cover
Contact Name
Fadhilaturrahmi
Contact Email
arkhan88fadhila@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
arkhan88fadhila@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Basicedu
ISSN : 25803735     EISSN : 25801147     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN 2580-1147.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227" : 25 Documents clear
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEPTUAL MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH PERENCANAAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK Wahyu Susiloningsih
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.270

Abstract

Sebagai seorang calon guru SD tugas utama adalah mampu merencanakan suatu perencanaan pembelajaran yang inovatif. Untuk itu, pemahaman konseptual dalam merencanakan pembelajaran harus ditekankan pada seluruh mahasiswa PGSD. Pemahaman konseptual merupakan suatu proses bertahap yang masing-masing tahap mempunyai kemampuan tersendiri, seperti; menerjemahkan, menginterprestasikan, ekstrapolasi, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi. Salah satu mata kuliah prasyarat bagi seluruh mahasiswa PGSD lulus dalam mata kuliah perencanaan pembelajaran mengingat pentingnya suatu perencanaan dalam pembelajaran sebagai bekal menjadi seorang pendidik. Adapun tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konseptual mahasiswa PGSD dalam merencanakan pembelajaran. Objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD angkatan 2017 sebanyak tiga mahasiswa. Penelitian yang akan dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif karena dari data yang diperoleh merupakan data yang berupa kalimat-kalimat deskriptif dan gambar-gambar visual. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam 5 tahapan, yaitu tahap awal meliputi studi literature dan studi empiric, tahap penyusunan soal tes, tahap utama pemberian soal kepada mahasiswa, tahap analisis data, dan tahap pelaporan. Dari penelitian yang telah dilaksanakan, diketahui bahwa perencanaan pembelajaran sebagai sub sistem dari sistem pembelajaran, dengan demikian memiliki komponen-komponen yang memiliki fungsi sendiri-sendiri dan saling terkait bersama-sama untuk mencapai tujuan dan berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa pemahaman konseptual dalam perencanaan pembelajaran mahasiswa dinyatakan “sangat baik”
CALON GURU SEKOLAH DASAR: SUDAHKAH MENJADI SUMBER DAYA MANUSIA YANG LITERAT? Cholifah Tur Rosidah
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.272

Abstract

Penyelarasan gerakan literasi sekolah ialah dengan gerakan literasi kampus. Kehidupan kampus terutama yang berperan sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan hendaknya berupaya keras menciptakan calon pendidik yang literat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebagai calon guru sekolah dasar apakah termasuk dalam sumber daya manusia yang literat atau bukan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh mahasiswa PGSD Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang berjumlah 880 mahasiswa. Selanjutnya diambil sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling hingga diperoleh tiga kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, dan observasi. Instrumen yang dibutuh dalam penelitian ini antara lain angket, daftar pertanyaan wawancara, dan lembar observasi. Kemudian data yang telah dikumpulkan di analisis dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Adapun hasil dari penelitian ini ialah belum semua mahasiswa PGSD menjadi SDM yang literat.
PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR Adnan Adnan; Riski Kurniawati; M Husin; M Yamin
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.276

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar dan ketrampilan menulis dengan menggunakan media yang bertuliskan kata dan kalimat. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan yang menjadi subjek adalah siswa sekolah dasar semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Tindakan yang dilaksanakan ada dua siklus. Pada siklus I  rata-rata hasil belajar siswa diperoleh dengan nilai 61,9 yang terdiri 11siswa tuntas (47,82%) dan 12 siswa (52,18%) tidak tuntas. Untuk siklus II nilai hasil belajar meningkat dengan nilai rata-rata 78,26. siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus II berjumlah 21 siswa (91,30) dan yang tidak tuntas berjumlah 2 siswa (8,70%). rata-rata nilai siklus II diatas KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 65. ketuntasan secara klasikal 80% meningkat dari 47,82% pada siklus I menjadi 91,30%. Dengan demikian melalui pembelajaran menggunakan media dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa di Sekolah Dasar
HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA NARAPIDANA ANAK DI LAPAS KLAS 1 KUTOARJO Yehezkiel Adi Nugroho
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.279

Abstract

 The research aims to knowing the relationship between social support and psychological well-being in child prisoner. This research is designed by using sampling saturated technique with 53 participants. Variable of family social support using Cutrona’s theory (1987) which consist of 24 items and psychological well-being variable using Ryff’s theory (1989) which consists of 42 items. The research method in data collecyion using scale method. That is the scale of family social support and the Ryff’s psychological well-being scale. Data analysis using the product moment correlation analysis techniques and obtained a comparison coefficient of 0,688 with a sig value.= 0,000 (p< 0,001). Based on the research result shows a positive relationship between family social support and psychological well-being on child prisoner in prison in kutoarjo. 
PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR Sri Mulyani; Farida F
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.281

Abstract

One effort to improve the quality of education in Indonesia is through efforts to improve teaching and learning at all levels of education. The 2013 curriculum uses an integrated thematic learning approach from class I to class VI. Integrated thematic learning emphasizes student involvement in learning. One way that must be done by teachers in integrated thematic learning, especially in making LKPD is to have to link the material to the real situation of students in life in the community where they will work and live life, namely learning by using experimental methods in the learning process.This study aims to develop learning tools for thematic-oriented experiments in the form of lesson plans, student books, and student worksheets that are valid, practical, and effective.This equipment was developed using a four-D model. Spread not done. Data collection is done by validating and trying out the tools developed. The equipment design has been designed, validated by three experts and practices and then limited tested in class IV of SDN Dadok Tunggul Hitam Padang to determine the alignments and effectiveness of the equipment developed. From the results of this research, it can be seen that experimental learning oriented science equipment for elementary school consisting of lesson plans, and student worksheets has a very valid category. Based on limited tests, it can be seen that the implementation has a good category. Teacher and student responses after using this learning tool showed positive results where the average response was appropriate. Monitoring student activities is very high. Cognitive, affective, and motoric assessments show more completeness than the minimum standard. The conclusion of this study is that science-oriented experimental equipment for elementary schools is declared to be very valid, practical and effective.
HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY DENGAN SUBJECTIVE WELL BEING PADA MAHASISWA BARU DI ETNIS TIMUR (IKMASTI) DI SALATIGA Junaldi Bistolen; M Erna Setianingrum
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.284

Abstract

Education is one of the important needs for people in living their lives. In the eastern region of NTT, education has started to become a top priority, many students choose to migrate to get a good education, but in the transition and overseas life when students are unsure of their abilities, it will have an impact on student life satisfaction in overseas areas  and lectures. This research aims to determine the relationship between self efficacy and subjective well-being in ethnic Ikmasti students in Salatiga, this study uses a sampling technique saturated with participants involved 60 people taken from Ikmasti students. Data collection was carried out for 1 week. The self efficacy variable was composed by Albert Bandura (1997) consisting of 40 items and subjective well-being Diener (1984) and Watson & Telegen (1988) consisting of 40 items. The method used in this study for data collection uses a scale method, namely the scale of self efficacy and subjective well-being scale. Data analysis using product moment correlation analysis techniques and the results obtained by correlation coefficient 0.525 with sig.  = 0,000 (p ˂ 0,001). The results showed a positive relationship between self-efficacy and subjective well-being in ethnic Ikmasti students in Salatiga.
PENGGUNAAN STRATEGI GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR Yalhendra Sunata; Ramalis Hakim; Farida Fahrudin; Farida Mayar
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.286

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah  siswa kelas IV SDN 14 Ganting Dodok sebanyak 18 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan tiap siklus terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan Strategi Group Resume 
ANALISIS PEMAHAMAN GURU MI TENTANG ALAM SEMESTA MELUAS DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN SAINS Yayuk Cicilia; Rian Vebrianto; Zarkasih Zarkasih
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.294

Abstract

Some MI teachers do not understand about the expanding universe in Islamic and scientific perspectives. So the authors are interested in raising the analysis of this problem. The aim of the study was to find out the understanding of teachers and prospective MI teachers in the field of science studies about the expanding universe in Islamic and scientific perspectives. The type of this research is survey research. Which research phase used is quantitative descriptive. Analysis of the data is to calcify data, test hypotheses, analyze findings and make conclusions. Based on the results of the questionnaire it was found that the teacher's understanding of the universe expanded in Islamic perspective and science were in the category of understanding.
PENERAPAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR Anggy Giri Prawiyogi; Sri Wulan Anggraeni; Teten Ginanjar Rahayu
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.295

Abstract

Permasalahan dalam pelajaran matematika siswa kurang tertarik terhadap pelajaran matematika karena matematika dianggap sebagai pelajaran yang paling sulit diantara pelajaran yang lainnya serta lemahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV di SDIT Cendekia Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitiam Tindakan Kelas desain yang lebih dikenal dengan sistem spiral refleksi diri yang dimulai dari rencana, tindakan, pengamatan refleksi dan perencanaan kembali yang merupakan dasar untuk persiapan pemecah masalah. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV D berjumlah 31 siswa. Aktivitas siswa dalam pembelajaran Matematika dan kemampuan Berpikir Kreatif Matematis siswa setelah penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada pembelajaran Matematika mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Terlihat dari perolehan nilai rata-rata kelas, nilai ketuntasan belajar siswa secara individu, dan Daya Serap Klasikal kelas mengalami peningkatan yang sangat baik pada setiap siklusnya. Pada siklus pertama, nilai rata-rata siswa hanya 66.93 dengan tingkat Daya Serap Klasikal mencapai 51,61%, kemudian setelah diterapkannya model pembelajaran CPS selama tiga siklus, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78,23 dengan tingkat Daya Serap klasikal mencapai 87,10%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CPS telah berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SDIT Cendekia
Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik Adib Rifqi Setiawan
Jurnal Basicedu Vol 4, No 1 (2020): January, Pages 1-227
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i1.298

Abstract

Pembelajaran tematik adalah metode pembelajaran yang mendukung tema khusus untuk mengajarkan beberapa konsep kurikuler. Konsep integrasi beberapa subjek untuk mengajar di sekolah Indonesia, secara umum bukan hal baru dan tidak berhasil pada masa lalu. Sebagai tambahan, beberapa orang menanggap pembelajaran tematik adalah satu kesempatan sementara sebagian lain mempertimbangkan masalah ini. Namun, jawaban untuk cara menerapkan pembelajaran tematik belum dikaji secara lengkap. Penelitian ini menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran tematik untuk membimbing siswa dalam memperoleh literasi saintifik, mengggunakan memperoleh R&D model 4D yaitu: mendefinisikan , merancang , mengembangkan , danmenyebarluaskan . Untuk mempertimbangkan penerapan dari hasil ini, kami menggunakan format observasi penerapan dan memenangkan literasi saintifik siswa. Lebih lanjut, untuk mengelaborasi profil literasi siswa, kami menganalisis profil ini berdasarkan motivasi belajar dan penguasaan konsep melalui penelitian korelasional . Luaran penelitian ini adalah program pembelajaran pembelajaran tematik berorientasi literasi saintifik yang keabsahan dan dikelola secara umum dalam kategori dapat digunakan. Program Penerapan ini menunjukkan bahwa program dapat diterapkan oleh guru dan juga dapat diikuti oleh siswa. Profil literasi saintifik memiliki motivasi linier positif dengan motivasi belajar dan penguasaan konsep.

Page 1 of 3 | Total Record : 25