cover
Contact Name
Oloan Sitohang
Contact Email
obed_sito@yahoo.com
Phone
+6281396358499
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil
ISSN : 26145707     EISSN : 27151581     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil (JRKMS) UNIKA Santo Thomas Sumatera Utara meliputi kajian di bidang Teknik khususnya Teknik Sipil seperti Matematika teknik, Mekanika teknik, Analisis struktur, Konstruksi baja, Konstruksi beton, Konstruksi kayu, Konstruksi gelas, Mekanika tanah, Teknik Pondasi, Hidrologi, Hidrolika, Bangunan air, Manajemen konstruksi, Dinamika Struktur, Earthquake engineering, Informatika, Ilmu Ukur Tanah, Struktur bangunan sipil, Rekayasa Jalan Raya , serta penelitian-penelitian lain yang terkait
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2020" : 5 Documents clear
Analisis Penerapan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP) dalam Penentuan Daerah Tangkapan Air di Sub DAS Cisadane Hulu Dina Paramitha Anggraeni Hidayat
Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Katolik Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/jrkms.v3i2.812

Abstract

Penetapan daerah tangkapan air merupakan salah satu bagian dari upaya konservasi pada suatu DAS yang penting untuk menjaga keseimbangan air tanah dan air permukaan. Salah satu metode penetapan daerah tangkapan air adalah dengan menggunakan data spasial karakteristik DAS (tata guna lahan, curah hujan dan kemiringan lahan). Faktor karakteristik DAS tersebut diberikan bobot prioritas dengan berbagai pendekatan, salah satunya dengan metode AHP. Metode AHP telah banyak dikembangkan dan memberikan hasil yang cukup baik dalam pemodelan sumber daya air. Penelitian ini menggunakan Sub DAS Cisadane hulu sebagai lokasi penelitian karena memiliki karakteristik DAS yang bervariasi. Dari analisis dengan metode AHP, diperoleh faktor kemiringan memiliki bobot prioritas lebih besar dari faktor tata guna lahan dan curah hujan. Daerah tangkapan air yang dihasilkan pada Cisadane hulu didominasi oleh daerah tangkapan air rendah-sedang.
Analisis Proyeksi Jadwal Dan Biaya Akhir Dengan Konsep Nilai Hasil Pada Proyek Konstruksi Silvia Yulita Ratih; Dody Irnawan
Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Katolik Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/jrkms.v3i2.856

Abstract

Perencanaan jadwal dan biaya pada proyek konstruksi disusun agar dalam pelaksanaan berjalan dengan lancar. Pengendalian jadwal dan biaya senantiasa dilakukan supaya proyek tidak terjadi penyimpangan. Metode untuk pengendalian biaya dan waktu sekaligus memperlihatkan prestasi kegiatan digunakan Metode Konsep Nilai Hasil (Earned Value Concept). Dengan menggunakan metode konsep nilai hasil maka dapat dikembangkan untuk membuat perkiraan atau proyeksi keadaan proyek pada masa depan yang merupakan masukan yang sangat berguna bagi pengelola hingga minggu ke-10 Schedule Varians hasilnya positif artinya proyek berjalan lebih cepat dari rencana dan Cost Varians hasilnya negatif artinya biaya proyek lebih besar dari rencana. Pada saat proyek ditinjau, biaya yang digunakan adalah Rp10.565.790.975,- dari yang seharusnya hanya Rp9.563.051.476,-. Hasil perkiraan estimasi waktu untuk penyelesaian proyek atau Estimated At Completion Date (ECD) adalah 35 minggu dan perkiraan kebutuhan biaya untuk menyelesaikan proyek atau Estimate At Completion (EAC) sebesar Rp41.645.151.595,- dibandingkan anggaran rencana hanya sebesar Rp37.689.873.000,00.
Review Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Karakteristik Kuat Tekan Beton Geopolimer Putrilyan Ezra Panjaitan; Liana Herlina
Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Katolik Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/jrkms.v3i2.858

Abstract

Beton merupakan salah satu material yang paling banyak digunakan untuk infrastruktur, tetapi menggunakan semen sebagai bahan dasar. Proses produksi semen akan menghasilkan gas CO2 yang dapat meningkatkan pemanasan global. Untuk mengatasi masalah tersebut, sudah seharusnya mencari bahan pengganti sebagai bahan pengikat untuk membuat beton. Bahan pengganti semen yang mengandung silika dan alumina akan berperan penting untuk mengendalikan masalah tersebut. Fly ash merupakan limbah dari pembakaran batu bara yang memiliki sifat pozzolanic. Studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio alkali Na2SiO3/NaOH, molaritas NaOH, suhu dan waktu curing, umur beton pada beton geopolimer dengan bahan dasar 100% fly ash terhadap nilai kuat tekan. Rasio alkali Na2SiO3/NaOH sebesar 2,5 yang menghasilkan nilai kuat tekan yang optimal, sedangkan semakin besar molaritas NaOH akan menghasilkan kekuatan yang meningkat tetapi akan mempercepat ikat awal.Kuat tekan beton geopolimer yang di curing akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya suhu curing hingga 800C, setelah melewati 800C persentasekenaikan kuat tekan beton pada penelitian ini mengalami penurunan. Selain itu,waktu curing efektif diperoleh pada waktu 24 jam.Kekuatan tekan beton juga semakin meningkat seiring dengan bertambahnya umur beton, peningkatan efektif pada umur beton 7 hari.
Analisa Perilaku Balok Beton Bertulang dengan Menggunakan Simulasi VecTor2 Sudarno Tampubolon
Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Katolik Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/jrkms.v3i2.898

Abstract

Kegagalan struktur dapat berdampak buruk pada tingkat kenyamanan struktur. Penting untuk mengetahui perilaku struktur akibat beban yang ditopang karena dapat membantu memprediksi kekuatan struktur dan kenyamanan struktur yang sedang dikerjakan. Salah satu cara untuk mengetahui dan memprediksi kekuatan dan kenyamanan struktur akibat beban yang diterima adalah dengan melakukan pengujian laboratorium dan simulasi. Simulasi VecTor2 digunakan untuk memprediksi gaya geser, retak, dan displacement yang terjasi pada balok beton bertulang pada saat diberikan beban perpindahan. Tegangan ikatan (bond-slip) memberikan pengaruh yang besar terhadap kekuatan dan respon histeris pada balok tipe A1 dan A2. Oleh karena itu, penelitian ini juga mengkaji pengaruh bond-slip terhadap kekuatan balok beton bertulang. Seluruh hasil simulasi VecTor2 dengan menggunakan bond stress-slip effect akan dibandingkan dengan hasil pengujian eksperimen untuk melihat keakuratan simulasi VecTor2. Pada penelitian ini diperoleh nilai bond-slip 0,08 dan perbandingan nilai rasio untuk semua beban puncak antara 1,05 dan 1,06.
Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Pelayanan Moda Transportasi Speedboat Tidore-Sofifi Mufti Amir Sultan; Abdul Gaus; Iis Hamsir Ayub Wahab; Abdul Madjid Abdullah; Nu'man Nu'man
Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil Vol 3 No 2 (2020): Volume 3 Nomor 2 Tahun 2020
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Katolik Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/jrkms.v3i2.824

Abstract

Speedboat merupakan moda transportasi utama yang digunakan untuk pergerakan orang dari Ibu Kota Kota Tidore Kepulauan ke Sofifi Ibu Kota Provinsi Maluku Utara, penerapan kebijakan Pemerintah Republik Indonesia yang ditindak lanjuti oleh pemerintah Provinsi Maluku Utara terkait dengan pembatasan pergerakan orang untuk memutus penyebaran virus Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan moda transportasi speedboat rute Tidore-Sofifi selama pemberlakuan aturan tersebit di masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pengumpulan data primer dan data sekunder. Teknik Analisa data menggunakan metode  Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terjadi penurunan jumlah speedboat yang beropersi perhari sebesar 63,64%, penurunan perjalanan speedboat sebesar 87,88% dan penurunan jumlah penumpang sebesar 89,90%. Indeks kepuasan secara keseluruhan 54,87% untuk pengguna moda speedboat. Ini masuk pada indeks kepuasan 51%-65% dengan kriteria cukup puas.

Page 1 of 1 | Total Record : 5