cover
Contact Name
Made Gautama Jayadiningrat
Contact Email
jpppjournal@undiksha.ac.id
Phone
+6287762961886
Journal Mail Official
gtm_jd@yahoo.co.id
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
ISSN : 19797109     EISSN : 26154498     DOI : 10.23887/jppp.v4i3
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development. p-ISSN : 1979-7109 (Print) and e-ISSN : 2615-4498 (Online)
Articles 548 Documents
IMPLEMENTASI KOOPERATIF TPS MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET Sugiantara, I Wayan Eka
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): April
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i1.12614

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket. melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.MIPA.1 SMA Negeri 2 Singaraja, sejumlah 36 orang, yaitu 23 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Data dianalisis menggunnakan statistik deskriptif. Hasil analisis data aktivitas belajar secara klasikal teknik dasar passing bola basket pada siklus I adalah 7,2 (aktif), dan meningkat menjadi 8,5 (aktif) pada siklus. Sedangkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I adalah 80,5% (baik), dan meningkat menjadi 100% (sangat baik) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas XI.MIPA.1 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Maka disarankan kepada guru penjasorkes agar mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS ini karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS Poko, Feri
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): April 2017
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i1.12615

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model pembelajaranexamples non examplesdi kelas IV SD Negeri4KaliuntuSemester I TahunPelajaran 2017/2018.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Kaliuntu yang berjumlah 33 orang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Instrumen pengumpulan data hasil belajar yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda biasa. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 0,21 dari prasiklus ke siklus I, sebesar 0,39 dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar IPS siswa dari prasiklus ke siklus II sebesar 0,52. Rata-rata peningkatan nilai hasil IPS siswa dari prasiklus hingga siklus II sebesar 0,3 yang tergolong pada kategori sedang. Sehingga tujuan penelitian ini tercapai bahwa penerapan model Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN EJAAN DAN TANDA BACA DALAM MENULIS TEKS LAPORAN OBSERVASI DENGAN METODE JIGSAW Sibawae, S
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): April 2017
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i1.12616

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menggunakan ejaan dan tanda baca dalam menulis teks laporan hasil observasi dengan metode Jigsaw siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Singaraja, berjumlah 27 orang dengan rincian 14 orang putra dan 13 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan dalam menggunakan ejaan dan tanda baca siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Singaraja dalam menulis teks laporan hasil observasi. Hal tersebut dilihat dari data: 1)kesalahan penulisan huruf kapital sejumlah 61 kesalahan, 2) kesalahan preposisi atau kata depan sejumlah 67 kesalahan, 3) kesalahan tanda koma sejumlah 117, 4) dan kesalahan tanda titik sejumlah 41 kesalahan. Setelah dilaksanakan penelitian menggunakan metode Jigsaw diperoleh hasil, yaitu siswa yang melakukan kesalahan dalam penggunaan ejaan dan tanda baca menurun dari 172 pada siklus I menjadi 52 kesalahan pada siklus II. Apabila diklasifikasikan , yaitu 1) kesalahan penggunaan huruf kapital/kecil mengalami penurunan dari 47 kesalahan pada siklus I menjadi 12 kesalahan pada siklus II, 2) siswa yang melakukan kesalahan penggunaan kata depan dari 31 kesalahan pada siklus I menjadi 10 kesalahan pada siklus II, 3) Siswa yang melakukan kesalahan penggunaan tanda baca berupa koma (,) dari 70 kesalahan pada siklus I menjadi 20 kesalahan pada siklus II. 4) Siswa yang melakukan kesalahan penggunaan tanda baca berupa titik (.) dari 24 kesalahan pada siklus I menjadi 10 kesalahan pada siklus II. Respons siswa juga meningkat dari rata-rata 57 pada siklus I menjadi 63 pada siklus II. Walaupun masih dalam kriteria yang sama, yaitu kriteria positif.
IMPLEMENTASI KOOPERATIF NHT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN DAN SIKAP LILIN Antara, I Made Dwi
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): April
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i1.12617

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar senam lantai guling depan dan sikap lilin melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada Peserta didik kelas XII.MIPA.5 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (guru sebagai peneliti) dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII.MIPA.5 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018, berjumlah 30 orang dengan 18 orang putra dan 12 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan rata-rata aktivitas belajar senam lantai guling depan dan sikap lilin secara klasikal pada observasi awal 6,2(cukup aktif), pada siklus I meningkat menjadi 7( aktif), dan 7,9 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar kompetensi pengetahuan dari observasi awal sebesar 20% (tuntas), pada siklus I menjadi 66,7%(tuntas) dan 100%(tuntas) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar secara signifikan juga terjadi pada kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar senam lantai guling depan dan sikap lilin meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada peserta didik kelas XII.MIPA.5 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Disarankan kepada guru PJOK agar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar senam lantai guling depan dan sikap lilin peserta didik.
IMPLEMENTASI KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET Pranatha, I Wayan Oka
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): April
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i1.12618

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X AP3 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan bentuk guru sebagai peneliti. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X AP3 SMK Negeri 2 Singaraja, yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 13 siswa putri dan 22 siswa putra. Hasil analisis data penelitian didapatkan aktivitas belajar teknik dasar passing bola basket mengalami peningkatan 33,2% pada observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 28,5% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 61,8% dari observasi awal ke siklus II. Sedangkan hasil belajar teknik dasar passing bola basket mengalami peningkatan sebesar 42,8% dari observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 37,2% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 81,0% dari observasi awal ke siklus II.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket meningkat melalui Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X AP3 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018. Peneliti menyarankan agar guru PJOK mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena sudah terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING SEPAKBOLA Satriawan, Komang Budi
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 1, No 2 (2017): Juli
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i2.12621

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar keterampilan gerak passing permainan sepakbola menggunakan kaki bagian dalam. Penelitian ini merupakanpenelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI UPW B SMK Negeri 1 Singaraja, sejumlah 35 siswa. Data dianalisis menggunnakan statistik deskriptif. Hasil analisis data aktivitas belajar pada siklus I secara klasikal adalah 46% dan meningkat menjadi 86% pada siklus II, sedangkan hasil belajar aspek sikap secara klasikal pada siklus I adalah 63% sedangkan pada siklus II adalah 91%, pada aspek pengetahuan siklus I diperoleh secara klasikal 51% dan meningkat menjadi 86% di siklus II. Aspek keterampilan siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 66% dan mingkat menjadi 89% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar keterampilan gerak passing permainan sepakbola menggunakan kaki bagian dalam meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Disarankan kepada guru Penjasorkes agar mengimplementasikan model pembelajaran ini karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik passing sepakbola.
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT Lesmana, Kadek Dedi; Suarjana, I Made
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 1, No 2 (2017): Juli
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i2.12622

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar tematik tema 3 perubahan di alam setelah penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) bermedia grafis pada siswa kelas IIIB Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 di SD Negeri 3 Banjar Jawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IIIB semester I SD Negeri 3 Banjar Jawa, sebanyak 31 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket/kuesioner. Data yang didapatkan dari metode angket/kuesioner dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada refleksi awal rata-rata persentase motivasi belajar siswa pada tema 3 perubahan di alam hanya mencapai 62,26% dan berada pada kategori kurang, meningkat pada siklus I menjadi 69,8% dan berada pada kategori cukup. Setelah dilaksanakan perbaikan tindakan pada siklus II, rata-rata persentase motivasi belajar siswa pada tema 3 perubahan di alam semakin meningkat mencapai 84,11% dan berada pada kategori baik. Indeks peningkatan motivasi belajar siswa pada tema 3 perubahan di alam dari refleksi awal menuju siklus I yaitu 0,2 termasuk pada kategori rendah dan dari siklus I menuju siklus II meningkat menjadi 0,47 termasuk pada kategori sedang, maka peningkatan motivasi belajar siswa pada tema 3 perubahan di alam sudah mencapai predikat yang telah ditetapkan. Dengan demikian model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) bermedia grafis dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada tema 3 perubahan di alam pada kelas IIIB Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 di SD Negeri 3 Banjar Jawa.
MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR MELALUI STRATEGI GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWERS PADA SISWA Syafitri, Rodhiyah
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 1, No 2 (2017): Juli 2017
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i2.12623

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan tanggung jawab belajar siswa melalui strategi giving questions and getting answers. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III B SD Laboratorium Undiksha sebanyak 35 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner. Data yang telah didapatkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian siklus I menunjukkan tanggung jawab belajar siswa secara klasikal mencapai 58,04% pada kategori cukup tinggi. Pada siklus II secara klasikal mencapai 66,69% pada kategori tinggi. Dengan demikian peningkatan tanggung jawab belajar siswa mencapai 8,65%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab belajar siswa dapat meningkat melaui strategi giving questions and getting answers.
IMPLEMENTASI KOOPERATIF NHT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ATLETIK LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK Jaya, I Kadek Arsa
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 1, No 2 (2017): Juli
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i2.12624

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jngkok melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada Peserta didik kelas X Boga A3 SMK Negeri 2 Sigaraja tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (guru sebagai peneliti) dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Boga A3 SMK Negeri 2 Sigaraja tahun pelajaran 2017/2018, berjumlah 36 orang dengan 21 orang putra dan 15 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.Berdasarkan hasil analisis data didapatkan rata-rata aktivitas belajar lompat jauh gaya jongkok secara klasikal pada observasi awal 6,19 (cukup aktif), pada siklus I meningkat menjadi 6,92 (cukup aktif), dan 7,22 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar kompetensi pengetahuan dari observasi awal sebesar 5,56% (tuntas), pada siklus I menjadi 75 % (tuntas) dan 94,44% (tuntas) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar secara signifikan juga terjadi pada kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada peserta didik kelas X Boga A3 SMK Negeri 2 Sigaraja tahun pelajaran 2017/2018. Disarankan kepada guru PJOK agar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh peserta didik.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN BANTUAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA Natalia, Desy Sri
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 1, No 2 (2017): Juli
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i2.12625

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X AP-3 SMK Negeri 3 Singaraja dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video, (2) mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X AP-3 SMK Negeri 3 Singaraja, (3) mengetahui respons siswa kelas X AP-3 SMK Negeri 3 Singaraja terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video dalam meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Singaraja. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X AP-3 SMK Negeri 2 Singaraja. Objek penelitiannya adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi. Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu (1) metode observasi, (2) metode tes, dan (3) metode angket/kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata klasikal siswa dari 70,55 pada siklus I meningkat menjadi 75,91 pada siklus II. (2) Ada tujuh belas langkah-langkah proses pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) yang efektif dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video, (3) mengacu pada hasil kuesioner, siswa memberikan respons positif terhadap penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan media video pada pembelajaran menulis teks eksposisi

Page 1 of 55 | Total Record : 548