cover
Contact Name
Muhammad Mushfi El Iq Bali
Contact Email
altanzim2017@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
altanzim2017@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
AL-TANZIM : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
ISSN : 25493663     EISSN : 25495720     DOI : -
Core Subject : Education,
Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is published by Islamic Faculty of Nurul Jadid University. The journal publishes articles of interest to education practitioners, teachers, education policy makers, and researchers. This journal encompasses research articles, original research report, reviews in Islamic education in any fields including: 1) Leadership, 2) Public Relation Management, 3) Organizational Behavior, 4) Organizational Culture, 5) Human Resource Management, 6) Financial Management, 7) Decision Making, etc.
Arjuna Subject : -
Articles 393 Documents
INSPIRING LEADERSHIP DAN TRANSFORMASI KELEMBAGAAN MENUJU PERGURUAN TINGGI ISLAM YANG UNGGUL Husnan Abrori
JURNAL AL-TANZIM Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.295 KB) | DOI: 10.33650/al-tanzim.v2i1.245

Abstract

Penelitian ini menyajikan tentang pola kepemimpinan inspiring leadership dalam mewujudkan transformasi kelembagaan Universitas Nurul Jadid Paiton menuju perguruan tinggi Islam yang unggul dan berdaya saing tinggi di tengah tantangan globalisasi dan tantangan demokrasi ke depan serta tingginya ekspektasi masyarakat terhadap Universitas Nurul Jadid maka menuntut lahirnya kepemimpinan yang mengedepankan akuntabilitas kinerja sehingga mampu menjadi inspirasi bagi semua. Kehadiran pemimpin yang memiliki transparansi, akuntabilitas tinggi akan menjadi generator penggerak semua personalia dalam organisasi untuk bekerja lebih maksimal sesuai prinsip-prinsip pengelolaan pendidikan yang baik (good governance), dengan demikian harapan untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam menciptakan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia berdaya saing tinggi akan terlaksana dengan baik. Aktualisasi dari pelayanan pendidikan bermutu dalam tata kelola yang baik dan akuntabel akan berdampak pada peningkatan kualitas proses transformasi sehingga akan menghasilkan output yang juga berkualitas. Mimpi ini harus tetap hidup dan tumbuh dengan subur dalam alam bawah sadar dan sanubari seorang pemimpin dengan teamnya untuk menemukan peta jalan lebih cepat menuju perguruan tinggi yang unggul, kompetitif dan marketable. Dalam paradigma pendidikan modern akuntabilitas adalah roh manajemen, dimana akuntabilitas itu terbagi menjadi dua yaitu akuntabilitas vertical dan akuntabilitas horizontal. Dalam akuntabilitas vertical maka perguruan tinggi sangat bertanggung jawab terhadap aspek yuridis formal yang ditetapkan pemerintah, sedangkan dalam akuntabilitas horizontal perguruan tinggi sangat bertanggung jawab pada aspek pelaksanaan program–program dengan baik sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas.
STRATEGIC PLANNING: SHAPING OR EMERGING FROM ORGANISATIONS Sugiono Sugiono
JURNAL AL-TANZIM Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.77 KB) | DOI: 10.33650/al-tanzim.v2i2.399

Abstract

This paper focuses on the literature exploration of perspectives of strategic planning in terms of whether it shapes or emerges from organisations. The paper argues that to make judgment on an organisational performance as a result of planned strategies or emergent ones is not easy.  Essentially, strategic planning aims to direct the performance of an organisation in order to attain its desired and planned goals. However, the organisation environment often changes rapidly, and hence it cannot be predicted and controlled. Such a circumstance potentially provides a particular impact on the organisation performance. In this situation, the strategic planning is inevitably shaped by the emergent strategy, which means that the realised strategy is the logical consequence of interactions between planned strategies and emergent ones. It has been suggested that a good strategic planning is to be flexible and open to a process of strategic learning, by which creativity and personnel’s commitment could be enhanced.
MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI BERBASIS RELIGIUS Muhammad Husni; Hairul Puadi
JURNAL AL-TANZIM Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.206 KB) | DOI: 10.33650/al-tanzim.v2i1.251

Abstract

Islamic as a religions of having standards and norms as a reference value follower. The values derived from thedoctrinesof religions was hitcertainly canbe applied live the lifeof the daily, includingin the organization. However islamicvalues inanything that canbe usedin buildingthe organization and how toimple mentthese values.Organizational cultureis builtwitha setthe with of valuet hatsurebyall behaviorinan organization ofit. Islamic as asou rceproc edureslso havethe valuest hatcanbe usedas building astrong the organizational of culture. The valuesin the organizationis also requiredto binding and ever yoneinthe organization to aunified whole.
Implikasi UUSPN Terhadap Pendidikan Islam Abdurahman Abdurahman
JURNAL AL-TANZIM Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ERA OTONOMI PENDIDIKAN
Publisher : Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.714 KB) | DOI: 10.33650/al-tanzim.v1i1.25

Abstract

Manusia membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya. Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui peoses pembelajaran dan/atau cara lain yang dikenal dan diakui oleh masyarakat.  Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat esensial dalam proses pemanusiaan dalam masyarakat yang berbudaya. Dalam era globalisasi dewasa ini terjadi perubahan yang dahsyat dalam kehidupan masyarakat. Kota tidak dapat menghindarkan diri dari tsunami globalisasi yang telah memasuki setiap jengkal kehidupan manusia modern. Di dalam era globalisasi ini terjadi loncatan-loncatan atau transformasi nilai-nilai kehidupan dan oleh sebab itu juga terjadi perubahan dalam proses pemanusiaan atau pendidikan
KAJIAN MASYARAKAT BERAGAMA PERSPEKTIF PENDEKATAN SOSIOLOGIS Moh. Rifa'i
JURNAL AL-TANZIM Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.808 KB) | DOI: 10.33650/al-tanzim.v2i1.246

Abstract

Penilaian dari berbagai pendapat yang tidak objektif membuat berbagai kalangan dirugikan dengan sebutan-sebutan yang tidak dikehendaki. Perkembangan besarnya perhatian agama terhadap masalah sosial tersebut selanjutnya mendorong kaum beragama memahami ilmu-ilmu sosial sebagai alat untuk memahami permasalahan yang terjadi, sehingga tidak ada mis-undestanding dalam berinteraksi, pemaknaan, perspektif berlebihan yang sangat berbeda.Agama seringkali menjadi bahan terjadinya permasalahan, namun ia juga kemudian menjadi bahan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di antara masyarakat. Oleh sebab itu, maka menjadi urgen kondisi-kondisi tersebut untuk dipahami dengan menggunakan pendekatan-pendekatan yang relevan. Dan dalam pembahasan ini pendekatan yang dimaksud adalah pendekatan sosiologis. Pendekatan sosiologis merupakan pendekatan atau suatu metode yang pembahasannya atas suatu objek yang dilandaskan pada masyarakat yang ada pada pembahasan tersebut. Berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan kontemporer, ilmu ini digunakan sebagai salah satu metode dalam rangka memahami dan mengkaji agama. Kenapa agama?, karena agama mempengaruhi individu-individu dan hubungan-hubungan sosial. Hal ini bertujuan untuk mengimplementasikan pemahaman ajaran dalam kehidupan yang universal. Pendekatan ini mencoba memahami keagamaan seseorang. Pendekatan ini menjadi pendekatan penerang bagi masyarakat dalam menghadapi problematika. Karenanya diperlukan pendekatan sosiologis (kemasyarakatan) untuk memahami apa yang mereka yakini dari pengetahuan agama tersebut.
MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM Nurul Huda
JURNAL AL-TANZIM Vol 1, No 2 (2017): MANAJEMEN MUTU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
Publisher : Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.675 KB) | DOI: 10.33650/al-tanzim.v1i2.113

Abstract

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, salah satu komponen penting di dalamnya adalah kurikulum. Kurikulum adalah suatu sistem yang mempunyai komponen-komponen yang saling berkaitan dan menunjang satu sama lain. Komponen-komponen kurikulum tersebut terdiri dari tujuan, materi pembelajaran, metode, dan evaluasi. Dalam bentuk sistem ini kurikulum akan berjalan menuju suatu tujuan pendidikan dengan adanya saling kerja sama di antara seluruh sub sistemnya. Jika salah satu dari variabel kurikulum tidak berfungsi dengan baik, maka sistem kurikulum akan berjalan kurang optimal. Selain itu dalam pelaksanaan kurikulum diperlukan suatu perencanaan dan pengorganisasian pada seluruh komponennya. Pada tulisan ini akan memaparkan manajemen pengembangan kurikulum yang dipandang dalam perspektif pendidikan Islam.
TEACHING ENGLISH BY USING PODCAST: IT’S INFLUENCE ON UNDERGRADUATE STUDENT’S LISTENING COMPREHENSION Maulana Yusuf Aditya
JURNAL AL-TANZIM Vol 2, No 2 (2018)
Publisher : Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.99 KB) | DOI: 10.33650/al-tanzim.v2i2.401

Abstract

Listening is the most important skill in learning language, especially English as foreign language. This research was done to know the influence of podcast on undergraduate students’ listening comprehension. Related to the problem, this is a quantitative research. Where the sample is only chose one class as experimental subjects from all third semester of English Department students at STKIP PGRI Bangkalanin academic year 2018/2019 with random sampling technique. To examine hypothesis of the research, the researcher used t-test in which the researcher defined one class as one group pre-test post-test.The finding of the research, it can be concluded that there is an influence ofpodcast on undergraduate students’ listening comprehension. It is shown from the result of this research, that t-value is 23.18 which higher than t-table by the level of significant 0.05 which is 1.72. The suggestion of the researchfor the lecturersthat they can choose the most suitable technique used in listening comprehensiondealing with the level of the students.
Membangun Budaya Mutu yang Unggul Dalam Organisasi lembaga Pendidikan Islam Nasrul Amin; Feri Siswanto; Lukman Hakim
JURNAL AL-TANZIM Vol 2, No 1 (2018)
Publisher : Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.696 KB) | DOI: 10.33650/al-tanzim.v2i1.308

Abstract

Pendidikan merupakan suatu atau cara untuk memanusiakan manusia, yang tentunya didalam poresnya harus ada sistem yang terorganisir agar hasil nantinya sesuai dengan apa menjadi tujuan dari pendidikan tersebut. Agar tujuan tersebut bisa mencapai hal yang terbaik maka perlunya mutu dalam lembaga pendidikan. Proses ini diatas jika dilakukan dengan berkelanjutan maka akan terbentuk sistem budaya pendidikan, budaya organisasi dan budaya mutu lembaga pendidikan islam
Wealth Management Strategi Pengelolaan Asset:Transparansi, Akuntabilitas, Efektifitas, Efisiensi Ainur Rofiq
JURNAL AL-TANZIM Vol 1, No 1 (2017): MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ERA OTONOMI PENDIDIKAN
Publisher : Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.754 KB) | DOI: 10.33650/al-tanzim.v1i1.28

Abstract

Pada umumnya, aset dan kekayaan lembaga sangat penting dan diperlukan untuk memelihara dan mengembangkan kemampuan pendanaan lembaga pendidikan. Uang adalah salah satu dari sumber daya pendidikan yang dianggap sangat penting. Uang diibaratkan seperti darah dalam tubuh manusia. Dan uang adalah termasuk sumber daya yang langka dan terbatas. Oleh karena itu uang perlu dikelola dengan efektif dan efisien agar membantu tercapainya tujuan pendidikan. Pendidikan sebagai investasi yang akan menghasilkan manusia manusia yang memiliki pengetahuan, sikap, dan ketrampilan yang dibutuhkan dalam pembangunan suatu bangsa. Pengelolaan dana pendidikan harus berdasarkan pada prinsip keadilan, efesiensi, transparansi, dan akuntabilitas publik. Transparansi dibidang Wealth management, berarti adanya keterbukaan dalam management keuangan lembaga pendidikan, sedangkan akuntabilitas adalah kondisi seseorang yang dinilai oleh orang lain karena performannya dalam menyelesaikan tugas untuk mencapai tujuan yang menjadi tanggung jawabnya. Dalam management keuangan, dikatakan memenuhi prinsip efektifitas, kalau kegiatan yang dilakukan dapat mengatur keuangan untuk membiayai aktifitas lembaga tertentu dan sesuai dengan rencana yang ditetapkan. Dan efisiensi adalah perbandingan yang terbaik antara masukan dan keluaran, atau antara daya dan hasil.  
Menghilangkan Budaya “Gasab” Di Pondok Pesantren Melalui Konsep Manajemen Perubahan Dan Organisasi Pembelajaran Ainur Rifqi
JURNAL AL-TANZIM Vol 1, No 2 (2017): MANAJEMEN MUTU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
Publisher : Nurul Jadid University, Probolinggo, East Java, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.534 KB) | DOI: 10.33650/al-tanzim.v1i2.116

Abstract

Pondok pesantren yang menjadi cerminan bagi lembaga pendidikan lainnya dalam masalah perbaikan sikap, memiliki beban tugas yang sangat penting dalam pendidikan karakter. Namun, gasab yang merupakan sikap yang kurang terpuji, masih menjadi trend di beberapa pesantren. Untuk mengubah kebiasaan tersebut, maka perlu adanya organisasi pembelajaran yang dapat mengubah karakter buruk santri tersebut. Agar organisasi pembelajaran dapat berjalan secara efektif maka dibutuhkan 1) visi bersama (shared vision), 2) berpikir sistem (system thinking), 3) belajar beregu (team learning), 4) penguasaan pribadi (personal matery), dan 5) model mental (mental models). Dalam mengubah karakter tersebut, agar santri menerima perubahan yang dilakukan maka pesantren perlu menerapkan model manajemen perubahan, yang terdiri dari 1) The Choice Process, 2) The Trajectory Process, 3) The Change Process.

Page 1 of 40 | Total Record : 393