cover
Contact Name
Fadhilaturrahmi
Contact Email
arkhan88fadhila@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
arkhan88fadhila@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Basicedu
ISSN : 25803735     EISSN : 25801147     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN 2580-1147.
Arjuna Subject : -
Articles 76 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 4 (2023): August" : 76 Documents clear
Pengaruh Gaya Belajar, Sikap pada Pelajaran Matematika, Kecemasan, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar Asthi Nurawaliah; Rukli Rukli; Baharullah Baharullah
Jurnal Basicedu Vol. 7 No. 4 (2023): August
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i4.4173

Abstract

Kajian ini merupakan analisis ex post facto terhadap peristiwa yang sudah terjadi. Berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan, tampaknya empat variabel independen akan dimasukkan dalam penelitian ini, menjadikannya sebagai penelitian korelasi regresi berganda. Studi ini melibatkan tiga sekolah dasar, masing-masing dengan peringkat A, B, dan C, berdasarkan kriteria peneliti. Tiga sekolah dasar dengan akreditasi tertinggi (A), tiga dengan tertinggi berikutnya (B), dan tiga dengan terendah (C) digunakan sebagai sampel. Prestasi matematika siswa kelas empat di sekolah dasar di distrik Biringkanaya tidak terpengaruh oleh penyelidikan bersama tentang hubungan antara gaya belajar, sikap terhadap pembelajaran, kecemasan, dan motivasi. Peneliti mengamati bahwa beberapa siswa menggunakan kombinasi gaya belajar, dan yang lain tidak menggunakan metode pilihan mereka sama sekali. Semakin optimis seorang siswa tentang ketiga faktor ini, semakin baik prestasinya dalam matematika. Siswa kelas empat di sekolah dasar di wilayah Biringkanaya tidak menunjukkan korelasi yang signifikan secara statistik antara kecemasan dan prestasi akademik. Siswa ditemukan jatuh di tengah spektrum, yang mengarah ke kesimpulan bahwa mereka yang memiliki kecemasan matematis sedang umumnya baik terhadap mereka yang memiliki kecemasan matematika rendah dan mereka yang memiliki prestasi matematika tinggi.
Kiat Strategi dalam Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila Abad 21 di Sekolah Zuhadur Ra'is Ariyono Putra; Khoirul Anwar; Lulus Cahya Tyasari
Jurnal Basicedu Vol. 7 No. 4 (2023): August
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i4.4750

Abstract

Dalam menghadapi tuntutan di abad 21 maka diperlukannya adanya pembentukan karakter pelajar pancasila abad 21 di sekolah. Keterampilan abad 21 dapat didorong melewati kegiatan pembelajaran abad 21. Sedangkan untuk menunjang hal tersebut diperlukan adanya pembelajaran penguatan karakter bangsa, yaitu melalui profil pelajar pancasila. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan strategi-strategi yang dapat digunakan untuk memperkuat profil pelajar pancasila pada abad 21 di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka. Didapatkan kiat strategi untuk mengakomodasi penguatan profil pelajar pancasila abad 21, dapat melalui kegiatan intrakulikuler dan kokulikuler sekolah. Dalam kegiatan intrakulikuler dapat melalui model pembelajaran seperti : Project Based Learning, Contextual Teaching & Learning, Collaborative Learning dan Problem Based Learning,; media pembelajaran interaktif dan muatan pembelajaran berupa kearifan lokal. Sedangkan dalam kegiatan kokulikuler dapat melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Diharapkan artikel ini dapat membantu memberikan wawasan tentang konsep strategi penguatan profil pelajar pancasila abad 21 di sekolah khususnya bagi guru
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Ditinjau dari Gaya Belajar Nur Aisah Herman Sila; Baharullah Baharullah; Nasrun Nasrun
Jurnal Basicedu Vol. 7 No. 4 (2023): August
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i4.4856

Abstract

Guru dapat memodifikasi kelas mereka sehingga sesuai dengan kebutuhan siswa mereka jika mereka terlebih dahulu memahami hubungan yang ada antara berbagai gaya belajar siswa mereka dan kapasitas mereka untuk bekerja melalui tantangan matematika, seperti soal cerita menggunakan pecahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dan mengkategorikan keterampilan pemecahan masalah anak sekolah dasar di kelas lima sehubungan dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik mereka terkait dengan penyelesaian masalah kata pecahan. Penelitian ini tergolong kualitatif karena dalam pengumpulan datanya menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SDN 64 To'bulung Kota Palopo yang terletak di Kecamatan Bara. Penelitian melibatkan partisipasi enam siswa, dengan dua siswa dari masing-masing tiga mode pembelajaran (visual, auditori, dan kinestetik) mengambil bagian. Informasi dikumpulkan melalui penggunaan prosedur wawancara, pemeriksaan kemampuan pemecahan masalah, dan kuesioner tentang gaya belajar yang berbeda. Selama penyelidikan ini, kami menggunakan teknik analisis data yang didasarkan pada model Miles dan Huberman. Pendekatan ini meliputi reduksi dan penyajian data, serta interpretasi dan verifikasi kesimpulan. Keandalan data dievaluasi dengan menggunakan metode yang disebut triangulasi teknis.
Pengembangan Media Pembelajaran Learning Bee Math terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Ika Wulandari; Nuhyal Ulia; Sari Yustiana
Jurnal Basicedu Vol. 7 No. 4 (2023): August
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i4.4930

Abstract

Penelitian berfokus pada pengembangan media pembelajaran yang berdampak terhadap kemampuan berpiki kritis matematika siswa. Kurangnya pemanfaatan media dalam membantu proses pembelajaran terutama media pembelajaran dengan basis teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkna media pembelajaran Learning Bee Math yang valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V SD. Penelitian Pengembangan ini dilakukan deangan ADDIE melalui 5 tahap yaitu, Analisis, Disain, Pembuatan produk, Penerapan, dan evaluasi. Produk dikembangkan dengan Power point, Ispring dan Apk Builder. Subjek penelitian yakni siswa kelas V SD N Karangwotan 02 TA 2022/2023. Penelitian dilakukan melalui validasi ahli dengan rata rata nilai 92 termasuk kategori sangat layak, angket respon guru dan siswa diperoleh 98,4 dan 93, sedangkan hasil nilai tes kemampuan berpikir krtis menunjukkan peningkatan dengan signifikasi hitung 0,000 dengan hasil uji gain 0,53  dengan kategori peningkatan sedang. Sehingga media Learning Bee Math efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
Pembelajaran Konstruktivisme Berbantuan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar Maulida Adhiyah
Jurnal Basicedu Vol. 7 No. 4 (2023): August
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i4.4988

Abstract

Pembelajaran konstruktivisme merupakan pembelajaran yang menekankan pada proses mengkonstruksi pengetahuan melalui pengalaman yang dilakukan oleh individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran konstruktivisme berbantuan media konkret karena materi disampaikan dalam bentuk nyata. Penelitian ini menggunakan penelitian PTK atau Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada semester II di SD Negeri 1 Glanggang. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIA SD Negeri 1 Glanggang tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran konstruktivisme berbantuan media pembelajaran benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIA pada materi bangun ruang. Hal ini dibuktikan dengan hasil rerata kelas pada siklus I sebesar 68,8 meningkat pada siklus II sebesar 78,8. Penggunaan media benda konkret dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan membantu siswa dalam mengonstruksi pengetahuannya tentang bangun ruang sehingga pembelajaran lebih bermakna dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Pengembangan Media Interaktif Perpindahan Panas (Minterinas) dengan Game Menggunakan Pemrograman Berbasis Blok Scratch untuk Mahasiswa Erwinsyah Satria; Doni Suseno; I Putu Hikariantara; Atiek Ike Wijayanti; Akhmad Fauzi Pane
Jurnal Basicedu Vol. 7 No. 4 (2023): August
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i4.5200

Abstract

Media pembelajaran yang menarik sangat diperlukan untuk penyampaian materi perkuliahan ke mahasiswa agar lebih mudah dimengerti oleh mereka. Dengan adanya kemajuan teknologi pemograman computer yang semakin canggih saat ini sangat banyak dapat membantu mewujudkan media pembelajaran yang berkualitas dan menarik perhatian mahasiswa dalam belajar. Pengembangan media interaktif dengan game salah satunya melalui pemograman Scratch dapat mewujudkan hal ini yang dapat diakses dan dipelajari melalui adanya jaringan internet. Penelitian berfokus pada pengembangan media interaktif materi perpindahan panas dengan permainan menggunakan pemograman Scratch untuk membuat materi yang disampaikan lebih mudah dipahami oleh mahasiswa. Pengembangan media interaktif menggunakan metode DDR melalui model ADDIE. Kegiatan observasi, wawancara, dan Instrumen angket digunakan untuk memperoleh data yang nantinya secara kuantitatif descriptive dianalisis. Hasil penelitian pada proses analisis kebutuhan, validasi ahli, dan pengujian pada mahasiswa membuktikan bahwa pengembangan media interaktif dengan pemograman Scratch yang dibuat dapat menjadi alternative media yang cukup baik untuk digunakan dalam penyampaian materi perpindahan panas pada proses perkuliahan dalam meningkatkan pemahaman akan materi.
Pendidikan Moral Pandangan Immanuel Kant Muhammad Khasib Amin Murtadlo; Abdul Khobir
Jurnal Basicedu Vol. 7 No. 4 (2023): August
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i4.5371

Abstract

Seseorang bertindak atau berakhlak diawali dengan kebebasan otonomnya sebagai manusia yang dapat memilih mana tindakan yang diinginkan sebagai bukti bahwa jiwanya masih ada. Namun begitu, manusia pada hakikatnya selalu mendapat ilham dari Tuhan untuk bertindak tanduk mulia karena keberadaannya sebagai khalifah Tuhan di muka bumi, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran dari Immanuel Kant dalam pendidikan moral serta mengetahui implikasi pemikiran immanuel kant dalam diskursus pendidikan moral di Indonesia. Dengan menggunakan Penelitian Studi tokoh merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif. Sebagai jenis penelitian kualitatif, studi tokoh juga menggunakan metode sebagaimana lazimnya dalam penelitian kualitatif, yakni wawancara, observasi, dokumentasi, dan catatan perjalanan hidup sang tokoh.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan akhlak mengetahui ujung transendental dan darinyalah termaknai pendidikan moral. Tuhan menjadi ujung transendental pendidikan akhlak sekaligus solusi dari segala keterbatasan manusia. Etik Kant dan pendidikan moral memiliki kesamaan pada konsepsi ideologi moral yang berakar pada prinsip deontologis. Faktor-faktor fundamental yang dapat mempengaruhi sebuah tindakan antara etik Kant dan pendidikan moral juga memiliki kesamaan yakni kebebasan berkehendak, immortalitas jiwa dan keberadaan Tuhan. Yang berbeda dari keduanya adalah pada tatanan dimensi transendental, di mana Kant hanya menerka namun tidak menemukan Dzat tersebut sementara pendidikan moral sedari awal berangkat dari pemaknaan dzat tersebut
Tantangan Pendidikan di Era Millenial Haizatul Faizah
Jurnal Basicedu Vol. 7 No. 4 (2023): August
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i4.5401

Abstract

Era milenial memberi tantangan baru dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana pendidikan yang sebenarnya, perubahannya di era millenial ini serta bagaimana tantangan pendidik dalam menghadapi peserta didik di era milenial ini. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana hasil dari penelitian ini ditunjukkan menggunakan narasi yang didapat dari beberapa sumber jurnal terdahulu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh pendidik dalam dunia pendidikan khususnya dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang timbul pada peserta didik khususnya pada generasi milenial ini. Dengan adanya penelitian ini diharapkan pendidik era ini mampu menghadapi permasalah-permasalah yang timbul dikarenakan perkembangan zaman ini, tentunya dengan tidak menolak gaya peserta didik yang milenial namun dapat mengimbangi dan berperan sebagai figur yang dapat menuntun ke arah yang lebih baik
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromediaflash untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Siti Luthvita Dewi Anis Safitri; Dina Zanuba Rohmah; Hilmi Itsna Aryani; Sepvi Rahayu; Ahmad Hasan Tino; F. Shoufika Hilyana
Jurnal Basicedu Vol. 7 No. 4 (2023): August
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i4.5423

Abstract

Berbagai metode, media serta strategi pembelajaran perlu dikembangkan agar tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan khususnya di bidang matematika yang selama ini dianggap siswa sebagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari implementasi Pengembangaan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromediaflash Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus pada Tahun Pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research and Development). Dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan produk atau media berupa media pembelajaran berbasis macromediaflash untuk siswa Sekolah Dasar (SD) pada materi volume bangun ruang. Melalui media pembelajaran tersebut siswa dapat belajar matematika dengan mudah dan menyenangkan sehingga kesulitan-kesulitan belajar siswa dapat teratasi. Media yang berhasil dikembangkan dalam penelitian ini telah diuji validitasnya oleh ahli media dan ahli materi dengan hasil media layak untuk digunakan. Respon pengembangan media dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media berbasis macromediaflash memiliki pengaruh yang positif dan signifikan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di kelas V SD Muhammadiyah 1 Kudus. Siswa merasa senang dan aktif selama kegiatan pembelajaran dengan dibuktikan nilai hasil belajar siswa bertambah 
Analisis Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri Hera Yulia Febrianti; Erni Supratiwi; Fatimmatus Zahro’ Uba’ Aluha; Rian Damariswara
Jurnal Basicedu Vol. 7 No. 4 (2023): August
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/basicedu.v7i4.5439

Abstract

Dalam suatu proses pembelajaran, motivasi memiliki peranan yang sangat penting dimana motivasi akan mendorong keinginan belajar. Hal berbeda terjadi bila seseorang kekurangan motivasi belajar dimana hal ini dapat menyebabkan seseorang tidak bersemangat dalam belajar. Pada penelitian ini dilatarbelakangi dalam menganalisis Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri”. Meskipun motivasi mengambil peran yang sangat penting dalam pembelajaran pada tingkat universitas, namun hal ini bertolak belakang dengan realitas dimana tingkat motivasi yang dimiliki oleh mahasiswa masih rendah yang dapat dilihat ketika mahasiswa melakukan aktivitas perkuliahan dan sikap yang ditunjukkan selama perkuliahan. Kurangnya motivasi belajar akan menyebabkan mahasiswa malas dalam melakukan aktivitas perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat motivasi belajar Bahasa Indonesia mahasiswa, mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, menyusun rekomendasi untuk meningkatkan motivasi belajar, serta memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan Bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pada mata kuliah Bahasa Indonesia mahasiswa mengalami kurang motivasi dalam belajar.