cover
Contact Name
Fadhilaturrahmi
Contact Email
arkhan88fadhila@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
arkhan88fadhila@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Basicedu
ISSN : 25803735     EISSN : 25801147     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN 2580-1147.
Arjuna Subject : -
Articles 73 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467" : 73 Documents clear
Pengaruh Pembelajaran Tematik Melalui Pendekatan Saintifik terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar Rosalinda Puspitasari Banjar; Patri Janson Silaban; Anton Sitepu
Jurnal Basicedu Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i4.527

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tematik melalui pendekatan saintifik terhadap minat belajar siswa kelas V SD Negeri 173299 Paniaran tahun pembelajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 173299 Paniaran tahun pembelajaran 2020/2021 berjumlah 267 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dalam hal ini peneliti memilih kelas V yang berjumlah 45 siswa untuk dijadikan sebagai sampel dalam penelitian. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif jenis survey. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil angket, dan studi dokumentasi. Untuk mengetahui hipotesis dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan uji lineritas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik memiliki rata-rata 70,37 dengan kategori sangat tinggi dan minat belajar memiliki 67,6 dengan kategori sangat tinggi. Pendekatan saintifik terhadap minat belajar berpengaruh positif dan signifikan hal ini didukung dengan hasil pengujian hipotesis uji t dimana nilai thitung > ttabel yaitu 6,293 > 1,679 dan signifikan sebesar 0,000 < 0,05 lebih kecil dari taraf signifikan 5% maka Ho diterima yaitu ada pengaruh pendekatan saintifik yang positif serta signifikan antara pendekatan saintifik terhadap minat belajar siswa kelas V SD Negeri 173299 Paniaran Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Analisis Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris SD Berdasarkan Karateristik Pembelajar Muda pada Kelas Rendah Vitri Angraini Hardi; Muhammad Syahrul Rizal
Jurnal Basicedu Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i4.605

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan peneliti merupakan instrument kunci. Namun untuk mendukung proses penelitian, dilakukan triangulasi instrument penelitian. Penelitian ini diawali dengan wawancara lapangan kepada narasumber yaitu guru SD Pahlawan yang mengampu mata pelajaran bahasa inggris di kelas III SD Pahlawan. Kemudian, instrument lainnya yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar ceklis dan dokumentasi kegiatan untuk memperkuat temuan data. Selanjutnya peneliti menggunakan teknik triangulasi untuk memeriksa keabsahan data dengan melakukan wawancara ulang kepada narasumber sebanyak dua kali. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa buku teks sebagai bahan ajar dituntut untuk mampu mempermudah siswa dalam memahami pembelajaran. Sejalan dengan hal tersebut, buku teks yang baik dalam pembuatannya melibatkan karakteristik siswa. Hal ini dikarenakan karakteristik mempengaruhi kegiatan pembelajaran. Karakteristik berkaitan dengan kualitas diri yang dimiliki seorang individu. Memahami karakter berarti melakukan identifikasi terhadap individu. Hal ini penting dikarenakan ada hubungan yang kuat antara katrakter siswa dan proses pengembangan instruksional dan Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) yang dihasilkan dari penelitian ini adalah berupa konsep terkait kesesuaian karakteristik siswa dan buku teks yang digunakan
Analisis Praktik Refleksi Guru Dalam Konteks Program Pendidikan Inklusif : Studi Kasus Empat Guru Kelas Inklusif Di Sekolah Dasar Keren Hapkh Watulingas; Wiputra Cendana
Jurnal Basicedu Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i4.467

Abstract

Praktik refleksi telah menjadi salah satu prinsip utama dalam menjalankan pendidikan inklusif yang sukses. Dengan praktik refleksi, guru dapat memeriksa sikap mereka dan membedakan praktik penilaian, pengajaran, dan pengelolaan kelas mereka, untuk mengakomodasi kebutuhan setiap siswa dan memberikan semua siswa akses dan kemajuan dalam kurikulum pendidikan umum. Penelitian ini mengidentifikasi praktik refleksi yang dilakukan oleh guru dalam rangka memenuhi peranannya dalam pendidikan inklusif dan mengetahui faktor penghalang bagi guru dalam melaksanakan praktik refleksi.  Penelitian ini melibatkan empat guru kelas inklusif di sebuah sekolah dasar di Jakarta. Metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan untuk menggambarkan praktik refleksi pada setiap guru dalam konteks pendidikan inklusif. Prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan jurnal refleksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa setiap responden telah mulai melakukan praktik refleksi dalam pembelajarannya dengan mencerminkan sikap guru reflektif yaitu berpikiran terbuka, sepenuh hati, dan bertanggungjawab. Hasilnya, guru mampu mengidentifikasi, mengakomodasi, and memotivasi siswa dengan kebutuhan khusus.Kata kunci: praktik refleksi, pendidikan inklusif, peran guru
Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Dasar Feni Herlina; Taufina Taufina
Jurnal Basicedu Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i4.456

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika dengan pendekatan Matematika Realistik di kelas VI SDN 18 V Koto Timur Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 18 V Koto Timur dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI yang berjumlah 10 orang. Hasil penilaian RPP siklus I diperoleh rata-rata 77% dengan kriteria baik, siklus II 82% dengan kriteria sangat baik. Penilaian aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 76% dengan kriteria baik dan siklus II diperoleh 81% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 69% dengan kriteria cukup dan siklus II 79% dengan kriteria baik. Pendekatan matematika realistik terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika kelas VI SDN 18 V Koto Timur.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar Lifda Sari; Taufina Taufina; Farida Fachruddin
Jurnal Basicedu Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i4.434

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik dengan model PjBL untuk siswa kelas V yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan berdasarkan model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik dilhat dari segi isi, bahasa, penyajian, kegrafikaan dan RPP, keseluruhan 3,59 dengan kategori sangat valid. Pratikalitas Lembar Kerja Peserta Didik dilihat dari respon pendidik dengan rata-rata 88,9% dan efektivitasnya 86,7%.  Dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik menggunakan model PjBL layak digunakan di kelas V SD
Pengembangan Bahan Ajar Tematik Pada Keterampilan Menulis Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round Table di Sekolah Dasar Lylga Febrina; Taufina Taufina; Farida Fachrudin
Jurnal Basicedu Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i4.438

Abstract

Keterampilan menulis siswa pada saat ini sangat rendah. Hal ini diakibatkan karena bahan ajar yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih belum mencakup materi yang sesuai dengan indikator ketercapaian didalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan juga belum terlihat sesuai dengan materi yang dijelaskan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desai 4D dimana peneliti membuat sebuah bahan ajar sesuai dengan kebutuhan dan ketercapaian yang ditujukan oleh guru. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 18 Sitiung. Pada awal penelitian dilakukan observasi untuk melihat kondisi awal sebelum digunakan bahan ajar yang didesain guru dengan menggunakan model tipe round table. Model pembelajaran tipe round table  menggunakan prinsip : 1) Berpusat pada siswa, 2) Mengembangkan kreativitas siswa, 3) Menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang, 4) Bernilai, etika, estetika, logika, dan kinestika, dan 5) Menyediakan pengalaman belajar yang beragam
Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring Mirzon Daheri; Juliana Juliana; Deriwanto Deriwanto; Ahmad Dibul Amda
Jurnal Basicedu Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i4.445

Abstract

Belajar daring pada sekolah dasar banyak menggunakan media WhatsApp. Penting untuk menelisik bagaimana efektifitas belajar daring melalui WhatsApp. Peneliti melakukan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif pada berbagai Sekolah Dasar. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran daring melalui WhatsApp pada sekolah dasar cendrung tidak efektif. Sangat diperlukan evaluasi peran guru juga orang tua dalam hal ini kedepan.
Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Narasi dengan Menggunakan Mind Mapping dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Eliyanti Eliyanti; Taufina Taufina; Ramalis Hakim
Jurnal Basicedu Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i4.439

Abstract

Salah satu bentuk keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik adalah keterampilan menulis. Namun, pada saat ini keterampilan menulis peserta didik ssngat rendah. Salah satu penyebab rendahnya keterampilan menulis peserta didik adalah bahan ajar yang digunakan masih minim. Materi yang akan diajarkan kepada peserta didik eblum semuanya tercakup dalam bahan ajar. Untuk mengatasi demikian perlu adanya pembuatan bahan ajar yang oleh guru sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan dibantu dengan teknik yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Taknik yang sesuai untuk keterampilan menulis peserta didik adalah teknik mind mapping. Teknik mind mapping adalah teknik yang terdiri atas pola - pola pemikiran dan kemudian dikembangkan kedalam bentuk tulisan narasi.  Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 04 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Pada awal penelitian dilakukan observasi untuk melihat kondisi awal sebelum digunakan bahan ajar yang didesain guru dengan menggunakan teknik mind mapping
Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kritis Siswa Menggunakan Metode Discovery Learning di Sekolah Dasar Septiana Aisyiah; Taufina Taufina; Maria Montessori
Jurnal Basicedu Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i4.454

Abstract

Tujuan dari penlitian ini adalah untuk mningkatkan ketrampilan berpikir kratif and kritis siswa dalam pemblajran IPS dnganmengunakan mthode Discovery Learning di kelas IV sekolah dasar. Jenis penlitian ini adalah Penlitian Tindakan Kelas dnganmengunakan pendekatan kualitatif and kuantitatif. Subjek penlitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 30 orang yng terdiri dari 13 pria and 17 wanita. Penlitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dnganprosedur penlitian yng terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, and refleksi. Hasil penlitian menunjukkan peningkatan dalam hal a) RPP Siklus I adalah 76,79 %% and Siklus II 96%, b) Implementasi pada aspek guru pada siklus pertama adalah 80% and siklus kedua adalah 95% seandgkan implementasi pada aspek siswa pada siklus I adalah 75% and siklus II 95%, c) Ketrampilan berpikir kratif and kritis siswa pada siklus I adalah 75,89% and siklus kedua adalah 75,89%. Penlitian ini menyimpulkan bahwa dnganmengunakan mthode Discovery Learning, ketrampilan berpikir kratif and kritis siswa kelas IV hingga 44 KLB Kota Padang meningkat
Pengaruh Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Nur Endah Hikmah Fauziyah; Indri Anugraheni
Jurnal Basicedu Vol 4, No 4 (2020): October, Pages 775-1467
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v4i4.459

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik siswa kelas V SDN Blotongan 03 Tahun Ajaran 2019/2020 sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Populasi dan sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V SDN Blotongan 03 yang berjumlah 31 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre-eksperimental dengan tipe One-group Pretest-Posttest Design. Dalam pengumpulan data, instrumen yang digunakan yaitu tes berupa uraian dan dokumentasi. Analisis data berupa data kuantitatif yaitu perhitungan rata-rata nilai pretest-posttest, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji One Sample T-test menggunakan teknik one samples test dengan bantuan SPSS 20. Hasil penelitian : 1) kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik siswa sebelum menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) nilai rata-rata sebesar 63,27. 2) kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik siswa setelah menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) nilai rata-rata sebesar 74,12. 3) hasil analisis data one sample T-test menggunakan teknik one samples test diperoleh hasil t hitung 60,208 > t tabel 1,698 dan nilai signifikansi <0,05 (0,000 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik siswa kelas V SDN Blotongan 03 Tahun Ajaran 2019/2020 dengan menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament).