cover
Contact Name
Oloan Sitohang
Contact Email
obed_sito@yahoo.com
Phone
+6281396358499
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil
ISSN : 26145707     EISSN : 27151581     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil (JRKMS) UNIKA Santo Thomas Sumatera Utara meliputi kajian di bidang Teknik khususnya Teknik Sipil seperti Matematika teknik, Mekanika teknik, Analisis struktur, Konstruksi baja, Konstruksi beton, Konstruksi kayu, Konstruksi gelas, Mekanika tanah, Teknik Pondasi, Hidrologi, Hidrolika, Bangunan air, Manajemen konstruksi, Dinamika Struktur, Earthquake engineering, Informatika, Ilmu Ukur Tanah, Struktur bangunan sipil, Rekayasa Jalan Raya , serta penelitian-penelitian lain yang terkait
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2021" : 8 Documents clear
Pengaruh Tata Guna Lahan terhadap Kinerja Jalan dan Biaya Tundaan Lalu Lintas Koridor Jalan GOR Mustika Kabupaten Blora Hartono Guntur Ristiyanto; Salma M Firdaus
Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Katolik Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/jrkms.v4i2.1346

Abstract

Informasi kinerja jaringan jalan akibat bangkitan aktivitas guna lahan kawasan Jl. GOR Mustika diperlukan untuk evaluasi tingkat pelayanan dan antisipasi perkembangan guna lahan. Oleh karena itu, penelitian bertujuan menganalisis bangkitan perjalanan akibat guna lahan dan pengaruhnya terhadap kinerja jalan serta biaya tundaan. Pengumpulan data dilakukan dengan survei lalu lintas dan survei instansional. Analisis kinerja jalan menggunakan MKJI 1997. Sedangkan analisis biaya tundaan menggunakan metode income approach. Hasil analisis menunjukkan bahwa aktivitas guna lahan menaikkan nilai DS ruas jalan sebesar 28,7% selama kurun waktu 2020-2024. Sedangkan kecepatan rencana turun 4,2% (tanpa perbaikan) dan 2,9% (dengan perbaikan). Aktivitas yang sama menaikkan DS sebesar 25,53% pada simpang Jl. GOR-Jl. Sinto dan 12,41% pada simpang jalan Jl. GOR-Jl. A. Yani. Perbaikan simpang menurunkan DS sebesar 7,84% pada simpang Jl. GOR-Jl. Sinto dan 5,2% pada simpang jalan Jl. GOR-Jl. A. Yani. Perbaikan ruas menurunkan biaya tundaan sebesar 37,6% dari Rp.66.606/org/th menjadi Rp.41.533/org/th serta menurunkan biaya akibat penurunan kecepatan rencana sebesar 49% dari Rp.246.416/org/th menjadi Rp126.777/org/th. Pada saat yang sama, perkembangan guna lahan mengakibatkan kenaikkan biaya tundaan simpang Jl. GOR-Jl. Sinto sebesar 25,76% (tanpa perbaikan) dan 25,53% (dengan perbaikan). Sementara pada simpang jalan Jl. GOR-Jl. A. Yani sebesar 20,81% (tanpa perbaikan) dan 18,79% (dengan perbaikan).
Pemanfaatan Recycled Concrete Aggregate Pada Beton Porous Hidayat Zen; Gusneli Yanti; Shanti Wahyuni Megasari
Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Katolik Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/jrkms.v4i2.1363

Abstract

Recycled Concrete Aggregate (RCA) adalah agregat kasar yang didapatkan dari limbah beton yang tidak terpakai kemudian dihancurkan kembali dan digunakan sebagai agregat kasar pada campuran beton. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui nilai kuat tekan pada beton porous. Penelitian ini berdasarkan pada metode ACI-522R-10 dengan memvariasikan perbandingan Recycled Concrete Aggregate (RCA) dengan Normal Concrete Aggregate (NCA) yaitu 100% : 0%, 75% : 25%, 50% : 50%, 25% : 75%, 0% : 100%. Ukuran gradasi agregat kasar sebesar 9,5-19,5 mm, perbandingan  semen dan agregat kasar sebesar 1:5 serta faktor air semen sebesar 0,3. Zat aditif yang digunakan berupa Sikacim Concrete Additive dengan penambahan aditif sebanyak 0,7%. Benda uji yang digunakan berbentuk kubus dengan dimensi 150x150x150 mm untuk pengujian kuat tekan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai kuat tekan rata-rata tertinggi benda uji beton porous pada variasi campuran 25% Recycled Concrete Aggregate (RCA) dan 75% Normal Concrete Aggregate (NCA) yaitu sebesar 5,93 MPa. Nilai kuat tekan rata-rata benda uji memenuhi ke dalam persyaratan kuat tekan beton porous sesuai dengan ACI-522R-10 yaitu berada diantara 2,8 – 28 MPa.
Studi Stabilitas Lereng Clay Shale di Kalimantan dengan Menggunakan Metode Kesetimbangan Batas dan Pendekatan Probabilistik dan Deterministik Ignatius Tommy Pratama
Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Katolik Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/jrkms.v4i2.1366

Abstract

Analisis deterministik dan probabilistik kestabilan lereng tanah clay shale di Kalimantan dilakukan di dalam studi ini dengan menggunakan metode kesetimbangan batas untuk mengestimasikan nilai faktor keamanan dan probabilitas kegagalan lereng sebelum dan sesudah pemasangan perkuatan lereng. Hasil analisis balik mengindikasikan bahwa longsoran translasi terjadi pada tanah clay shale dengan nilai kohesi efektif sebesar 1,5 kN/m2 dan nilai rata-rata sudut geser residu efektif berkisar antara 8,5o hingga 10,3o. Kemudian, penggunaan perkuatan lereng berupa barisan tiang pancang pipa baja dan cerucuk kayu dan penggalian sedalam 3 m dari permukaan tanah eksisting dapat meningkatkan faktor keamanan lereng menjadi 1,25. Hasil analisis probabilistik berbasis simulasi Monte-Carlo dengan jumlah simulasi yang bervariasi antara 2.000 hingga 20.000 simulasi menunjukkan bahwa penggunaan struktur perkuatan lereng dapat menurunkan nilai probabilitas kegagalan hingga ke nilai 0,05%-0,28%. Berdasarkan hasil analisis sensitivitas, elevasi muka air tanah memiliki pengaruh paling signifikan di dalam perhitungan faktor keamanan lereng clay shale.
Analisis Geometri Bangunan terhadap Kinerja Seismik Menggunakan Direct Displacement Based Design Method Andi Susilo Kartiko; Indra Komara; Yanisfa Septiarsilia; Dita Kamarul Fitria; Heri Istiono; Dewi Pertiwi
Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Katolik Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/jrkms.v4i2.1367

Abstract

Evaluasi seismik terhadap perilaku struktur tidak beraturan merupakan parameter penting khususnya untuk mengetahui kegagalan yang terjadi pada struktur. Parameter ketidakberaturan tersebut dapat berupa elevasi struktur yang tidak seragam, denah yang memiliki bentuk tidak umum yang mana memiliki pusat massa dan kekakuan yang berbeda serta jenis dan dimensi dari elemen struktur terpasang. Ketidakberaturan tersebut sering tidak dapat dihindari karena faktor arsitektur. Pada studi ini, akan dievaluasi berbagai bentuk ketidakberaturan struktur bangunan yang dievaluasi secara analitis dan numerik. Evaluasi struktur menggunakan metode direct displacement-based design dengan pendekatan ATC-40 disimulasikan untuk mengetahui parameter kinerja struktur. Satu bangunan regular dan tiga bangunan ireguler akan dievaluasi dan dibandingkan satu sama lain. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, nilai kinerja bangunan secara relatif memenuhi standar acuan DDBD dengan tingkat level kinerja berada pada life safety dan intermediate occupancy untuk pendekatan dengan ATC-40.
Kinerja Operasional Moda Bus Trans Mebidang Trayek Lubuk Pakam-Pusat Pasar Medan di Masa Pandemi Covid-19 Oloan Sitohang; Reynaldo Siahaan; Arnoldus Yansen Berkat Laia
Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Katolik Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/jrkms.v4i2.1383

Abstract

Pandemi covid-19 mengubah perilaku manusia yang berakibat menurunnya pergerakan manusia dan barang dari satu tempat ke tempat lain untuk tujuan tertentu di Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kinerja operasional moda bus trans Mebidang trayek Lubuk Pakam-Pusat Pasar Medan serta menganalisis tarif berdasarkan pendapatan dan biaya operasional kendaraan (BOK) selama pandemi. Metode penelitian ini menggunakan pedoman teknis Dirjen Perhubungan Darat tahun 2002 sebagai indikator kinerja operasional serta perhitungan tarif. Terdapat penurunan kinerja, tetapi cenderung dapat dianggap wajar. Beberapa kinerja operasional Trans Mebidang pada rute ini yang memenuhi standar adalah kecepatan, waktu tempuh, interval waktu tunggu penumpang. Sementara itu, yang tidak memenuhi adalah load factor rata-rata, headway, waktu pelayanan, frekuensi layanan kendaraan. Kinerja operasional Trans Mebidang rute ini dapat dinyatakan “sedang”, dengan nilai rata-rata 1,9 (dari 3). Penyesuaian tarif masih dapat dilakukan untuk meringankan masyarakat, tetapi hal ini perlu mempertimbangkan ketika pandemi dan pembatasan semakin parah.
Pengujian Peningkatan Kapasitas Lentur dengan Penambahan Dimensi pada Sisi Bawah dan Atas Balok Beton Bertulang Samsuardi Batubara; Martius Ginting; Francois Siregar
Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Katolik Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/jrkms.v4i2.1384

Abstract

Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui besar peningkatan kapasitas lentur pada balok beton bertulang yang diperkuat dengan menambah dimensi balok pada sisi bawah dan sisi atasnya. Kami menggunakan 3 buah benda uji balok beton bertulang dengan dimensi 150 mm x 200 mm bentang 3000 mm. Benda uji pertama adalah tanpa perkuatan, yang kedua adalah diperkuat dengan menambah dimensi pada sisi bawah, dan yang ketiga adalah diperkuat dengan menambah dimensi pada sisi atas. Dengan penambahan dimensi sebesar 150 mm x 100 mm bentang 3000 mm, dimensi benda uji perkuatan menjadi 150 mm x 300 mm bentang 3000 mm. Pemberian beban untuk benda uji tanpa perkuatan dilakukan dengan jack hidraulic pada tengah bentang dan dibebani hingga benda uji runtuh. Sementara, untuk benda uji dengan perkuatan pemberian beban dilakukan dengan dua tahap. Hasil pengujian menunjukkan bahwa untuk benda uji dengan penambahan dimensi pada sisi bawah balok beton bertulang, kapasitas lentur meningkat sebesar 211,84 %. Sedangkan, untuk benda uji dengan penambahan dimensi pada sisi atas kapasitas lentur meningkat sebesar 192,98 % terhadap benda uji tanpa perkuatan. Berdasarkan peningkatan lentur tersebut dapat disimpulkan bahwa penambahan dimensi pada sisi bawah balok maupun pada sisi bawah balok beton bertulang aman untuk dilakukan.
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa Seksi Binjai-Pangkalan Brandan Yolanda Ayu Damayanti; Mizanuddin Sitompul
Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Katolik Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/jrkms.v4i2.1386

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor terpenting dalam menentukan keberhasilan suatu proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja. Penelitian ini dilakukan pada proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa Seksi Binjai-Pangkalan Brandan. Metode penelitian yang digunakan dalam mencari hubungan antara produktivitas dengan faktor-faktor yang mempengaruhi adalah dengan metode Produktivity Rating, metode  analisis regresi linier berganda, uji t, uji F (ANOVA) dan koefisien determinasi dengan bantuan aplikasi statistik yaitu SPSS versi 26. Adapun metode analisis data lain yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan realibilitas yang digunakan dalam pengujian kuesioner. Tingkat produktivitas pekerja adalah sebesar 76,70%. Hal ini dapat dikatakan cukup memuaskan, karena Faktor Utilitas Pekerja lebih dari 40%-60%. Faktor-faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi produktivitas ada enam yaitu faktor tingkat upah, adanya insentif, keterbatasan area kerja, kerja lembur, jarak tempat tinggal, dan cuaca yang tidak menentu.
Perbandingan Produktivitas Tenaga Kerja Pembesian dan Bekisting Saat Jam Kerja Normal dan Lembur Menggunakan Metode Productivity Rating Caroline Maretha Sujana; Raka Aditya Hakim
Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil Vol 4 No 2 (2021): Volume 4 Nomor 2 Tahun 2021
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Katolik Santo Thomas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54367/jrkms.v4i2.1400

Abstract

Produktivitas tenaga kerja adalah faktor penting yang mempengaruhi waktu penyelesaian proyek. Lembur sering dilakukan oleh kontraktor untuk mengejar progress proyek. Perlu diukur apakah terdapat perbedaan signifikan produktivitas tenaga kerja saat lembur dan saat jam kerja normal. Productivity rating adalah metode yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat produktivitas tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan produktivitas tenaga kerja selama jam kerja normal dan jam lembur pada pekerjaan pembesian dan bekisting. Pengamatan dilakukan kepada tenaga kerja terampil di dua proyek gedung di Jakarta. Analisis data dilakukan dengan menggunakan sampel independen T-Test pada program SPSS, ditemukan ada perbedaan yang signifikan dalam produktivitas antara jam kerja normal dan jam lembur pada pekerjaan pembesian dan bekisting. Produktivitas tenaga kerja pembesian saat kerja lembur menurun sebesar 8,04% dari waktu kerja normal. Sementara itu, produktivitas tenaga kerja pada pekerjaan bekisting saat kerja lembur menurun sebesar 8,89% dari waktu kerja normal.

Page 1 of 1 | Total Record : 8