cover
Contact Name
Fajri Rakhmat Umbara
Contact Email
fajri.rakhmat@lecture.unjani.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
fajri.rakhmat@lecture.unjani.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani)
ISSN : 25988050     EISSN : 25988096     DOI : -
Core Subject : Science,
JUMANJI merupakan singkatan Jurnal Masyarakat Informatika Unjani dengan ISSN cetak 2598-8050 dan ISSN elektronik 2598-8096. Jurnal ini juga telah terindeks Google Scholar dan PKP Index. Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali dalam satu tahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini berisi 8 (delapan) tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya Informatika. Tulisan yang masuk ke redaksi diseleksi dengan sistem blind peer-review untuk menjaga obyektivitas sekaligus membuka kesempatan bagi setiap orang, terlepas dari latar belakang pendidikan untuk dapat berkontribusi. Jumanji telah menggunakan software Turnitin sebagai Plagiarism Tool.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2017): JUMANJI" : 8 Documents clear
Pemodelan Enterprise Architecture di Sekolah Tinggi Kesehatan Santikarama, Irma; Yulianti, Diana Trivena
JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 1 No 1 (2017): JUMANJI
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1453.527 KB) | DOI: 10.26874/jumanji.v1i1.5

Abstract

Sekolah Tinggi Kesehatan (yang menjadi objek penelitian) sudah memanfaatkan teknologi informasi pada proses bisnisnya. Namun, pemanfaatan teknologi informasi tersebut tidak dilengkapi dengan melakukan perencanaan atau blueprint yang digunakan sebagai acuan pengembangan teknologi informasi sehingga dalam mengembangkan teknologi informasi tidak terintegrasi dan tidak selaras dengan rencana strategis organisasi. Untuk itu diperlukan adanya pemodelan teknologi informasi yang akan membantu organisasi untuk melihat current state organisasi sehingga dapat dengan mudah menentukan future state dan strategi yang dilakukan. Oleh karena itu, muncul permasalahan mengenai bagaimana melakukan pemodelan teknologi informasi pada Sekolah Tinggi Kesehatan. Pemodelan teknologi informasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan Enterprise Architecture menggunakan Enterprise Architecture Framework, yaitu dengan menggunakan Treasury Enterprise Architecture Framework. Pemodelan teknologi informasi ini ditinjau dari designer perspective yang menghasilkan work products yang berfokus pada desain proses, model informasi, komponen dan desain aplikasi pada Sekolah Tinggi Kesehatan. Hasil penelitian ini berupa dokumen pemodelan EA yang dapat dijadikan acuan untuk dapat menentukan future state dan strategi yang dilakukan pada Sekolah Tinggi Kesehatan.
Perbandingan Jumlah Pinalti Alokasi Task pada Penjadwalan Kerja dengan Perhitungan Manual dan Algoritma Genetika Maspupah, Asri; Rahmani, Ani
JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 1 No 1 (2017): JUMANJI
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (926.305 KB) | DOI: 10.26874/jumanji.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini mengambil studi kasus penjadwalan pengalokasian task kepada resource pada proyek pendokumentasian alur program di sebuah perusahaan. Alokasi task yang dilakukan pada pembuatan jadwal adalah perhitungan alokasi line of code harus sesuai dengan target line of code yang harus diselesaikan. Permasalahan yang terjadi pada saat pembuatan jadwal adalah perhitungan jumlah line of code dari script program pada penentuan task kadang kala kala tidak sesuai dengan target line of code. Perhitungan yang tidak tepat ini berdampak pada saat pengerjaan dan estimasi total waktu pengerjaan. Oleh karena itu diusulkan pembuatan jadwal dengan menggunakan algoritma genetika. Pendekatan yang dilakukan dengan cara membandingkan apakah pembuatan jadwal dengan algoritma genetika dapat memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan proses manual. Algoritma genetika adalah teknik pencarian dan optimasi yang terinspirasi dari prinsip genetika dan seleksi alam yang biasa digunakan untuk memecahkan suatu pencarian nilai pada masalah optimasi. Hasil uji coba penelitian menunjukkan bahwa pembuatan jadwal dengan algoritma genetika ternyata mampu meminimalisir perhitungan jumlah line of code yang tidak sesuai dengan target dibandingkan dengan perhitungan manual. Hal ini ditunjukkan dengan adanya penurunan jumlah line of code yang tidak sesuai dengan target yaitu sebesar 699 baris atau sebesar 15,9 % dari total. Kontribusi dalam penelitian memberikan kesimpulan bahwa pembuatan jadwal dengan algoritma genetika memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan jadwal yang dibuat manual meskipun hasilnya tidak cukup signifikan.
Perancangan Motif Batik Model Fraktal IFS Darmanto, Tedjo
JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 1 No 1 (2017): JUMANJI
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1366.142 KB) | DOI: 10.26874/jumanji.v1i1.7

Abstract

Makalah hasil penelitian ini membahas tentang bagaimana melakukan perancangan motif batik apakah jika perancangan tersebut dilakukan melalui model fraktal IFS akan diperoleh proses perancangan yang lebih sederhana. Secara teori setiap obyek pada umumnya dapat digambarkan dengan model fraktal. Model fraktal IFS sebagai salah satu model fraktal secara sederhana dapat dinyatakan dengan kode IFS dan dibangkitkan dengan algoritma Iterasi acak menjadi obyek fraktal yang diwakilinya. Kelebihan perancangan obyek gambar melalui model fraktal IFS dibandingkan dengan model lain adalah dalam hal kemudahan daur ulang melalui proses Reverse engineering.
Desain dan Implementasi Robot Heksapoda dengan Misi Pemadaman Api Najmurrokhman, Asep; ,, Kusnandar; Wibowo, Bambang HSR; Rafanca, Nizwar Alwi
JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 1 No 1 (2017): JUMANJI
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (935.609 KB) | DOI: 10.26874/jumanji.v1i1.2

Abstract

Makalah ini memaparkan tentang desain dan implementasi robot heksapoda yang bergerak dalam suatu ruang dengan misi memadamkan api. Sumber api diletakkan dalam ruang tertentu. Untuk mencapai ruang tersebut, robot harus berjalan menyusuri lorong dengan lebar tertentu dan dibatasi oleh dinding. Robot harus bergerak tanpa menabrak dinding pembatas ruang. Untuk merealisasikan sistem tersebut, robot heksapoda dilengkapi dengan tiga buah sensor, yaitu sensor jarak, sensor garis, dan sensor api. Sensor jarak berupa sensor ultrasonik tipe HCSR04 berfungsi memberikan informasi jarak antara robot dengan dinding sehingga robot terhindar dari tabrakan dengan dinding. Sensor garis berupa sensor LDR digunakan untuk mendeteksi garis penanda ruang sumber api. Sementara itu, sensor api berupa sensor flame 5 channel berfungsi mendeteksi keberadaan api yang harus dipadamkan oleh robot. Hasil eksperimen menunjukkan robot heksapoda yang dirancang dapat berjalan menyusuri ruang tanpa menabrak dinding dan menemukan sumber api, kemudian api tersebut dipadamkan oleh kipas yang berputar setelah diberi tegangan input oleh mikrokontroler.
Model Enkripsi XML Pada Output DFXML untuk Pengamanan Metadata Bukti Digital Prakoso, Danar Cahyo; Prayudi, Yudi
JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 1 No 1 (2017): JUMANJI
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (874.393 KB) | DOI: 10.26874/jumanji.v1i1.8

Abstract

DFXML (Digital Forensics XML) adalah sebuah tool forensik yang dikembangkan untuk menghasilkan output dalam bentuk dokumen XML. Tools ini dirancang untuk menampilkan metadata dari file hasil disk imaging dari perangkat elektronik. Umumnya output DFXML berupa dokumen XML dalam bentuk plaintext. Hal ini memunculkan permasalahan dalam aspek keamanan data, yaitu bentuk plaintext dari dokumen XML memungkinkan dibaca dengan mudah oleh setiap orang. Untuk itu diusulkan pendekatan XML security sebagai solusi untuk keamanan dokumen XML hasil dari DFXML. Solusi yang diusulkan adalah dalam bentuk automatic encryption tool yang mampu melakukan enkripsi dokumen XML secara fleksibel dan otomatis. Usulan ini masih bersifat model yang dapat menunjukkan bahwa konsep enkripsi XML yang nantinya dikembangkan mampu meningkatkan keamanan informasi data pada output plaintext dokumen DFXML dan memberikan kemudahan bagi siapa saja yang ingin melakukan enkripsi dari dokumen XML.
Aksi Game Berbasis Brain Computer Interface dengan Spektral Daya dan Learning Vector Quantization Putra, Aditya Setiawan; Djamal, Esmeralda C.; Yuniarti, Rezki
JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 1 No 1 (2017): JUMANJI
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1570.806 KB) | DOI: 10.26874/jumanji.v1i1.3

Abstract

Dalam video game dibutuhkan interaksi antara pengguna dengan sistem dalam mengendalikan pergerakan karakter pada game tersebut melalui sebuah controller. Namun untuk orang dengan keterbatasan fisik, controller menjadi sebuah halangan untuk dapat berkomunikasi dengan sistem. Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk mengatasinya yaitu menggunakan Brain Computer Interface (BCI) yang pada perkembangannnya dapat dimanfaatkan untuk pengendalian karakter pada video game. BCI terdiri dari komponen input dari sinyal otak, komponen output berupa perintah dan komponen intermediate. Persoalan utama BCI terletak pada komponen intermediate yang biasanya menggunakan Elektroensephalogram (EEG). Bentuk sinyal EEG pada setiap orang dapat bervariasi dan kompleks tergantung kondisi kesehatan, emosional, usia, mental dan aktivitas. Beberapa penelitian terdahulu menggunakan sinyal EEG untuk menggerakkan video game pada perangkat mobile, menggerakkan kursor dan mengendalikan robot. Kontrol gerak EEG sebelumnya menggunakan kondisi emosional, namun kondisi emosional tidak menggambarkan aksi karakter secara nyata. Penelitian ini telah membuat sistem kontrol gerak karakter menggunakan sinyal EEG yang diimplementasikan pada video game dengan aksi karakter setiap 1 detik. Dalam proses akuisisi data yang dilakukan terhadap 10 Naracoba selama 1 menit dengan 3 kali perulangan, Naracoba membayangkan 3 gerakan bergantian setiap 5 detik. Hasil akurasi dari 360 set data latih sebesar 77% dan data baru menghasilkan akurasi sebesar 67%.
Sistem Informasi Eksekutif Universitas Jenderal Achmad Yani dengan Pendekatan Online Analytical Processing Witanti, Wina; Renaldi, Faiza; Ridwan, Iwan
JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 1 No 1 (2017): JUMANJI
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (507.605 KB)

Abstract

Executive Information System (EIS) adalah sebuah konsep untuk menyajikan informasi yang berasal dari data dalam jumlah besar pada sebuah organisasi agar menjadi informasi yang berguna dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Online Analytical Processing (OLAP) dapat melakukan penyaringan data dengan memberikan perintah query dan mengubahnya menjadi informasi yang sesuai dengan kebutuhan. EIS dapat memudahkan manajemen eksekutif perguruan tinggi untuk mendapatkan informasi akademik mahasiswa yang dibutuhkan secara efektif dan efisien tanpa harus melakukan analisis data agar menjadi sebuah informasi.
Sistem Informasi Monitoring Wiraniaga Haryono, Kholid; Firdausi, Fahmy Abida Asa; ., Hendrik
JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 1 No 1 (2017): JUMANJI
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (759.073 KB) | DOI: 10.26874/jumanji.v1i1.4

Abstract

Super Dangsul merupakan pabrik tempe yang berdiri sejak tahun 1998 dengan karyawan sebanyak 20 orang dan sales 30 orang. Pabrik berlokasi di Yogyakarta ini mampu menghabiskan 1,2 ton kedelai untuk memproduksi. Sales adalah seseorang dibagian pemasaran dan merupakan pekerja lepas yang berada di luar lingkup pengawasan langsung dari pemilik. Seiring jumlah permintaan produk yang meningkat, dibutuhkan lebih banyak sales untuk mendistribusikan produk. Pada bagian pemasaran ini sering terjadi kecurangan yang dapat menimbulkan kerugian produksi. Kecurangan ini mengakibatkan perusahaan pernah mengalami kehilangan konsumen. Berdasarkan permasalahan yang ada maka peneliti mengusulkan sebuah sistem informasi yang dapat mempermudah pengelolaan dan pengawasan sales. Penelitian dimulai dari kajian pustaka, analisis kebutuhan, implementasi skenario, dan diuji menggunakan UAT (User Acceptance Testing) dan uji fungsional. Fungsi utama sistem telah dapat memberikan kemudahan pengelolaan sales. Sistem juga mampu melakukan monitoring aktifitas dan pengawasan terhadap sales dari kecurangan yang dapat mengakibatkan memburuknya nama baik perusahaan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8