cover
Contact Name
Jatmiko
Contact Email
jatmiko@unpkediri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jme.nusantara@unpkediri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika
ISSN : 24599735     EISSN : 25809210     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action research, etc.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 01 (2019): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara" : 10 Documents clear
Validasi modul berbasis literasi pada mata kuliah statistika matematika lestari, fajar; Andriani, Desi Gita
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 5 No 01 (2019): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (77.122 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v5i01.12854

Abstract

Pengembangan suatu modul membutuhkan validasi ahli untuk memastikan bahwa modul yang telah dibuat sudah dapat digunakan atau belum. Validasi modul dilihat dari aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Validator ahli meliputi dua dosen FKIP program studi matematika dan satu dosen FKIP program studi bahasa Indonesia. Metode yang digunakan untuk menganalisis validasi modul menggunakan metode dari Crocker dan Algina. Hasil penelitian menyatakan bahwa modul berbasis literasi pada mata kuliah statistika matematika dapat digunakan.
Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa ditinjau berdasarkan gaya kognitifnya Rahmawati, Tati; Yuhana, Yuyu; Anriani, Nurul
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 5 No 01 (2019): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.805 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v5i01.12650

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik ditinjau berdasarkan gaya kognitifnya.. Metode yang digunakan eksperimen dengan rancangan treatment by level 2 x 2.Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 4 dengan sampel sebanyak 40 orang yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan soal tes gaya kognitif dan kemampuan pemecahan masalah matematik. Analisis data yang digunakan normalitas,homogeniitas, ANAVA dua jalur dan uji Tukey.. Hasil penelitian menunjukan: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematik dikelas Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan kelas pembelajaran langsung. (2) Ada keterkaitan atau interaksi antara model pembelajaran Problem Based learning dengan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. (3) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa antara siswa yang memiliki gaya kognitif FI dan mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dari siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung. (4) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa antara siswa yang memiliki gaya kognitif FD dan mengikuti dengan Problem Based Learning lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran langsung Kata Kunci: PBL, Gaya Kognitif, field independent, field dependent, pemecahan masalah
Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP negeri 1 Kuala Behe Winata, Rahmat; Friantini, Rizki Nurhana
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 5 No 01 (2019): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.759 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v5i01.12810

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kuala Behe Tahun Ajaran 2018/2019 Kabupaten Landak. Jenis penelitian ini adalah kuantatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi semua siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuala Behe. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 64 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan uji prasyarat yaitu normalitas dengan metode Kolmogorov-Smirnov, heteroskedastisitas dengan metode Glejser, linearitas dengan menggunakan test for linearity, Multikolonieritas dengan menggunakan Variance Inflation Factor (VIF), dan Outokorelasi dengan metode Durbin-Watson. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kuala Behe Tahun Ajaran 2018/2019 Kabupaten Landak. Hasil R Square = 0,195 x 100 % = 19,5% yang menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kuala Behe dapat dijelaskan oleh motivasi belajar sebesar 19,5%.
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dengan aplikasi QR code terhadap hasil belajar matematika Yahya, Amran; Bakri, Nur Wahidah
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 5 No 01 (2019): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.696 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v5i01.12023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: hasil belajar matematika pada siswa Kelas XII AP SMK Negeri 1 Tinambung Sebelum dan setelah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan aplikasi QR code. Data diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian adalah: hasil belajar matematika pada siswa Kelas XII AP SMK Negeri 1 Tinambung sebelum diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan aplikasi QR code berada dalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 63,41, nilai tengah 63,5, standar deviasi 6,09, variansi 37,1, dan rentang skor 25, dengan nilai terendah 49 dan nilai tertinggi 74, sedang hasil belajar matematika pada siswa Kelas XII AP SMK Negeri 1 Tinambung setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan aplikasi QR code berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 80,15, nilai tengah 79,5, standar deviasi 7,2, variansi 51,77, dan rentang skor 27, dengan nilai terendah 64 dan nilai tertinggi 91, dari hasil kajian terlihat adanya peningkatan hasil belajar matematika pada siswa Kelas XII AP SMK Negeri 1 Tinambung setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan aplikasi QR code pada taraf signifikansi = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan aplikasi QR code berpengaruh terhadap hasil belajar matematika pada siswa Kelas XII AP SMK Negeri 1 Tinambung. Kata Kunci: Model Kooperatif, Team Games Tournament, QR Code, Hasil Belajar
Efektivitas penerapan model pembelajaran creative problem solving (cps) terhadap hasil belajar siswa pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar Utami, Farida; Ainy, Chusnal; Mursyidah, Himmatul
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 5 No 01 (2019): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.548 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v5i01.12332

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam kegiatan pembelajaran matematika pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 15 Surabaya sebanyak 25 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen dan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah RPP, LKS, soal tes kreativitas, soal ketuntasan hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas siswa pada pertemuan ke-1 dan ke-2 selama mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran CPS pada materi luas permukaan bangun ruang sisi datar memenuhi tujuh dari delapan indikator waktu ideal; (2) Kemampuan guru mengelola pembelajaran pada pertemuan ke-1 rata-rata total sebesar 3,63 dengan kategori sangat baik dan pertemuan ke-2 rata-rata total sebesar 3,53 dengan kategori sangat baik; (3) Kreativitas siswa tercapai dengan kategori kreatif; (4) Ketuntasan hasil belajar tercapai dengan 88% dari seluruh siswa telah mencapai KKM; (5) Respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan respon yang sangat positif. Jadi, penerapan model pembelajaran CPS dalam pembelajaran matematika efektif terhadap hasil belajar karena memenuhi lima indikator yang digunakan dalam penelitian ini.
Penggunaan model problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi vektor Salama, Fadilah Safinatu; Inganah, Siti; Sugiarti, Wiwik
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 5 No 01 (2019): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.975 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v5i01.12815

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA 3 di SMAN 02 Batu pada materi vektor pada pelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah vektor. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi pengelolaan pembalajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan hasil tes. Hasil penelitian menyebutkan bahwa persentase pengaplikasian model PBL sebesar 97% yang berarti bahwa peneliti telah mengolah pembelajaran dengan sangat baik. Selain itu, pada lembar observasi aktivitas, aktivitas belajar peserta didik meningkat sebesar 89% yang berarti bahwa peserta didik sangat aktif dalam kegiatan pembelajara. Pada hasil tes menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jumlah peserta didik yang tuntas yaitu sebesar 78%. Berdasarkan data tersebut terbukti bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
Peningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perbandingan menggunakan cooperative learning tipe team assisted individualization Indriani, Zuheini Chotimah
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 5 No 01 (2019): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (108.57 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v5i01.12703

Abstract

Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) peneliti mengangkat permasalahan yaitu Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VII B SMP Negeri 1 Wonogiri pada Pokok Bahasan Perbandingan dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI).PTK dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan satu kali tes akhir siklus untuk mengukur tingkat pencapaian hasil belajar. Dari serangkaian tindakan tiap siklus hasilnya pada siklus I menunjukkan baru 66,7 % siswa yang mencapai nilai batas tuntas matapelajaran matematika pokok bahasan perbandingan sedangkan 33,3% sisanya belum mencapai batas ketuntasan minimal (KKM). Selanjutnya hasil siklus II sudah 100 % siswa mencapai nilai batas tuntas matapelajaran matematika pokok bahasan perbandingan sehingga tindakan dinyatakan berhasil tidak perlu dilanjutkan siklus berikutnya. Mengacu pada hasil yang ditunjukkan siklus II maka Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan perbandingan.
Analisis germane cognitive load siswa ditinjau dari gaya belajar matematis pada pembelajaran Contextual Teaching and Learning Ardayeni, Ektin; Yuhana, Yuyu; Hendrayana, Aan
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 5 No 01 (2019): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (105.559 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v5i01.12727

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan germane cognitive load (GCL) siswa ditinjau dari gaya belajar matematis siswa dengan metode kontekstual di smk. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari siswa yang bergaya belajar interpersonal, mastery, understanding, dan self-expressive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) struktur skema pada siswa dengan gaya belajar interpersonal ini sesuai dengan struktur materi yang akan dipelajari, maka pada siswainterpersonal terjadi proses asimilasi (2) sebagian struktur skema pada siswa dengan gaya belajar mastery ini tidak sesuai dengan struktur materi yang akan dipelajari, ini menyebabkan terjadinya proses akomodasi (3) pada siswa understanding proses konstruksi pengetahuannnya di LTM dalam memahami soal kontekstual tidak bekerja dengan maksimum, hal ini disebabkan karena modifikasi struktur kognitif yang dimilki sebelumnya. (4) dan struktur skema pada siswa self-expressive tidak sesuai antara skema lama dengan skema baru, ini menyebabkan skema lama tidak dapat menyerap skema baru sehingga pada self-expressive terjadi proses akomodasi skema.
Meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan dengan menerapkan model ivestigasi kelompok di kelas VII SMP negeri 1 Pringgasela Agep, Agep
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 5 No 01 (2019): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.73 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v5i01.12716

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana peningkatan hasil belajar dengan penerapan metode unit teaching pada siswa kelas VII 6 SMP Negeri 1 Pringgasela. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Pringgasela pada bulan Oktober sampai dengan November 2017 dalam 2 tahap, yaitu pratindakan dan tahap tindakan. Tahap tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan dimana pertemuan 1 dan 2 menyampaikan materi dan pertemuan 3 evaluasi siklus. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II sebesar 14,28% hal ini berarti bahwa dengan penerapan metode unit teaching secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perbandingan. Hal tersebut diperkuat dengan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada kategori “Baik” dan hasil observasi aktivitas guru pada kategori “Sangat Baik” untuk siklus I dan II. Kata kunci: Meningkatkan hasil belajar, Model Investigsi kelompok
Deskripsi kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dengan model pembelajaran murder berbantuan puzzle math Dewi, Anggitia Lutfiana; Wahyuningsih, Eleonora Dwi; Oktaviani, Dian Nataria
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 5 No 01 (2019): JMEN : Jurnal Math Educator Nusantara
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.827 KB) | DOI: 10.29407/jmen.v5i01.12397

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan : 1) kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran MURDER berbantuan puzzle math dapat melampaui KKM. 2) kemampuan pemahaman konsep yang diajar menggunakan model pembelajaran MURDER berbantuan puzzle math lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII Semester Genap SMP Negeri 12 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 183 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Hasil penelitian menyatakan bahwa : 1) kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER berbantuan puzzle math dapat melampaui KKM dengan KKM 55 dan ketuntasan klasikalnya mencapai 80%, 2) kemampuan pemahaman konsep matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER berbantuan puzzle math lebih baik dari pada peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung dengan rata-rata kelas eksperimen 71,74 dan rata-rata kelas kontrol 39, 19. Kata Kunci: Model Pembelajaran Murder; Puzzle Math; Pemahaman Konsep Matematika.

Page 1 of 1 | Total Record : 10