cover
Contact Name
Made Gautama Jayadiningrat
Contact Email
jpppjournal@undiksha.ac.id
Phone
+6287762961886
Journal Mail Official
gtm_jd@yahoo.co.id
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
ISSN : 19797109     EISSN : 26154498     DOI : 10.23887/jppp.v4i3
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development. p-ISSN : 1979-7109 (Print) and e-ISSN : 2615-4498 (Online)
Articles 548 Documents
Korelasi Antara Konsep Diri dengan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Wulandari, Ni Putu
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 2, No 2 (2018): Juli 2018
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v2i2.15395

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara konsep diri dengan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD  Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat, pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas IV SD yang berada di Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018 yang memiliki jumlah populasi 401 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan taraf kesalahan 5% dan diperoleh banyak sampel dari populasi sejumlah 186 siswa. Data konsep diri diperoleh melalui kuesioner dan data penguasaan kompetensi pengetahuan IPS didapatkan melalui pencatatan dokumen yaitu nilai UAS semester I. Sebagai uji persyaratan menggunakan uji normalitas sebaran data. Setelah seluruh uji prasyarat terpenuhi, analisis statistik yang digunakan pada penelitian ini, berikutnya adalah uji hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh rhitung = 0,265. Pada taraf signifikansi 5% n= 186, maka diperoleh rtabel = 0,148. Karena rhitung= 0,265 > rtabel = 0,148 maka dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara konsep diri dengan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan arah korelasi positif, artinya semakin tinggi konsep diri semakin meningkat penguasaan kompetensi pengetahuan IPS.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Suri, Ni Nengah
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 2, No 3 (2018): Oktober 2018
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v2i3.16283

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan  Sosial pada Siswa Kelas V semester II Tahun Pelajaran 2016/2017  SD No 1 Darmasaba  setelah penerapan model pembelajaran pembelajaran Kooperatif tipe Teams Game Tournaments (TGT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD No 1 Darmasaba yang berjumlah 24 orang. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah hasil belajar Bahasa Indonesia dengan penerapan model pembelajaran pembelajaran Kooperatif tipe Teams Game Tournaments (TGT). Data hasil pelaksanaan pembelajaran dikumpulkan dengan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournaments (TGT) dapat meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan  Sosial pada Siswa Kelas V semester II Tahun Pelajaran 2016/2017  SD No 1 Darmasaba. Hasil ini terbukti dari peningkatan rata-rata siklus I sebesar 72 menjadi 78 pada siklus II. Ketuntasan klasikal siswa pun mengalami peningkatan dari 79% pada siklus I menjadi 92% pada siklus II
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Perawatan Wajah, Badan (Body Massage) dan Waxing Siswa Santi Suardini, A. A. Oka
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 3, No 1 (2019): April 2019
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v3i1.17098

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Perawatan Wajah, Badan (body massage) dan Waxing yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem based learning di kelas XI Tata Kecantikan 1 Semester Ganjil SMKN 2 Singaraja tahun ajaran 2018/2019.Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan bentuk guru sebagai peneliti.Subyek penelitian yang akan dijadikan penelitian adalah siswa kelas XI Tata Kecantikan 1 Semester ganjil SMK N 2 Singaraja tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 35 orang. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data hasil belajar siswa dalam pelajaran perawatan wajah, badan (body massage) dan  waxing dengan skor rata-rata hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I  78,65% dan menjadi  81,35% pada siklus ke II dan siklus ketuntasan belajar pada siklus I dan II masing-masing 83,65% dan 90,30%..Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learning dengan seting belajar kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran perawatan wajah, badan (body massage) dan  waxing.
Media Rubik Pada Pembelajaran IPA Pada Penerapan Model Think Pair Share Resmiana, Lolita Dwi; Siswanto, Joko; Tsalatsa, Ahmad Nashir
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 3, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v3i2.17392

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran TPS berbantu media rubik terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Bulakan Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan desain One Gruop Pretest Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat berdasarkan hasil pre-test dan post-test. Rata-rata nilai pre-test yang diperoleh dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 44. Sedangkan nilai rata-rata post-test diperoleh dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Hal tersebut telah dibuktikan dalam pengujian hipotesis, yang menyatakan bahwa nilai t-hitung ≥ t-tabel (17,17 > 1,980) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektifan model pembelajaran TPS berbantu media Rubik terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Bulakan Kabupaten Pemalang.  Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran TPS dan media Rubik dapat digunakan sebagai salah satu alternative guru dalam mengajar
Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Small Group Work (SGW) dan Supervisi Akademik Sudarmini, Ni Wayan
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v3i3.19262

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran matematika di SD Negeri 2, 3, dan 4 Bukian pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara melakukan supevisi atau obserpasi kelas/ kunjungan kelas dengan instrumen. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kemampuan melaksanakan proses pembelajaran matematika, hanya mencapai nilai 73,76 dan ketuntasan  baru mencapai 23,52%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat ketuntasan pelaksanaan proses pembelajaran minimal 80,00. Rata-rata nilai  siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-ratanya  mencapai 77,88 dan prosentase ketuntasannya mencapai 35,29 %. Pada siklus II perolehan rata-ratanya sudah mencapai 88,94 dan persentase ketuntasan  sudah mencapai 100%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan, yaitu kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran matematika di SD Negeri 2, 3, dan 4 Bukian pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan melalui penerapan proses pembelajaran mengikuti alur explorasi, elaborasi dan konfirmasi dalam pembelajaran Small Group Work (SGW) dan supervisi akademik.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA Widiani, A.A. Md Sari; Ardana, I K.
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 4, No 1 (2020): April 2020
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v4i1.25030

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Scrapbook terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus II Kecamatan Kuta Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian yaitu eksperimen semu dengan penelitian “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi penelitian meliputi seluruh kelas V SD Negeri Gugus II Kecamatan Kuta yang terdiri dari 5 SD Negeri yang berjumlah 7 kelas, dengan jumlah populasi 239 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 72 siswa yaitu 34 siswa kelas VB SD No. 1 Legian yang menjadi kelompok eksperimen dan 38 siswa kelas V SD No. 2 Legian yang menjadi kelompok kontrol. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan metode tes objektif pilihan ganda biasa. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 5,627 dan ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (34+38-2) =70. Berdasarkan kriteria pengujian thitung =  5,627 > ttabel = 2,000, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen adalah 86,21 dan rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok kontrol adalah 80,47. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan media Scrapbook terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA siswa kelas V SD Negeri Gugus II Kecamatan Kuta Tahun Ajaran 2018/2019. 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS Poko, Feri
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): April 2017
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i1.12615

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model pembelajaranexamples non examplesdi kelas IV SD Negeri4KaliuntuSemester I TahunPelajaran 2017/2018.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Kaliuntu yang berjumlah 33 orang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Instrumen pengumpulan data hasil belajar yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda biasa. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 0,21 dari prasiklus ke siklus I, sebesar 0,39 dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar IPS siswa dari prasiklus ke siklus II sebesar 0,52. Rata-rata peningkatan nilai hasil IPS siswa dari prasiklus hingga siklus II sebesar 0,3 yang tergolong pada kategori sedang. Sehingga tujuan penelitian ini tercapai bahwa penerapan model Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Adnyani, Ni Putu Sri; Manuaba, I.B Surya; Semara Putra, DB. Kt. Ngr.
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v4i3.27428

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas IV Gugus VII Sayan Kecamatan Ubud Tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Ubud Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 105 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV SD N 2 Sayan yang berjumlah 23 siswa dan siswa kelas IV SD N 3 Sayan yang berjumlah 23 siswa. Metode dalam pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu dengan tes obyektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan thitung= 26,733 > ttabel=2,021 adanya pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil analsis data model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual yaitu 26,00 dan skor rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 15,58. Hasil uji-t dengan ttabel dengan db = 23 + 23 - 2 = 44 dengan taraf signifikansi 5% adalah 2,021. Hal ini berarti terdapat pengaruh secara signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan siswa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan media audio visual berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV di SD Gugus IV Kecamatan Ubud Tahun Pelajaran 2019/2020.
Pemaknaan Bank Sampah Galang Panji sebagai Media Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS Agustini, Tini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 2, No 1 (2018): April 2018
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v2i1.15333

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (a) hal-hal yang melatarbelakangi Bank Sampah Galang Panji dilihat dari perspektif ilmu-ilmu sosial, (b) sistem pengelolaan Bank Sampah Galang Panji, dan (c) pengimplementasian Bank Sampah Galang Panji sebagai media  pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Adapun informan kunci penelitian ini adalah: pendiri dan sekaligus Manager Bank Sampah Galang Panji, tokoh masyarakat Panji, nasabah bank sampah, guru dan siswa SMPN 4 Singaraja. Dalam penelitian ini sampel penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Pada kegiatan wawancara dalam rangka pengumpulan data, informan kunci diperluas dengan teknik snowball. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, kuesioner, dan studi dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan mengikuti  beberapa tahapan seperti reduksi data, menyajikan, menafsirkan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara historis cikal bakal berdirinya Bank Sampah Galang Panji berasal dari dua orang pemuda Dusun Kelod Kauh, Desa Panji yang bergabung dalam Pemuda Peduli Lingkungan Bali (PPLB) dan melalui perjuangan yang gigih akhirnya pada bulan Oktober 2014 Bank Sampah yang diberi nama Bank Sampah Galang Panji berdiri secara resmi, (2) Bank Sampah Galang Panji dikelola oleh pengurus yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Buleleng dan didukung oleh Surat Keputusan Perbekel Desa Panji; yang mana pengelolaan Bank Sampah Galang Panji dilakukan secara sederhana karena tidak memiliki deskripsi tugas, dewan pengawas, serta anggaran dasar dan anggaran rumah tangga, dan (3) pengimplementasian Bank Sampah Galang Panji sebagai media pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMPN 4 Singaraja dilakukan secara terintegrasi, terdapat enam strategi yang dapat dilakukan untuk pengimplemenntasian bank sampah sebagai media pendidikan karakter.
Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar IPS Cahyani, Ni putu Mila; Dantes, Nyoman; Rati, Ni Wayan
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v4i3.27410

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar IPS siswa di SD. Metode yang digunakan adalah meta-analisis. Sampel penelitian ini, berjumlah tujuh artikel yang diterbitkan dalam rentang waktu 2014-2020 pada jenjang sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yaitu menghitung effect size dari tujuh artikel  dengan mengidentifikasi mean, standar deviasi dan varians dari perhitungan pada uji t. Hasil analisis yang telah dilakukan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata effect size sebesar 1,378, sehingga dikategorikan berefek besar yaitu 0,8 ≤ 1,378 ≤ 0,2. Sehingga rata-rata tersebut membuktikan bahwa, pembelajaran dengan model kooperatif tipe TPS secara keseluruhan memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar IPS siswa. Berdasarkan dari tujuh artikel yang telah dihitung, penelitian yang dilakukan oleh Andi Fathul Asdar (2016) yang paling besar efektifitasnya yaitu 3,516.

Page 1 of 55 | Total Record : 548