
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1374.211 KB)
|
DOI: 10.31004/basicedu.v3i3.184
This type of research is a type of quasi-experimental research in the form of Random Research Group Control.The sample technique is Simple Random Sampling.The sample in this study was the experimental group class IV A using the Science Technology Community Learning Model (STM). Based on the results of the study showed that the model of Community Science Technology Learning (STM) affects the activities and learning outcomes in elementary schools that are tested and processed using t test.The results of the learning activity questionnaire before learning were obtained tcount = and the questionnaire test after learning were obtained tcount =. In addition, data showing pretest learning outcomes obtained tcount = with ttable = 2.024 and posttest learning outcomes tcount = with ttable = 2.024 at a significance level ɑ = 0.05. So it can be concluded that there is an influence of the Community Science and Technology Learning Model (STM) on the activities and learning outcomes of fifth grade students of SD 12 Padang Koto Gadang.
Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Snowball Throwing di Sekolah Dasar
MIRA SANTIKA;
Farida Fahrudin;
Weni Aulia
Jurnal Basicedu Vol 3, No 3 (2019): July Pages 850 - 993
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (38.97 KB)
|
DOI: 10.31004/basicedu.v3i3.189
This study was motivated by the low activity and student learning outcomes in science teaching class V SDN 28 Jorong Nan Tigo Pesisir Selatan District. The purpose of this study was to describe the increase in activity and learning outcomes fifth grade students of SDN 28 Jorong Nan Tigo Pesisir Selatan District, using the model Project Based Learning. This type of research is classroom action research (PTK). This study was conducted in two cycles. The data source is a fifth grade students of SDN 28 Jorong Nan Tigo Pesisir Selatan District amounted to 18 people. The instrument used is the observation sheet student activities, teacher observation sheet activities and achievement test. Based on the analysis of activities and student learning outcomes, student activity observation Score average first cycle of 58.32%, an increase in cycle II became 78.88% and student learning outcomes in the first cycle with an average of 61.11% completeness increased in the second cycle amounting to 78.05%. It can be said, learning science by using Project Based Learning model of increasing the activity and student learning outcomes. From the research, it is recommended that teachers can use the model of Project Based Learning in an effort to increase the activity and student learning outcomes in learning science.