cover
Contact Name
M. Akbar Husein Allsabah
Contact Email
akbarhusein@unpkediri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.sportif@unpkediri.ac.id.
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
ISSN : 25487833     EISSN : 24773379     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran a national scientific journals are open to seeking innovation, creativity and novelty. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran is a peer review journal published by Departement of Physical Education Health and Recreation. The aim of the Journal is to facilitate scientific publication of the results of researches in Indonesia and participate to boost the quality and quantity of research for academics and researchers. Journal of SPORTIF is published every May and November by publishing research results and critical analysis studies in the field of Sport Education, Sport Coaching, Sport Tourism, and Traditional Sport.
Arjuna Subject : -
Articles 282 Documents
Perbandingan Latihan Bayangan dengan Drilling dan Strokes Terhadap Kecepatan Reaksi dan Ketepatan Smash Cahyaningrum, Gyta Krisdiana; Asnar, Elyana; Wardani, Tjitra
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 4 No 2 (2018): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.558 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v4i2.12328

Abstract

Pukulan smash merupakan salah satu teknik pukulan menyerang dalam permainan bulutangkis. Latihan pengulangan seperti bayangan, drilling dan strokes dapat meningkatkan kecepatan dan koordinasi gerakan. Namun, latihan kombinasi bayangan dengan drilling dan strokes dalam meningkatkan kecepatan reaksi dan ketepatan smash masih belum pernah dijelaskan. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan latihan kombinasi bayangan dengan drilling (P1) lebih meningkatkan kecepatan reaksi dan ketepatan smash dibandingkan latihan kombinasi bayangan dengan strokes (P2). Penelitian ini termasuk eksperimental lapangan, subjek 18 orang dibagi secara random menjadi dua kelompok. Kedua kelompok diberi perlakuan 6 minggu dengan frekuensi latihan 4 kali seminggu. Tes kecepatan reaksi menggunakan alat whole body reaction dan tes ketepatan smash menggunakan tes kemampuan ketepatan smash. Hasil uji t berpasangan pada kecepatan reaksi P1 0,277±0,08 dan P2 0,270±0,629, ketepatan smash P1 11,25±3,732 dan P2 8,625±2,446, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kecepatan reaksi dan ketepatan smash yang signifikan. Hasil uji t independent perubahan pretest ke posttest pada P1 dan P2 adalah 0,832 dan 0,118, maka terdapat perbedaan perubahan peningkatan kemampuan yang tidak signifikan. Kesimpulan penelitian ini adalah latihan kombinasi bayangan dengan drilling dan latihan kombinasi bayangan dengan strokes keduanya dapat meningkatkan kemampuan kecepatan reaksi dan ketepatan smash bulutangkis.
Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Di SMA Muhammadiyah Kediri Mashuri, Hendra
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 3 No 1 (2017): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.626 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v3i1.681

Abstract

Persepsi siswa terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani akan membantu tercapainya tujuan pendidikan jasmani. Persepsi memegang peranan penting terhadap minat dan motivasi siswa dalam melakukan proses belajar mengajar. Persepsi akan berpengaruh terhadap keaktifan siswa selama proses belajar mengajar di lapangan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untukmemperoleh informasi tentang persepsi siswa terhadap pembelajaran guru pendidikan jasmani di SMA Muhammadiyah Kediri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswaterhadap pembelajaran guru pendidikan jasmani di SMA Muhammadiyah Kediri? Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa SMA Muhammadiyah Kediri, sampel yang diambil berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 20 siswa dari masing-masing kelas. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap proses pembelajaran SMA Muhammadiyah Kediri mendapatkan skor 3115 atau rata-rata jawaban siswa 51,917 dengan persentase sebesar 74% dan masuk dalam kategori “Baik”. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran guru pendidikan jasmani adalah baik.
Pengaruh Latihan Jump To Box dan Latihan Bicycle Terhadap Kecepatan Lari 60 Meter pada Siswa Putra Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung Bumi Handoko, Handoko
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 4 No 1 (2018): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.934 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v4i1.12002

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan jump to box dan latihan bicycle terhadap kecepatan lari 60 meter. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung Bumi Bangkalan yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kecepatan lari 60 meter antara sebelum diberi latihan dan setelah yang diberi latihan jump to box ( t hitung=3,64 > t tabel =1,81). Terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kecepatan lari 60 meter antara sebelum dan setelah diberi latihan bicycle (thitung = 2,50 > ttabel = 1,81). Terdapat perbedaan rata-rata kecepatan lari 60 meter setelah diberikan latihan jump to box dan latihan bicycle (dengan yang diberi latihan bicycle (t = 1.756> ttable = 1,72). Kesimpulannya, latihan jump to box lebih baik daripada latihan bicycle dalam meningkatkan kecepatan lari 60 meter.
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Smash Normal Bolavoli Pada Siswa kelas XI SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016 Kustiawan, Andri Arif
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 2 No 1 (2016): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.653 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v2i1.653

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team game tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar smash normal bolavoli pada peserta didik Kelas XI SMA Negeri Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik Kelas XI SMA Negeri Colomadu Karanganyar yang berjumlah 32 peserta didik yang terdiri dari 15 peserta didik putra dan 17 peserta didik putri. Sumber data berasal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan presentase. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar smash normal bolavoli pada siklus I siswa yang dinyatakan tuntas mencapai 56,25% atau sebanyak 18 siswa dari total 32 siswa. Peningkatan hasil belajar smash normal bolavoli juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 87,50% atau sebanyak 28 siswa yang tergolong kriteria tuntas hasil belajar, yang tuntas di KI1, KI2, KI3 dan KI4. Adapun 4 siswa lainnya tergolong dalam kategori belum tuntas. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dan pembahasan yang telah diungkapkan pada Bab IV, simpulan penelitian ini adalah hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar smash normal bolavoli pada peserta didik Kelas XI SMA Negeri Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II.
Pengaruh Pembelajaran dan Kemampuan Gerak Dasar Terhadap Peningkatan Kemampuan Sprint 100 Meter Muharram, Nur Ahmad
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 1 No 1 (2015): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.346 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v1i1.572

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran langsung dengan tidak langsung terhadap peningkatan sprint 100 meter pada Siswa Putra Ekstrakulikuler Olahraga Kelas VI SD Wonokerso III Kedawung Tahun Ajaran 2014 / 2015. (2) Perbedaan peningkatan sprint 100 meter antara siswa yang memiliki kemampuan gerak dasar tinggi dengan kemampuan gerak dasar rendah pada Siswa Putra Ekstrakulikuler Olahraga Kelas VI SD Wonokerso III Kedawung Tahun Ajaran 2014 / 2015. (3) Seberapa besar pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan gerak dasar terhadap peningkatan sprint 100 meter pada Siswa Putra Ekstrakulikuler Olahraga Kelas VI SD Wonokerso III Kedawung Tahun Ajaran 2014 / 2015. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Subjek penelitian ini adalah Siswa Putra Ekstrakulikuler Olahraga Kelas VI SD Wonokerso III Kedawung Tahun Ajaran 2014 / 2015. berjumlah 40. Diperoleh dengan teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran kemampuan lari sprint 100 meter dari J.Manuel.B (1999: 24) dan tes kemampuan gerak dasar dari Nurhasan (2001: 76). Teknik analisis data yang digunakan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Ada perbedaan pengaruh pendekatan pembelajaran langsung dan tidak langsung terhadap peningkatan sprint 100 meter pada Siswa Putra Ekstrakulikuler Olahraga Kelas VI SD Wonokerso III Kedawung Tahun Ajaran 2014 / 2015. Dari hasil analisis data menunjukkan F0 = 5.227 > Ft = 4.11. (2) Ada perbedaan peningkatan sprint 100 meter antara siswa yang memiliki kemampuan gerak dasar tinggi dan kemampuan gerak dasar rendah terhadap peningkatan sprint 100 meter pada Siswa Putra Ekstrakulikuler Olahraga Kelas VI SD Wonokerso III Kedawung Tahun Ajaran 2014 / 2015. Dari hasil analisis data menunjukkan F0 = 6.632 > Ft = 4.11. (3) Ada pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan gerak dasar terhadap peningkatan sprint 100 meter pada Siswa Putra Ekstrakulikuler Olahraga Kelas VI SD Wonokerso III Kedawung Tahun Ajaran 2014 / 2015. Dari hasil analisis data menunjukkan F0 = 4.445 > Ft = 4.11.
RETRACTED : Peningkatan Teknik Shooting Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Ishak, Muchamad
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 3 No 2 (2017): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.051 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v3i2.11891

Abstract

Following a rigorous, carefully concerns and considered review of the article published in jurnal SPORTIF to article entitled “Peningkatan Teknik Shooting Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)” Vol 3, No 2, pp. 154-166, November 2017, DOI: https https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11891 The article contained redundant material, the editor investigated and found that the paper published in Jurnal Pedagogik Olahraga, Vol. 3, No. 1, pp. 1-14, Januari-Juni 2017. The document and its content has been removed from jurnal SPORTIF and reasonable effort should be made to remove all references to this article.
The Relationship between Physical Fitness and Sleep Quality Safaringga, Ellen; Herpandika, Reo Prasetiyo
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 4 No 2 (2018): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.793 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v4i2.12467

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebugaran jasmani dengan kualitas tidur. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan menggunakan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa angkatan 2014 program studi Penjaskesrek Universitas Nusantara PGRI Kediri sejumlah 192 mahasiswa. Sampel dalam penelitian diambil sebanyak 38 mahasiswa penjaskesrek angkatan 2014. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel random sampling. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rhitung sebesar = 0,408 > rtabel = 0,320 dengan nilai sig. 0,011 < 0,05 (taraf signifikan 5%) maka H0 ditolak yang artinya ada korelasi yang signifikan antara aktivitas kebugaran jasmani dengan kualitas tidur. Kesimpulannya adalah tingkat kebugaran jasmani memiliki hubungan yang rendah dengan kualitas tidur.
Meningkatkan Keterampilan Gerakan Handspring Dengan Pembelajaran Melalui Gaya Mengajar Inkuiri Ridwan, Mochamad; Febriyanti, Irma; Wijaya, Andhega
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 3 No 1 (2017): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.921 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v3i1.735

Abstract

Tujuan ini yang ingin dicapai dalam penelitian yaitu: 1) mengetahui sejauh mana aktivitas mahasiswa dalam belajar handspring pada senam artistik, 2) Mengetahui sejauh mana respon siswa terhadap pembelajaran handspring pada senam artistik dengan menggunakan gaya mengajar inkuiri, 3) Mengetahui sejauh mana hasil belajar pembelajaran handspring pada senam artistik dengan menggunakan gaya mengajar inkuiri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action research). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan selama dua siklus dimana dalam satu siklus terdiri dari 4 pertemuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan olahraga angkatan 2015 kelas D sebanyak 41 mahasiswa. Hasil penelitian untuk tes keterampilan gerakan handspring pada siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan, sehingga dari peneliti menyimpulkan dengan pendekatan modifikasi pembelajaran melalui gaya mengajar inkuiri mampu meningkatkan penguasaan keterampilan pada gerakan handspring.
APLIKASI NILAI-NILAI LUHUR PENCAK SILAT SARANA MEMBENTUK MORALITAS BANGSA kholis, nur
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 2 No 2 (2016): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.79 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v2i2.508

Abstract

Krisis moral yang melanda Indonesia diduga menimbulkan krisi social, ekonomi budaya, politik dan hukum, hal ini melanda semua lapisan masyarakat. Krisis moral juga menyebabkan munculnya krisi kepercayaan masyarakat pada pemerintah. Yang lebih parah krisis moral berdampak pada dekadensi moral para generasi penerus bangsa yakni pemuda. Pencak silat merupakan budaya asli Indonesia yang memiliki empat aspek yaitu: Aspek mental spiritual, aspek seni budaya, aspek beladiri, dan aspek olahraga. Keempat aspek tersebut dalam satu kesatuan yang utuh. Selain empat tersebut pencak silat juga mengandung nilai-nilai positif yaitu : 1) Meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, 2) Cinta Tanah Air dan Bangsa, 3) Kesehatan dan kebugaran, 4) Membangkitkan rasa percaya diri, 5) Melatih ketahanan mental, 6) Mengembangkan kewaspadaan diri yang tinggi, 7) Membina spotifitas dan jiwa ksatria, 8) Disiplin dan keuletan yang lebih tinggi. Secara keseluruhan pencak silat mengajarkan sifatdan sikap taqwa, tanggap, tangguh, tanggon dan trengginas. Kata Kunci: pencak silat, nilai-nilai luhur, moralitas, bangsa.
Effect of Plyometric Front Cone Hops Training and Counter Movement Jump Training to Power and Strenght of Leg Muscles Pratiwi, Febrianti Zarra; Setijono, Hari; Fuad, Yusuf
Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 4 No 1 (2018): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Publisher : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.61 KB) | DOI: 10.29407/js_unpgri.v4i1.12073

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan performa atlet bolavoli dan bola basket dengan metode latihan plyometric front cone hops dan plyometric counter movement jump. Tiga puluh siswa yang terpilih sesuai kriteria akan dilakukan pretest untuk menentukan pembagian kelompok plyometric front cone hops, plyometric counter movement jump atau kelompok kontrol. Back leg dynamometer untuk mengukur tingkat kekuatan otot tungkai dan jump MD untuk mengukur tingkat power otot tungkai. Akan diberikan latihan selama 6 minggu untuk masing-masing kelompok dan 3 kali perlakuan dalam seminggu. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan metode latihan plyometric front cone hops menunjukkan pengaruh yang signifikan pada variabel kekuatan dan power otot tungkai, kelompok plyometric counter movement jump menunjukkan pengaruh yang signifikan pada variabel kekuatan otot tungkai. Dapat disimpulkan bahwa dari metode latihan plyometric front cone hops dan plyometric counter movement jump lebih efektif untuk peningkatan dua komponen kondisi fisik kekuatan dan power otot tungkai.

Page 1 of 29 | Total Record : 282


Filter by Year

2015 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 3 (2023): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 9 No 2 (2023): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 9 No 1 (2023): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 8 No 4 (2022): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 8 No 3 (2022): Edisi khusus yang didedikasikan untuk Konferensi Internasional tentang Ilmu Olahr Vol 8 No 2 (2022): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 8 No 1 (2022): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 7 No 4 (2021): Special Issue 2021 Vol 7 No 3 (2021): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 7 No 2 (2021): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 7 No 1 (2021): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 6 No 4 (2020): Special issue dedicated to International Conference on Education and Sports Scien Vol 6 No 3 (2020): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 6 No 2 (2020): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 6 No 1 (2020): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 5 No 2 (2019): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 5 No 1 (2019): in Collaboration with APOPI Vol 4 No 2 (2018): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 4 No 1 (2018): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 3 No 2 (2017): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 3 No 1 (2017): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 2 No 2 (2016): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 2 No 1 (2016): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran Vol 1 No 1 (2015): Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran More Issue