cover
Contact Name
Fajri Rakhmat Umbara
Contact Email
fajri.rakhmat@lecture.unjani.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
fajri.rakhmat@lecture.unjani.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani)
ISSN : 25988050     EISSN : 25988096     DOI : -
Core Subject : Science,
JUMANJI merupakan singkatan Jurnal Masyarakat Informatika Unjani dengan ISSN cetak 2598-8050 dan ISSN elektronik 2598-8096. Jurnal ini juga telah terindeks Google Scholar dan PKP Index. Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali dalam satu tahun pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini berisi 8 (delapan) tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan kajian analisis di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya Informatika. Tulisan yang masuk ke redaksi diseleksi dengan sistem blind peer-review untuk menjaga obyektivitas sekaligus membuka kesempatan bagi setiap orang, terlepas dari latar belakang pendidikan untuk dapat berkontribusi. Jumanji telah menggunakan software Turnitin sebagai Plagiarism Tool.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 02 (2020): Jurnal Masyarakat Informatika Unjani" : 6 Documents clear
Analisis Sentimen Berbasis Aspek dengan Deep Learning Ditinjau dari Sudut Pandang Filsafat Ilmu Nuryani, Nuryani; Mahayana, Dimitri
JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 4 No 02 (2020): Jurnal Masyarakat Informatika Unjani
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26874/jumanji.v4i2.58

Abstract

Pesatnya pertumbuhan internet dan semakin populernya aplikasi media sosial memungkinkan orang untuk mengekspresikan opini dan pengalaman tentang sesuatu kepada public secara terbuka. Hal tersebut dapat dimanfaatkan dan dianalisis untuk mengeksplorasi customer behaviour (perilaku pengguna), memprediksi kebutuhan pengguna dan memahami opininya. Analisis sentimen berbasis aspek (aspect-based sentiment analysis) membuat analisis dan investigasi untuk mengidentifikasi polaritas sentimen pada aspek spesifik secara tepat. Deep learning untuk analisis sentimen berbasis aspek saat ini telah menunjukkan kinerja yang cukup menjanjikan karena efisiensinya dalam ekstraksi fitur otomatis dan kemampuannya untuk menangkap fitur sintaksis dan semantik teks tanpa perlu rekayasa fitur tingkat tinggi. Menurut Thomas Kuhn, ilmu pengetahuan tidak bersifat kumulatif, tetapi revolusioner dan berkembang secara historis. Ilmu pengetahuan tidak terlepas dari paradigma. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan ulasan tentang penggunaan deep learning untuk analisis sentimen berbasis aspek dan tinjauannya menurut pandangan filsafat ilmu.
Pembuatan Aplikasi Inventory Barang untuk Promosi di Biro Marketing Universitas Widyatama Furkon, Endang Amalia; Yudha, Rahmad Prama
JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 4 No 02 (2020): Jurnal Masyarakat Informatika Unjani
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26874/jumanji.v4i2.73

Abstract

Widyatama University which is a private university located at Jalan Cikutra Number 204 A Bandung. One of the bureaus found at Widyatama University is the Marketing Bureau. As for the problems that occur in the current system that is for data processing incoming and outgoing goods, reports for incoming goods and reports for outgoing goods, so that sometimes it has difficulty in calculating goods and to get stock information has difficulty sometimes the information provided is not in accordance with the availability of existing goods. The purpose of this research is to make an inventory application of goods for promotion at the Widyatama University Marketing Bureau that can record incoming and outgoing goods, handle the process of making reports on incoming and outgoing goods. This study uses the Prototype method and by using UML (Unified Modeling Language) for structured modeling. The information system that has been produced in this design can manage the data of incoming and outgoing goods, incoming data reports and outgoing data data reports, and making an inventory system of inventory so that the admin can find out the amount of available stock in real time.
Desain Game Pelayanan Penjualan Kaos Kaki dengan Menggunakan Pendekatan Mechanics Dynamics Aesthetics Framework Laksono, Muhammad Dwi; Yuniarti, Rezki; Komarudin, Agus
JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 4 No 02 (2020): Jurnal Masyarakat Informatika Unjani
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26874/jumanji.v4i2.76

Abstract

Seiring berkembangnya pasar dan semakin beragamnya produk atau jasa yang ditawarkan, sehingga menimbulkan persaingan antar produsen agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan serta memberikan kepuasan kepada pelanggan secara maksimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memuaskan pelanggan adalah dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Pelayanan yang terbaik diantaranya adalah memberikan pelayanan yang cepat sehingga pelanggan tidak dibiarkan menunggu terlalu lama.Game merupakan sebuah sistem di mana pemain terlibat dalam konflik buatan, ditentukan oleh aturan, yang menghasilkan hasil yang terukur. Pelayanan penjualan kaos kaki membutuhkan pengalaman, ketelitian, dan keterampilan agar pelanggan merasa puas. Diperlukan media untuk menyampaikan cara pelayanan penjualan kaos kaki sehingga materi yang disampaikan jelas dan dipahami oleh pemain. Game dapat menjadi media yang memberikan informasi cara pelayanan penjualan kaos kaki, namun membuat sebuah game agar materi yang disampaikan tepat dan dapat dipahami oleh pemain tidaklah mudah. Tujuan yang ingin dicapai di dalam penelitian ini adalah membuat media berupa game desain yang dapat memberikan informasi kepada pengguna terutama bagi pemula yang ingin mengetahui cara pelayanan penjualan kaos kaki kepada pelanggan yang dikemas dalam bentuk game menggunakan pendekatan framework Mechanics-Dynamics-Aesthetics (MDA). Pada penelitian terdahulu, MDA digunakan untuk membuat game Mystical Weapon of Nusantara. Maka penelitian ini membuat desain game pelayanan penjualan kaos kaki dengan hasil yaitu setiap komponen MDA dapat diterapkan ke dalam game pelayanan penjualan kaos kaki yang didapat dari hasil pengujian yang dilakukan kepada 25 responden dengan hasil 80,4% sesuai dengan perancangan game.
Klasifikasi Fasilitas Umum di Jawa Tengah pada Twitter dengan Algoritma Agglomerative Hierarchical Clustering dan Naive Bayes Classifier Hafidhoh, Nisa'ul; Sissandhy, Aldilan Noorman
JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 4 No 02 (2020): Jurnal Masyarakat Informatika Unjani
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26874/jumanji.v4i2.79

Abstract

Provinsi Jawa Tengah memiliki wilayah yang luas dengan penduduk yang tersebar di berbagai kabupaten dan kota. Pemerintah pun senantiasa meningkatkan pembangunan daerah di berbagai wilayah tersebut. Beberapa keluhan serta masukan terkait fasilitas umum banyak disampaikan masyarakat untuk pemerintah Jawa Tengah, salah satunya melalui media sosial Twitter. Pada penelitian ini informasi terkait fasilitas umum yang ada pada sosial media Twitter diklasifikasikan ke dalam lima kelas, yaitu infrastruktur, layanan, transportasi, fasilitas dan lainnya. Klasifikasi dilakukan melalui dua tahap yaitu tahap clustering dengan algoritma Agglomerative Hierarchical Clustering dan tahap klasifikasi dengan algoritma Naïve Bayes Classification. Terapat 450 data yang diklasifikasi dengan akurasi global sebesar 78%.
Desain Aplikasi Pelayanan Administratif berbasis Android Chaniago, Muhammad Benny; Azani, Suckma; W, Ari Purno; Hamdani, Dani; Heryono, Heri
JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 4 No 02 (2020): Jurnal Masyarakat Informatika Unjani
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26874/jumanji.v4i2.78

Abstract

The village administrative office in Jenggala village is one of the offices that have trouble doing services to the public, especially in making official letters. The lack of facilities in managing and making official letters applied by the people can disrupt the staff's performance and slow down the official letters' pace. Some of the problems that occur are general administrative work done manually, limited working hours at the office, public data loss previously submitted, and poor reporting. The head office does not know all messages and information presented in a certain period. The researcher aims to create an android-based administration service application to facilitate the public in making the official letters as needed. Researchers design the application to be fast, precise, and effective communication between the people and the officer. Researchers built applications to facilitate the village government in managing the reports in making official letters delivered by the citizen of Jenggala. Therefore, the application tends to provide convenience and flexibility in making official letters in Jenggala Village. Keyword: Jenggala, Android, Administration Service Application
Tingkat Penerimaan User pada Sistem Informasi Inventory di Badan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Ashaury, Herdi; Saepuloh, Rival Muhamad; Nova, Christine Chlyw
JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani) Vol 4 No 02 (2020): Jurnal Masyarakat Informatika Unjani
Publisher : Jurusan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26874/jumanji.v4i02.84

Abstract

Oishii Organic Chicken adalah salah satu UMKM di bidang kuliner yang mengalami masalah pada pencatatan data barang, dimana stok yang tersisa sering tidak sesuai dengan catatan yang ditulis oleh karyawannya. Hal tersebut dapat menjadi kerugian bagi Oishii Organic Chicken. Profit yang didapat dari badan usaha UMKM tidak sebesar dengan profit yang didapat oleh perusahaan skala besar. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengelola data barang yang masuk dan keluar untuk menjamin profit yang didapat, bisa terserap secara maksimal dan mengembangkan usaha lebih baik lagi. Sistem inventori adalah salah satu sistem informasi untuk untuk mengelola persediaan barang di gudang. Sistem ini digunakan untuk melihat data perubahan pada stok barang saat melakukan penambahan stok ataupun pengurangan stok barang. Pada penelitianini akan melihat tingkat penerimaan User dalam penerapan pembangunan sistem informasi inventory di suatu badan usaha kecil dan menengah dengan studi kasus di Oishii Organic Chicken.

Page 1 of 1 | Total Record : 6