cover
Contact Name
Fadhilaturrahmi
Contact Email
arkhan88fadhila@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
arkhan88fadhila@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Basicedu
ISSN : 25803735     EISSN : 25801147     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN 2580-1147.
Arjuna Subject : -
Articles 143 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000" : 143 Documents clear
Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Montessori pada Siswa Sekolah Dasar Bisron Mangait Tua Sitinjak; Dewi Anzelina; Saut Mahulae; Patri Janson Silaban
Jurnal Basicedu Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v5i5.1008

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode montessori di kelas V SD Negeri 066650 Medan Kota Tahun Pembelajaran 2020/2021. (2) Untuk mengetahui Pendekatan metode montessori pada pelajaran Tematik Tema Lingkugan Sahabat Kita di kelas V SD Negeri 066650 Medan kota Tahun Pembelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan terhadap tes hasil belajar, aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa siklus I dengan rata-rata skor sebesar 59 dengan kategori cukup dan aktivitas siswa pada siklus II sebesar 96 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian berdasarkan hasil tersebut maka terjadi peningkatan sebesar 37%. Hasil belajar siswa siklus I dan siklus II diketahui bahwa nilai rata- rata tes evaluasi dari 68 menjadi 76,48. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 48%, sedangkan pada siklus II sebesar 88%. Dengan demikian, peningkatan yang terjadi sebesar 40%. Maka dengan menerapkan metode montessori dalam proses pembelajaran dapat meningatkan hasil belajar siswa
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa Sekolah Dasar Irma Lumongga Sihombing; Ester Julinda Simarmata; Saut Mahulae; Patri Janson Silaban
Jurnal Basicedu Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v5i5.1010

Abstract

STAD menekankan adanya aktivitas dan interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran STAD di kelas V SD . Subjek penelitian ini adalah 25 siswa. Teknik dalam mengumpulkan data dengan observasi dan tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian yang dilakukan pada pretest tuntas 8 siswa (32%) sedangkan 17 siswa (68%) yang tidak tuntas, dengan rat-rata 53.08. Pada Post Test siklus I diperoleh 10 siswa (40%) yang tuntas sedangkan 15 siswa (60%) yang tidak tuntas dengan rata-rata 59. Pada Post Test siklus II meningkat menjadi 22 siswa (88%) yang tuntas dan 3 siswa (12%) dengan rata-rata hasil 76,48. Selanjutnya dari hasil observasi kegiatan guru pada siklus I dengan rata-rata sebesar 78% dan observasi kegiatan siswa dengan rata-rata 64 pada siklus II hasil observasi guru meningkat menjadi 89%. Maka dengan menggunakan model pembeajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD
Parents’ Perception on the Implementation of Home Learning during Covid-19 Ifoni Ludji; Tiarma Marpaung
Jurnal Basicedu Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v5i5.1013

Abstract

This study aimed to describe the parents’ perception on the benefits and challenges towards home learning during the pandemic. Descriptive qualitative study taking a case in two elementary schools in Kupang, East Nusa Tenggara. There were 20 parents from both schools taken purposively as the sample. 20 questions posted on Google Form as the instrument. The results showed that the implementation of home learning brought two perceptions on the benefits and challenges. The benefits were regarding to possibility of home learning to provide an individualized experience and flexibility system of education, to minimize the possibility of the kids to get infected by the Covid-19, to intimate relationship between the kids and parents, to enforce as well as boost the parents’ digital literacy as well as creativity in carrying out the learning material. Further perception mentioned that the implementation of home learning also brought certain challenges to those parents such as, requiring more expenses to buy the internet quota, causing the kids less motivated and overwhelming in learning, raising the work load of the parents, time inefficiency for working parents by spending more time to assist the kids during the learning, increasing the tense between the kids and parents during the learning.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar Silvia Margareth; Ester Julinda Simarmata; Regina Sipayung; Patri Janson Silaban
Jurnal Basicedu Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v5i5.1015

Abstract

Pendekatan Matematika Realistik (PMR) yaitu teori tentang apa itu matematika, bagaimana ia diajarkan, dan bagaimana siswa belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik pada pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 066050 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. (2) Untuk mengetahui Pendekatan Matematika Realistik pada pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 066050 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan terhadap tes hasil belajar, aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa siklus I dengan rata-rata skor sebesar 60 dengan kategori cukup dan aktivitas siswa pada siklus II sebesar 88,5 dengan kategori baik sekali. Dengan demikian berdasarkan hasil tersebut maka terjadi peningkatan sebesar 28,5. Hasil belajar siswa siklus I dan siklus II diketahui bahwa nilai rata-rata tes evaluasi dari 70,3 menjadi 81. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 55%, sedangkan pada siklus II sebesar 80%. Dengan demikian, peningkatan yang terjadi sebesar 25%. Maka dengan menggunakan PMR dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Pengaruh Inovasi Cerdas pada Sistem Muskuloskeletal melalui Media Pembelajaran Interaktif Di Sekolah Dasar Rahaju Muljo Wulandari; Linda Widyaningrum; Liss Dyah Dewi Arini
Jurnal Basicedu Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v5i5.1205

Abstract

Latar belakang penelitian ini bahwa faktor yang mempengaruhi kemajuan bangsa di antaranya adalah kualitas sumber daya manusia di dalam penguasaan pengetahuan dan teknologi pada era revolusi industri 4.0.. Penggunaan media interaktif dapat memberikan dampak positif yang luar biasa dalam memudahkan proses belajar. Media pembelajaran sebagai fondasi yang sangat diperlukan demi berhasilnya proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media interaktif (video interaktif) (2) menganalisis perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media interaktif dan video interaktif. Tahapan metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest dan postest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Djamiatul Ichwan dan SD Ta Mirul Islam. Pengambilan kelas penelitian melalui teknik random sampling berdasarkan penyesuaian materi pada kurikulum kelas. Kegiatan dalam analisis data meliputi kegiatan pengolahan data dan analisis statistik. Uji ini dilakukan terhadap data pre test dan postest, perubahan skor postest dari skor pre test terhadap kelompok eksperimen. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran melalui media pembelajaran melalui video interaktif mampu memotivasi siswa sehingga dapat prestasi belajar meningkat. Siswa memberikan respon positif terhadap implementasi model pembelajaran menggunakan video interaktif
Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Pantun di Sekolah Dasar Ayu Saradina Larosa; Rossi Iskandar
Jurnal Basicedu Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v5i5.1207

Abstract

Berbicara adalah sesuatu kegiatan yang penting dalam kehidupan manusia karena berbicara adalah salah satu cara manusia dalam menyampaikan keinginan atau gagasan yang dipikirkan. Keterampilan berbicara adalah keterampilan memproduksi arus sistem bunyi artikulasi yang digunakan untuk mengapresiasi, menyampaikan gagasan, kehendak, perasaan, atau keinginan sesuai dengan konteks yang sedang dihadapi pembaca. Namun, untuk menilai keterampilan berbicara pada siswa adalah hal yang sulit dibandingkan dengan kemampuan berbahasa lainnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif menggunakan pantun sebagai media dalam pengamatan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V sekolah dasar SDN Pengadegan 07 Pagi. Data didapatkan dari observasi, wawancara, dan angket. Data yang didapatkan dilakukan pengecekan data, penyandian data, klarifikasi, koreksi, dan disajikan dengan baik. Teknik analisis yang digunakan berdasarkan teori Miles dan Huberman yang meliputi (1) koleksi data, (2) reduksi data, (3) menampilkan data, (4) kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini adalah keterampilan berbicara di SDN Pengadegan 07 Pagi melalui pantun siswa dapat menyampaikan ide utama dengan baik, mayoritas anak telah memberikan ide utamanya namun artikulasi dan intonasi kurang baik. Kelebihan dari keterampilan berbicara melalui pantun adalah siswa dapat menyampaikan ide utema lebih kreatif, berbicara dengan lantang, lugas, temponya baik, dan mudah dipahami. Kekurangan keterampilan berbicara melalui pantun adalah kurangnya reaksi dari pendengar karena melalui daring, nada baca dan tempo monoton, dan terdapat siswa yang kurang baik intonasinya. Keterbatasan penelitian ini adalah proses penelitian ini berlangsung melalui daring dikarenakan pandemi Covid-19. Peneliti berharap penelitian selanjutnya dapat dilakukan secara tatap muka langsung dan menggunakan subjek yang lebih variatif.
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantu Media Audio Visual Terhadap Hasil di Sekolah Dasar Fithrotul Ummah; Dewi Widiana Rahayu; Pance Mariati; Akhwani Akhwani
Jurnal Basicedu Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v5i5.1215

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan model Pembelajaran Picture and Picture berbantu Media Audio Visual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Pembelajaran Picture and Picture berbantu Media Audio Visual terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan nonequivalent group design. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas II SDN 266 Gresik berjumlah 14 peserta didik sedangkan Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh peserta didik kelas II SDN 262 Gresik berjumlah 11 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dan pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes preetest posttest. Adapun uji data dianalisis menggunakan uji kolmogrov Smirnov, dari data hasil belajar peserta didik berdistribusi normal dan homogen diuji menggunakan uji t-test. Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas II SDN 266 Gresik yang menggunakan hasil belajar peserta didik pada kelas II SDN 266 Gresik yang menggunakan model Pembelajaran Picture and Picture berbantu Media Audio Visual dengan Kelas II SDN 262 Gresik yang menggunakan hasil belajar peserta didik pada kelas II SDN 266 Gresik yang menggunakan model Pembelajaran Picture and Picture berbantu Media Audio Visual dengan taraf signifikan 0.00 < 0.05
Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan Pada Era Digital Pebria Dheni Purnasari; Yosua Damas Sadewo
Jurnal Basicedu Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v5i5.1218

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pendidikan dasar di Bengkayang serta faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi pembelajaran pendidikan dasar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawacara, studi literatur, observasi dan angket. Subjek penelitian adalah guru SD di sekolah dasar dengan tingkat akreditasi yang berbeda di wilayah Bengkayang, yakni SDN 2 Sungai Betung, SDN 2 Bengkayang, SDN 12 Sengkabang dan SDN 11 Kelampe. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ke 4 SD tersebut belum dapat menerapkan pembelajaran berbasis teknologi, selain itu juga diperoleh data bahwa pengenalan dan penggunaan model pembelajaran masih sangat minim. Melalui hasil penelitian diketahui bahwa ada 3 faktor yang menyebabkan rendahnya penggunaan teknologi dan model dalam proses belajar yakni kompetensi guru, iklim sekolah, dan fasilitas di mana ke tiga faktor tersebut saling berkaitan satu sengan yang lain. Sedangkan tingkat akreditasi sekolah pada kenyataannya tidak menjadi faktor pendorong penerapan pembelajaran berbasis teknologi
Kepercayaan Diri Siswa Berpengaruh terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasar Riza Fatimah Zahrah; Winarti Dwi Febriani
Jurnal Basicedu Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v5i5.1219

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan pertama siswa memahami konten dari soal cerita yang disajikan dalam menyelesaikan soal cerita. Sehingga akan melahirkan kesulitan yang selanjutnya yaitu, siswa kesulitan untuk mengubah kalimat cerita menjadi kalimat matematika. Pada tahap melakukan operasi hitung juga siswa masih mengalami kesulitan, siswa tidak percaya akan jawaban atau cara yang ia kuasai. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang hubungan kepercayaan diri siswa dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita Matematika berbasis kearifan local. Soal cerita disajikan menggunakan bahasa sunda dan dalam pembelajaran menggunakan permainan berbudaya sunda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pendekatan korelasi dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri siswa berpengaruh positif secara signifikan terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa sekolah dasar dengan koefisien korelasi sebesar 0,436
Analisis Keberhasilan Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik melalui Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Mirna Anggraini; Suharmono Kasiyun; Pance Mariati; Sunanto Sunanto
Jurnal Basicedu Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v5i5.1223

Abstract

Latar belakang penelitian ini dengan adanya permasalahan siswa kelas V yang kesulitan memahami materi pembelajaran karena pembelajaran daring. Tujuan oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran tematik melalui daring pada masa pandemi covid-19 kelas V SD Hang Tuah 8 Surabaya. Metode penelitian data yang dipakai penelitian diperoleh dari observasi, Wawancara dan dokumentasi berjumlah 24 peserta didik. Kemudian data dikumpulkan sehingga menjelaskan temuan dan didapatkan kesimpulan terakhir. Hasil penelitian ini berdasarkan ke tiga jenis yang dilakukan di penelitian ini, terdapat temuan kesimpulan akhir berada pada kategori masih kurang. Simpulan secara umum, penelitian yang dilakukan untuk menganalisis keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran tematik melalui daring pada masa pandemi covid-19 kelas V SD Hang Tuah 8 Surabaya membuktikan bahwa ke tiga jenis yang dilakukan dipenelitian ini terdapat temuan kesimpulan akhir berada pada kategori masih kurang.

Page 1 of 15 | Total Record : 143