cover
Contact Name
JURNAL KOMUNIKATIO
Contact Email
jurnal.komunikasi@unida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.komunikasi@unida.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL KOMUNIKATIO
ISSN : 24423882     EISSN : 25498002     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL KOMUNIKATIO (p-ISSN: 2442-3882 dan e-ISSN 2549-8002) adalah jurnal ilmiah yang memuat aspek-aspek Ilmu Komunikasi dalam Konteks Teori dan Praktik. Terbit dua kali dalam satu tahun (April dan Oktober).
Arjuna Subject : -
Articles 130 Documents
HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN KREDIBILITAS KOMUNIKATOR DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KEPUASAN PELANGGAN DI RANCAMAYA GOLF DAN COUNTRY CLUB DI KABUPATEN BOGOR Nuraeni, N; Sukarelawati, Sukarelawati; Fitriah, Maria
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Komunikatio
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (804.639 KB) | DOI: 10.30997/jk.v1i1.117

Abstract

Penelitian ini memusatkan perhatian pada hubungan komunikasi interpersonal petugas reservasi golf dengan pelanggan pada saat melakukan reservasi. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kekuatan kredibilitas petugas reservasi golf di Rancamaya Golf and Country Club, (2) untuk mengetahui kepuasan pelanggan di Rancamaya Golf and Country Club, dan (3) untuk mengetahui hubungan kredibilitas petugas reservasi dengan kepuasan pelanggan Rancamay Golf and Country Club. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kekuatan kredibilitas petugas reservasi dalam komunikasi interpersonal untuk kategori ethos, pathos, logos, dan kompetensi termasuk kategori sangat baik. (2) Kepuasan Pelanggan dinilai berdasarkan keandalan, empati, dan daya tanggap dinilai sangat baik. (3) Kekuatan kredibilitas petugas reservasi dalam komunikasi interpersonal berhubungan positifdan signifikasi dengan kepuasan pelanggan Rancamaya Golf and Country Club dengan korelasi sebesar 0,79211, termasuk dalam kategori kuat. Kata Kunci: Kekuatan Kredibilitas Komunikator, Kepuasan Pelanggan.
PROSES ENKULTURASI DALAM BUDAYA ENTAS-ENTAS, PRASWALA GARA, DAN PUJAN KAPAT (SISTEM SOSIAL LOKAL:ANTAR ETNIS KABUPATEN PROBOLINGGO) Alamsyah, Ali
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Komunikatio
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.107 KB) | DOI: 10.30997/jk.v1i1.120

Abstract

Masyarakat Tengger memiliki budaya yang menarik dan unik yang masih terjaga dengan baik. Meskipun faktor eksternal yang kuat mempengaruhi ( intensitas tinggi kegiatan pariwisata ) beberapa tradisi yang masih dilestarikan dengan baik , beberapa di antaranya entas - entas , Praswala Gara , dan Pujan Kapat . Tradisi-tradisi ini berlaku bersama dengan proses komunikasi dan ini menjadi aspek yang menarik untuk belajar. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2014. Metode yang digunakan adalah studi kasus kuallitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upacara adat di masyarakat Tengger umumnya dibagi menjadi orang-orang mengenai ruang lingkup keluarga dan ruang lingkup desa . Pola komunikasi dipraktekkan di kalangan masyarakat Tengger adalah salah satu vertikal , di mana pemimpin atau kelompok terhormat memiliki posisi penting dan ditaati oleh -Nya orang / bawahan , yang merupakan refleksi dari paternalistik budaya masih dipraktekkan . Pola semacam ini komunikasi dapat dilihat dalam beberapa proses belajar-mengajar yang dilakukan baik di forum formal dan nonformal dan ritual mengenai kelompok , sunctions , dan alokasi posisi.Kata Kunci : Komunikasi, Masyarakat Tengger, Pendidikan
PENGARUH KOMPETENSI BERBAHASA ASING DAN PENGORGANISASIAN DALAM MENUNJANG KARIR DIBIDANG PUBLIC RELATIONS Ratnamulyani, Ike Atikah; Yani, I A; Kusumadinata, Ali Alamsyah
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Komunikatio 4 (1) 2018
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (53.821 KB) | DOI: 10.30997/jk.v4i1.1208

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada kemampuan berbahasa asing yang dapat menunjang karir dibidang public relations dengan kemampuan bahasa asing akan terbuka banyak kesempatan untuk memperoleh pekerjaan yang baik di perusahaan multinasional serta untuk memperluas pergaulan di dunia internasional karena bahasa asing merupakan bahasa yang secara umum bermanfaat untuk dapat bersaing di era globalisasi.  Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana pengaruh kompetensi berbahasa asing dapat menunjang karir dibidang public relation. (2) mendeskripsikan pengaruh pengorganisasi public relation dapat menujang karir dibidang public relations. (3) menganalisis pengaruh antara kemampuan bahasa asing dan kemampuan pengorganisasian public relation terhadap tugas public relations. penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif.  Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan berbahasa asing dapat menunjang karir dibidang public  relations dan pengorganisasian dalam berbahasa asing dapat menjalin hubungan baik dengan berbagai komunitas, pelanggan dari berbagai perusahaan atau organisasi.
STRATEGI MANAJEMEN KOMUNIKASI PADA BOGOR NGARIUNG Firliandoko, Rooby; Luthfie, Muhammad; Kusumadinata, Ali Alamsyah
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Komunikatio 4 (1) 2018
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.497 KB) | DOI: 10.30997/jk.v4i1.1209

Abstract

Sejak lahir dan dalam menjalankan kehidupan manusia selalu membutuhkan bantuan orang lain sehingga hampir semua bergabung atau membentuk kelompok, komunitas, atau juga organisasi demi memudahkan pekerjaan dan juga menggapai apa yang ingin digapai. Di Kota Bogor sendiri, geliat hadir dan menjamurnya komunitas sudah menjadi fenomena, komunitas tidak hanya melakukan kegiatan dari mulai yang mereka senangi namun juga melakukan perubahan dan kontribusi kepada lingkungan melalui jalurnya masing-masing yang bisa juga disebut komunitas dan organisasi pegiat perubahan. Dan menariknya, Kota Bogor memiliki satu-satunya organsiasi yang mewadahi komunitas dan organisasi pegiat perubahan yang tidak banyak dimiliki oleh kota lain dengan nama Bogor Ngariung. Tujuan penelitian ini menganalisis audit komunikasi organisasi yang ada di lingkungan organisasi Bogor Ngariung dengan fokus studi pada (1) analisis komunikasi organisasi di Bogor Ngariung,  (2) menganalisis kepuasan  anggota terhadap Bogor Ngariung, serta faktor  yang menjadi pendorong anggota untuk mendapatkan rasa puas,  (3) merumuskan strategi manajemen Bogor Ngariung untuk memberikan kepuasan kepada anggota. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.    Adapun hasil penelitian yang dihasilkan adalah (1) Jejaring merupakan hal yang berdampak baik bagi organisasi, sehingga hubungan antar anggota juga baik merupakan kegiatan komunikasi organisasi yang baik dan perlu diperkuat dengan kegiatan pertemuan langsung atau Ngariung Komunitas dan pemilihan media komunikasi yang sesuai, (2) Rasa puas anggota Bogor Ngariung terhadap komunikasi organsisasi di lingkungan Bogor Ngariung didorong oleh mudahnya berjejaring dengan anggota lain dengan  menggunakan media komunikasi dan integrasi kegiatan. (3) Strategi manajemen Bogor Ngariung untuk memberikan kepuasan kepada anggota diwujudkan melalui .jejaring dan integrasi sesama anggota dengan mengoptimalkan penggunaan media komunikasi.
EFEKTIFITAS PROMOSI DESTINASI WISATA REKREASI GUNUNG PANCAR MELALUI POSTINGAN INSTAGRAM MEDIA SOSIAL Fauziah, Rahmi; Ratnamulyani, Ike Atikah; Kusumadinata, Ali Alamsyah
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Komunikatio 4 (1) 2018
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.111 KB) | DOI: 10.30997/jk.v4i1.1210

Abstract

Penggunaan media sosial belakangan menjadi banyak diminati oleh masyarakat sebagai sarana untuk berkomunikasi, seperti Instagram yang merupakan media yang sering digunakan oleh penggunanya sebagai media untuk memposting beragam gambar, pada saat ini banyak sekali pengguna instagram yang menjadikan nya sebagai salah satu media promosi. Media promosi ini juga digunakan oleh owner  di gunung pancar untuk menarik wisatawan. Dan menariknya berkembangnya sektor pariwisata alam Gunung pancar menjadi penunjang ekonomi bagii masyarakat yang ikut andil dalam pemeliharaan wisata tersebut dan khususnya penunjang ekonomi di wilayah Kabupaten Bogor. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui efektifitas promosi destinasi wisata rekreasi gunung pancar melalui postingan Instagram. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa promosi melalui instagram sebagai media sosial yang cenderung memiliki banyak penggunanya sehingga dirasa efektif untuk dijadikan media baru untuk melakukan promosi pemasaran.
PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI WHATSAPP TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA KARYAWAN Anjani, Amelia; Ratnamulyani, Ike Atikah; Kusumadinata, Ali Alamsyah
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Komunikatio 4 (1) 2018
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (735.113 KB) | DOI: 10.30997/jk.v4i1.1211

Abstract

Berkembangnya media saat ini merupakan salah satu wujud era reformasi dan keterbukaan informasi. Penemuan fungsi komunikasi yang super canggih dijuluki berbagai nama antara lain internet, media komunikasi maya, media superhighway dan semacamnya. Salah satu media komunikasi yang populer saat ini adalah whatsapp yang dapat digunakan untuk berbagi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penggunaan media komunikasi whatsapp di PT. XX. (2) mengetahui pengaruh penggunaan media komunikasi whatsapp di PT. XX. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanitif (analitik) dengan melakukan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan analisis data dengan menggunakan uji korelasi Rank Spearmans, populasi dan sempelnya adalah karyawan PT. XX. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media komunikasi whatsapp di PT. XX. sudah sangat baik dan dapat membantu dalam peningkatan efektivitas kinerja. Terdapat hubungan yang sangat kuat antara media sosial dan kinerja karyawan. 
PENGARUH MENONTON TAYANGAN FTV KUASA ILAHI TERHADAP PERILAKU MASYARAKAT Lestari, Utri Indah; Suryatna, Undang; Kusumadinata, Ali Alamsyah
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Komunikatio 4 (1) 2018
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (817.074 KB) | DOI: 10.30997/jk.v4i1.1212

Abstract

Penelitian ini memfokuskan bahwa dengan  menonton tayangan FTV Kuasa Ilahi dapat merubah perilaku masyarakat. Dengan adanya tayangan tersebut masyarakat akan mengetahui hal apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan sesuai dengan syariat Islam, yang membuat masyarakat lebih intropeksi terhadap diri sendiri dan akan menjadi umat yang lebih taat kepada Tuhan-Nya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis karakteristik masyarakat terhadap tayangan FTV Kuasa Ilahi dan konten tayangan FTV Kuasa Ilahi, (2) Mengetahui pengaruh tayangan FTV kuasa ilahi terhadap perilaku menonton. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menggunakan deskriptif menunjukan bahwa (1) karakteristik masyarakat yang menonton tayangan FTV pada  kategori usia remaja dewasa, dengan pendidikan mayoritas bertaraf SMA dan frekuensi menonton menunjukan kategori sering. Sedangkan kategori konten film, alur cerita, karakter penokohan dan nilai budaya menunjukan keterpaan yang intensif dari penonton. (2) Terdapat hubungan yang kuat antara perilaku menonton tayangan FTVdengan konten tayangan.
STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENJAGA CORPORATE IMAGE DI PT PERTAMINA (PERSERO) MARKETING OPERATION REGION (MOR) III Hakanna, Hakanna; Ratnamulyani, Ike Atikah; Kusumadinata, Ali Alamsyah
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Komunikatio 4 (2) 2018
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.182 KB)

Abstract

Perkembangan bisnis yang begitu pesat membuat strategi yang ada tidak selalu akan  relavan terus mengahadapi tantangan bisnis yang semakin kompleks. Keberadaan humas sangat penting dalam sebuah organisasi dimana faktor-faktor penting dari keberadaan humas sebagai penyampai pesan dari perusahaan kepada masyarakat seperti yang diungkapkan. Public Relations suatu upaya komunikasi yang dilakukan secara terencana dan berkesinambungan dengan niat baik dalam rangka terciptanya suatu pengertian antara suatu perusahaan dengan public internal dan ekternal perusahaan,dan bahwa public relations juga suatu upaya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian. Adapun tujuan penelitian adalah menjelaskan strategi public relations di Pertamina marketing operation region III dalam menjaga corporate image. Penelitian ini mengunakan metoda kualitatif.  Hasil penelitian yang dihasilkan yaitu bagaimana strategi public relations dalam menjaga corporate image di pertamina marketing operation region III yang dilakukan di unit kerja communication relations yaitu dengan media monitoring, menjaga nama baik perusahaan, menjaga hubungan baik dengan MUSPIDA.
KOMPETENSI KOMUNIKASI TENAGA FREELANCE DALAM BISNIS WEDDING PLANNER DI BOGOR Haristine, Fhuji; Luthfie, Muhammad; Kusumadinata, Ali Alamsyah
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Komunikatio 4 (2) 2018
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (576.242 KB) | DOI: 10.30997/jk.v4i2.1214

Abstract

Komunikasi merupakan aktivitas manusia yang sangat penting, dimana dengan komunikasi, dapat saling memahami dan mengerti satu sama lainnya. Kompetensi atau competency adalah kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan yang didasarkan atas pengetahuan, keterampilan serta sikap sesuai dengan unjuk kerja yang di persyaratkan. Kompetensi komunikasi dalam sebuah organisasi sangat penting karena kompetensi menunjukkan suatu kerangka kerja pada suatu organisasi yang efektif dan efisien. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan tenaga Freelance. Salah satu bisnis yang tengah berkembang di Indonesia adalah Event Organizer. Event Organizer juga makin banyak digandrungi oleh anak muda dan semakin banyak bentuk dan jenisnya. Salah satunya adalah Wedding Planner. Wedding Planner adalah jasa yang diberikan oleh Event Organizer untuk membantu klien merencanakan persiapan pernikahannya. Sekar99 Wedding Planner merupakan salah satu Wedding Planner yang ada di Kota Bogor yang berdiri sejak tahun 2013. Sekar99 Wedding Planner menggunakan tenaga kerja Freelance untuk melakukan proses pelaksaannya. Tujuan penelitian ini menganalisis  kompetensi komunikasi tenaga Freelance dalam bisnin Wedding Planner dengan fokus studi pada (1) mendeskripsikan peran tenaga Freelance  dalam Wedding Planner, (2) menganalisis kompetensi komunikasi yang mendukung kinerja tenaga Freelance dalam Wedding Planner.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.  Adapun hasil penelitian adalah tenaga Freelance sebagai SDM pada bisnis Wedding Planner dipandang dari segi kinerja cukup membantu.  Sebagian besar tenaga kerja yang dibutuhkan memakai tenaga Freelance karena sebagai vendor Wedding Planner dari segi biaya dirasakan lebih efisien karena membebankan tanggungjawab pada jangka panjang.  Kompenen kompetensi komunikasi yang harus dimiliki oleh Freelance  dalam bisnis Wedding Planner adalah  pengetahuan, keterampilan, sikap dan motivasi.
HUBUNGAN ANTARA KECENDERUNGAN MAHASISWA MENGGUNAKAN JENIS APLIKASI GADGET DENGAN KEPEKAAN SOSIAL Rahmah, Maudina; Sukarelawati, Sukarelawati; Fitriah, Maria
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Komunikatio 4 (2) 2018
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jk.v4i2.1215

Abstract

The purpose of this research was (1) to knowed the types of application on gadget which tend to be used by the students, (2) to know the level of usage of application type which tends to be used by the students, (3) to knowed the social sensitivity level of student of gadget user, and (4) to knowed the relationship of using gadgets with students social sensitivities. This research used descriptive type method with quantitative approach which was done by survey research and tested using Rank Spearman correlation. The result of the research showed that (1) WhatsApp application in gadget tends to be used by the students shown on the activity of sending messages with very good category, (2) the level of application of the type of application used by the majority students on the activity of WhatsApp application as communication media to establish silaturrahmi or cultivate brotherhood with good category,  (3) the level of social sensitivity of students were in good category indicated in the indicators can not live alone, (4) there was a significant relationship between the tendency of students using the type of gadget application with social sensitivity with the level of correlation coefficient in the medium category.

Page 1 of 13 | Total Record : 130