cover
Contact Name
M. Akbar Husein Allsabah
Contact Email
akbarhusein@unpkediri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.sportif@unpkediri.ac.id.
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
ISSN : 25487833     EISSN : 24773379     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran a national scientific journals are open to seeking innovation, creativity and novelty. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran is a peer review journal published by Departement of Physical Education Health and Recreation. The aim of the Journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of research for academics and researchers. Journal of SPORTIF is published every May and November by publishing research results and critical analysis studies in the field of Sport Education, Sport Coaching, Sport Tourism, and Traditional Sport.
Arjuna Subject : -
Articles 262 Documents
Sumbangan Koordinasi Mata-Kaki, Kelincahan, Keseimbangan Dinamis dan Fleksibilitas Togok Terhadap Kemampuan Menggiring Bola pada Permainan Sepakbola: Studi Korelasional pada Pemain Sepakbola Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri Pratama, Andika Priya; Sugiyanto, Sugiyanto; Kristiyanto, Agus
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 4 No 1 (2018): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.896 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v4i1.11747

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa berartinya sumbangan masing-masing variabel bebas (koordinasi mata-kaki, kelincahan, keseimbangan dinamis dan fleksibilitas togok) terhadap kemampuan menggiring bola dan untuk mengetahui seberapa berartinya sumbangan variabel bebas secara bersama-sama terhadap kemampuan menggiring bola. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif deskriptif korelasional dengan rancangan analisis regresi. Sampel adalah pemain sepak bola mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri dengan jumlah 40 dari total populasi 60. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data mengunakan analisis regresi dengan bantuan software SPSS versi 16. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) X1 memberikan sumbangan yang signifikan terhadap Y dengan thitung = 5,472 > ttabel = 2,021, (2) X2 memberikan sumbangan yang signifikan terhadap Y dengan thitung = 2,716 > ttabel = 2,021, (3) X3 memberikan sumbangan yang signifikan terhadap Y dengan thitung = 3,046 > ttabel = 2,021, (4) X4 memberikan sumbangan yang signifikan terhadap Y dengan thitung = 2,595 > ttabel = 2,021. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa variabel koordinasi mata-kaki memberikan kontribusi sebesar 29,5 %, variabel kelincahan sebesar 26,8 %, variabel keseimbangan dinamis sebesar 4,8 %, variabel fleksibilitas togok sebesar 5,8 %. Sedangkan seluruh variabel independen memberikan kontribusi sebesar 95,8 % terhadap kemampuan menggiring bola.
Perbedaan Pengaruh Penggunaan Alat Bantu Matras Lebih Tinggi dan Matras Gulung Terhadap Peningkatan Keterampilan Handspring Aprihadi, Dodik; Hidayatullah, M Furqon; Purnama, Sapta Kunta
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 4 No 1 (2018): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.173 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v4i1.11845

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh latihan menggunakan alat bantu terhadap keterampilan handspring, (2) perbedaan keterampilan handspring antara mahasiswa yang memiliki rasio tinggi badan dan tinggi duduk besar dan kecil, (3) pengaruh interaksi antara latihan menggunakan alat bantu dan rasio tinggi badan dan tinggi duduk terhadap latihan handspring. Metode penelitian adalah eksperimen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 mahasiswa. Analisis Varians menggunakan program statistik SPSS. Hasil penelitian adalah :(1) Hasil Uji menunjukkan sig 0,331 atau > 0,05, maka tidak ada perbedaan pengaruh signifikan penggunaan alat bantu matras tinggi dengan kelompok matras gulung, (2) Terlihat signifikansi 0,116 > 0,05 berarti rasio tinggi badan dan tinggi duduk tidak berpengaruh signifikan, dan (3) Terlihat signifikansi 0,000 < 0,05 berarti metode latihan matras tinggi dan gulung dengan rasio tinggi badan dan tinggi duduk berpengaruh signifikan terhadap keterampilan handspring. Kesimpulannya bahwa (1) tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan handspring di dalam model, (2) Rasio tinggi badan dan tinggi duduk tidak berpengaruh signifikan terhadap keterampilan handspring di dalam model, dan (3) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara metode latihan matras tinggi dan gulung dengan rasio tinggi badan dan tinggi duduk terhadap keterampilan handspring.
Status Gizi dan Hubungannya dengan Tingkat Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Di SMKN 2 Indramayu Effendy, Fauzan
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 3 No 2 (2017): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.441 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v3i2.11887

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengetahui relasi antara status gizi dengan tingkat prestasi belajar peserta didik kelas X SMK N 2 Indramayu. Riset ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis analitik survei menggunakancrossectional approach. Teknik sampel menggunakan teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 102 peserta didik kelas X di SMK N2 Indramayu. Hasil riset menunjukkan tidak ada relasi yang kuat antara status gizi dengan tingkat prestasi belajar peserta didik di kelas X SMK N 2 Indramayu. Dengan hasil perhitungan didapat nilai koefisien korelasi ( dengan besaran 0,125 < r tabel (0,195).
Pengenalan Permainan Tradisional GOTENG (Gobak Sodor dan Bentengan) untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Kelas Atas Kurniawan, Wing Prasetya; Zawawi, M. Anis
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 3 No 2 (2017): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.638 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v3i2.11889

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan tradisional untuk membangun karakter siswa sekolah dasar yang layak, efektif, dan sesuai. Model permainan ini diharapkan mampu mengembangkan aspek afektif, kognitif, dan psikomotor, serta dapat dipergunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan Borg & Gall (2003: 570-572), yang dimodifikasi menjadi 8 langkahpelaksanaan penelitian, langkah-langkah tersebut antara lain: (1) pengumpulan informasi lapangan (2) analisis informasi yang telah dikumpulkan (3) mengembangkan produk awal, (4) Validasi ahli dan revisi (5) Uji coba lapangan skala kecil dan revisi (6) uji coba lapangan skala besar dan revisi (7) pembuatan produk final (8) uji efektifitas produk.Ujicoba skala kecil dilakukan terhadap 20 siswa di SD N Siraman3. Ujicoba skala besar dilakukan terhadap22 siswa di SD N Kesamben 5 dan 22 siswa di SD N Babadan 1 Wlingi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman pengamatan (observasi), wawancara, catatan lapangan, skala nilai, lembar penilaian uji efektifitas dan penilaian hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil dari penilaian para ahli materi dapat disimpulkan bahwa model permainan tradisional untuk membangun karakter siswa sekolah dasar yang telah dikembangkan layak, efektif, dan sesuai untuk digunakan.
Prediksi Prestasi Lompat Jauh Gaya Menggantung Ditinjau dari Faktor Kemampuan Fisik Siswa Putra SMP Triasmono, Haris Kukuh; Sugiyanto, Sugiyanto; Kristiyanto, Agus
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 3 No 2 (2017): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (500.286 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v3i2.11890

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kebenaran tentang faktor kemampuan fisik yang meliputi power otot tungkai, power otot perut, fleksibilitas togok, fleksibilitas punggung, kecepatan dan koordinasi mata kaki dalam memprediksi prestasi lompat jauh gaya menggantung pada siswa putra SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa putra SMP Negeri 2 Bulukerto, jumlah 212 siswa dan sampel 100 siswa, teknik sampling yang digunakan purposive random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi regresi dengan melakukan pengujian prasyarat uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dan korelasi masing-masing prediktor dan analisis regresi ganda serta korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika faktor kemampuan fisik secara bersamaan memprediksi prestasi lompat jauh gaya menggantung, maka akan terjadi peningkatan prestasi lompat jauh gaya menggantung sebesar 1.09 untuk setiap peningkatan 1 unit pengukuran power otot tungkai, peningkatan sebesar 0.06 untuk setiap peningkatan 1 unit pengukuran power perut, peningkatan sebesar 0.3 untuk setiap peningkatan 1 unit pengukuran fleksibilitas togok, peningkatan sebesar 0.6 untuk setiap peningkatan 1 unit pengukuran fleksibilitas punggung, peningkatan sebesar 0.3 untuk setiap peningkatan 1 unit pengukuran kecepatan, dan peningkatan sebesar 0.02 untuk setiap peningkatan 1 unit pengukuran koordinasi mata kaki. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor kemampuan memiliki hubungan dan dapat memprediksi prestasi lompat jauh gaya menggantung.
RETRACTED : Peningkatan Teknik Shooting Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Ishak, Muchamad
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 3 No 2 (2017): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.051 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v3i2.11891

Abstract

Following a rigorous, carefully concerns and considered review of the article published in jurnal SPORTIF to article entitled “Peningkatan Teknik Shooting Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)” Vol 3, No 2, pp. 154-166, November 2017, DOI: https https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11891 The article contained redundant material, the editor investigated and found that the paper published in Jurnal Pedagogik Olahraga, Vol. 3, No. 1, pp. 1-14, Januari-Juni 2017. The document and its content has been removed from jurnal SPORTIF and reasonable effort should be made to remove all references to this article.
Permainan Invasi dan Permainan Netting untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Fundamental Siswa SD Negeri Se Kecamatan Mojoroto Kota Kediri Burstiando, Rizki; Nurkholis, Moh
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 3 No 2 (2017): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.439 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v3i2.11892

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan invasi dan permainan netting terhadap gerak dasar fundamental siswa. Penelitian ini menggunakan desain ekperimen dengan pretest posttest control grup desain, populasi adalah seluruh siswa sekolah dasar negeri se kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Sampel sebanyak 88 siswa diambil secara cluster random sampling yang terdiri dari 51 laki-laki dan 37 perempuan yang berusia antara 9-12 tahun. Instrumen penelitian dari Nurhasan 2008 yang terdiri dari 4 item tes kecepatan, kelincahan, keseimbagan dan akurasi. Hasil peneitian adalah baik permainan invasi maupun permainan netting memberi pengaruh terhadap keterampilan gerak dasar fundamental siswa namum masih belum memberikan pengaruh yang signifikan untuk meningkatkan gerak dasar fundamental.
Pengaruh Senam Semangat Pagi (SSP) Terhadap Peningkatan Kebugaran Siswa Kelas XI SMAN 4 Sidoarjo Suharti, Suharti; Darisman, Eka Kurnia
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 3 No 2 (2017): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.297 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v3i2.11894

Abstract

Senam Semangat PAGI, adalah salah satu variasi senam yang diciptakan oleh tim kreasi Senam Semangat PAGI Universitas PGRI Adibuana Surabaya. Senam ini diharapkan dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan fungsi–fungsi fisiologis manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah ada pengaruh Senam Semangat PAGI (SSP) terhadap tingkat kebugaran siswa kelas XI di SMAN 4 Sidoarjo”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, rancangan penelitian ini menggunakan one group pretest – postest design, dan analisis data menggunakan Anova. Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode TKJI. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS versi 18. Siswa sebelum melakukan SSP sebesar 131,15 sedangkan siswa setelah melakukan SSP sebesar 148,70. Selanjutnya analisis statistik Uji-T didapat nilai thitung sebesar 4,703 lebih besar dari ttabel = 3,435. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Senam Semangat PAGI terhadap tingkat kebugaran siswa kelasXI di SMAN 4 sebesar 13 %.
Pengaruh Latihan Lari Zig-Zag, Lari Bolak-Balik, Push-Up dengan Pola Circuit Training Terhadap Kesegaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Sepak Bola SMAN I Soa Tahun Ajaran 2015/2016 Wio Bei, Wiljiwianus Primus
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 3 No 2 (2017): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.741 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v3i2.11895

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan lari zig-zag, lari bolak-balik, push-up dengan pola circuit training studi pada siswa ekstrakurikuler sepak bola SMAN 1 Soa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain the static –group pretest – posttest design. Sampel penelitian ini sebanyak 40 orang terdiri atas 20 orang adalah kelompok eksperimen dan 20 orang kelompok kontrol yang diambil secara random. Untuk mengumpulkan data peningkatan Kesegaran Jasmani digunakan TKJI, kemudian data dianalisis dengan t-test. Hasil analisis menunjukan bahwa nilai thitung sebesar 3,5 lebih besar dari nilai ttabel 2,042 pada taraf signifikasi 5 % (α=0,05). Ini berarti ada perbedaan yang signifikan Kesegaran Jasmani antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa latihan lari zig-zag, lari bolak-balik, push up dengan pola circuit training berpengaruh terhadap kesegaran jasmani pada siswa peserta ektrakurikuler sepak bola SMAN 1 Soa.
Meningkatkan Hasil Belajar Bermain Tonnis Melalui Pendekatan Teaching Game for Understanding (TGFU) Putri, Mega Widya
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 3 No 2 (2017): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.038 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v3i2.11896

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar bermain tonnis dalam pembelajaran tonnis pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Gedong Karanganyar tahun ajaran 2013 / 2014 melalui penerapan pendekatan Teaching Games for Undestanding (TGfU). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Gedong Karanganyar yang berjumlah 22 siswa yang terdiri dari 10 siswa putra dan 12 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian kemampuan bermain tonnis dan hasil belajar bermain bola kecil tonnis. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, pada siklus I, hasil belajar bermain tonnis siswa mencapai 63,63% atau sebanyak 13 siswa dari 22 siswa telah masuk kriteria tuntas. Pada siklus II hasil belajar bermain tonnis siswa yang masuk kriteria tuntas juga meningkat menjadi 86,36% atau 18 siswa masuk pada kriteria tuntas dan 4 lainya belum tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) dapat meningkatkan hasil belajar bermain tonnis siswa kelas IV SD Negeri 2 Gedong Karanganyar tahun ajaran 2013 / 2014.

Page 1 of 27 | Total Record : 262


Filter by Year

2015 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2023): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran (in progress) Vol 9 No 1 (2023): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 8 No 4 (2022): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 8 No 3 (2022): Edisi khusus yang didedikasikan untuk Konferensi Internasional tentang Ilmu Olahr Vol 8 No 2 (2022): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 8 No 1 (2022): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 7 No 4 (2021): Special Issue 2021 Vol 7 No 3 (2021): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 7 No 2 (2021): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 7 No 1 (2021): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 6 No 4 (2020): Special issue dedicated to International Conference on Education and Sports Scien Vol 6 No 3 (2020): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 6 No 2 (2020): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 6 No 1 (2020): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 5 No 2 (2019): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 5 No 1 (2019): in Collaboration with APOPI Vol 4 No 2 (2018): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 4 No 1 (2018): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 3 No 2 (2017): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 3 No 1 (2017): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 2 No 2 (2016): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 2 No 1 (2016): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 1 No 1 (2015): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran More Issue