cover
Contact Name
Fadhilaturrahmi
Contact Email
arkhan88fadhila@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
arkhan88fadhila@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Basicedu
ISSN : 25803735     EISSN : 25801147     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN 2580-1147.
Arjuna Subject : -
Articles 240 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 4 (2022): Pages 5501-7663" : 240 Documents clear
Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar Itsna Oktaviyanti; Dara Aryanti Amanatulah; Nurhasanah Nurhasanah; Setiani Novitasari
Jurnal Basicedu Vol 6, No 4 (2022): Pages 5501-7663
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i4.2719

Abstract

Banyak siswa SD kelas II yang belum lancar membaca teks sederhana,  kesulitan membedakan bentuk huruf dan sulit membaca huruf konsonan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 23 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk desain Quasi Experiment dan rancangan penelitian menggunakan Nonequivalent control grup. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Metode engumpulan data menggunakan   observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posstest pada kelas kontrol lebih rendah yakni 44,68 dibandingkan dengan rata-rata nilai kelas eksperimen yakni 68,65. Teknik analisis data menggunakan t-test sampel independen dengan taraf signifikan 5% dengan berbantuan SPSS versi 21,0. Nilai t-hitung 3,304 > t-tabel 1,681 yang artinya Ha diteriman dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan  Membaca Permulaan Siswa Kelas II SDN 23 Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020.
Analisis SWOT Manajemen Peserta Didik dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Negeri Ayu Prasetyaningrum; Sri Marmoah
Jurnal Basicedu Vol 6, No 4 (2022): Pages 5501-7663
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i4.2771

Abstract

Manajemen Peserta didik sangat penting untuk berlangsungnya proses belajar di sekolah. Kegiatan penting  dalam memanajemen peserta didik pertama kali masuk yaitu dengan penerimaan peserta didik baru. Penelitian ini memaparkan penerimaan peserta didik baru di sekolah negeri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen peserta didik dalam penerimaan peserta didik baru di sekolah negeri dengan analisis SWOT. Berdasarkan analisis SWOT manajemen peserta didik saat penerimaan  peserta didik baru di sekolah negeri dicari solusi yang tepat untuk meminimalisirkan kekurangan pada sekolah negeri. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa masih perlunya strategi dan peningkatan mutu sekolah negeri agar dapat meningkatkan minat masyarakat.
Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar Septi Fitri Meilana; Aslam Aslam
Jurnal Basicedu Vol 6, No 4 (2022): Pages 5501-7663
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i4.2815

Abstract

Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal dirancang untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi di sekolah. Pengembangan materi pendidikan menghadapi banyak kendala, terutama penyediaan materi pendidikan di lingkungan setempat yang kurang memadai. Pengembangan materi pendidikan tematik berbasis kearifan lokal yang relevan dengan keterampilan yang harus dikuasai siswa sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh kurikulum. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui keefektifan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal untuk siswa sekolah dasar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan material ajar tematik berbasis kearifan lokal ini adalah model ADDIE. Hasil penelitian menghasilkan pengembangan bahan ajar matematika berbasis kearifan lokal untuk siswa sekolah dasar untuk siswa kelas V di Sekolah Dasar baik dan layak di gunakan. Aspek dari bahasa dan literasi dalam mengembangkan bahan ajar matematika berbasis kecerdasan lokal untuk siswa SD kelas 5 SD juga mendapatkan saran dari validator sehingga dapat di jadikan alternatif sumber belajar bagi siswa. Pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal memberikan nilai lebih karena selain mengenalkan kearifan lokal daerah dan upaya pelestarian kearifan lokal daerah, juga memudahkan guru dalam menghubungkan materi yang dijelaskan dengan keadaan atau kondisi lingkungan daerahnya.
Implementasi Realistics Mathematic Education dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi/ HOTS pada Siswa Sekolah Dasar Elvi Mailani; Nanda Ayu Setiawati; Edi Surya; Dian Armanto
Jurnal Basicedu Vol 6, No 4 (2022): Pages 5501-7663
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i4.2855

Abstract

Keterampilan berfikir tingkat tinggi penting diluaskan pada diri peserta didik, karena mereka memainkan peran penting dalam memahami masalah. Pembelajaran mengutamakan proses pemodelan matematika berdasarkan kondisi lingkungan siswa, sehingga pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat mengembangkan daya pikir tingkat tinggi. Analsis ini merupakan tentang penelitian kualitatif interpretatif yaitu suatu studi yang datanya diberikan secara wajar atau apa adanya dengan menerapkan tata kerja yang terstuktur, terpaku dan dapat dipertanggungjawabkan agar tidak kehilangan sifat ilmiahnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menginformasikan kepada pengajar atau pendidik bahwa dalam mengimplementasikan RME (Realistics Mathematic Education) dapat meningkatkan pola pikir murid sehingga meningkatkan keterampilan HOTS pada muatan bidang studi pada SD. Pola didalam analisis ini menggunakan metode mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi, menginterpretasikan penelitan. Berdasarkan tinjauan pustaka, didasarkan pada beberapa indikator kemampuan berpikir siswa tinggi: interpretasi, analisis, evaluasi, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, pengembangan beberapa langkah pembelajaran pendidikan matematika realistik (RME): persiapan, inisiasi, sistem proses pembelajaran, dan penyelesaian.
Teachers’ Challenges in Teaching Online English to Young Learners: A Case Study in Pandemic Era Fahriany Fahriany; Fitriani Fitriani; Lulu Farhan; Nida Husna; Didin Nuruddin Hidayat; Mahlil Mahlil
Jurnal Basicedu Vol 6, No 4 (2022): Pages 5501-7663
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i4.2876

Abstract

This study aims to explore the challenges of primary school teachers in teaching online English to young learners in the pandemic era and teachers’ views toward teaching online English. The teachers also provide the solutions to overcome the problems. This is a qualitative research that employs a case study as the approach. The data are obtained through questionnaires and semi-structured interviews with 20 English teachers of primary schools. The results show many challenges emerged from three sides: instructional activity, time management, and student assessment. Challenges of instructional activity cover students’ motivation, English levels of student proficiency, communication, cooperative learning, and teaching writing. Time management challenges include having a limited amount of time and providing feedback. Meanwhile, student assessments assess students’ attitudes and cognitive skills. This study suggests the administrators and authorities of education policymakers evaluate the guidelines to enhance the quality of online teaching, especially for elementary schools.
Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Inside-Outside Circle di Sekolah Dasar Afdhal Hidayat; Mudjiran Mudjiran
Jurnal Basicedu Vol 6, No 4 (2022): Pages 5501-7663
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i4.2916

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat dan hasil belajar siswa di SDN 06 Aur Malintang. Tujuan penelitian ini untuk melihat peningkat minat dan hasil belajar siswa model pembelajaran Snowball Throwing di  kelas VI SDN 06 Aur Malintang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Populasinya adalah siswa kelas VI dengan jumlah 16 orang. Data penelitian dikumpulkan menggunakan menggunakan tes kemampuan awal dan tes kemampuan akhir pada minat dan hasil belajar siswa. Berdasarkan Hasil persentase minat belajar siswa pada siklus I  ialah 55% pada pertemuan I sedangkan pada pertemuan II Siklus I sebesar 65%  yang berarti adanya selisih sebesar 10%.  Hasil persentase minat belajar siswa pada siklus II pertemuan I yang sebesar  68% menjadi 81% pada pertemuan II siklus II yang berarti adanya peningkatan sebesar 12%. Dari perbandingan kedua siklus tersebut terdapat peningkatan, hal ini berarti minat belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Inside-Outside Circle sudah meningkat
The Efforts of Tahfidz Quran Teachers in Developing Arabic Language Communications for SD/MI Levels Mutiara Mardiah Nasution; Eka Yusnaldi
Jurnal Basicedu Vol 6, No 4 (2022): Pages 5501-7663
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i4.2917

Abstract

This study aims to describe the efforts of tahfidz Quran teachers in the development of Arabic communication for elementary/MI students. The research approach is qualitative with a case study method at Maskanul Huffadz Al-Lu'lu, having its address at Bakaran Batu Village, Batang Kuis District. The data collection of this research was carried out in a structured manner using observation, interview, and documentation techniques. The results of this study found that the efforts made by tahfidz Quran teachers in developing Arabic-language communication for students (santri) were carried out using the muhaddatsah (dialogue) method. The dialogue in question is Arabic conversation between teachers and students, as well as between students and students. Thus, fluency and fluency in language make it easier for students to understand the meaning and focus of conversation using Arabic.
The Effect of Smartphone Addiction on Communication with Peers in Madrasah Tsanawiyah Rikatul Khasanah; Nurussakinah Daulay
Jurnal Basicedu Vol 6, No 4 (2022): Pages 5501-7663
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i4.2924

Abstract

This study aims to determine the effect of smartphone addiction on communication skills with peers at MTs Nurul Hikmah Aek Gerger Sidodadi. The research method uses a quantitative approach. The number of samples in this study was 52% of the total population of 299 students, with further criteria that 155 students had smartphones. The data collection technique used a smartphone addiction scale and a peer communication scale. The results of this study indicate that there is a significant negative relationship between the influence of smartphone addiction and peer communication skills, this is based on the results of the analysis using the product-moment technique which obtained the value of rcount = -0.7118 < rtable = 0.159. In conclusion, the higher the use of smartphones, the lower the ability to communicate with peer students, and vice versa the lower the use of smartphones, the higher the ability to communicate with peer students.
Studi Eksplorasi Konsep IPA dan Nilai Keislaman pada Budaya Khitan dan Integrasinya dalam Pembelajaran IPA di SD Refitrika Verganingtia; Anatri Desstya
Jurnal Basicedu Vol 6, No 4 (2022): Pages 5501-7663
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i4.2932

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: a) mengeksplorasi tradisi yang dilakukan pada tradisi khitan, b) memetakan antara tradisi khitan dengan pembelajaran IPA SD, dan c) mengkaitkan tradisi khitan dengan nilai-nilai keislaman di wilayah Gatak Sukoharjo. Pendidikan merupakan proses membudayakan manusia sehingga pendidikan dan budaya tidak bisa di pisahkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dilapangan dengan melibatkan beberapa narasumber serta menggunakan uji keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas data terhadap data hasil penelitian dengan triangulasi sumber data dan teori data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil observasi berupa pengetahuan mengenai khitan dalam aspek kesehatan dan keislaman. Dalam segi kesehatan dan keislaman khitan wajib dilaksanakan agar terhindar dari najis/kotoran. Orang tua yang sudah mengkhitankan anaknya selalu melaksanakan syukuran/bancakan. Dalam pelaksanaan tersebut terdapat doa bersama dan sedekah makanan kepada tetangga sebagai wujud rasa syukur kepada Allah. Khitan tersebut juga termasuk dalam kesehatan reproduksi, akan tetapi pada materi kelas VI tidak menjelaskan tentang khitan. Adanya penelitian ini dapat memberikan pengetahuan secara lebih mendalam lagi terkait pemahaman konsep IPA terhadap kebudayaan khitan dan nilai keislaman.
Improving Elementary School Students' Understanding of the Concept through Meaningful Learning in David Ausbel's Perspective Andi Nurhasanah; Sri Ramadhanti; Sapriya Utami; Fia Alifah Putri
Jurnal Basicedu Vol 6, No 4 (2022): Pages 5501-7663
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i4.2935

Abstract

Meaningful learning proposed by David Ausubel is a process that connects new information with relevant concepts that exist in the cognitive structure of students. The purpose of this study was to determine the level of understanding of the concept of elementary school students through meaningful learning (meaningful learning) David Ausubel. The method used in this research is descriptive qualitative research method. The results show that the use of Ausubel's meaningful learning theory in learning is the main attraction for students in carrying out learning activities, because the use of this strategy is a new way for them to acquire and develop their knowledge, in which students' cognitive abilities increase. In the learning process with Ausubel's meaningful learning theory, there are factors that support and hinder the learning process. Supporting factors such as teacher pedagogic competence and adequate infrastructure. While the inhibiting factors, namely the differences in the abilities and characteristics of students who are different and the spirit of learning is different.

Page 1 of 24 | Total Record : 240