cover
Contact Name
Jatmiko
Contact Email
jatmiko@unpkediri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jme.nusantara@unpkediri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika
ISSN : 24599735     EISSN : 25809210     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action research, etc.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2017): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara" : 9 Documents clear
Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Mata Kuliah Geometri Ruang aviory, koryna
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 3 No 2 (2017): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.21 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v3i2.11804

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah Geometri Ruang. Sampel penelitian adalah A1 yang dikenai model pembelajaran CTL dan A3 yang dikenai model pembelajaran kooperatif. Sebelum dilakukan penelitian, kedua kelas dilakukan uji kesetimbangan dengan prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Hasil dari uji kesetimbangan menyatakan bahwa kelas dalam keadaan setimbang, dengan p-value = 0,271 > = 0,05. Data posttest dianalisis dengan statistik parametrik (independent sample t-test), dengan asumsi normal dan homogen. Hasil penelitian dengan statistik uji t-test menyatakan bahwa rerata nilai kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan rerata kelas kontrol, p-value = 0,008 < = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika pada mata kuliah Geometri Ruang. Kata kunci : CTL dan pemahaman konsep
Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning: berpikir kreatif matematis, pendekatan contextual teaching and learning Artikasari, Evaderika Ayu; Saefudin, Abdul Aziz
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 3 No 2 (2017): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.568 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v3i2.800

Abstract

Abstrak: Matematika sangat berperan penting dalam perkembangan teknologi modern dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, oleh sebab itu siswa perlu disiapkan untuk memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis sehingga siswa akan lebih mudah dalam memecahkan suatu masalah yang melibatkan matematika mengingat pemanfaatan matematika yang sangat luas. Siswa yang kreatif akan mampu bersaing dalam kehidupan nyata. Dalam usaha menumbuhkan kemampuan tersebut maka salah satu alternatif yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Komponen pendekatan CTL dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif yang memuat indikator orisinilitas, fluency, flexibility dan elaboration.
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kahar, Muhammad Syahrul; Layn, Muhamad Ruslan
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 3 No 2 (2017): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.61 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v3i2.855

Abstract

The objectives of this research are: (1) To know kind and error place that made of students grade VIII SMP PGRI Kota Sorong in finishing story match question on relasion material. (2) To know what factors that made students grade VIII SMP PGRI Kota Sorong did error in finishing story match question on relasion material.This study is qualitative Researchbecause the data collect and explain in word form that arrange in the sentences and it is not numeric or value form. This research aim to get deep description and collect information detail about errors that made of students in finishing story match question based on data which is gotten in the research field, and approach that used to analyze in form of text. The conclusions of this study are as follows: (1) Kinds of students’ error of grade VIII SMP PGRI Kota Sorong in finishing story match question on relation material as follow: a) error in understanding and comprehending command question, presentation of students’ error made by 14 students in this error is 73,7%. b) Error in finishing question. Error’s persentation that made by 16 students in this error are 84,2%. c) students’ error who did not answer the question. Error presentation that made by 13 students in this error are 68,2%. (2) caused students’ error of grade VIII SMP PGRI Kota Sorong in finishing stoty ,atch question on relation material as follow: a) error in stating diagram arrow. b) Error in stating diagram cartesius. c) Error in stating the state of sequential pairs.
Pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika pada pola batik tenun (ATBM) khas Kota Kediri terhadap kemampuan refleksi dan simetri mahasiswa semester 2 Prodi Pendidikan Matematika UNP Kediri Samijo, Samijo; Yohanie, Dian Devita
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 3 No 2 (2017): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.236 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v3i2.11975

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika pada pola batik tenun (ATBM) khas kota kediri terhadap kemampuan refleksi dan simetri mahasiswa. Data penelitian diperoleh dari studi kepustakaan, pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada 2 orang pengusaha batik tenun kota Kediri. Hasil kajian dalam penelitian diperoleh bahwa pada motif Riwog, goyor dan motif Obar Abir dapat digunakan untuk menjelaskan konsep geometri transformasi seperti konsep translasi dan refleksi serta penggunaan prinsip pengubinan pada satu jenis bangun geometri teselasi yaitu persegi.
Menghasilkan Lulusan Kreatif Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual: creative thinking: contextual problem-based learning Widodo, Suryo
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 3 No 2 (2017): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.006 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v3i2.856

Abstract

University development is inseparable from innovation. Innovations in various university components are aimed at producing graduates of the same quality. Quality graduates are produced through quality and measurable processes. Qualified graduates not only have intellectual intelligence which is indicated by high achievement index. Graduates of quality can also be demonstrated by the creative thinking ability of graduates in solving problems. Graduates creative one can be generated through contextual problem-based learning. Keywords: creative thinking, contextual problem-based learning
Analisis Kesalahan Dalam Penyusunan Skripsi ( Studi Kasus Pada Skripsi Penelitian Kualitatif) Darmadi, Darmadi
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 3 No 2 (2017): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.332 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v3i2.11802

Abstract

Abstrak: Kesalahan dalam penyusunan skripsi adalah suatu kewajaran. Kesalahan-kesalahandalam penyusunan skripsi perlu diidentifikasi dan dianalisis sebagai bahan evaluasi. Makalahini membahas hasil analisis kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam skripsi dengan studikasus pada skripsi penelitian kualitatif di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIPMAsemester genap tahun akademik 2016/2017.Katakunci: skripsi, penelitian kualitatif
Efektivitas Pembelajaran Laboraturium Dengan Involving Students In Self-And Peer Evaluation Ditinjau Dari Gaya Kognitif Pada Mahasiswa Pendidikan Matematika Puspananda, Dian Ratna; Suriyah, Puput
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 3 No 2 (2017): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.77 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v3i2.11800

Abstract

Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah: a) untuk membuktikan apakah pembelajaranBerbasis Laboraturium dengan Involving Students in Self-and Peer Evaluation lebih efektifdibandingkan dengan Direct instruction terhadap hasil belajar pada mahasiswa semesterVI Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro, b) untuk membuktikanapakah mahasiswa yang memiliki memiliki gaya kognitif field dependent mempunyai hasilbelajar lebih baik dibandingkan dengan mereka yang memiliki memiliki gaya kognitif fieldindependent, c)untuk membuktikan pada masing-masing pembelajaran, manakah yangmempunyai hasil belajar yang lebih baik, mahasiswa yang yang memiliki gaya kognitif fielddependent atau field independent, d)untuk membuktikan pada masing-masing gayakognitif, manakah yang mempunyai hasil belajar yang lebih baik, mahasiswa yang dikenaiPembelajaran Berbasis Laboraturium dengan Involving Students in Self-and PeerEvaluation atau Direct Instruction. Penelitian eksperimental semu ini dilaksanakan di IKIPPGRI Bojonegoro pada mahasiswa yang mengambil matakuliah PTK. Hasil penelitian iniadalah a)mahasiswa dengan model pembelajaran laboratorium dengan involvingstudents in self-and peer evaluation dapat memberikan hasil belajar yang lebih baikdaripada direct instruction, b)mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independentmemiliki hasil belajar yang lebih baik daripada field dependent, c)pada masing-masingmodel pembelajaran, mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent secarasignifikan selalu memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada field dependent, d) padamasing-masing gaya kognitif, model pembelajaran laboratorium dengan involvingstudents in self-and peer evaluation secara signifikan selalu memberikan hasil belajar yanglebih baik daripada direct instruction.Kata Kunci: laboraturium, involving students in self-and peer evaluation, gaya kognitif .
Pengembangan BKS Berbasis MCK (Mathematical Content Knowledge) Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP Santia, Ika; Fiantika, Feny Rita; Jatmiko, Jatmiko
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 3 No 2 (2017): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.08 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v3i2.909

Abstract

Abstrak: Rendahnya hasil PISA dan TIMSS siswa Indonesia kontradiktif dengan motivasi belajar matematika dan sains mereka yang berada di atas Singapura dan Malaysia. Permasalahan tersebut dikarenakan kurangnya MCK khususnya domain penalaran di setiap Mathematical Content. Mereka perlu penguatan kemampuan mengintegrasikan informasi, menarik kesimpulan, serta menggeneralisasikan pengetahuan yang dimiliki. Untuk itu dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan Buku Kerja Siswa (BKS) yang valid, praktis dan memiliki efek potensial bagi literasi matematika siswa SMP. Penelitian ini mengacu pada modifikasi model 4-D Thiagarajan yaitu Define, Design dan Develop. Prosedur penelitiannya adalah: 1) menganalisis MCK awal siswa SMP di Kota Kediri berdasarkan domain TIMSS dan literasi matematika PISA; 2) mengembangkan BKS yang valid, praktis dan layak. Hasil penelitian menunjukkan BKS yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak, ditinjau dari kelayakan isi sebesar 84,11%, kelayakan bahasa sebesar 86,61%, kelayakan kegrafikan sebesar 84,72% dan Hasil ujicoba terbatas pada tiga puluh orang siswa mendapat respon positif sebesar 98,25%. Kata Kunci: BKS, MCK, Literasi Matematika, Siswa SMP
Etnomatematika Dan Pemecahan Masalah Kombinatorik Astuningtyas, Erika Laras; Wulandari, Andhika Ayu; Farahsanti, Isna
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 3 No 2 (2017): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.005 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v3i2.907

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan skor kemampuan pemecahan masalah Kombinatorik antara mahasiswa yang memperoleh perkuliahan dengan pendekatan etnomatematika dan pendekatan pembelajaran langsung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu dengan variabel bebasnya adalah pendekatan pembelajaran yang meliputi dua jenis yaitu pendekatan pembelajaran langsung dan pendekatan etnomatematika serta variabel terikatnya adalah skor kemampuan pemecahan masalah kombinatorik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Sampel penelitian diambil dengan menggunaan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes yaitu tes pemecahan masalah kombinatorik. Uji hipotesis yang dilakukan adalah dengan uji beda rerata t-test. Uji hipotesis dilakukan dengan program PSPP. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa mahasiswa yang memperoleh perkuliahan dengan pendekatan Etnomatematika memperoleh skor kemampuan pemecahan masalah yang lebih tinggi dari pada perkuliahan dengan pendekatan langsung. Abstract : This study aims to compare the scores of problem-solving skills combinatories between students who obtained the lecture with the approach of etnomatematics and direct learning approach. This research is a quasi experimental research with independent variable is approach of learning which include direct learning approach and ethnomatematic approach and dependent variable is score of problem solving ability of combinatoric. The population in this research is all students of 6th grade of Mathematics Education Program FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Research sample is taken by using cluster random sampling technique. Methods of data collection is done by the test method is a combinatoric problem solving test. Hypothesis test is done by using t-test average test. Hypothesis testing is done with PSPP program. The result of the hypothesis test shows that the students who get the lecture with the Ethnomatematic approach get the higher problem solving skills score than the lecture with the direct approach.

Page 1 of 1 | Total Record : 9