cover
Contact Name
Fadhilaturrahmi
Contact Email
arkhan88fadhila@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
arkhan88fadhila@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Basicedu
ISSN : 25803735     EISSN : 25801147     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN 2580-1147.
Arjuna Subject : -
Articles 122 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 5 (2022): Pages 7664-8835" : 122 Documents clear
Pengembangan Media Kado Pecah pada Materi Pecahan Senilai di Sekolah Dasar Mufidah Mufidah; Yurni Lahinta; Akina Akina; Azizah Azizah; Nuraini Nuraini; Khairunnisa Khairunnisa
Jurnal Basicedu Vol 6, No 5 (2022): Pages 7664-8835
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i5.1766

Abstract

Ketidakpahaman peserta didik terhadap materi pecahan akan menyulitkan peserta didik memahami materi selanjutnya. Saat ini belum ada media pembelajaran berupa permaian yang menarik sehingga mendukung proses pembelajaran pecahan senilai, sebab waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan media cukup lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media KADO Pecah pada Materi Pecahan Senilai di Kelas IV SD  dengan harapan dapat membuat siswa menjadi tertarik mempelajari materi Pecahan  senilai dengan cara bermain.  Penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan Borg and Gall yang mencakup 7 tahapan, yaitu: 1) Potensi dan masalah; 2)mengumpulkan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain ; 6) uji coba produk; dan 7) revisi produk. Penelitian ini dilakukan di SD IT AL-Qolam yang melibatkan 18 siswa kelas IV. Berdasarkan hasil validasi materi, respon pendidik dan uji coba lapangan utama terhadap para siswa, secara keseluruhan diperoleh rata-rata penilaian dengan kategori “sangat layak” yang menunjukkan pengembangan Media kado Pecah dinyatakan valid sehingga layak dan praktis untuk diterapkan pada materi pecahan senilai di sekolah dasar.
The Role of Taklim Assembly for Creating Education Character in Early Childhood Bahagia Bahagia; Leni Muniroh; Abdul Karim Halim; Ritzkal Ritzkal; Rimun Wibowo; M. Azhar Al-Wahid; Zakky Muhammad Noor
Jurnal Basicedu Vol 6, No 5 (2022): Pages 7664-8835
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i5.2464

Abstract

The Majlis Ta’lim is classified as non-formal education that is close to the community and discusses issues related to the community. The purpose of this study is to find the transfer of moral education values to children through parents who participate in The Majlis Ta’lim. This research is descriptive qualitative research. While the sampling method includes using a purposive technique. Meanwhile, data collection was carried out in various ways including observation, documentation, and in-dept-interview. The results showed that the Majlis Ta’lim plays an important role in shaping children's morals by providing material to parents in the mosque and the prayer room. The material transfer is carried out to parents and parents will later transfer material to children at home in the form of behavior. The material provided includes material on maintaining oral behavior with parents. The material that has been obtained will be practiced at home so that children will see and observe this behavior. Another way is material about social life, including the urgency of friendship with neighbors so that parents practice it by bringing their children directly to their neighbor’s house. Habituation like this will make children behave socially toward neighbors. Finally, the habit of praying to children, here The Majlis Ta’lim will provide material about prayers in everyday life to parents so that parents will implement them at home.
Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Wahyu Rahmadhani; Sardjijo Sardjijo; Murnaria Manalu
Jurnal Basicedu Vol 6, No 5 (2022): Pages 7664-8835
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i5.2520

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa multimedia interaktif dalam pembelajaran tematik siswa kelas 1 sekolah dasar. Penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dan dimodifikasi dari model Lee and Owens (2004) yaitu: 1) analisis, 2) desain multimedia, 3) pengembangan multimedia, 4) analisis empirik, 5) implementasi, 6) produk final. Alasan dipilihnya model ini adalah karena model ini dikhususkan untuk mengembangkan multimedia. Hasil validasi produk multimedia oleh ahli media memperoleh persentase sebesar 81%, ahli materi 96% dan ahli bahasa 94%, praktisi 86% sehingga multimedia  dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Uji coba kelompok kecil diberikan kepada 4 orang siswa diperoleh hasil sebesar 84% dengan kriteria baik untuk digunakan dan tidak terdapat saran untuk perbaikan. Pada uji kelompok besar dengan jumlah responden 32 siswa memperoleh persentase 85% dengan kriteria sangat baik.  Pada hasil pre test dan post test menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dengan nilai rata -rata pre test adalah 58,12 dan nilai rata – rata post test 71,87. Berdasarkan hasil tersebut multimedia interaktif layak, menarik dan sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar Ineu Sumarsih; Teni Marliyani; Yadi Hadiyansah; Asep Herry Hernawan; Prihantini Prihantini
Jurnal Basicedu Vol 6, No 5 (2022): Pages 7664-8835
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i5.3216

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui dan menelaah tentang "Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak SDN Guruminda 244 Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang melihat dan mendengar lebih dekat dan terperinci penjelasan dan pemahaman individual tentang pengalaman-pengalamannya. Pendekatan fenomenologi tersebut didasari dari adanya ketertarikan peneliti untuk mengkaji lebih mendalam mengenai fenomena yang dialami oleh informan kunci. Penelitian dilaksanakan di SDN Guruminda 244 Kota Bandung. Informan dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, pengawas. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yaitu; (a) observasi; (b) wawancara; dan (c) studi dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data dilakukan dengan beberapa upaya sebagai berikut: (a) memperpanjang masa pengumpulan data, (b) melakukan observasi secara terus-menerus dan sungguh-sungguh, (c) melakukan triangulasi, dan (d) melibatkan teman sejawat untuk berdiskusi. Dari hasil penelaahan dalam penelitian ini ditemukan adanya kurikulum merdeka yang menjadi acuan di sekolah penggerak, yang menghasilkan siswa yang berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, kreatif, gotong royong, rasa kebhinekaan. Kepala sekolah penggerak mendorong berbagai macam program partisipatif, unik, dan banyak inovasi. Memupuk kerja sama dengan guru-guru yang mendukung pemimpinnya berpartisipasi dalam mewujudkan sekolah penggerak.
Best Practice Siswa Kelas 4C Berdasarkan Film Pendek Inspiratif “Kisah Anak Penjual Es Nanas” Berbasis Karakter dan Nilai Profil Pelajar Pancasila” Ineu Sumarsih; Tatang Muhtar
Jurnal Basicedu Vol 6, No 5 (2022): Pages 7664-8835
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i5.3221

Abstract

Latar belakang permasalahan diambil dari asesmen lisan dan tulisan  materi lintas pelajaran,Siswa berbasis karakter dan  nilai Profil Pelajar Pancasila yaitu  membuat praktik baik berdasarkan tayangan film pendek inspiratif yang didemonstrasikan melalui penyusunan scenario yang didiskusikan dengan anggota keluarga dan direalisasikan melalui kegiatan Market Day di sekolah.Sampel siswa diambil dari kelompok 1 kelas 4C SDN 198 Mekarjaya Kepala Sekolah sebagai monitoring independent yang mewawancara kelompok 1.  Siswa kelompok 2 beserta bapak/ibu guru sebagai tim visiting.Setelah mengamati, dan memaknai sebuah film pendek inspiratif dari negara Thailand tentang kisah nyata seorang gadis cilik yang sukses menjual es nanas yang sebelumnya berkeinginan untuk membeli es krim tetapi tidak terbeli karena factor ekonomi.Kelompok 1 diwajibkan membuat video serupa dibantu anggota keluarganya dimulai dari menyusun skenario,menentukan tema market day,menjual produk di sekolah dan mempublikasikan video ke social Media oleh guru kelas.Kegiatan ini berhasil membentuk penguatan Pendidikan karakter yang bernilai Profil Pelajar Pancasila diantaranya Berakhlak mulia,Berkebhinekaan global, Bergotong royong, Kreatif, bernalar kritis dan Belajar mandiri.Penelitian ini bersifat deskripsi kualitatif, Asesmen yang dinilai meliputi  kognitif,afektif dan psykomotor , siswa juga terbentuk Pendidikan Karakter yang menjadi pondasi bekal untuk melanjutkan Pendidikan selanjutnya,output sekolah membentuk siswa  dapat memecahkan masalah kehidupan sehari-hari dan menghargai perjuangan orang tuanya.
Kemampuan Kognitif dalam Karya Gambar Tema Budaya Lokal Kudus pada Siswa Sekolah Dasar Roufatus Salma; Nur Fajrie; Khamdun Khamdun
Jurnal Basicedu Vol 6, No 5 (2022): Pages 7664-8835
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i5.3234

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan kognitif siswa dalam menerapkan karya gambar bertemakan budaya lokal Kudus terhadap siswa Kelas IV SD 2 Gondosari..Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif dengan jenis studi kasus yang akan dilaksanakan di SD 2 Gondosari, Kecamatann Gebog, Kabupaten Kudus. Objek yang akan diteliti adalah kemampuan kognitif siswa dalam karya gambar tema budaya lokal Kudus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, pencatatan dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas IV SD 2 Gondosari dapat memahami dan mereprentasikan makna dari gambar bertemakan budaya lokal Kudus yang dapat dipergunakan peneliti untuk mengetahui seberapa besar kemampuan kognitif setiap siswa, oleh karena itu diharapkan bagi siswa untuk lebih mengetahui, menghargai tradisi icon yang ada di kudus juga agar siswa lebih mencintai kearifan lokal yang ada dan tidak terpengaruh budaya asing.Temuan dari penelitian ini menjadi konsep budaya lokal Kudus mengenai ikon dan tradisi sebagai media pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar
Pencapaian Kompetensi Literasi Sains Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam Praktik Pembelajaran Daring Berorientasi Masalah Mesi Yulia Sari Insani; Yanti Fitria
Jurnal Basicedu Vol 6, No 5 (2022): Pages 7664-8835
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i5.3247

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran secara daring menjadi sebuah tantangan bagi dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar untuk menyiapkan pembelajaran yang mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan yang telah disiapkan. Adapun salah satu kemampuan kompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar adalah kemampuan kompetensi literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam proses pembelajaran daring berorientasi masalah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian Pretest-posttest control group design. subjek penelitian adalah mahasiswa semester 3 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Pengumpulan data dilakukan melalui hasil kompetensi literasi sains mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar di salah satu perguruan tinggi negeri di Padang dengan menggunakan 25 butir soal literasi sains yang sudah di validasi oleh pakar. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa kelas eksperimen memiliki kategori efektif yang artinya bahwa pembelajaran daring berorientasi masalah  pada materi gaya dan energi dapat meningkatkan kemampuan literasi sains mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Sedangkan kelas kontrol memiliki kategori tidak efektif yang artinya bahwa pembelajaran konvensional yang dilaksanakan pada kelas kontrol tidak efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Role Playing pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Zelmi Kaffa; Yalvema Miaz
Jurnal Basicedu Vol 6, No 5 (2022): Pages 7664-8835
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i5.3344

Abstract

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Role Playing di rancang untuk meningkatkan efektivitas dan hasil belajar  peserta didik, dengan LKPD berbasis Role Playing peserta didik lebih mudah memahami materi pelajaran karena peserta didik langsung memerankan materi sehingga peserta didik lebih menghayati materi pembelajaran.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan LKPD berbasis Role Playing pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV SDIT Al Fikri dan SDIT Madani. Penelitian ini merupakan penilitian pengembangan (Research and Development) dengan  model Borg and Gall. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes tertulis, dan wawancara kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yaitu mengahasilkan pengembangan LKPD berbasis Role Playing pada pembelajaran tematik terpadu kelas IV sekolah dasar sudah mendapatkan saran dari validator sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar tambahan bagi peserta didik. Pengembangan LKPD berbasis Role Playing sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik.  Kesimpulan dari pengembangan LKPD berbasis Role Playing Tema Berbagai Pekerjaan, berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa LKPD berbasis Role Playing sangat valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Peningkatan Kualitas Guru, Sebanding dengan Peningkatan Pendidikan? Arya Setya Nugroho; Suryanti Suryanti; Wiryanto Wiryanto
Jurnal Basicedu Vol 6, No 5 (2022): Pages 7664-8835
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i5.3354

Abstract

Standar mutu bangsa yang berkembang adalah kualitas pendidikan yang baik. Kualitas pendidikan yang baik ditentukan oleh kompetensi dan kualitas guru yang baik. Permsalahan kualitas guru yang rendah di Indonesia membuat sebagian orang bertanya-tanya akan kualitas pendidikan di Indonesia. Melalui metode studi pustaka ini dikaji kompetensi guru, permasalahan guru, upaya peningkatan kualitas guru, dan korelasi peningkatan kualitas guru dengan peningkatan mutu pendidikan dari berbagai sumber pustaka. Hasil menunjukkan bahwa 1) kepala sekolah dan pemerintah terkait memberikan dorongan dan pemantauan kinerja guru, dengan harapan tidak ada guru yang malas untuk berkembang; 2) mengoptimalkan kelompok kerja guru di setiap gugus, kecamatan, hingga kabupaten; 3) memberikan bantuan beasiswa untuk meningkatkan standar keilmuan guru; 4) mendorong peran aktif guru dalam program pemerintah termasuk sekolah penggerak dan guru penggerak; 5) meningkatkan kolaborasi dari berbagai pihak. Dengan mengetahui gabaran kualitas guru harapannya kedepan kualitas guru semakin baik dan memberikan daya dorong terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Mulai dari tingkat sekolah dasar hingga pergurun tinggi diharapkan mampu meningkatkan kolaborasi untuk memajukan pendidikan Indonesia.
Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Saintifik di Masa Pandemi Covid-19 Nur Ainun Lubis
Jurnal Basicedu Vol 6, No 5 (2022): Pages 7664-8835
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v6i5.3450

Abstract

Pandemi Covid-19 yang melanda di seluruh dunia turut menguncang dunia pendidikan. Pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan pembelajaran daring sebagai langkah antisipasi penyebaran virus tersebut  menjadi lebih luas. Namun Beberapa penelitian mengemukakan pembelajaran daring yang dilaksanakan kurang berjalan dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  penerapan pembelajaran tematik integratif berbasis saintifik di masa pandemi COVID-19 sebagai salah satu solusi dalam memaksimalkan  kegiatan pembelajaran daring tersebut.  Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru kelas 3 dan beberapa siswa kelas 3 SDIT Azzahra Takengon yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan  menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan secara umum kegiatan pembelajaran tematik integratif  berbasis saintifik secara daring berjalan dengan baik pada tahap perencanaan maupun pelaksanaan. Beberapa kendala yang muncul yaitu siswa tidak terbiasa bertanya dan kurang berani mengkomunikasikan hasil kerjanya dihadapan guru dan siswa lain.

Page 1 of 13 | Total Record : 122