cover
Contact Name
Kadek Wirahyuni
Contact Email
kadek.wirahyuni@undiksha.ac.id
Phone
+6282236067235
Journal Mail Official
kadek.wirahyuni@undiksha.ac.id
Editorial Address
Jalan Udayana No.11 Singaraja
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
ISSN : http://u     EISSN : http://u     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v10i1
Core Subject : Education,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language and Art Education. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational, technology, and educational development at Indonesia Language and Art Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 1,054 Documents
TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU DAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH ALIYAH Rina - Kurniawati; Mujiyono - Wiryotinoyo; Kamarudin Kamarudin
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 12 No. 2 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tindak tutur ilokusi guru dan peserta didik pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI Madrasah Aliyah (MA). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk dan fungsi yang mengikat tindak tutur ilokusi guru dan peserta didik baik tindak tutur ilokusi asertif, direktif, ekspresif, komisif, maupun deklaratif pada pembelajaran bahasa Indonesia di kelas XI Madrasah Aliyah (MA). Manfaat teoretis mengembangkan ilmu pengetahuan tentang tindak tutur ilokusi dalam pembelajaran. Manfaat praktisnya adalah memperkaya wawasan dalam tindak tutur guru dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan situasi percakapan di dalam kelas pembelajaran bahasa Indonesia. Data penelitian percakapan guru dan peserta didik  pada pembelajaran bahasa Indonesia y. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis pragmatik. Hasil penelitian menunjukkan semua fungsi tindak ilokusi asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif ditemukan pada saat pembelajaran di kelas. Tindak ilokusi yang mengikat pada tuturan guru dan peserta didik adalah tindak tutur ilokusi direktif. Hendaknya sivitas akademik mulai dari guru dan tenaga kependidikan mampu menggunakan tindak tutur ilokusi direktif dengan tepat dalam aktivitas di lingkungan sekolah/ madrasah untuk meningkatkan kompetensi berkomunikasi secara lisan demi mewujudkan kecintaan terhadap bahasa Indonesia.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MERANCANG PROPOSAL KARYA ILMIAH PADA SISWA KELAS XI KULINER 2 DI SMK NUSA DUA GEROKGAK Febrianti, Devita; Gunatama, Gede; Sutama, I Made
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v10i1.24535

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) langkah-langkah penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam merancang proposal karya ilmiah pada siswa kelas XI Kuliner 2 di SMK Nusa Dua Gerokgak; (2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran merancang proposal karya ilmiah dengan model Project Based Learning pada siswa kelas XI Kuliner 2 di SMK Nusa Dua Gerokgak; dan (3) respons siswa terhadap pembelajaran merancang proposal karya ilmiah dengan model Project Based Learning pada siswa kelas XI Kuliner 2 di SMK Nusa Dua Gerokgak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan subjek guru Bahasa Indonesia kelas XI Kuliner 2 di SMK Nusa Dua Gerokgak. Objek penelitian ini adalah langkah-langkah penerapan Project Based Learning, hasil belajar siswa dan respons siswa terhadap model pembelajaran Project Based Learning. Data dikumpulkan dengan metode observasi, tes, dan kuesioner yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini ialah (1) langkah-langkah penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam merancang proposal karya ilmiah telah sesuai dengan prosedur sintak model pembelajaran Project Based Learning merancang proposal karya ilmiah yang digunakan oleh guru; (2) hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Project Based Learning merencang proposal karya ilmiah sudah baik, hal ini terlihat dari jumlah rata-rata yang dihasilkan adalah  89,94; (3) respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam merancang proposal karya ilmiah.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MERANCANG PROPOSAL KARYA ILMIAH PADA SISWA KELAS XI KULINER 2 DI SMK NUSA DUA GEROKGAK Devita Febrianti; Gede Gunatama; I Made Sutama
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 10 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v10i1.24535

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) langkah-langkah penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam merancang proposal karya ilmiah pada siswa kelas XI Kuliner 2 di SMK Nusa Dua Gerokgak; (2) hasil belajar siswa dalam pembelajaran merancang proposal karya ilmiah dengan model Project Based Learning pada siswa kelas XI Kuliner 2 di SMK Nusa Dua Gerokgak; dan (3) respons siswa terhadap pembelajaran merancang proposal karya ilmiah dengan model Project Based Learning pada siswa kelas XI Kuliner 2 di SMK Nusa Dua Gerokgak. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan subjek guru Bahasa Indonesia kelas XI Kuliner 2 di SMK Nusa Dua Gerokgak. Objek penelitian ini adalah langkah-langkah penerapan Project Based Learning, hasil belajar siswa dan respons siswa terhadap model pembelajaran Project Based Learning. Data dikumpulkan dengan metode observasi, tes, dan kuesioner yang dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini ialah (1) langkah-langkah penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam merancang proposal karya ilmiah telah sesuai dengan prosedur sintak model pembelajaran Project Based Learning merancang proposal karya ilmiah yang digunakan oleh guru; (2) hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran Project Based Learning merencang proposal karya ilmiah sudah baik, hal ini terlihat dari jumlah rata-rata yang dihasilkan adalah  89,94; (3) respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran Project Based Learning dalam merancang proposal karya ilmiah.
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PROYEK DI KELAS VIII SMP TUNAS DAUD DENPASAR Suplig, Ni Made Silvia Aryanthi
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v10i1.24536

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan penjelasan mengenai pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek pada siswa kelas VIII SMP Tunas Daud Denpasar yang meliputi : perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII yang berjumlah satu orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek pada siswa kelas VIII SMP Tunas Daud Denpasar. Data-data dikumpulkan dengan metode dokumentasi untuk menjawab permasalahan terkait perencanaan, metode observasi dan wawancara untuk menjawab permasalahan terkait pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Data-data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis didapatkan hasil, yaitu (1) Pada perencanaan pembelajaran berbasis proyek ada beberapa sintak yang luput dari pandangan guru. (2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek telah sesuai dengan kurikulum 2013 yang terdiri atas tiga kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan penutup dan sesuai dengan prosedur pelaksanaan berbasis proyek, namun  hal-hal yang masih luput dari perhatian guru adalah penyampaian apersepsi, mengaitkan materi yang relevan, dan pemanfaatan alokasi waktu. (3) pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek pada siswa kelas VIII SMP Tunas Daud Denpasar guru mengevaluasi pemahaman siswa terhadap teks yang dibahas melalui evaluasi proses
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PROYEK DI KELAS VIII SMP TUNAS DAUD DENPASAR Ni Made Silvia Aryanthi Suplig
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 10 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v10i1.24536

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan penjelasan mengenai pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek pada siswa kelas VIII SMP Tunas Daud Denpasar yang meliputi : perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII yang berjumlah satu orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek pada siswa kelas VIII SMP Tunas Daud Denpasar. Data-data dikumpulkan dengan metode dokumentasi untuk menjawab permasalahan terkait perencanaan, metode observasi dan wawancara untuk menjawab permasalahan terkait pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Data-data yang telah terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis didapatkan hasil, yaitu (1) Pada perencanaan pembelajaran berbasis proyek ada beberapa sintak yang luput dari pandangan guru. (2) pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek telah sesuai dengan kurikulum 2013 yang terdiri atas tiga kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan penutup dan sesuai dengan prosedur pelaksanaan berbasis proyek, namun  hal-hal yang masih luput dari perhatian guru adalah penyampaian apersepsi, mengaitkan materi yang relevan, dan pemanfaatan alokasi waktu. (3) pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis proyek pada siswa kelas VIII SMP Tunas Daud Denpasar guru mengevaluasi pemahaman siswa terhadap teks yang dibahas melalui evaluasi proses
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CAROUSEL FEEDBACK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 SINGARAJA Hamid, M Gozeli Al; Gunatama, Gede; Darmayanti, Ida Ayu Made
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v10i1.24537

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMPN 7 Singaraja ini bertujuan (1) mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa kelas VIII E di SMPN 7 Singaraja, (2) mendeskripsikan keterampilan siswa berdiskusi melalui penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback kelas VIII E di SMPN 7 Singaraja, (3) mendeskripsikan respons siswa kelas VIII E di SMPN 7 Singaraja terhadap penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII E SMPN 7 Singaraja. Objek penelitian ini adalah aktivitas siswa, peningkatan hasil, dan respons siswa dalam penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback dalam pembelajaran teks eksplanasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket/kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) siswa dan guru terlihat aktif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hal tersebut terlihat dari keaktifan siswa dalam berdiskusi dalam kelompok dan membagi hasil diskusinya dengan kelompok lain (2) penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback dapat meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa. Hal ini dapat dilihat dalam perbandingan skor rata-rata klasikal, yakni pada pratindakan skor rata-rata klasikal 68,9, siklus I memeroleh skor rata-rata klasikal 73,1, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 82,9, (3) siswa memberikan respons sangat positif terhadap penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback dalam pembelajaran berdiskusi. Dari hasil yang dicapai, bahwa model pembelajaran Carousel Feedback perlu dipertimbangkan sebagai upaya untuk mengobtimalkan proses dan hasil belajar bahasa dan sastra.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CAROUSEL FEEDBACK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 SINGARAJA M Gozeli Al Hamid; Gede Gunatama; Ida Ayu Made Darmayanti
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 10 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v10i1.24537

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMPN 7 Singaraja ini bertujuan (1) mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa kelas VIII E di SMPN 7 Singaraja, (2) mendeskripsikan keterampilan siswa berdiskusi melalui penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback kelas VIII E di SMPN 7 Singaraja, (3) mendeskripsikan respons siswa kelas VIII E di SMPN 7 Singaraja terhadap penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII E SMPN 7 Singaraja. Objek penelitian ini adalah aktivitas siswa, peningkatan hasil, dan respons siswa dalam penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback dalam pembelajaran teks eksplanasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket/kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) siswa dan guru terlihat aktif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hal tersebut terlihat dari keaktifan siswa dalam berdiskusi dalam kelompok dan membagi hasil diskusinya dengan kelompok lain (2) penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback dapat meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa. Hal ini dapat dilihat dalam perbandingan skor rata-rata klasikal, yakni pada pratindakan skor rata-rata klasikal 68,9, siklus I memeroleh skor rata-rata klasikal 73,1, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 82,9, (3) siswa memberikan respons sangat positif terhadap penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback dalam pembelajaran berdiskusi. Dari hasil yang dicapai, bahwa model pembelajaran Carousel Feedback perlu dipertimbangkan sebagai upaya untuk mengobtimalkan proses dan hasil belajar bahasa dan sastra.
KRITIK PENGARANG TERHADAP PEMBALAKAN HUTAN PADA NOVEL NYANYIAN KEMARAU DAN TANGISAN BATANG PUDU: KAJIAN EKOKRITIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA Syamil, Imaduddin; Yasa, I Nyoman; Sriasih, Sang Ayu Putu
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v10i1.24538

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) eksploitasi hutan dalam novel Nyanyian Kemarau dan Tangisan Batang Pudu, (2) kritik pengarang terhadap pembalakan hutan dalam novel Nyanyian Kemarau dan Tangisan Batang Pudu serta (3) relevansi kritik pengarang terhadap pembalakan hutan pada novel Nyanyian Kemarau dan Tangisan Batang Pudu dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu novel Nyanyian Kemarau dan Tangisan Batang Pudu dan objek penelitian yakni (1) eksploitasi hutan dalam novel Nyanyian Kemarau dan Tangisan Batang Pudu, (2) kritik pengarang terhadap pembalakan hutan dalam novel Nyanyian Kemarau dan Tangisan Batang Pudu, serta (3) relevansi kritik pengarang terhadap pembalakan hutan dalam novel Nyanyian Kemarau dan Tangisan Batang Pudu. Data dikumpulkan dengan metode studi pustaka dan metode observasi. Adapun hasil penelitian, yaitu (1) eksploitasi hutan dalam novel Nyanyian Kemarau dan Tangisan Batang Pudu meliputi penebangan hutan, pembakaran di kawasan hutan dan pembangunan di kawasan hutan, (2) kritik pengarang dalam novel ini, antara lain (a) menyatakan tokoh, alur, latar dan amanat yang difungsikan sebagai kritik, (b) menunjukkan perilaku para pengusaha yang melakukan eksploitasi hutan, (c) menghadirkan dampak buruk akibat adanya eksploitasi hutan, (3) relevansi penelitian ini terhadap pembelajaran sastra di SMA adalah (a) terintegrasinya materi pembelajaran sastra di SMA meliputi cerpen, novel, dan puisi, (b) menanamkan nilai luhur untuk menjaga kelestarian alam. Implementasi penelitian ini adalah melakukan tindakan nyata sebagai wujud menjaga kelestarian alam
KRITIK PENGARANG TERHADAP PEMBALAKAN HUTAN PADA NOVEL NYANYIAN KEMARAU DAN TANGISAN BATANG PUDU: KAJIAN EKOKRITIK DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA Imaduddin Syamil; I Nyoman Yasa; Sang Ayu Putu Sriasih
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol. 10 No. 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v10i1.24538

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) eksploitasi hutan dalam novel Nyanyian Kemarau dan Tangisan Batang Pudu, (2) kritik pengarang terhadap pembalakan hutan dalam novel Nyanyian Kemarau dan Tangisan Batang Pudu serta (3) relevansi kritik pengarang terhadap pembalakan hutan pada novel Nyanyian Kemarau dan Tangisan Batang Pudu dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu novel Nyanyian Kemarau dan Tangisan Batang Pudu dan objek penelitian yakni (1) eksploitasi hutan dalam novel Nyanyian Kemarau dan Tangisan Batang Pudu, (2) kritik pengarang terhadap pembalakan hutan dalam novel Nyanyian Kemarau dan Tangisan Batang Pudu, serta (3) relevansi kritik pengarang terhadap pembalakan hutan dalam novel Nyanyian Kemarau dan Tangisan Batang Pudu. Data dikumpulkan dengan metode studi pustaka dan metode observasi. Adapun hasil penelitian, yaitu (1) eksploitasi hutan dalam novel Nyanyian Kemarau dan Tangisan Batang Pudu meliputi penebangan hutan, pembakaran di kawasan hutan dan pembangunan di kawasan hutan, (2) kritik pengarang dalam novel ini, antara lain (a) menyatakan tokoh, alur, latar dan amanat yang difungsikan sebagai kritik, (b) menunjukkan perilaku para pengusaha yang melakukan eksploitasi hutan, (c) menghadirkan dampak buruk akibat adanya eksploitasi hutan, (3) relevansi penelitian ini terhadap pembelajaran sastra di SMA adalah (a) terintegrasinya materi pembelajaran sastra di SMA meliputi cerpen, novel, dan puisi, (b) menanamkan nilai luhur untuk menjaga kelestarian alam. Implementasi penelitian ini adalah melakukan tindakan nyata sebagai wujud menjaga kelestarian alam
DUNIA PESANTREN DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI Hairunnisah, Yulianti; Sudiana, I Nyoman; Artika, I Wayan
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha Vol 10, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpbs.v10i1.24550

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) gambaran dunia pesantren dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi (2) unsur-unsur yang dimanfaatkan untuk membangun dunia pesantren dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Penelitian ini menggunakan ancangan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Objek penelitian ini adalah penggambaran dunia pesantren dalam novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi dengan teknik membaca simak, mengutip, dan mencatat. Instrumen dalam pengumpulan data adalah peneliti sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) gambaran dunia pesantren dalam novel Negeri 5  Menara karya Ahmad Fuadi meliputi, (a) pesantren secara fisik maupun geografis, (b) pesantren secara sosial (c) proses pendidikan di pesantren, (d) kehidupan secara umum di pesantren. (2) Unsur-unsur yang dimanfaatkan untuk membangun dunia pesantren dalam novel Negeri 5 Menara meliputi kiai, santri, masjid, asrama, dan kitab-kitab kuning.

Page 1 of 106 | Total Record : 1054