cover
Contact Name
Made Gautama Jayadiningrat
Contact Email
jpppjournal@undiksha.ac.id
Phone
+6287762961886
Journal Mail Official
gtm_jd@yahoo.co.id
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
ISSN : 19797109     EISSN : 26154498     DOI : 10.23887/jppp.v4i3
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development. p-ISSN : 1979-7109 (Print) and e-ISSN : 2615-4498 (Online)
Articles 468 Documents
IMPLEMENTASI KOOPERATIF TPS MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET Sugiantara, I Wayan Eka
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): April
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i1.12614

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket. melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.MIPA.1 SMA Negeri 2 Singaraja, sejumlah 36 orang, yaitu 23 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Data dianalisis menggunnakan statistik deskriptif. Hasil analisis data aktivitas belajar secara klasikal teknik dasar passing bola basket pada siklus I adalah 7,2 (aktif), dan meningkat menjadi 8,5 (aktif) pada siklus. Sedangkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I adalah 80,5% (baik), dan meningkat menjadi 100% (sangat baik) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas XI.MIPA.1 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Maka disarankan kepada guru penjasorkes agar mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS ini karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket.
IMPLEMENTASI KOOPERATIF TPS MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET I Wayan Eka Sugiantara
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2017): April
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i1.12614

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket. melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.MIPA.1 SMA Negeri 2 Singaraja, sejumlah 36 orang, yaitu 23 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Data dianalisis menggunnakan statistik deskriptif. Hasil analisis data aktivitas belajar secara klasikal teknik dasar passing bola basket pada siklus I adalah 7,2 (aktif), dan meningkat menjadi 8,5 (aktif) pada siklus. Sedangkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I adalah 80,5% (baik), dan meningkat menjadi 100% (sangat baik) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas XI.MIPA.1 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Maka disarankan kepada guru penjasorkes agar mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS ini karena terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing (chest pass dan bounce pass) bola basket.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS Poko, Feri
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): April 2017
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i1.12615

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model pembelajaranexamples non examplesdi kelas IV SD Negeri4KaliuntuSemester I TahunPelajaran 2017/2018.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Kaliuntu yang berjumlah 33 orang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Instrumen pengumpulan data hasil belajar yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda biasa. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 0,21 dari prasiklus ke siklus I, sebesar 0,39 dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar IPS siswa dari prasiklus ke siklus II sebesar 0,52. Rata-rata peningkatan nilai hasil IPS siswa dari prasiklus hingga siklus II sebesar 0,3 yang tergolong pada kategori sedang. Sehingga tujuan penelitian ini tercapai bahwa penerapan model Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS Feri Poko
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2017): April
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i1.12615

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa melalui penerapan model pembelajaranexamples non examplesdi kelas IV SD Negeri4KaliuntuSemester I TahunPelajaran 2017/2018.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Kaliuntu yang berjumlah 33 orang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Instrumen pengumpulan data hasil belajar yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda biasa. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 0,21 dari prasiklus ke siklus I, sebesar 0,39 dari siklus I ke siklus II. Peningkatan hasil belajar IPS siswa dari prasiklus ke siklus II sebesar 0,52. Rata-rata peningkatan nilai hasil IPS siswa dari prasiklus hingga siklus II sebesar 0,3 yang tergolong pada kategori sedang. Sehingga tujuan penelitian ini tercapai bahwa penerapan model Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN EJAAN DAN TANDA BACA DALAM MENULIS TEKS LAPORAN OBSERVASI DENGAN METODE JIGSAW Sibawae, S
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): April 2017
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i1.12616

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menggunakan ejaan dan tanda baca dalam menulis teks laporan hasil observasi dengan metode Jigsaw siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Singaraja, berjumlah 27 orang dengan rincian 14 orang putra dan 13 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan dalam menggunakan ejaan dan tanda baca siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Singaraja dalam menulis teks laporan hasil observasi. Hal tersebut dilihat dari data: 1)kesalahan penulisan huruf kapital sejumlah 61 kesalahan, 2) kesalahan preposisi atau kata depan sejumlah 67 kesalahan, 3) kesalahan tanda koma sejumlah 117, 4) dan kesalahan tanda titik sejumlah 41 kesalahan. Setelah dilaksanakan penelitian menggunakan metode Jigsaw diperoleh hasil, yaitu siswa yang melakukan kesalahan dalam penggunaan ejaan dan tanda baca menurun dari 172 pada siklus I menjadi 52 kesalahan pada siklus II. Apabila diklasifikasikan , yaitu 1) kesalahan penggunaan huruf kapital/kecil mengalami penurunan dari 47 kesalahan pada siklus I menjadi 12 kesalahan pada siklus II, 2) siswa yang melakukan kesalahan penggunaan kata depan dari 31 kesalahan pada siklus I menjadi 10 kesalahan pada siklus II, 3) Siswa yang melakukan kesalahan penggunaan tanda baca berupa koma (,) dari 70 kesalahan pada siklus I menjadi 20 kesalahan pada siklus II. 4) Siswa yang melakukan kesalahan penggunaan tanda baca berupa titik (.) dari 24 kesalahan pada siklus I menjadi 10 kesalahan pada siklus II. Respons siswa juga meningkat dari rata-rata 57 pada siklus I menjadi 63 pada siklus II. Walaupun masih dalam kriteria yang sama, yaitu kriteria positif.
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN EJAAN DAN TANDA BACA DALAM MENULIS TEKS LAPORAN OBSERVASI DENGAN METODE JIGSAW S Sibawae
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2017): April
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i1.12616

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menggunakan ejaan dan tanda baca dalam menulis teks laporan hasil observasi dengan metode Jigsaw siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 1 Singaraja, berjumlah 27 orang dengan rincian 14 orang putra dan 13 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan dalam menggunakan ejaan dan tanda baca siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Singaraja dalam menulis teks laporan hasil observasi. Hal tersebut dilihat dari data: 1)kesalahan penulisan huruf kapital sejumlah 61 kesalahan, 2) kesalahan preposisi atau kata depan sejumlah 67 kesalahan, 3) kesalahan tanda koma sejumlah 117, 4) dan kesalahan tanda titik sejumlah 41 kesalahan. Setelah dilaksanakan penelitian menggunakan metode Jigsaw diperoleh hasil, yaitu siswa yang melakukan kesalahan dalam penggunaan ejaan dan tanda baca menurun dari 172 pada siklus I menjadi 52 kesalahan pada siklus II. Apabila diklasifikasikan , yaitu 1) kesalahan penggunaan huruf kapital/kecil mengalami penurunan dari 47 kesalahan pada siklus I menjadi 12 kesalahan pada siklus II, 2) siswa yang melakukan kesalahan penggunaan kata depan dari 31 kesalahan pada siklus I menjadi 10 kesalahan pada siklus II, 3) Siswa yang melakukan kesalahan penggunaan tanda baca berupa koma (,) dari 70 kesalahan pada siklus I menjadi 20 kesalahan pada siklus II. 4) Siswa yang melakukan kesalahan penggunaan tanda baca berupa titik (.) dari 24 kesalahan pada siklus I menjadi 10 kesalahan pada siklus II. Respons siswa juga meningkat dari rata-rata 57 pada siklus I menjadi 63 pada siklus II. Walaupun masih dalam kriteria yang sama, yaitu kriteria positif.
IMPLEMENTASI KOOPERATIF NHT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN DAN SIKAP LILIN Antara, I Made Dwi
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): April
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i1.12617

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar senam lantai guling depan dan sikap lilin melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada Peserta didik kelas XII.MIPA.5 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (guru sebagai peneliti) dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII.MIPA.5 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018, berjumlah 30 orang dengan 18 orang putra dan 12 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan rata-rata aktivitas belajar senam lantai guling depan dan sikap lilin secara klasikal pada observasi awal 6,2(cukup aktif), pada siklus I meningkat menjadi 7( aktif), dan 7,9 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar kompetensi pengetahuan dari observasi awal sebesar 20% (tuntas), pada siklus I menjadi 66,7%(tuntas) dan 100%(tuntas) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar secara signifikan juga terjadi pada kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar senam lantai guling depan dan sikap lilin meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada peserta didik kelas XII.MIPA.5 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Disarankan kepada guru PJOK agar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar senam lantai guling depan dan sikap lilin peserta didik.
IMPLEMENTASI KOOPERATIF NHT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN DAN SIKAP LILIN I Made Dwi Antara
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2017): April
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i1.12617

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar senam lantai guling depan dan sikap lilin melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada Peserta didik kelas XII.MIPA.5 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (guru sebagai peneliti) dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XII.MIPA.5 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018, berjumlah 30 orang dengan 18 orang putra dan 12 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan rata-rata aktivitas belajar senam lantai guling depan dan sikap lilin secara klasikal pada observasi awal 6,2(cukup aktif), pada siklus I meningkat menjadi 7( aktif), dan 7,9 (aktif) pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar kompetensi pengetahuan dari observasi awal sebesar 20% (tuntas), pada siklus I menjadi 66,7%(tuntas) dan 100%(tuntas) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar secara signifikan juga terjadi pada kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar senam lantai guling depan dan sikap lilin meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada peserta didik kelas XII.MIPA.5 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Disarankan kepada guru PJOK agar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar senam lantai guling depan dan sikap lilin peserta didik.
IMPLEMENTASI KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET Pranatha, I Wayan Oka
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): April
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i1.12618

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X AP3 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan bentuk guru sebagai peneliti. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X AP3 SMK Negeri 2 Singaraja, yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 13 siswa putri dan 22 siswa putra. Hasil analisis data penelitian didapatkan aktivitas belajar teknik dasar passing bola basket mengalami peningkatan 33,2% pada observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 28,5% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 61,8% dari observasi awal ke siklus II. Sedangkan hasil belajar teknik dasar passing bola basket mengalami peningkatan sebesar 42,8% dari observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 37,2% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 81,0% dari observasi awal ke siklus II.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket meningkat melalui Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X AP3 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018. Peneliti menyarankan agar guru PJOK mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena sudah terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
IMPLEMENTASI KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET I Wayan Oka Pranatha
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2017): April
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i1.12618

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X AP3 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan bentuk guru sebagai peneliti. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X AP3 SMK Negeri 2 Singaraja, yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 13 siswa putri dan 22 siswa putra. Hasil analisis data penelitian didapatkan aktivitas belajar teknik dasar passing bola basket mengalami peningkatan 33,2% pada observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 28,5% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 61,8% dari observasi awal ke siklus II. Sedangkan hasil belajar teknik dasar passing bola basket mengalami peningkatan sebesar 42,8% dari observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 37,2% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 81,0% dari observasi awal ke siklus II.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket meningkat melalui Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X AP3 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018. Peneliti menyarankan agar guru PJOK mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena sudah terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Page 1 of 47 | Total Record : 468