cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL OBOR PENMAS
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 46 Documents
PENGELOLAAN BANK SAMPAH DENGAN BERBASIS R4 (REDUCE, REUSE, RECYCLE, REPLANT) Abdul Karim Halim
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.629 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v1i1.1481

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk manajemen dan teknik mengelola sampah yang dapat memberikan manfaat banyak adalah dengan mengelolanya melalui Program Bank Sampah berbasis R 4 (Re-Duse, Re-Use, Re-Cyickle dan Re-Plant). Pertanyaan peneilitian ini adalah: bagaimana pengelolaan bank sampah dengan berbasis R4?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan yang dilaksankan di Sektor III Puri Anggrek Perumahan Bukit Mekar Wangi Kota Bogor. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa masyarakat dapat diarahkan kepada kebiasaan/disiplin dalam melakukan Re-duse dan Re-Use, sementara kami para pengelola Bank Sampah lebih pada mengembangkan produk-produk hasil Re-Cyckle dan Re-Plant. Sedangkan untuk pengelolaan Bank Sampah dapat dilakukan setelah menghasilkan beberapa produk secara ekonomi.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR Siti Aminah Al-falathi
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.618 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v1i1.1477

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui data dan informasi tentang: penggunaan model pembelajaran active learning pada program kejar paket C di PKBM Al- Jauhar Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Model pembelajaran Active learning adalah proses pembelajaran yang mempermudah tutor dalam menyampaikan materi. Dengan menggunakan model pembelajaran Active learning maka proses pembelajaran akan lebih menarik. Pertanyaan penelitian ini adalah Bagaimana Hubungan Antara Penggunaan Model Pembelajaran Active Learning Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelompok Belajar Paket C Di Pkbm Al-Jauhar Kec Bogor Utara, Kota Bogor?. metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, angket dan liteltur dengan menggunakan teknik total sampling, yaitu keseluruhan peserta didik paket C di PKBM Al-jauhar dijadikan sampel penelitian yaitu berjumlah 36 Orang . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat hubungan antara penggunaan model pembelajaran Active learning dengan peningkatan prestasi belajar peserta didik kejar paket C di PKBM Al-Jauhar Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE READ ALOUD Masitowati Gatot; Muhammad Rusvendy Doddyansyah
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.612 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v1i1.1482

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak dengan metode read aloud. Anak usia dini harus dioptimalisasikan perkembangan bahasa khususnya literasi yaitu mendengar, berbicara, membaca, dan menulis dengan metode yang menyenangkan. Hasil observasi menunjukan bahwa anak usia 4-5 tahun di TK Permatahati, kemampuan literasi belum sesuai harapan, kemungkinan disebabkan oleh kurangnya kesempatan anak dalam mengembangkan kemampuan bahasa. Permasalahan inilah yang menjadi landasan bagi peneliti untuk melakukan penelitian tentang peningkatan kemampuan literasi anak melalui metode Read AloudPertanyaan penelitian ini adalah apakah melalui metode read aloud dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak?. Penelitian ini mengunakan pendekatan action research dengan tehnik analisis data dari dua siklus dengan model Kemmis S dan Mc Taggart dan studi literatur. Hasil penelitian pra siklus, tidak ada anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH=0%) dan Berkembang Sangat Baik (0%=BSB)). Hasil siklus I adalah dua anak Berkembang Sesuai Harapan (40% = BSH) dan tidak ada anak yang Berkembang Sangat Baik (0%). Hasil siklus II tiga anak Berkembang Sesuai Harapan (55%=BSH) dan dua anak Berkembang Sangat Baik (29% = BSB). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran pada kemampuan berbahasa mengunakan metode read aloud dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak yaitu sebesar 83%.
PELATIHAN WIRAUSAHA BOGA DALAM PROGRAM PASTRY DAN BAKERY Wahyu Edy Setiawan; Linda Purnami
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.61 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v1i1.1478

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelatihan wirausaha boga program pastry dan bakery pada warga belajar yang diselenggarakan oleh LKP Multi Karya dan untuk mengetahui keluaran atau lulusannya. Dan untuk mengetahui keluaran atau lulusan LKP Multi Karya setelah mengikuti pelatihan wirausaha boga program pastry dan bakery. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana pelatihan wirausaha boga dalam program pastry dan bakery?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Tempat penelitian di LKP Multi Karya. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Proses Pelatihan Wirausaha Boga Program Pastry dan Bakery pada Warga Belajar yang diselenggarakan oleh LKP Multi Karya dalam proses pembelajaran yaitu dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yang relevan, yaitu: ceramah, brainstroming, demonstrasi dan tanya jawab. Selanjutnya dalam pelaksanaan pelatihan yaitu praktek langsung dimana komposisi praktek 80%, teori 20% dengan metode partisipatif dengan tehnik pembelajaran 3 tahap yaitu tahap pra pembelajaran, tahap pembelajaran dan tahap penilaian; 2) Pemanfaatan hasil belajar kursus wirausaha boga di LKP Multi Karya adalah dengan disalurkannya para lulusan ke hotel-hotel yang telah bekerjasama dengan LKP Multi Karya dan mendorong alumni lulusan LKP Multi Karya untuk dapat mandiri dengan membuka lapangan kerja sendiri dan disertai optimisme yang tinggi.
POLA ASUH ORANG TUA UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN ANAK Rahmi Alendra Yusiyaka; Riana Nuryadi
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.624 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v1i1.1479

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan disiplin anak di TK AN-NURIYAH Desa Sasakpanjang Kecamatan Tajurhalang Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah wali murid TK AN-NURIYAH berjumlah 55 orang, dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh sampael sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket, dokumentasi dan observasi, data dianalisis dengan menggunakan metode koefisien korelasi product moment. Hasilnya korelasi menunjukan adanya hubungan antara pola asuh oarang tua dengan kedisiplinan anak TK AN-NURIYAH.
PENANAMAN NILAI AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DENGAN AKHLAK REMAJA Ruhenda .; Dessi Anggraeni
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.623 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v1i1.1480

Abstract

LITERASI UANG ELEKTRONIK SEBAGAI PILIHAN GAYA HIDUP MASYARAKAT IBUKOTA DI ERA DIGITAL Retno Dwi Sri Handayani; Mayang Salsabila Lubis; Sulistyo Anjar Wiranto
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (671.601 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v2i2.2622

Abstract

Pengguna uang elektronik kini berasal dari berbagai kalangan seperti mahasiswadan pekerja yang biasanya mengincar promo dan diskon di dalamnya. Meningkatnya penggunaan, pasti diikuti pula dengan meningkatnya merchant-merchant yang mendukung pembayaran dengan uang elektronik sehingga hal tersebut mempengaruhi gaya hidup masyarakat yang menggunakannya, dan kami pun melakukan penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam untuk menggali informasi dari beberapa informan mengenai eksistensi uang elektronik sebagai pilihan gaya hidupnya dilihat dari segi kepercayaan, kenyamanan, fasilitas pelayanan, keamanan, pengetahuan, aktivitas, opini serta minatnya dalam menggunakan uang elektronik. Untuk menguji keabsahan data, digunakanlah teknik triangulasi sumber yaitu dengan menguji data dengan sumber yang berbeda-beda. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman (Prastowo, 2012: 242) yang dapat melalui 4 proses yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uang elektronik sangat dibutuhkan masyarakat untuk memenuhi gaya hidupnya dan kami harap, ini dapat menjadi bahan literasi bagi masyarakat Ibukota tentang uang elektronik sebagai pilihan gaya hidupnya di era digital
CHARACTER BUILDING PROGRAM MELALUI KEGIATAN EDUKASI DILINGKUNGAN TAMAN KOTA BOGOR Rahmi Alendra Yusiyaka; Jihan Solehatun Nisa; Indah Kurniasih
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.186 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v2i2.2623

Abstract

Kota merupakan suatu pusat pemukiman dan kegiatan penduduk yang cukup padat, memiliki permasalahan cukup kompleks, bersifat dinamis, serta memiliki pengaruh besar dalam bidang ekonomi. Adapun tujuan dari pembuatan program karakter building ini adalah menjadikan taman-taman yang ada di Kota Bogor sebagai sarana alternative untuk kegiatan edukasi bagi anak-anak. Makalah ini disusun berdasarkan studi pustaka (library research) yang menggunakan buku-buku dan literaratur-literatur lainnya sebagai objek yang utama ini menggunakan metode kajian pustaka. Keberadaan tamantaman yang ada di Kota Bogor sudah cukup banyak dan memberikan fasilitas yang baik bagi para anak-anak, akan tetapi belum mampu memberikan perubahan dan edukasi yang baik terhadap anak-anak. Akan lebih baik taman dimanfaatkan sebagai sarana wisata sekaligus pembelajaran melalui program karakter building yang dapat memudahkan tercapainya tujuan pendidikan nasional, yang berisikan salah satunya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa
BIMBINGAN SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA BAGI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PASCA BENCANA DI KOTA PALU, SIGI DAN DONGGALA Rusdi Kasman
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.783 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v2i1.2251

Abstract

MODEL EVALUASI SIARAN RADIO PENDIDIKAN FKIP UIKA Mohammad Givi Efgivia; Dedi Supriadi
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.057 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v2i2.2624

Abstract

Radio Pendidikan Streaming FKIP UIKA sebagai salah bentuk mediapembelajaran, dalam kajian ini untuk mengetahui :a) Evaluasi Siaran Radio b)Metode siaran untuk radio pendidikan c) strategi evaluasi untuk radiopendidikan. Dalam penelitian ini menggunakan metode Deskriftif. Kajian inidilakukan produksi program selesai dengan melakukan survey serta dialogterbatas dan terarah. Tentang hal strategi evaluasi siaran radio pendidikanstreaming FKIP UIKA ialah dengan mengumpulkan / melibatkan pendengardengan melibatkan pakar keradioan guna melihat perkembangan danmengidentifikasikan aspek sasaran pendengar, observasi pendengar, datapendengar, temu pendengar, suvey pendengar dan bukti survey. HasilEvaluasi menemukan adalah evaluasi dalam siaran radio berguna dilakukanpengkajian kembali berguna untuk usulan program yang sudah terprogramserta mengetahui kesuksekan siaran dan kekurangan dalam sebuah program