cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL OBOR PENMAS
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 46 Documents
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR Siti Aminah Al-falathi
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.618 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v1i1.1477

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui data dan informasi tentang: penggunaan model pembelajaran active learning pada program kejar paket C di PKBM Al- Jauhar Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Model pembelajaran Active learning adalah proses pembelajaran yang mempermudah tutor dalam menyampaikan materi. Dengan menggunakan model pembelajaran Active learning maka proses pembelajaran akan lebih menarik. Pertanyaan penelitian ini adalah Bagaimana Hubungan Antara Penggunaan Model Pembelajaran Active Learning Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelompok Belajar Paket C Di Pkbm Al-Jauhar Kec Bogor Utara, Kota Bogor?. metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, angket dan liteltur dengan menggunakan teknik total sampling, yaitu keseluruhan peserta didik paket C di PKBM Al-jauhar dijadikan sampel penelitian yaitu berjumlah 36 Orang . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat hubungan antara penggunaan model pembelajaran Active learning dengan peningkatan prestasi belajar peserta didik kejar paket C di PKBM Al-Jauhar Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor.
PELATIHAN WIRAUSAHA BOGA DALAM PROGRAM PASTRY DAN BAKERY Wahyu Edy Setiawan; Linda Purnami
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.61 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v1i1.1478

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelatihan wirausaha boga program pastry dan bakery pada warga belajar yang diselenggarakan oleh LKP Multi Karya dan untuk mengetahui keluaran atau lulusannya. Dan untuk mengetahui keluaran atau lulusan LKP Multi Karya setelah mengikuti pelatihan wirausaha boga program pastry dan bakery. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana pelatihan wirausaha boga dalam program pastry dan bakery?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Tempat penelitian di LKP Multi Karya. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Proses Pelatihan Wirausaha Boga Program Pastry dan Bakery pada Warga Belajar yang diselenggarakan oleh LKP Multi Karya dalam proses pembelajaran yaitu dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yang relevan, yaitu: ceramah, brainstroming, demonstrasi dan tanya jawab. Selanjutnya dalam pelaksanaan pelatihan yaitu praktek langsung dimana komposisi praktek 80%, teori 20% dengan metode partisipatif dengan tehnik pembelajaran 3 tahap yaitu tahap pra pembelajaran, tahap pembelajaran dan tahap penilaian; 2) Pemanfaatan hasil belajar kursus wirausaha boga di LKP Multi Karya adalah dengan disalurkannya para lulusan ke hotel-hotel yang telah bekerjasama dengan LKP Multi Karya dan mendorong alumni lulusan LKP Multi Karya untuk dapat mandiri dengan membuka lapangan kerja sendiri dan disertai optimisme yang tinggi.
POLA ASUH ORANG TUA UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN ANAK Rahmi Alendra Yusiyaka; Riana Nuryadi
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.624 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v1i1.1479

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh orangtua dengan disiplin anak di TK AN-NURIYAH Desa Sasakpanjang Kecamatan Tajurhalang Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah wali murid TK AN-NURIYAH berjumlah 55 orang, dengan menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh sampael sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data adalah angket, dokumentasi dan observasi, data dianalisis dengan menggunakan metode koefisien korelasi product moment. Hasilnya korelasi menunjukan adanya hubungan antara pola asuh oarang tua dengan kedisiplinan anak TK AN-NURIYAH.
PENANAMAN NILAI AGAMA ISLAM DALAM KELUARGA DENGAN AKHLAK REMAJA Ruhenda .; Dessi Anggraeni
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.623 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v1i1.1480

Abstract

PENGELOLAAN BANK SAMPAH DENGAN BERBASIS R4 (REDUCE, REUSE, RECYCLE, REPLANT) Abdul Karim Halim
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.629 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v1i1.1481

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk manajemen dan teknik mengelola sampah yang dapat memberikan manfaat banyak adalah dengan mengelolanya melalui Program Bank Sampah berbasis R 4 (Re-Duse, Re-Use, Re-Cyickle dan Re-Plant). Pertanyaan peneilitian ini adalah: bagaimana pengelolaan bank sampah dengan berbasis R4?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan yang dilaksankan di Sektor III Puri Anggrek Perumahan Bukit Mekar Wangi Kota Bogor. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa masyarakat dapat diarahkan kepada kebiasaan/disiplin dalam melakukan Re-duse dan Re-Use, sementara kami para pengelola Bank Sampah lebih pada mengembangkan produk-produk hasil Re-Cyckle dan Re-Plant. Sedangkan untuk pengelolaan Bank Sampah dapat dilakukan setelah menghasilkan beberapa produk secara ekonomi.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE READ ALOUD Masitowati Gatot; Muhammad Rusvendy Doddyansyah
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.612 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v1i1.1482

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak dengan metode read aloud. Anak usia dini harus dioptimalisasikan perkembangan bahasa khususnya literasi yaitu mendengar, berbicara, membaca, dan menulis dengan metode yang menyenangkan. Hasil observasi menunjukan bahwa anak usia 4-5 tahun di TK Permatahati, kemampuan literasi belum sesuai harapan, kemungkinan disebabkan oleh kurangnya kesempatan anak dalam mengembangkan kemampuan bahasa. Permasalahan inilah yang menjadi landasan bagi peneliti untuk melakukan penelitian tentang peningkatan kemampuan literasi anak melalui metode Read AloudPertanyaan penelitian ini adalah apakah melalui metode read aloud dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak?. Penelitian ini mengunakan pendekatan action research dengan tehnik analisis data dari dua siklus dengan model Kemmis S dan Mc Taggart dan studi literatur. Hasil penelitian pra siklus, tidak ada anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH=0%) dan Berkembang Sangat Baik (0%=BSB)). Hasil siklus I adalah dua anak Berkembang Sesuai Harapan (40% = BSH) dan tidak ada anak yang Berkembang Sangat Baik (0%). Hasil siklus II tiga anak Berkembang Sesuai Harapan (55%=BSH) dan dua anak Berkembang Sangat Baik (29% = BSB). Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran pada kemampuan berbahasa mengunakan metode read aloud dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak yaitu sebesar 83%.
BIMBINGAN SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA BAGI GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN PASCA BENCANA DI KOTA PALU, SIGI DAN DONGGALA Rusdi Kasman
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.783 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v2i1.2251

Abstract

STRATEGI PEMBIMBINGAN PENILIK DALAM PEMBINAAN TERHADAP PENDIDIK PAUD MELALUI LAYANAN LIMBINGAN RESPONSIF Tb. Ibr. Ayo Mustaro
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.477 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v2i1.2252

Abstract

Penyelenggaraan Kependidikan PAUD yang berkualitas dan bermakna menjadi impian masyarakat. Keinginan untuk mewujudkan Lembaga Kependidikan PAUD yang berkualitas tentunya memerlukan waktu, proses, sumber dana, sumber daya manusia, sarana prasarana, kebijakan yang kondusif dan berpihak terhadap pemberdayaan PAUD. Dalam melaksanakan tugasnya permasalahan yang sering dialami oleh Pengelola dan Guru PAUD di lapangan dalamoprasional program PAUD, sehingga perlu mendapat bimbingan dari Penilik. Permasalahan yang dialami PTK PAUDNI di atas perlu mendapatkan layanan bimbingan dari Penilik, maka salah satu layanan nyang dapat digunakan adalah layanan responsif. Kegiatan layanan bimbingan responsif dilakukan meliput tahapan yaitu, tahap awal, tahap inti dan evaluasi.Dalam pelaksanaannya kegiatan bimbingan responsif dilaksanakan meliputi; Menentukan Sasaran, Melakukan analisis, sintesis, dan diagnosa, Melakukan koordinasi dan konsultasi, Penyusunan jadwal dan cara yang akan dilakukan, Penyiapan administrasi / instrumen/ formatformat, Menjelajahi dan mengeksplorasi masalah Guru PAUD lebih dalam, Menjaga agar hubungan bimbingan tetap terpelihara, Proses bimbingn, Penilik bersama Guru PAUD membuat kesimpulan mengenai hasil proses bimbingan, menyusun rencana tindakan yang akan dilakukan berdasarkan kesepakatan yang telah terbangun dari proses bimbingan sebelumnya serta mengevaluasi jalannya proses dan hasil bimbingan.
RANCANGAN PENGELOLAAN PAUD KB. RIYADUL HASANAH DESA GALUGA KECAMATAN CIBUNGBULANG Iwan .
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.633 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v2i1.2253

Abstract

HUBUNGAN KEHARMONISAN KELUARGA DENGAN KENAKALAN REMAJA DI PKBM AL-JAUHAR KECAMATAN BOGOR UTARA KOTA BOGOR Ani Safitri
Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Luar Sekolah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.901 KB) | DOI: 10.32832/oborpenmas.v2i1.2254

Abstract